10 Tempat Ngabuburit di Semarang yang Paling Populer

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 2 Juni 2021

Waktu berbuka puasa masih ada beberapa jam lagi, tapi kamu sudah tidak punya aktivitas untuk dilakukan. Yuk, ngabuburit di tempat-tempat populer yang ada di Semarang. Kota lumpia ini ternyata memiliki sejumlah tempat yang bisa dikunjungi untuk ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa, lho.

Ngabuburit memang paling menyenangkan jika dilakukan bersama-sama dengan orang lain. Kamu bisa mendatangi tempat-tempat umum yang memang banyak dikunjungi oleh orang lain agar waktu untuk menunggu buka puasa tidak terasa lama. Keluyuran akan berbagi informasi mengenai 15 tempat ngabuburit di Semarang yang paling populer nih! Catat semua tempat-tempat berikut ini, ya.

1. Pasar Takjil Jalan Pahlawan

tempat ngabuburit di semarang pahlawan
  • Alamat: Jl. Pahlawan, Semarang, Jawa Tengah
  • Jam Operasional: Setiap hari, mulai pukul 16.00 WIB (Selama Ramadhan)
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000 per porsi

Salah satu tempat ngabuburit di Semarang yang sangat populer adalah Jalan Pahlawan. Buat kamu yang pengen menghabiskan waktu senja dengan mencari aneka takjil sembari menunggu berbuka, Jalan Pahlawan adalah pilihan yang tepat banget, guys.

Kenapa? Karena di sini ada banyak sekali pedagang yang menawarkan berbagai menu makanan untuk berbuka. Mulai dari yang segar-segar seperti aneka es, sampai lauk pauk juga ada. Selain pilihannya banyak, harganya juga ramah di kantong. Buat kamu yang tertarik, silakan langsung kunjungi pasar takjil yang ada di Jalan Pahlawan, Kota Semarang, ya!

2. Taman KB Supeno (Taman Indonesia Kaya)

10 Tempat Ngabuburit di Semarang yang Paling Populer 1
  • Alamat: Jl. Menteri Supeno No.11 A, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50249
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: (024) 8418629
  • Harga Tiket: -

Taman KB Supeno yang kini dikenal dengan nama Taman Indonesia Kaya adalah salah satu tempat ngabuburit di Semarang yang wajib untuk dikunjungi. Taman dengan luas melebihi 2000 meter persegi ini masih sangat asri, lho. Nggak cuma asri, taman ini juga Instagram-able banget.

Di sini, ada spot keren seperti air mancur yang akan dihiasi kelap-kelip lampu warna-warni di malam hari. Selain pas untuk dijadikan background foto, Taman KB Supeno alias Taman Indonesia Kaya ini juga cocok buat tempat bersantai dan berolahraga.

Kamu bisa masuk ke sini secara gratis, dan hanya perlu membayar parkir kendaraan saja. Oh iya, kalau kamu ingin melihat pagelaran seni budaya, silakan kunjungi Taman Indonesia Kaya di hari Jumat, ya.

3. Pasar Sendangmulyo

tempat ngabuburit di semarang pasar sendangmulyo
  • Alamat: Jl. Bukit Bougenvil Raya, Sendangmulyo, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50272
  • Jam Operasional: Setiap hari, mulai pukul 15.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000 per porsi

Mau ngabuburit berburu takjil untuk berbuka puasa? Datang saja ke Pasar Sendangmulyo yang ada di Jalan Bukit Bougenvil Raya, Kota Semarang. Di sini, kamu bisa menemukan banyak sekali pedagang takjil yang menawarkan ragam jenis makanan dan minuman untuk berbuka.

Sebut saja ada aneka es, salah satunya es campur yang segar. Tenang, di sini nggak cuma ada takjil saja. Kamu juga bisa membeli aneka makanan berat untuk menu sahur atau pun makan malam. Harga makanan dan takjil di sini juga terjangkau. Dengan Rp20.000 saja kamu sudah bisa membawa pulang banyak menu makanan.

4. Puri Maerokoco

10 Tempat Ngabuburit di Semarang yang Paling Populer 2
  • Alamat: Jl. Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50114
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 s.d 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: (024) 7617433
  • Harga Tiket: Rp15.000 per orang

Next, ada Puri Maerokoco. Tempat wisata satu ini populer sebagai Taman Mini-nya Jawa Tengah. Di sini, kamu bisa menemukan rumah adat dari hampir seluruh kota di Jawa Tengah. Di setiap bangunannya terdapat kerajinan serta hasil industri dari setiap daerah yang ada di Jawa Tengah, lho.

Selain melihat banyak rumah adat dari masing-masing daerah, kamu pun dapat menikmati fasilitas lain seperti wahana perahu, sepeda air dan juga kereta. Kamu pun bisa menikmati waktu ngabuburit sambil jalan-jalan di area Puri Maerokoco yang suasananya masih tergolong adem.

Sekadar info, di sini juga ada beberapa spot yang dapat kamu pakai untuk berfoto. Kamu tertarik untuk berkunjung ke Puri Maerokoco? Silakan datang langsung ke alamat yang tertera di atas, ya.

5. Taman Srigunting

tempat ngabuburit di semarang taman srigunting
  • Alamat: Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Ngabuburit tidak harus selalu menghabiskan banyak uang, bukan? Yap, kamu bisa pergi ngabuburit di sore hari dan menunggu waktu berbuka puasa, tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Cukup kunjungi taman-taman kota yang masih asri dan sejuk, kayak Taman Srigunting yang ada di Kota Semarang.

Taman ini berada tak jauh dari salah satu ikon Kota Semarang, yakni Gereja Blenduk. Di sini, kamu bisa melakukan beragam jenis aktivitas kayak ngobrol santai atau foto-foto di spot foto unik yang tersedia.

Spot fotonya berupa becak dan sepeda yang dihias sedemikian rupa sampai jadi cantik, lho. Bukan cuma bisa foto sama sepeda saja, kamu pun dapat menyewa sepeda onthel untuk berkeliling di sekitar taman yang suasananya adem ini.

Nah, kalau kamu ngabuburit di Taman Srigunting yang berada di kawasan Kota Lama ini, kamu bisa ngopi-ngopi dan ngemil cantik di kafe-kafe yang ada di sekitar taman saat waktu berbuka tiba. Gimana, asyik banget, kan? Yuk, langsung saja mampir ke Taman Srigunting!

6. Masjid Kauman

10 Tempat Ngabuburit di Semarang yang Paling Populer 3
  • Alamat: Jl. Aloon-Aloon Bar. No.11, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50138
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: (024) 3543051

Masjid Agung Kauman atau Masjid Kauman adalah masjid tertua yang ada di Semarang. Masjid yang sarat akan sejarah ini berdiri di kawasan Bangunharjo ini kerap kali membagikan takjil untuk berbuka. Takjilnya berupa gulai kambing yang lezat.

Biasanya, masyarakat sekitar masjid mau pun dari luar wilayah tersebut selalu menantikan gulai kambing yang dibagikan oleh staf masjid. Pihak Masjid Agung Kauman sendiri menyajikan lebih dari 500 porsi gulai kambing yang dibagikan setiap harinya. Selain gulai kambing, di area masjid juga ada pedagang yang menjajakan aneka takjil untuk berbuka puasa.

Masjid Kauman bisa jadi pilihan untuk tempat ngabuburit saat bulan Ramadhan tiba. Selain menantikan takjil gulai kambing yang lezat dan berburu takjil lainnya di area masjid, kamu bisa menghabiskan waktu senja sambil beribadah di Masjid Agung Kauman.

7. Taman Bendungan Pleret

tempat ngabuburit di semarang taman bendungan pleret
  • Alamat: Bojongsalaman, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50141
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Selain Taman Srigunting, Taman Bendungan Pleret juga bisa dijadikan tempat ngabuburit di Semarang, buat kamu yang sedang mencari tempat untuk menghabiskan waktu di sore hari. Lokasi Taman Bendungan Pleret ini berada di bantaran Banjir Kanal Barat Semarang.

Taman ini cocok untuk dikunjungi saat sore sampai malam hari, karena pemandangannya sangat cantik. Di Taman Bendungan Pleret, kamu bisa melakukan beragam aktivitas seperti berolahraga, memancing atau sekadar bersantai saja.

8. Tugu Muda Semarang

tempat ngabuburit di semarang tugu muda
  • Alamat:  Jl. Yudistira No.5, Pendrikan Kidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50131
  • Jam Operasional: -
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Tempat ngabuburit di Semarang lainnya adalah Tugu Muda. Tugu Muda merupakan monumen yang dibangun untuk mengenang jasa pahlawan yang gugur di Pertempuran Lima Hari. Tugu Muda ini berada tak jauh dari Lawang Sewu.

Pemandangan di sini akan tampak cantik saat malam hari. Tugu Muda dihiasi lampu warna-warni, dan air mancurnya mengalir dengan deras di sekeliling tugu. Di Tugu Muda ini, kamu bisa menikmati suasana indah Kota Semarang saat malam hari tiba. Tertarik untuk berkunjung ke sini?

9. Simpang Lima

tempat ngabuburit di semarang simpang lima
  • Alamat: Jl. Simpang Lima, Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Jam Operasional: -
  • Nomor Telepon: -

Selanjutnya, ada Simpang Lima yang dikenal sebagai ikon Kota Semarang. Tempat yang berupa lapangan berbentuk persegi ini berada di tengah kota. Baik saat bulan puasa atau hari biasa, Simpang Lima memang selalu memiliki banyak pengunjung.

Ngabuburit di Simpang Lima memang sangat menyenangkan. Pasalnya, selain kita bisa bertemu dengan orang lain yang juga ngabuburit di sini, ternyata banyak pedagang makanan yang berjualan di sekitar Simpang Lima.

Kamu bisa membeli takjil atau jajanan khas Semarang untuk buka puasa di para pedagang tersebut agar ketika suara adzan Maghrib berkumandang, kamu bisa langsung membatalkan puasa dengan menyantap makanan dan minuman yang sudah dibeli.

Oh iya, saat malam hari, di sini ada sepeda dan becak yang diberi lampu warna-warni yang bisa kamu naiki, lho. Semakin malam, pedagang yang menjajakan ragam jenis kuliner di sekitar Simpang Lima pun semakin banyak.

10. Masjid Agung Jawa Tengah

10 Tempat Ngabuburit di Semarang yang Paling Populer 4
  • Alamat: Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50166
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 04.00 s.d 21.00 WIB
  • Nomor Telepon: (024) 6725412

Isi waktu ngabuburit kamu dengan kegiatan positif, misalnya memperdalam ilmu agama atau sekedar mencari ketenangan di rumah ibadah. Masjid Agung Jawa Tengah yang berlokasi di Semarang ini bisa menjadi tempat ngabuburit yang tepat untuk melakukan kegiatan religi.

Di masjid dengan arsitektur yang mewah ini terdapat menara yang dibuka untuk umum sampai pukul lima sore saja. Dari atas menara kamu bisa menikmati pemandangan dari ketinggian.

Menjelang waktu buka puasa, jalan kaki saja ke depan masjid karena banyak pedagang makanan yang menawarkan takjil dan hidangan buka puasa. Jangan lupa juga untuk berfoto-foto selama berada di masjid yang paling terkenal di Semarang ini.

11. Lawang Sewu

10 Tempat Ngabuburit di Semarang yang Paling Populer 5
  • Alamat: Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 s.d 21.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: Rp10.000 per orang

Lawang Sewu adalah bangunan bersejarah yang seru untuk kamu kunjungi selagi nunggu jam buka puasa tiba. Bangunan yang dikenal juga dengan Seribu Pintu ini nggak pernah sepi pengunjung, jadi nggak salah deh kalau kamu memutuskan untuk ngabuburit kesini. Kalau kamu mau berwisata sejarah di sini, kamu bisa sewa jasa pemandu wisata dengan tarif sekitar Rp70.000.

Bukan hanya bisa mempelajari sejarah tapi banyak juga yang datang ke Lawang Sewu untuk sekedar berfoto-foto. Nah, sambil nunggu jam buka puasa, foto-foto di Lawang Sewu bisa jadi pilihan menarik nih!

12. Kawasan Kota Lama

10 Tempat Ngabuburit di Semarang yang Paling Populer 6
  • Alamat:  Jl. Letjen Suprapto No.31, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Suka dengan hal-hal yang berbau klasik? Kota Lama adalah kawasan vintage yang berada di Semarang. Di sini kamu bisa menikmati bangunan-bangunan tua yang membawa kamu flashback ke zaman dulu.

Arsitektur klasik pada bangunan tua di Kota Lama membuat kawasan ini cocok sekali menjadi tempat untuk hunting foto. Jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di kawasan Kota Lama ini jika kamu ngabuburit di sana. Di sekitar kawasan ini juga banyak café dan rumah makan, lho. Saat waktu buka puasa tiba, kamu bisa langsung melipir ke sejumlah tempat makan tersebut.

13. Goa Kreo

tempat ngabuburit di semarang goa kreo
  • Alamat: Jl. Raya Goa Kreo, Kandri, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50222
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 s.d 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: 0819-1461-8005
  • Harga Tiket: Di bawah Rp20.000 per orang

Berada di kawasan Waduk Jatibarang, Goa Kreo juga bisa menjadi destinasi ngabuburit yang menyenangkan saat kamu berada di Semarang. kamu bisa menuju ke Goa Kreo dengan melalui jembatan berwarna merah di atas Waduk Jatibarang itu.

Yang menarik di sekitar goa terdapat monyet-monyet liar yang bisa berinteraksi dengan pengunjung. Mengingat monyet-monyet di sana cukup “iseng” sebaiknya jaga barang bawaan kamu agar tidak diambil oleh para monyet tersebut.

Pastikan kamu membawa makanan untuk diberikan kepada monyet-monyet itu agar tidak mengganggu kamu. Percayalah, berinteraksi dengan monyet-monyet di Goa Kreo pasti membuat waktu ngabuburit tidak terasa begitu lama.

14. Banjir Kanal Barat

Sungai Banjir Kanal Barat Semarang
  • Alamat: Jl. Gedung Batu Tim. No.203 G, Ngemplak Simongan, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50148
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: (024) 76432104
  • Harga Tiket: -

Sebelumnya tempat ini dibangun untuk mencegah banjir. Namun, pemerintah setempat menjadikan tempat ini sebagai fasilitas umum yang bisa dikunjungi oleh seluruh warga. Banjir Kanal Barat memiliki tempat yang luas dan bersih sehingga banyak orang yang tertarik untuk menghabiskan waktu kemari.

Tempat ini mulai ramai dikunjungi saat sore hari. Selain ngabuburit, buka puasa di sini boleh saja, tapi ingat, jangan buang sampah sembarangan, ya! Oh iya, kalau kamu ke Banjir Kanal Barat, jangan lupa mampir ke Taman Bendungan Pleret untuk sekadar berolahraga atau santai sejenak sambil ngabuburit menunggu maghrib.

15. Taman Tabanas Bukit Gombel

tempat ngabuburit di semarang taman tabanas
  • Alamat: Jl. Setia Budi No.12, Ngesrep, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50261
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Untuk menikmati pemandangan Kota Semarang dari ketinggian, kamu tidak perlu repot-repot mendaki gunung. Taman Tabanas di Bukit Gombel ini bisa menjadi tempat ngabuburit yang asyik sambil menikmati pemandangan Semarang dari ketinggian. Jarak antara taman ini hanya sekitar 8 KM saja dari Tugu Muda Semarang.

Sambil menunggu Maghrib, kamu bisa duduk-duduk di Taman Tabanas sembari menikmati pemandangan lampu-lampu di Kota Semarang yang mulai menyala satu persatu. Di sekitar Taman Tabanas Bukit Gombel juga banyak tempat makan yang bisa disinggahi untuk berbuka puasa, lho.

Nah, lima belas tempat ngabuburit di Semarang ini memang sayang bila dilewatkan begitu saja. Gimana, kamu tertarik untuk ngabuburit di tempat-tempat di atas? Jika kamu ingin mencari tempat makan enak untuk buka puasa di Semarang, klik di artikel ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram