10 Tempat Ngabuburit di Jakarta yang Seru & Asyik

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 12 April 2021

Ngabuburit bersama teman atau keluarga memang menyenangkan. Akan tetapi, sering kali kita merasa sulit untuk menemukan tempat ngabuburit yang nyaman. Belum lagi jika kita harus merogoh kocek yang terbilang besar untuk dapat merasakan tempat ngabuburit yang cozy. Lantas, di mana tempat yang cocok untuk ngabuburit bersama teman dan keluarga?

Nah, jika saat ini kamu berdomisili di Jakarta, kamu dapat melihat daftar tempat ngabuburit di Jakarta dari Keluyuran berikut ini. Kami telah merangkum beberapa tempat pilihan yang nyaman dan menyenangkan untuk ngabuburit bersama teman atau keluarga. Inilah daftarnya:

1. Pasar Benhil

  • Alamat: Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 16.00 s.d 20.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000 per porsi

Pasar Bendungan Hilir atau Pasar Benhil jadi salah satu tempat favorit warga Jakarta untuk ngabuburit. Nggak heran, karena di tempat ini ada banyak sekali pedagang yang menawarkan aneka makanan dan takjil untuk berbuka puasa.

Takjil berbuka seperti aneka gorengan, kolak dan pempek tersedia di sini. Nggak cuma itu saja, pilihan aneka lauk pauk pun bisa kamu bawa pulang. Ada banyak penjual yang menyajikan menu masakan seperti gudeg dan juga ikan bakar. Dengan hanya merogoh kocek Rp50.000 saja, kamu sudah bisa membeli aneka takjil dan makanan lainnya.

3. Tribeca Park

10 Tempat Ngabuburit di Jakarta yang Seru & Asyik 2
  • Alamat: Central Park, Jl. Letjen S. Parman No.28, RT.12/RW.6, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00 s.d 23.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Tribeca Park atau Taman Tribeca adalah spot berupa taman asri nan sejuk yang ada di kompleks Mall Central Park, Jakarta Barat. Taman Tribeca ini sering dijadikan tempat bersantai oleh para pengunjung yang sengaja datang, atau pun yang sedang berbelanja di mall.

Ada cukup banyak spot unik yang tersedia di Tribeca Park. Salah satunya adalah kolam dengan jumlah ikan yang cukup banyak dan ukurannya pun besar. Saat malam hari, Tribeca Park biasanya dihiasi lampu-lampu yang membuat suasananya terasa meriah namun romantis.

Tentu, taman ini sangat suitable untuk dijadikan spot berfoto ria. Oh iya, di sini ada beberapa tenan kafe mau pun restoran yang menyediakan aneka hidangan lezat. Tertarik untuk menghabiskan waktu ngabuburit kamu di Tribeca Park?

4. Masjid Sunda Kelapa

10 Tempat Ngabuburit di Jakarta yang Seru & Asyik 3
  • Alamat: Jl. Taman Sunda Kelapa No.16, RW.4, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310
  • Jam Operasional: -
  • Nomor Telepon: (021) 31934261
  • Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000 per porsi

Kalau kamu tinggal di kawasan Menteng, area Masjid Sunda Kelapa adalah spot ngabuburit paling pas untukmu. Di sini, kamu bisa menemukan banyak sekali penjual takjil berbuka. Mulai dari macam-macam bubur manis, aneka gorengan, sate, sajian ayam dan masih banyak lagi.

Kamu juga tentu dapat menunaikan ibadah shalat maghrib dengan nyaman di Masjid Agung Sunda Kelapa ini. Masjid yang dibangun di tahun 70-an ini mampu menampung lebih dari 3000 jamaah, lho.

Fasilitasnya pun lengkap. Ada penitipan sepatu, AC, toilet duduk dan keran wudhu yang jumlahnya lebih dari 50 buah. So, kalau kamu lagi ada di Menteng saat bulan Ramadhan, dan lagi nyari tempat untuk ngabuburit, jangan lupa mampir ke Masjid Sunda Kelapa, ya.

5. Pasar Takjil Kramat Raya

  • Alamat: Jl. Kramat Raya No.61, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 16.00 s.d 20.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000 per porsi

Tempat ngabuburit di Jakarta lainnya adalah Pasar Takjil Kramat Raya. Tak kalah dengan pasar takjil lainnya di Jakarta, pasar takjil satu ini juga menyajikan aneka hidangan berbuka puasa yang lengkap banget.

Salah satu menu takjil andalan yang ada di sini adalah bubur kampiun khas ranah Minang. Selain bubur kampiun, sajian khas Minang lainnya seperti lemang tapai juga bisa kamu dapatkan di sini. Makanan lain seperti aneka gorengan pun tentu tersedia.

Selain terdapat banyak pedagang makanan dengan harga terjangkau, lokasi dari Pasar Takjil Kramat Raya pun mudah untuk diakses, lho. Pasar takjil ini berada tak jauh dari Halte Transjakarta di kawasan Senen. Kamu tertarik untuk beli takjil di sini? Silakan datang ke alamat yang ada di atas, ya.

6. Monumen Nasional (Monas)

10 Tempat Ngabuburit di Jakarta yang Seru & Asyik 4
  • Alamat: Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 s.d 22.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: Rp15.000 per orang

Siapa yang tidak kenal dengan Monumen Nasional (Monas)? Landmark kebanggaan DKI Jakarta ini memiliki puncak yang berbentuk obor api yang terbuat dari emas 24 karat. Kawasan di sekitar Monas ini kerap kali dijadikan sebagai tempat liburan murah sekaligus tempat ngabuburit di Jakarta yang paling banyak diminati.

Sekadar duduk-duduk santai, bersepeda, atau berolahraga di kawasan Monas ini memang menyenangkan. Jika kamu belum pernah masuk ke dalam Tugu Monas ini, kamu bisa mencoba masuk dan melihat pemandangan seluruh Kota Jakarta dari puncak Monas.

Untuk masuk ke dalam Monumen Nasional ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp15.000 per orangnya. Sementara itu, untuk bisa masuk ke area cawan dan museum, ada biaya tambahan sebesar Rp5.000 per orang.

7. Taman Ayodya

Taman Ayodya
  • Alamat: Jl. Lamandau III No.RT.4, RT.4/RW.7, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 JAM
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Tempat ngabuburit lainnya yang ada di Jakarta adalah Taman Ayodya yang ada di Barito, Jakarta Selatan. Di taman ini, kamu dapat duduk santai sembari menikmati pemandangan kolam di tengah taman yang cukup menenangkan pikiran.

Jika ingin mengisi waktu ngabuburit dengan berolahraga, di taman ini juga tersedia jogging track. Ngabuburit santai di Taman Ayodya ini terasa lengkap dengan kehadiran para pedagang kaki lima yang siap menyiapkan hidangan buka puasa untuk kita.

Di sekitar lokasi taman ini berada, biasanya ada beberapa pedagang kaki lima yang menawarkan aneka makanan seperti sate, bakso, nasi goreng, dan lain sebagainya. Tertarik untuk mencoba?

8. Kota Tua

Kota Tua Jakarta
  • Alamat:  Kawasan Kota Tua, Taman Fatahillah No.1, RT.7/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 06.00 s.d 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: 0818-0807-3636
  • Harga Tiket: -

Kawasan Kota Tua di Jakarta ini memang yang paling terkenal dan selalu menjadi destinasi wisata wajib bagi para wisatawan dari luar Jakarta. Di kawasan ini, banyak muda-mudi yang menghabiskan waktu dengan hunting foto, bersepeda, bermain skateboard, atau sekedar duduk-duduk.

Ada pula beberapa spot di kawasan kota tua ini yang dapat menjadi destinasi ngabuburit yang asyik, seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, dan Museum Seni Rupa & Keramik. Kamu juga bisa menyewa sepeda di kawasan wisata ini.

Pada saat sore menjelang malam, kawasan kota tua ini akan semakin ramai, karena ada banyak pedagang yang membuka lapak di tempat yang juga dikenal dengan nama Batavia Lama ini.

9. Taman Menteng

Taman Menteng
  • Alamat: Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310
  • Jam Operasional: -
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket:

Berada tidak jauh dari Taman Situlembang dan Taman Suropati, ada sebuah taman yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai tempat ngabuburit. Ya, taman tersebut adalah Taman Menteng. Taman ini adalah ruang hijau terbuka di tengah-tengah Kota Jakarta yang tidak pernah sepi pengunjung.

Taman ini menjadi salah satu taman yang menarik untuk dikunjungi, terutama untuk mengisi waktu ngabuburit di bulan puasa. Ada sebuah rumah kaca di tengah-tengah taman yang kerap kali dipakai untuk pameran atau pertunjukan seni. Selain itu, yang membuat Taman Menteng ini banyak dikunjungi oleh warga Jakarta adalah fasilitas Wi-Fi gratisnya.

Suasana di taman ini terasa sangat romantis ketika malam tiba, lho. Oh iya, kamu tak perlu takut kesulitan untuk mencari tempat makan saat berbuka, karena di sekitar area taman ini ada beberapa tempat untuk kulineran.

10. Pantai Ancol

Pantai Ancol
  • Alamat: Jl. Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 06.00 s.d 20.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: Rp25.000 per orang

Di Jakarta, kamu bisa bersantai di pantai sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Ya, di mana lagi jika bukan di Pantai Ancol. Pantai ini memang tidak pernah sepi pengunjung, terutama pada sore hari.

Banyak sekali pengunjung yang duduk-duduk di tepi pantai sembari menunggu matahari terbenam (sunset). Pantai Ancol adalah pilihan tempat ngabuburit yang menyenangkan setelah seharian penuh kamu harus bekerja atau menjalankan rutinitas sehari-hari.

Pantai Ancol ini cocok buat kamu yang suka foto-foto. Di sini ada beberapa spot keren yang bisa dijadikan latar belakang berfoto. Satu di antaranya adalah promenade Ancol yang merupakan tempat jalan-jalan berupa jembatan yang membentang luas di atas laut.

Ngabuburit yang nyaman tak harus mahal, bukan? Dengan rekomendasi sepuluh tempat ngabuburit di Jakarta ini Anda yang berdomisili di ibu kota negara Indonesia ini tidak perlu bingung lagi mencari tempat ngabuburit yang nyaman dan ekonomis.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram