Inilah 10 Spot Terbaik untuk Menikmati Sunset di Yogyakarta

Ditulis oleh Riastri Herliana

Siapa yang suka menikmati sunset? Proses terbenamnya matahari yang mengganti siang menjadi malam banyak disukai wisatawan. Perpaduan warna jingga yang beruah menjadi gelap mampu membuat siapa saja terpesona. Setiap daerah memiliki tempat terbaik untuk melihat pesona matahari terbenam. Salah satunya di Yogyakarta.

Daerah Istimewa Yogyakarta selalu menjadi tujuan untuk liburan. Ada banyak destinasi wisata di Jogja yang bisa dieksplor, mulai dari pantai hingga Gunung Merapi. Jika kamu berencana liburan ke Yogyakarta, simak artikel berikut ini ya. Keluyuran akan merangkum 10 tempat terbaik untuk menikmati sunset di Yogyakarta. Berikut rangkumannya.

1. Puncak Becici

Puncak Becici

* sumber: i1.wp.com

Puncak Becici adalah bukit kecil di kawasan Bantul ini terdapat hutan pinus seluas 4,4 hektar yang masih alami. Di ujung hutan pinus terdapat gardu pandang yang menjadi tempat terbaik untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Dari atas sini, terlihat gagahnya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari kejauhan.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Puncak Becici. Pengelola wisata sudah menyediakan hammock untuk bersantai. Ada juga camping area untuk menikmati Puncak Becici lebih lama, serta spot menikmati sunset yang memesona. Tak jarang Puncak Becici menjadi salah satu tempat untuk prewedding di Yogyakarta.

  • Alamat : Gunungcilik, Muntuk, Dlingo, Kabupaten Bantul
  • Operasional : 06.00 – 18.15 WIB
  • Tiket Masuk : Rp2.500
  • Kontak : 0823-2907-7770

2. Bukit Paralayang Watugupit

Bukit Paralayang Watugupit

Gunung Kidul bukan hanya dikenal dengan pantai selatan yang memesona. Ada juga Bukit Paralayang Watugupit yang menjadi salah spot terbang favorit bagi paraglider. Bukit Paralayang Watugupit terletak tak jauh dari Pantai Parangtritis dan dekat dengan Pantai Parangendog.

Selain menjadi spot favorit bagi paraglider, Bukit Paralayang Watugupit juga menjadi spot favorit untuk menikmati sunset dari atas tebing. Di sini kamu bisa melihat matahari terbenam dari balik laut lepas yang sangat memesona. Lebih menarik lagi jika kamu mencoba terbang menggunakan paralayang pada waktu menjelang sunset.

  • Alamat : Giricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 05.00 – 18.30 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000
  • Kontak : 0877-3791-0679

3. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran

* sumber: eksotisjogja.com

Danau buatan di tebing Gunung Api Purba Nglanggeran ini merupakan tempat wisata yang terbilang masih baru dikenal masyarakat. Embung Nglanggeran memiliki luas 60 x 60 meter, di dalamnya terdapat ikan yang dibudidayakan, jadi tidak boleh dipancing ataupun diambil. Di sini kamu tetap bisa menikmati indahnya pemandangan.

Embung Nglanggeran merupakan salah satu spot menikmati sunset di Yogyakarta dengan panorama yang unik. Selain adanya danau buatan yang cukup luas, Embung Nglanggeran juga menyediakan gardu pandang untuk melihat pemandangan lebih luas.

  • Alamat : Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp10.000
  • Kontak : 0818-0260-6050

4. Watu Lumbung

Watu Lumbung

* sumber: backpackerjakarta.com

Kabupaten Gunung Kidul menjadi destinasi wisata pantai terfavorit di Yogyakarta. Di sini banyak terdapat banyak pantai yang eksotis. Salah satunya Pantai Watu Lumbung. Pantai ini terlihat unik karena memiliki dua batu karang besar yang terletak di tengah pantai.

Bagi kamu yang suka memancing ikan, Pantai Watu Lumbung cocok dijadikan sebagai tempat untuk memancing. Ditambah lagi pantai ini relatif sepi jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Gunung Kidul. Pantai Watu Lumbung juga menjadi spot sunset yang direkomendasikan, dimana kamu bisa melihat pemandangan matahari terbenam di balik batu karang.


  • Alamat : Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 06.00 – 19.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000

5. Puncak Kosakora

Puncak Kosakora

* sumber: www.brobali.com

Berkunjung ke Pantai Drini, biasanya wisatawan hanya akan menikmati keindahan pantai atau snorkeling. Tak banyak wisatawan yang menyadari bahwa di dekat Pantai Drini, terdapat bukit yang bisa digunakan untuk camping dan menikmati pemandangan laut lepas dari ketinggian. Bukit tersebut bernama Puncak Kosakora.

Letak Puncak Kosakora cukup terpencil. Untuk menuju ke sini, wisatawan harus melewati ladang milik warga setempat, trekking melewati perbukitan, dan sampai di Puncak Kosakora. Dari atas bukit ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan laut Yogyakarta yang luas, dan jika datang pada sore hari maka akan melihat pesona matahari terbenam dari Puncak Kosakora.

  • Alamat : Banjarejo, Tanjungsari, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

6. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat

* sumber: www.nativeindonesia.com

Satu lagi tempat menikmati sunset terbaik di Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Kesirat merupakan pantai unik di Gunung Kidul yang tidak memiliki pasir pantai landai. Di pantai ini hanya ada tebing yang curam dan bisa dijadikan sebagai tempat untuk rock fishing.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram