Keluyuran / Kuliner Bandung / 10 Tempat Makan Vegetarian Di Bandung Yang Recommended

10 Tempat Makan Vegetarian Di Bandung Yang Recommended

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Maret 2019

Sudahkah Anda memilih untuk memiliki gaya hidup sehat? Anda bisa memulainya dengan berolahraga rutin setiap hari, minum air putih yang cukup, lalu mulai mengatur pola makan. Perbanyak lah makan makanan sehat seperti umbi-umbian, sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Anda tidak wajib untuk menjadi vegetarian, tapi Anda perlu mencoba sesekali makan makanan sehat. Jika Anda sudah menjadi vegetarian? Itu lebih bagus lagi.

Banyak orang yang berpikir kalau makanan para vegan alias vegetarian itu tidak menarik, tidak enak, dan tidak mengenyangkan. Padahal, sekarang sudah banyak menu makanan sehat tapi tetap enak, bahkan visual-nya pun menggugah selera. Jika Anda bingung bagaimana cara memasak makanan ala vegan, datang saja ke sepuluh tempat makan vegetarian di Bandung yang enak berikut ini:

10 Tempat Makan Vegetarian Di Bandung

1. Kehidupan Tidak Pernah Berakhir

Kehidupan Tidak Pernah Berakhir

* sumber: helenysm.com

Sebelum melewati GOR Pajajaran, Anda pasti melihat ada plang besar bertuliskan “Kehidupan–Tidak Pernah Berakhir”, lalu di sampingnya ada tulisan “Mama, papa, ku mau Kehidupan..“. Dulu, sewaktu author belum tahu kalau tempat ini adalah tempat makan, author kira tempat ini aneh sekali dan tidak terbayang kalau di dalamnya adalah sebuah restoran.

Ya, tempat makan vegetarian di Bandung yang pertama adalah “Kehidupan Tidak Pernah Berakhir”. Nama yang sangat panjang dan unik untuk sebuah restoran, ya? Walaupun namanya nyeleneh, makanan di sini enak-enak dan tentunya sangat sehat, loh. Resto Kehidupan ini menyasar kaum vegetarian. Makanannya tidak hanya salad atau buah-buahan saja, tapi ada spaghetti, kwetiau, nasi liwet, bala-bala, dan masih banyak lagi.

Semua masakan di Resto Kehidupan ini dimasak tanpa MSG, bawang, santan, dan tentunya daging sama sekali. Jikalau ada menu “daging” di sini, perlu Anda ketahui kalau masakan tersebut tidak benar-benar dibuat dari daging. Resto Kehidupan menggunakan jamur atau tahu sebagai pengganti daging. Sayur-sayuran yang digunakan pun terbebas dari pestisida.

Lalu, bagian yang terpenting lainnya, harga makanan di sini murah meriah, seperti makan di warteg! Bayangkan oleh Anda, satu porsi nasi dengan empat macam sayur hanya dihargai Rp 9.000 saja! Nanti Anda akan diberi pilihan sayuran secara prasmanan. Tapi, untuk menu seperti nasi liwet, spaghetti, dan kwetiau Anda perlu memesannya lalu nanti makanannya diantar ke meja Anda.

Jika tenggorokan Anda mulai seret, Anda bisa memesan Jus Markisa (10.000) atau Liang Teh (7.000). Atau, kalau Anda mau gratisan, di sana tersedia free flow drinking water alias air putih gratis, kok! Tidak sulit menemukan restoran murah ini. Lokasinya ada di Jalan Pajajaran No. 63, Pasir Kaliki, Cicendo. Kalau dari perempatan arah Pajajaran, Anda tinggal lurus sedikit, restorannya ada di kanan jalan.

2. Go Green Vegan Cafe

Go Green Vegan Cafe

Tempat makan vegetarian di Bandung yang selanjutnya adalah Go Green Vegan Cafe. Dari namanya saja sudah ketahuan kalau kafe ini vegan friendly. Tempat ini dapat Anda tempuh dengan berjalan kaki kurang lebih selama 10 menit dari Restoran BMC.

Di sini ada nasi merah hingga kentang tumbuk sebagai karbohidratnya. Kisaran harga makanannya tidak terlalu mahal, lalu pelayanannya cepat dan ramah. Yuk, segera datang ke Go Green Vegan Cafe di Jalan Kebon Sirih No. 21. Anda bisa menelepon terlebih dahulu sebelum datang di nomor (022) 4238908.

3. Ahimsa

Ahimsa

* sumber: id.openrice.com

Ahimsa Vegetarian Restaurant berada di Komplek Luxor Permai, Kebonjati. Menu vegetarian di restoran ini terbilang lengkap, mulai dari tumisan, sup, pepes, capcay, jamur, sate vegetarian, nasi goreng, dan nasi timbel penyet. Lalu, di sini juga ada meni “Gurame” Goreng dan Bubur “Ayam”, tentunya daging di sini bukan menggunakan daging hewan sungguhan, tapi dibuat dari sayuran dan bahan makanan vegetarian lainnya.

Asal muasal Ahimsa adalah karena pemiliknya, Alwin Sudono, beserta keluarganya, adalah vegetarian. Mereka kebingungan bagaimana mereka mendapatkan makanan dengan cepat, karena restoran vegetarian belum berkembang pesat pada masa itu, hingga akhirnya mereka pun membuka resto vegan pada 15 tahun yang lalu.

Pada mulanya pelanggan Ahimsa adalah orang-orang dengan ajaran tertentu yang melarang mengonsumsi daging dan juga ikan. Lalu, ada juga yang datang karena dianjurkan mengurangi konsumsi daging oleh dokter. Tapi, lama kelamaan sudah banyak orang Bandung yang sadar akan pentingnya menjadi vegetarian, lalu Ahimsa pun sudah memiliki banyak pelanggan dari berbagai kalangan.

Harga makan di sini bervariasi, mulai dari Rp 10 – 50 ribuan. Menu favorit orang-orang adalah Nasi Timbel Penyet yang berisi nasi, tempe goreng, tahu goreng, sambal, lalapan, dan yang unik adalah adanya ikan asin yang dibuat dari rumput laut + gluten dan ada penyetan gluten yang bentuknya mirip sekali seperti ayam suwir. Harga satu porsi makanan ini hanya 19.000 saja, loh.

Menu andalan Ahimsa yang selanjutnya adalah “Gurame” Goreng. Tentunya gurame tersebut bukan gurame asli, tapi dibuat dari bahan-bahan vegetarian yang rasanya mirip seperti ikan gurame asli.

Yuk, segera datang ke Ahimsa dan coba semua makanannya. Alamat Ahimsa ada di Komplek Luxor Permai Kav. 25, Jalan Kebon Jati Belakang No. 41. Anda mau reservasi atau menanyakan sesuatu? Telepon Ahimsa di nomor (022) 234739.

4. Fortunate Coffee

Fortunate Coffee

* sumber: www.instagram.com

Siapa sangka kalau tempat ngopi menyediakan makanan vegetarian? Bisa dibilang kalau Fortunate Coffee salah satu dari sedikit tempat ngopi yang memiliki menu-menu sehat. Fortunate Coffee beralamat di Jalan Kebon Sirih No. 21 A, Sumur Bandung.

Tempat ngopi ini cukup luas, banyak bangkunya, dan suasananya nyaman. Dijamin Anda akan merasa betah berlama-lama di sini. William, Supervisor Fortunate Coffee, mengatakan kalau menu makanan dan minuman yang tersedia di sini adalah vegetarian friendly.

Jangan khawatir akan rasa makanannya, karena rasanya lezat dan tentunya jauh lebih sehat daripada makanan di kafe biasa, karena Fortunate Coffee tidak pernah menggunakan MSG.

Menu makanan di sini sangat bervariasi, mulai dari seafood vegan, mie, nasi goreng, pasta, krim sup, lalu burger, sandwich dan pizza vegan. Menu minumannya pun tidak hanya ada kopi. Fortunate Coffee menyediakan minuman tradisional seperti kunir asem, teh uwuh, wedang jahe, dan jeruk nipis.

5. Moey Resto Vegetarian

Moey Resto Vegetarian

* sumber: moey-snackresto.blogspot.co.id

Menurut informasi yang beredar, nama Moey Resto Vegetarian diambil dari kata dalam bahasa Belanda yang berarti “enak”. Tempat makan vegetarian di Bandung ini terletak di Jalan Pajagalan No. 81 (dekat Jalan Astana Anyar). Restoran ini belum lama dibangun, baru 2 tahun kebelakang. Tapi, banyak pelanggan yang antusias akan menu yang ditawarkan Moey.

Moey Resto Vegetarian mirip seperti toko guci karena ada banyak guci berjajar sebagai hiasan. Restoran chinese food ini menjual nasi tutug oncom, rendang vegetarian, salad buah, sate vegetarian, dan snack rumput laut. Anda bisa menelepon terlebih dahulu untuk memesan di nomor (022) 92990202 atau (022) 91888830.

6. Mom’s Bakery

Mom's Bakery tempat makan vegetarian di bandung

* sumber: www.instagram.com

Pernah mendengar ada sebuah toko roti di Bandung yang menunya sehat-sehat dan Instagram-able banget? Tempat makan vegetarian di Bandung ini bernama Mom’s Bakery. Tempat ini memiliki slogan menyediakan produk bakery yang lebih sehat dan natural.

Mom’s Bakery terletak di Jalan Progo No. 18, Citarum, Bandung Wetan. Anda bisa mengunjungi kafe ini setiap hari Senin – Sabtu pada jam 7 pagi – 7 malam, lalu pada hari Minggu pada jam 8 pagi – 5 sore. Mom’s Bakery menyediakan aneka produk roti dan kue rendah kalori, sehingga aman buat penderita diabetes dan yang sedang diet.

Toko bakery ini sudah berdiri selama 15 tahun lamanya, dan selama itu pula Mom’s Bakery selalu mempertahankan kualitas bahan utamanya. Mereka selalu menggunakan tepung whole wheat, kacang-kacangan, dan sayuran tanpa menggunakan ragi sedikitpun. Anda bisa membawa pulang roti dan kue atau bisa makan di sana langsung.

Kalau Anda makan di tempat, Anda akan menikmati roti dan kue yang visual-nya menggugah selera banget. Selain itu, tentunya pilihan isian rotinya lebih sehat dan terkontrol kalau Anda makan di sana. Jika di rumah Anda mungkin “nakal” menggunakan olesan mentega, tapi di Mom’s Bakery olesannya menggunakan olive oil sehingga lebih sehat.

Untuk range harganya, memang agak mahal, mengingat bahan-bahan yang digunakan Mom’s Bakery merupakan yang terbaik dan sebagian besar organik. Harga menu roti mulai dari 8 – 40 ribu, kue dan pie 15 – 50 ribu, cup cake mulai dari 20 – 40 ribu, dan sandwich dari 20 – 50 ribu.

7. Vegetarian House

Vegetarian House tempat makan vegetarian di bandung

* sumber: pergikuliner.com

Di list tempat makan vegetarian di Bandung yang ke-7, Bacaterus merekomendasikan Vegetarian House. Tempat ini berlokasi di Jalan Kebon Jati No. 173, Andir. Semua makanan dan minuman di restoran ini dibuat tanpa telur, daging, susu, keju dan bawang.

Dulu Vegetarian House merupakan katering, namun kemudian dibuka menjadi restoran pada tahun 2015. Konsepnya bukan seperti resto mahal dan mewah, tapi lebih kepada kantin. Menu makanan di tempat ini ada nasi jamur serundeng, nasi butter sayuran, nasi goreng “keju”, nasi bakmoy, dan masih banyak lagi menu lainnya yang rata-rata dihargai Rp 20 ribuan saja per porsi.

Anda tidak mau makan berat? Pesan saja aneka snack di Vegetarian House. Di sini ada jamur krispi, keripik tempe, lontong isi, pangsit goreng, pempek, hingga “dendeng” balado. Haus? Segera pesan liang teh, lobi-lobi, honey lemon, sop buah, lie wei tang, dan chrysantemum untuk melegakan tenggorokan Anda.

8. Monsoon Cafe

Monsoon Cafe

* sumber: www.instagram.com

Tetiba ingin minum kopi jam 7 pagi? Monsoon Cafe sudah buka, loh, jam segitu. Monsoon Cafe memiliki pelayanan luar biasa yang ramah dan cepat. Dengan pilihan interior minimalis dan simpel, tempat ngopi ini bikin pantat Anda terpaku sempurna pada bangku, dijamin betah banget!

Untuk menu kopi tentunya sangat banyak dan dijagokan di Monsoon Cafe, sebut saja Licco Latte, Manual Brew Natural, Monsoon Java Dipped Coffee, Ice Lychee Mojito, dan Ice Cappucino. Untuk menu makanannya, memang tidak semuanya vegetarian, tapi ada beberapa yang bisa Anda pesan seperti aneka pasta dan sup. Monsoon Cafe terletak di Jalan Sirnamanah No. 35, Pasteur, Sukajadi.

9. Bellamie Boulangerie

Bellamie Boulangerie

Bellamie Boulangerie, namanya sulit dilafalkan apalagi diingat. Waktu berdirinya pun belum lama, jadi wajar kalau Anda memerlukan waktu untuk menghapal tempat ini. Tapi, setelah Anda mencicipi makanannya, nama Bellamie Boulangerie akan terpatri langsung di benak Anda. Bellamie Boulangerie berada di Jalan Cihapit No. 37.

Tempat makan ini menjual aneka roti dan kue ala Perancis dengan cita rasa gurih, lezat, dan disukai oleh segala usia. Tidak hanya aneka pastry, di Bellamie Boulangerie juga menyediakan menu khas Eropa yang lezat-lezat.

Pada gambar adalah Croissant a la Mode yang merupakan home made croissant yang diberi buah blueberry dan es krim (bisa pilih rasa vanila atau rum raisin), dan tak lupa hiasan buah persik. Harganya hanya Rp 35 ribu saja.

10. The Larder At 55

The Larder At 55

* sumber: helenysm.com

The Larder at 55, satu lagi kafe baru di Bandung yang namanya “susah” dihapal. Tempat makan ini berupa kafe kekinian yang berada di Jalan Gandapura No. 55. Jika Anda tidak familiar dengan Jalan Gandapura, jalan ini adalah jalan potong atau jalan tembus dari Ahmad Yani ke Riau.

Jangan heran jika Anda merasa kenal dengan konsep kafe ini walaupun Anda baru pertama kali datang, karena The Larder at 55 masih satu managemen dengan Two Cents, Hummingbird, Miss Bee Providore, Don Woori, dan kafe-kafe bintang lima lainnya. The Larder at 55 sudah buka dari jam 7 pagi. Serunya, tidak hanya menu sarapan, semua menu bisa Anda pesan dari jam 7. Kafe ini tutup pada jam 10 malam.

Orang-orang umum mungkin berpikir kalau vegetarian adalah seseorang yang tidak makan daging saja. Jenis dagingnya pun hanya daging merah, ikan, dan unggas saja. Padahal, vegetarian memiliki makna yang lebih dari itu. Orang yang memilih menjadi vegetarian menghargai semua makhluk hidup dengan tidak melukai apalagi membunuh makhluk tersebut.

Selain menyehatkan dan lezat, makanan vegetarian juga mengajarkan kita untuk lebih menghargai makhluk hidup lain yang hidup berdampingan dengan kita, manusia. Nah, itu dia rekomendasi sepuluh tempat makan vegetarian di Bandung dari Bacaterus. Anda tahu tempat makanan vegetarian yang enak lainnya?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “10 Tempat Makan Vegetarian Di Bandung Yang Recommended”

Tinggalkan komentar