12 Tempat Ngabuburit di Malang untuk Menunggu Maghrib

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 2 Juni 2021

Sudah pulang kerja atau sekolah, tapi tidak ada kegiatan sembari menunggu adzan Maghrib berkumandang? Selain tidur, kamu juga bisa ngabuburit bersama teman-teman atau keluarga sambil menunggu adzan maghrib. Ngabuburit bisa di mana saja, di rumah, tempat kerja, sekolah, atau bahkan di sejumlah tempat yang merupakan fasilitas umum.

Jika kamu ingin sesuatu yang berbeda di acara ngabuburit kali ini, ajak orang terdekatmu untuk pergi ke sejumlah tempat ngabuburit di Malang. Keluyuran sudah menyiapkan 12 tempat di kota apel ini yang bisa kamu singgahi untuk menunggu waktu buka puasa tiba. Inilah daftarnya:

1. Pasar Takjil Sulfat

Pasar Takjil Sulfat
  • Alamat: Jl. Taman Sulfat, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 15.00 s.d 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000 per porsi

Ada beberapa tempat di Malang yang tiba-tiba menjadi pasar takjil ketika bulan suci Ramadhan tiba. Salah satu pasar takjil tersebut ada di Jalan Sulfat. Pada hari-hari biasa, wilayah ini terlihat sepi lengang dan hanya tampak beberapa pedagang makanan saja.

Namun, ketika bulan puasa mendadak ada banyak penjual makanan berat, jajanan, dan takjil di sini. Di antaranya ada aneka kue, batagor, sate dan aneka lauk pauk yang nikmat untuk disantap dengan nasi.

Ngabuburit di Pasar Takjil Sulfat menyenangkan, lho. Berburu makanan dan minuman lezat dengan harga terjangkau tentu akan menjadi kegiatan sederhana namun menggembirakan ketika dilakukan saat ngabuburit. Awas, jangan sampai kalap belanja takjilnya, ya!

2. Jalan Soekarno Hatta

tempat ngabuburit di malang soehatSumber: https://travelingyuk.com/
  • Alamat: Jl. Soekarno Hatta, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 15.00 s.d 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000 per porsi

Ngabuburit kok di jalan, tidak salah? Mungkin pertanyaan itu langsung muncul dalam benak Anda saat mengetahui bahwa tempat ngabuburit yang akan kami bahas selanjutnya adalah sebuah jalan raya. Yap, tempat ngabuburit itu adalah Pasar Takjil Soehat, alias Pasar Takjil Soekarno Hatta.

Pada bulan suci Ramadhan, sepanjang Jalan Soekarno Hatta ini dipenuhi dengan pedagang kaki lima yang berjualan takjil. Jadi, sambil menunggu waktu buka puasa kamu bisa mampir kemari sambil membeli takjil yang sesuai selera. Pilihan takjil yang dijual di sepanjang jalan ini sangat variatif. Salah satunya adalah aneka kolak yang manis dan legit.

Harga takjilnya pun sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp2.500-an saja. Dengan uang Rp50.000 sekali pun, kamu sudah bisa membawa banyak takjil untuk dinikmati bersama orang tercinta.

3. Alun-alun Malang

12 Tempat Ngabuburit di Malang untuk Menunggu Maghrib 1
  • Alamat: Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Tak susah untuk mencari tempat ngabuburit di Malang. Ada beragam fasilitas umum yang bisa kita gunakan untuk ngabuburit dengan melakukan berbagai kegiatan positif.

Alun-alun Malang adalah tempat ngabuburit yang paling asyik di kota apel. Tanaman di alun-alun ini ditata sangat rapi dan tumbuh dengan subur. Kamu bisa bercengkrama dengan sahabat, membaca buku, berfoto, atau sekedar duduk-duduk santai di Alun-alun Malang ini.

Di beberapa sudut terdapat gazebo yang bisa dipakai untuk bersantai. Alun-alun ini juga dilengkapi dengan jogging track, taman bermain, dan bikers track. Sekadar info, Alun-alun Malang berada tak jauh dari Masjid Agung Malang. Para pedagang makanan biasanya meramaikan sekitaran Alun-alun, jadi kamu nggak perlu khawatir kesulitan untuk mencari menu berbuka.

4. Pasar Takjil Sawojajar

  • Alamat: Perumahan Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65139
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 05.30 s.d 22.00 WIB (Operasional pasar)
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000 per porsi

Tempat ngabuburit di Malang lainnya adalah Pasar Takjil Sawojajar. Lokasi pasar takjil ini berada di kawasan gerbang masuk Perumahan Sawojajar Malang. Keberadaan pasar takjil ini diperkirakan sudah lebih dari satu dekade lamanya.

Di sini, ada banyak sekali penjual makanan untuk takjil berbuka puasa. Mulai dari ragam jenis kue basah dan makanan ringan, sampai lauk pauk juga tersedia. Kamu tertarik untuk berkunjung kemari dan memborong takjil untuk berbuka? Datang langsung saja ke alamat yang tertera di atas, ya.

5. Alun-alun Tugu

12 Tempat Ngabuburit di Malang untuk Menunggu Maghrib 3
  • Alamat: Jl. Tugu, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Berada di tengah kota, Alun-alun Tugu diapit oleh jalan protokol yang banyak dilalui kendaraan bermotor. Mengingat letaknya sangat strategis, maka tak sulit untuk menemukan Alun-alun Tugu ini.

Usut punya usut, Alun-alun ini sudah ada sejak tahun 1930-an. Nilai historis dari taman ini bisa terlihat dari monumen tugu yang berada di tengah taman ini. Boleh dibilang bahwa Alun-alun Tugu adalah saksi perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Di siang hari, alun-alun yang dipenuhi dengan bunga warna-warni ini tidak terlalu dipenuhi pengunjung karena tempatnya panas dan tidak ada tempat untuk berteduh. Namun, saat sore hari Alun-alun Tugu mulai dipadati pengunjung yang ingin ngabuburit sambil ngobrol, membaca, atau justru bermain gadget.

6. Taman Singha Merjosari

Taman Singha Merjosari
  • Alamat: Jl. Mertojoyo Selatan Blk. B No.20, Merjosari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 06.00 s.d 22.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Berada di Jalan Mertoyo Selatan, Merjosari, Malang, taman yang satu ini sangat cocok untuk ngabuburit bersama anak-anak atau sekedar ingin seru-seruan bersama sahabat. Di Taman Singha Merjosari ini terdapat playground dan beberapa wahana permainan yang menarik. Selain itu, ada juga kolam pasir untuk anak-anak.

Di sini, ada juga area untuk berolahraga, lho. Salah satunya adalah area trek untuk lari. Kamu yang suka main skateboard juga bisa banget untuk datang ke sini, karena di sini ada area khusus yang diperuntukkan buat main skateboard.

Semua yang ada di Taman Singha Merjosari ini benar-benar menarik untuk dicoba. Meskipun tidak ada pepohonan yang terlalu rimbun, Taman Singha Merjosari tetap menjadi tempat ngabuburit yang cantik lantaran banyak bunga berwarna-warni yang tampak menyejukkan mata.

Oh iya, di sini juga ada foot therapy yang bisa meredakan pegal-pegal di kaki, lho. Jadi, kalau kamu capek jalan-jalan di sini, kamu bisa coba foot therapy-nya. Sekadar info, kamu bisa masuk taman ini dengan gratis dan hanya perlu mengeluarkan biaya parkir kendaraan saja. Asyik banget, kan?

7. Taman Slamet

12 Tempat Ngabuburit di Malang untuk Menunggu Maghrib 4
  • Alamat: Jl. Taman Slamet No.8, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65115
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Berbahagialah kamu yang berdomisili di Malang. Pasalnya, kota ini memiliki sejumlah tempat yang bisa dipakai untuk ngabuburit. Tempat ngabuburit di Malang selanjutnya adalah Taman Slamet. Taman yang mengusung konsep hidden paradise ini sangat bersih dan asri.

Ada banyak pohon rimbun di Taman Slamet sehingga pengunjung yang datang di siang hari tidak akan kepanasan karena bisa berteduh. Taman Slamet juga memiliki beberapa spot selfie Instagram-able. Jadi, kamu akan sangat menikmati pengalaman ngabuburit di taman kota yang indah ini.

Tak jarang, di sekitar Taman Slamet ini juga ada beberapa pedagang kaki lima yang menawarkan aneka menu makanan. Mulai dari pecel, soto, dan aneka menu makanan lezat lainnya.

8. Taman Trunojoyo

tempat-ngabuburit-di-malang-taman-trunojoyo
  • Alamat: Jl. Trunojoyo, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Satu lagi tempat ngabuburit di Malang yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga maupun teman-teman, Taman Trunojoyo. Taman ini selalu ramai pengunjung, terlebih di waktu bulan puasa. Banyak orang yang ngabuburit di sini sembari menunggu waktu buka puasa. Di taman ini terdapat fasilitas bermain dan berolahraga.

Selain itu, di tengah taman juga terdapat air mancur, tempat di mana anak-anak biasanya bermain di taman sambil basah-basahan. Walaupun Taman Trunojoyo tidak terlalu besar, tapi taman ini sangat adem karena ditumbuhi dengan pepohonan yang rimbun. Jadi, tidak masalah jika kamu ngabuburit di sini sewaktu matahari masih bersinar terang.

9. Taman Merbabu

12 Tempat Ngabuburit di Malang untuk Menunggu Maghrib 5
  • Alamat: Jl. Merbabu, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Merbabu Family Park atau yang lebih dikenal dengan Taman Merbabu adalah tempat ngabuburit di Malang yang cukup happening. Ruang publik ini sering dimanfaatkan oleh warga Kota Malang yang ingin bersantai, olahraga, atau sekedar mengajak anak-anak bermain di area playground-nya.

Sembari anak-anak bermain di playground, orang tua akan menunggu di bangku-bangku taman yang sudah disediakan. Taman ini juga ditumbuhi oleh pepohonan yang rimbun sehingga lebih sejuk. Jika kamu suka ngabuburit di keramaian, Taman Merbabu ini bisa menjadi pilihan tempat yang asyik sambil menunggu bedug maghrib.

10. Masjid Tiban Turen

12 Tempat Ngabuburit di Malang untuk Menunggu Maghrib 6
  • Alamat: Jl. KH. Wachid Hasyim Jl. Anggur No.17, Sananrejo, Kec. Turen, Malang, Jawa Timur 65175
  • Jam Operasional: -
  • Nomor Telepon: -

Kalau kamu sedang ada di Malang, sempatkan diri untuk mampir di Masjid Tiban Turen. Masjid yang nampak megah ini bisa menjadi tempat ngabuburit yang seru. Pasalnya, ada cerita misterius di balik pembangunan masjid ini.

Masyarakat sekitar percaya bahwa masjid ini dibangun oleh para jin sehingga bangunannya muncul begitu saja di pemukiman penduduk. Konon, tidak ada masyarakat yang tahu mengenai aktivitas pembangunan masjid megah ini.

Namun faktanya, Masjid Tiban Turen dibangun oleh para santri dari Pondok Pesantren Salafiyah. Pondok pesantren tersebut masih berada satu area dengan Masjid Tiban Turen.

Kalau ke sini, kamu nggak usah khawatir akan kesulitan mencari hidangan untuk berbuka, karena tak jarang ada pedagang yang menawarkan ragam jenis minuman dan makanan, bahkan juga buah tangan yang bisa dibawa pulang kalau kamu ngabuburit di Masjid Tiban Turen ini.

11. Hutan Kota Malabar

12 Tempat Ngabuburit di Malang untuk Menunggu Maghrib 7
  • Alamat: Jl. Malabar, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 05.00 s.d 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Ngabuburit di tempat yang sejuk dan menyatu dengan alam bisa membuat kita menjadi lebih santai. Hutan Kota Malabar bisa menjadi destinasi ngabuburit yang pas bagi kamu yang menginginkan suasana tenang dan sejuk.

Hutan kota yang berada di Jalan Malabar ini memang dibuka untuk umum. Biasanya, hutan ini dipakai untuk berolahraga. Akan tetapi, jika kamu ingin jalan-jalan santai sambil menunggu waktu buka puasa, kamu bisa mampir kemari. Hutan Kota Malabar sangat bersih dan sejuk, kamu pasti betah menghabiskan waktu di sini.

Tenang, kamu tak perlu membayar tarif masuk ke Hutan Kota Malabar. Yap, kamu bisa masuk secara cuma-cuma, lho. Kamu hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan saja. Oh iya, di sekitar sini ada beberapa kafe dan tempat makan yang bisa kamu jadikan pilihan tempat berbuka puasa juga. Tertarik untuk berkunjung ke Hutan Kota Malabar? Jangan lupa ajak teman, keluarga dan orang tercinta, ya!

12. Masjid Agung Malang

Masjid Agung Malang
  • Alamat: Jl. Merdeka Barat No.3, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: -

Dapatkan pengalaman ngabuburit di salah satu masjid tertua di Jawa Timur, yaitu Masjid Agung Malang. Masjid ini menampung jamaah dalam jumlah banyak baik itu hari biasa maupun saat bulan puasa. Kamu dapat berkunjung kemari untuk menanti waktu buka puasa dan ibadah shalat maghrib sambil melihat-lihat arsitektur masjid yang dibangun pada tahun 1890 ini.

Masjid Agung Malang adalah simbol keharmonisan dua agama yang berbeda. Sama seperti Masjid Istiqlal di Jakarta, masjid ini juga berdiri berdampingan GPIB Immanuel (Gereja Kristen) yang jaraknya hanya 20 meter saja. Dua bangunan rumah ibadah ini merupakan bukti bahwa Malang memiliki toleransi beragama yang sangat tinggi.

Itulah 12 tempat ngabuburit di Malang yang dapat kamu kunjungi. Jangan lupa untuk turut berbagi pengalaman kamu mengenai tempat ngabuburit lainnya yang ada di kota apel ini dengan menuliskan komentar kamu di bawah ini. Mau tahu tempat buka puasa di Malang yang recommended? Yuk, cari tahu di sini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram