10 Tempat Terbaik di Jogja untuk Melihat Indahnya Sunrise

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 25 November 2020

Selain sunset, sunrise adalah panorama lainnya yang bisa kamu lihat saat di Jogja nanti. Untungnya, Jogja punya banyak spot terbaik untuk melihat indahnya matahari terbit (sunrise).

Tempat-tempat itu mungkin bisa jadi referensimu saat berlibur di Jogja nanti. Lalu, apa saja tempat terbaik di Jogja untuk melihat indahnya sunrise? Kalau kamu penasaran, langsung saja simak daftarnya berikut ini!

1. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

* sumber: piknikasik.com

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi nanti adalah Puncak Suroloyo. Di sini, kamu bisa melihat indahnya sunrise yang dilengkapi empat latar gunung berbeda. Gunung Sumbing, Sunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi adalah keempatnya.

Tempat ini sudah dilengkapi tiga pendopo yang bisa kamu pakai. Utamanya, untuk melihat indahnya sunrise di sana. Untuk bisa mencapai tiga pendopo itu, kamu harus melewati 286 anak tangga yang ada di sana.

  • Alamat : Keceme, Onggosoro, Giritengah, Borobudur, Kulon Progo, Daerah Istimewa Jogjakarta 56563
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam
  • HTM : Rp5.000

2. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

* sumber: wisataa-jogja.blogspot.com

Walaupun bernama kebun buah, tempat ini justru merupakan spot yang cocok buat melihat sunrise. Di sini, kamu bisa melihat indahnya matahari terbit yang berselimutkan kabut putih.

Saat mataharinya kian meninggi, kamu bakal melihat panorama bukit kehijauan yang masih diselimuti kabut putih nan tipis. Untuk melihat panorama tersebut, kamu bisa mendatangi spot gardu pandang yang ada di tempat satu ini.

  • Alamat : Jalan Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta 55783
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 05.00 – 18.00 WIB
  • HTM : Rp5.000

3. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung

Tak jauh dari Kebun Buah Mangunan, ada satu tempat lainnya yang juga cocok buat melihat sunrise. Bukit Panguk Kediwung adalah tempat tersebut. Seperti tempat sebelumnya, sunrise di sini juga begitu indah, serta dilengkapi kabut putih yang menyelimutinya.

Ada beberapa spot ciamik yang tersedia di tempat ini. Salah satunya adalah pagar jembatan yang ada di tempat ini. Kamu bisa melihat sunrise terbaik di sana. Dengan catatan, kamu harus tetap berhati-hati, ya! Selain sunrise, tempat ini juga cocok untuk melihat sunset.

  • Alamat : Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta 55783
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam
  • No. Telepon : 0819-3266-6676
  • HTM : Rp7.000

4. Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo

Selain tempat memancing, tempat ini juga memiliki view sunrise yang memanjakan mata. Saat sunrise muncul di tempat ini, sinar mataharinya akan menyinari permukaan danau secara perlahan.

Setelah kamu melihat sunrise di sini, kamu bisa sarapan dulu sebentar di tempat ini. Kebetulan, tempat ini punya banyak warung yang menyajikan makanan enak dan murah.

  • Alamat : Ngringin, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta 55281
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam

5. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

* sumber: wisatakaka.com

Nama tempat ini mungkin tak sepopuler gunung Merapi. Namun, tempat ini layak dikunjungi. Di sini, tersaji pemandangan sunrise yang didominasi warna kekuningan yang indah.

Selain memiliki sunrise yang indah, tempat ini juga punya bentuk yang unik. Bentuk tempat ini sendiri menyerupai bongkahan batu yang besar. Tempat ini bisa disambangi di alamat berikut:

  • Alamat : Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam
  • HTM : Rp15.000 – Rp20.000 (wisatawan lokal), Rp 30.000 (wisatawan mancanegara)

6. Pantai Sundak

Pantai Sundak

Gunung Kidul punya banyak pantai yang bagus. Salah satunya adalah Pantai Sundak. Pantai ini tergolong kecil, namun cukup istimewa. Di sini, kamu bisa menyaksikan sunrise yang menyinari dua batu raksasa di pantai ini.

Pemandangan sunrise itu lantas dilengkapi oleh deburan ombak yang terdengar indah di kuping. Pemandangan sunrise di sini bisa kamu saksikan di pinggiran pantasinya, atau di gazebo yang tersedia di sini.

  • Alamat : Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Jogjakarta
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam
  • HTM : Rp5.000 (weekdays), Rp6.000 (weekend)

7. Ratu Boko

Ratu Boko

* sumber: www.kotajogja.com

Kalau yang satu ini letaknya ada di selatan Kompleks Candi Pambanan. Selain sebagai tempat wisata sejarah, tempat satu ini rupanya cocok untuk melihat sunrise yang indah.

Saat sunrise hadir di tempat ini, sinar mataharinya bakal menerangi bangunan di sini secara perlahan. Lama-lama, sinar mataharinya bakal menerangi seluruh bangunannya, sehingga bangunan di sini terlihat begitu jelas dan indah dilihat.

  • Alamat : Jalan Raya Piyungan – Prambanan No.KM 2, Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 06.00 – 17.00 WIB
  • No. Telepon : (0274) 496510
  • HTM : Rp20.000

8. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

* sumber: www.idntimes.com

Selain Pantai Sundak, ada satu pantai lagi yang cocok buat melihat sunrise. Pantai Indrayanti adalah pantai tersebut. Pantai bernama lain Pantai Sawal ini juga menawarkan sunrise yang indah.

Sangat disarankan untuk melihat sunrise-nya dari tebing yang ada di pantai ini. Di sana, panorama sunrise-nya bakal terlihat lebih jelas. Selain itu, kamu pun juga bisa merasakan langsung hangatnya cahaya matahari terbit dari sana.

Selama sunrise berlangsung, kamu bakal melihat keindahan rumput di tebing tersebut, serta keindahan pantai ini yang terlihat perlahan-lahan. Pantai Indrayanti bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Jogjakarta
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam
  • HTM : Rp10.000

9. Pantai Krakal

Pantai Krakal

* sumber: travelingyuk.com

Masih ada satu pantai lagi yang cocok untuk melihat sunrise. Pantai Krakal adalah pantai yang dimaksud. Letak pantai ini tidak jauh dari Pantai Indrayanti. Jadi, jika tak keburu ke Indrayanti, kamu bisa menjadikan pantai ini sebagai alternatif.

Di pantai ini, kamu bakal melihat matahari terbit yang muncul perlahan dari bukit di pantai ini. Untuk bisa melihatnya, kamu harus berada persis di bibir pantai ini. Selain di waktu sunrise, pantai ini juga recommended di kala siang.

  • Alamat : Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Jogjakarta 55000
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam
  • HTM : Rp7.000

10. Pundong Imogiri

Pundong Imogiri

* sumber: www.relunglangit.com

Tempat terakhir yang bisa kamu sambangi nanti adalah Pundong Imogiri. Tempat yang populer semenjak gempa Jogja ini menyajikan sunrise yang ‘muncul’ dari salah satu pohon di tempat ini.

Nuansa pedesaan akan terasa saat pertama kali ke sini. Hal itu bikin kamu semakin betah menyaksikan sunrise di Pundong Imogiri. Pundong Imogiri bisa dikunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Kecamatan Pundong, Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam

Jogja punya beragam tempat melihat sunrise yang menarik. Sepuluh di antaranya sudah kami sebutkan di atas. Kesepuluh tempat itu bisa menjadi alternatif, terutama jika kamu lagi ingin melihat sunrise di Jogjakarta.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram