Inilah 10 Spot Terbaik untuk Menikmati Sunset di Yogyakarta

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 22 September 2020

Siapa yang suka menikmati sunset? Proses terbenamnya matahari yang mengganti siang menjadi malam banyak disukai wisatawan. Perpaduan warna jingga yang beruah menjadi gelap mampu membuat siapa saja terpesona. Setiap daerah memiliki tempat terbaik untuk melihat pesona matahari terbenam. Salah satunya di Yogyakarta.

Daerah Istimewa Yogyakarta selalu menjadi tujuan untuk liburan. Ada banyak destinasi wisata di Jogja yang bisa dieksplor, mulai dari pantai hingga Gunung Merapi. Jika kamu berencana liburan ke Yogyakarta, simak artikel berikut ini ya. Keluyuran akan merangkum 10 tempat terbaik untuk menikmati sunset di Yogyakarta. Berikut rangkumannya.

1. Puncak Becici

Puncak Becici

* sumber: i1.wp.com

Puncak Becici adalah bukit kecil di kawasan Bantul ini terdapat hutan pinus seluas 4,4 hektar yang masih alami. Di ujung hutan pinus terdapat gardu pandang yang menjadi tempat terbaik untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Dari atas sini, terlihat gagahnya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari kejauhan.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Puncak Becici. Pengelola wisata sudah menyediakan hammock untuk bersantai. Ada juga camping area untuk menikmati Puncak Becici lebih lama, serta spot menikmati sunset yang memesona. Tak jarang Puncak Becici menjadi salah satu tempat untuk prewedding di Yogyakarta.

  • Alamat : Gunungcilik, Muntuk, Dlingo, Kabupaten Bantul
  • Operasional : 06.00 – 18.15 WIB
  • Tiket Masuk : Rp2.500
  • Kontak : 0823-2907-7770

2. Bukit Paralayang Watugupit

Bukit Paralayang Watugupit

Gunung Kidul bukan hanya dikenal dengan pantai selatan yang memesona. Ada juga Bukit Paralayang Watugupit yang menjadi salah spot terbang favorit bagi paraglider. Bukit Paralayang Watugupit terletak tak jauh dari Pantai Parangtritis dan dekat dengan Pantai Parangendog.

Selain menjadi spot favorit bagi paraglider, Bukit Paralayang Watugupit juga menjadi spot favorit untuk menikmati sunset dari atas tebing. Di sini kamu bisa melihat matahari terbenam dari balik laut lepas yang sangat memesona. Lebih menarik lagi jika kamu mencoba terbang menggunakan paralayang pada waktu menjelang sunset.

  • Alamat : Giricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 05.00 – 18.30 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000
  • Kontak : 0877-3791-0679

3. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran

* sumber: eksotisjogja.com

Danau buatan di tebing Gunung Api Purba Nglanggeran ini merupakan tempat wisata yang terbilang masih baru dikenal masyarakat. Embung Nglanggeran memiliki luas 60 x 60 meter, di dalamnya terdapat ikan yang dibudidayakan, jadi tidak boleh dipancing ataupun diambil. Di sini kamu tetap bisa menikmati indahnya pemandangan.

Embung Nglanggeran merupakan salah satu spot menikmati sunset di Yogyakarta dengan panorama yang unik. Selain adanya danau buatan yang cukup luas, Embung Nglanggeran juga menyediakan gardu pandang untuk melihat pemandangan lebih luas.

  • Alamat : Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp10.000
  • Kontak : 0818-0260-6050

4. Watu Lumbung

Watu Lumbung

* sumber: backpackerjakarta.com

Kabupaten Gunung Kidul menjadi destinasi wisata pantai terfavorit di Yogyakarta. Di sini banyak terdapat banyak pantai yang eksotis. Salah satunya Pantai Watu Lumbung. Pantai ini terlihat unik karena memiliki dua batu karang besar yang terletak di tengah pantai.

Bagi kamu yang suka memancing ikan, Pantai Watu Lumbung cocok dijadikan sebagai tempat untuk memancing. Ditambah lagi pantai ini relatif sepi jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Gunung Kidul. Pantai Watu Lumbung juga menjadi spot sunset yang direkomendasikan, dimana kamu bisa melihat pemandangan matahari terbenam di balik batu karang.

  • Alamat : Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 06.00 – 19.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000

5. Puncak Kosakora

Puncak Kosakora

* sumber: www.brobali.com

Berkunjung ke Pantai Drini, biasanya wisatawan hanya akan menikmati keindahan pantai atau snorkeling. Tak banyak wisatawan yang menyadari bahwa di dekat Pantai Drini, terdapat bukit yang bisa digunakan untuk camping dan menikmati pemandangan laut lepas dari ketinggian. Bukit tersebut bernama Puncak Kosakora.

Letak Puncak Kosakora cukup terpencil. Untuk menuju ke sini, wisatawan harus melewati ladang milik warga setempat, trekking melewati perbukitan, dan sampai di Puncak Kosakora. Dari atas bukit ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan laut Yogyakarta yang luas, dan jika datang pada sore hari maka akan melihat pesona matahari terbenam dari Puncak Kosakora.

  • Alamat : Banjarejo, Tanjungsari, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

6. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat

* sumber: www.nativeindonesia.com

Satu lagi tempat menikmati sunset terbaik di Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Kesirat merupakan pantai unik di Gunung Kidul yang tidak memiliki pasir pantai landai. Di pantai ini hanya ada tebing yang curam dan bisa dijadikan sebagai tempat untuk rock fishing.

Pantai Kesirat dengan tebing curam dan hamparan rumput yang luas, membuat tempat ini dapat menjadi lokasi yang ideal untuk camping dan menikmati sunset. Pantai Kesirat merupakan tempat yang disakralkan oleh masyarakat sekitar, karenanya di pantai ini terdapat pohon abadi yang tumbuh di pinggir tebing.

  • Alamat : Karang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

7. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

* sumber: lookjogja.blogspot.com

Kebun Buah Mangunan identik dengan pemandangan matahari terbit yang memesona. Namun ternyata, di tempat ini juga menyajikan pemandangan matahari terbenam yang tak kalah cantiknya. Kebun Buah Mangunan menyediakan banyak spot foto menarik, ayunan, serta gardu pandang.

Kebun Buah Mangunan berada di ketinggian 150 – 200 meter di atas permukaan laut. Di sini bukan hanya bisa menikmati pemandangan alamnya saja, kamu juga bisa belajar tentang buah-buahan, mulai dari pohon mangga, pohon durian, pohon jeruk, pohon jambu air, dan aneka buah lainnya.

  • Alamat : Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul
  • Operasional : 05.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000

8. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

* sumber: viewjogja.com

Yogyakarta memiliki padang pasir yang di sekitar Pantai Parangtritis. Hamparan pasir di Gumuk Pasir Parang Kusumo terhampar seluas 2 km dari Sungai Opak hingga Pantai Depok. Padang pasir ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Yogyakarta karena keunikannya dan banyak wisatawan mencoba sandboarding atau seluncur di atas pasir.

Gumuk Pasir Parang Kusumo bukan hanya memiliki hamparan pasir yang lembut saja, melainkan menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati pesona matahari terbenam. Adanya pohon kaktus kering menambah kecantikan pemandangan sunset di Gumuk Pasir.

  • Alamat : Jl. Pantai Parangkusumo, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Kabupaten Bantul
  • Operasional : 07.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000
  • Kontak : 0895-3928-25163

9. Candi Ijo

Candi Ijo

Ketika liburan ke Yogyakarta dan mengunjungi peninggalan kerajaan untuk wisata sejarah, kamu juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam lho. Di Candi Ijo salah satunya. Candi yang dibangun sekitar abad ke-10 hingga abad ke-11 ini memiliki candi utama yang menghadap ke barat, tempat dimana matahari akan terbenam.

Kompleks Candi Ijo terletak di kaki bukit, dan dari sini kamu bisa melihat pemandangan Yogyakarta dari ketinggian. Candi yang sudah dilakukan pemugaran beberapa kali ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat pesona matahari terbenam.

  • Alamat : Kikis, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000 – Rp10.000
  • Kontak : 0856-4366-8417

10. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Terakhir, ada Candi Ratu Boko. Kamu pasti sudah tidak asing dengan tempat wisata yang satu ini. Pasalnya, candi yang terletak 3 km dari Kompleks Candi Prambanan ini sudah lama dikenal sebagai tempat menikmati sunset terbaik di Yogyakarta. Candi Ratu Boko berada di ketinggian 196 meter di atas permukaan laut dengan luas sekitar 25 hektar.

Candi Ratu Boko memiliki perbedaan dengan peninggalan kerjaan lain yang umumnya dibangun di tanah yang landai. Sedangkan Candi Ratu Boko dibangun di atas bukit yang tinggi. Di candi ini terdapat kolam pemandian, hingga tempat kremasi bagi umat Hindu. Menikmati sunset sambil belajar sejarah bisa dilakukan di Candi Ratu Boko.

  • Alamat : Jl. Raya Piyungan – Prambanan KM.2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman
  • Operasional : 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp40.000
  • Kontak : (0274) 496 510

Ada banyak cara menikmati matahari terbenam di Yogyakarta. Tidak hanya di pantai saja, tetapi di sini kamu juga bisa melihat sunset sambil berwisata sejarah. Jadi destinasi mana yang paling kamu sukai? Yuk, ajak sahabatmu menikmati sunset di Yogyakarta!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram