10 Tempat Ngabuburit di Sidoarjo yang Menyenangkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sambil menunggu waktu buka puasa, apa yang biasa Anda lakukan? Nah, dari pada tidak ada kegiatan, kenapa tak coba mengajak orang terdekat untuk ngabuburit bersama? Di Sidoarjo ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi untuk ngabuburit. Menunggu bedug maghrib akan terasa lebih menyenangkan jika Anda melakukannya bersama sahabat atau keluarga di tempat yang asyik.

Nah, berikut ini Keluyuran akan memberikan daftar mengenai 10 tempat ngabuburit di Sidoarjo yang bisa Anda kunjungi untuk ngabuburit. Beberapa di antaranya sempat kami review dalam daftar tempat wisata di Sidoarjo.

1. Alun-Alun Sidoarjo

Alun-Alun Sidoarjo Tempat Ngabuburit di Sidoarjo

Anak-anak muda Sidoarjo pasti sudah akrab dengan alun-alun di kotanya ini. Alun-alun Sidoarjo selalu menjadi tempat kongkow yang seru baik pada siang, sore, maupun malam hari. Tempat yang satu ini juga pernah kami bahas dalam daftar tempat wisata di Sidoarjo karena banyak juga wisatawan dari luar kota yang berkunjung kemari.

Di tempat ini banyak pedagang kaki lima yang menjajakan beraneka makanan. Jadi, setelah ngabuburit sambil ngobrol panjang lebar dengan sahabat, Anda bisa langsung buka puasa di kawasan alun-alun ini.

2. Wisata Bahari Tlocor

Wisata Bahari Tlocor

Wisata Bahari Tlocor sebenarnya adalah dermaga tempat bersandarnya perahu-perahu. Perahu tersebut bisa disewa oleh pengunjung yang ingin berkunjung ke Pulau Lusi yang berada di tengah laut. Pulau Lusi sendiri masih sepi pengunjung dan terbilang baru. Bahkan, banyak warga Sidoarjo sendiri yang belum mengetahui keberadaan pulau ini.

Jika kamu ingin ngabuburit di tempat yang tidak terlalu ramai dan anti-mainstream, cobalah datang ke Wisata Bahari Tlocor dan menyewa perahu untuk mengantarmu ke Pulau Lusi. Setidaknya, kamu akan memperoleh pengalaman baru berkunjung ke salah satu pulau terbaru di Indonesia.

3. Taman Abhirama

Taman Abhirama

Tidak banyak taman-taman kota yang berada di Sidoarjo. Namun, jika Anda ingin ngabuburit di taman, datang saja ke Taman Abhirama yang berlokasi di Pagerowo, Buduran, Sidoarjo. Taman yang satu ini memang dibuat untuk umum. Ada tempat duduk santai, jogging track, arena bermain anak, gazebo, dan toilet di Taman Abhirama ini.

Fasilitas di taman ini cukup lengkap sehingga banyak masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya berkunjung kemari. Untuk masuk ke Taman Abhirama, Anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun. Akan tetapi, jika Anda membawa kendaraan, maka Anda hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan saja.

4. Tanjung Puri

Tanjung Puri

Yang satu ini adalah tempat ngabuburit di Sidoarjo yang gratis dan cukup menyenangkan. Tanjung Puri merupakan sebuah taman kota yang dibuat untuk masyarakat umum. Taman ini nampak sangat asri dan terawat sehingga banyak orang-orang yang tertarik datang kemari.

Sambil ngabuburit di sini, Anda dapat duduk di meja yang dilengkapi dengan payung yang disediakan di beberapa sudut taman. Ada juga replika delman di taman ini yang bisa dipakai untuk berfoto-foto. Taman Tanjung Puri ini adalah tempat yang pas untuk ngabuburit santai sambil ngobrol bersama sahabat. Lokasi Tanjung Puri ada di Jalan Lingkar Timur, Bluru Kidul, Sidoarjo.

5. Taman Dwarakerta

Taman Dwarakerta

Meskipun tidak memiliki banyak pilihan taman, tetapi Taman Dwarakerta ini bisa Anda jadikan pilihan kala ingin ngabuburit di Sidoarjo. Taman ini masih tergolong baru dan terlihat cukup unik. Mengapa unik? Karena di bagian tengah taman terdapat gapura yang bisa dipakai untuk berfoto.

Berada di Taman Dwarakerta ini membuat kita merasa seperti berada di komplek candi. Taman Dwarakerta buka mulai pukul 6 pagi sampai 10 malam. Namun, Anda tidak diperkenankan untuk membawa sepeda motor atau sepeda untuk masuk ke dalam taman agar tidak merusak rumputnya.

6. Wisata Lumpur Lapindo

Lumpur Lapindo Tempat Wisata Di Sidoarjo

Siapa yang tak kenal dengan tempat wisata yang fenomenal ini? Ya, Lumpur Lapindo saat ini memang sudah diklaim sebagai tempat wisata di Sidoarjo. Banyak wisatawan yang datang karena penasaran ingin melihat kolam lumpur yang menenggelamkan beberapa desa ini.

Nah, bagi Anda yang berada di sekitaran Sidoarjo dan bingung mencari tempat ngabuburit, datang saja ke Wisata Lumpur Lapindo. Anda bisa duduk-duduk sambil menyaksikan pemadangan kolam lumpur yang di bagian tengahnya masih mengepulkan asap. Akan tetapi, Anda harus tetap waspada karena lumpur ini masih berpotensi untuk menyembur sewaktu-waktu.

7. Delta Fishing

Delta Fishing

* sumber: explorewisata.com

Ngabuburit sambil mancing, kenapa tidak? Kolam Pancing Sedati ini merupakan tempat ngabuburit di Sidoarjo yang berlokasi di Parasung, Kecamatan Buduran, Sidoarjo. Di kolam pemancingan ini Anda bisa sambil menunggu adzan maghrib berkumandang sambil mengetes skill memancing yang Anda miliki. Ada berbagai jenis ikan yang terdapat di Delta Fishing, antara lain gurame, tombro, nila, tongkol dan mujaer.

Tak perlu repot membawa alat-alat pancing karena di Delta Fishing ini sudah tersedia alat-alat pancing. Keluyuran juga merekomendasikan tempat ini sebagai tempat ngabuburit yang oke karena Anda bisa langsung menyantap ikan hasil tangkapan yang sudah diolah oleh rumah makan di kawasan kolam pancing ini.

8. SunCity Mall

SunCity Mall

Boleh dibilang bahwa Suncity Mall ini merupakan pusat perbelanjaan terbesar dan paling favorit di Sidoarjo. Mall ini bisa Anda jadikan tempat ngabuburit sekaligus ngadem.

Ngabuburit dengan berjalan-jalan di mall tentu saja akan sangat menyenangkan. Apalagi jika Anda juga sekaligus berbelanja untuk kebutuhan lebaran. Ketika waktu maghrib telah tiba, langsung saja melipir ke food court atau beberapa restoran lainnya di SunCity Mall untuk mencari hidangan berbuka puasa.

9. Lippo Plaza Sidoarjo

Lippo Plaza Sidoarjo

Sebagian anak-anak muda tentu akan lebih suka ngabuburit di dalam mall. Selain tempatnya adem, di mall kita juga bisa mencari barang-barang yang kita butuhkan. Salah satu pilihan mall di Sidoarjo yang bisa dijadikan sebagai tempat ngabuburit adalah Lippo Plaza Sidoarjo.

Mall yang satu ini terbilang cukup lengkap karena ada tempat bermain, restoran, sampai dengan berbagai toko pakaian. Bahkan, Lippo Plaza Sidoarjo juga sudah dilengkapi dengan bioskop sehingga Anda bisa ngabuburit sambil nonton film yang sudah Anda pilih sebelumnya.

10. Perpustakaan Daerah Sidoarjo

Perpustakaan Daerah Sidoarjo

Gunakan waktu ngabuburit untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat, misalnya dengan membaca buku. Bacalah buku di Perpustakaan Daerah Sidoarjo karena perpustakaan ini memang dibuka untuk umum.

Adapun ruangan di perpustakaan ini sangat nyaman karena sudah menggunakan AC. Jadi, Anda dapat ngabuburit sambil membaca koleksi buku yang terdapat di perpustakaan ini. Sekedar informasi, Perpustakaan Daerah Sidoarjo ini buka sampai pukul 7 malam. Lokasi Perpustakaan Daerah Sidoarjo berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto No. 5, Sidokumpul, Sidoarjo.

Inilah 10 tempat ngabuburit di Sidoarjo hasil rekomendasi Keluyuran yang bisa Anda kunjungi bersama sahabat, pasangan, atau keluarga. Sambil menunggu adzan maghrib berkumandang, Anda bisa bersantai di 10 tempat yang ada di atas. Apabila Anda memiliki rekomendasi tempat ngabuburit lainnya yang berada di Sidoarjo, jangan ragu untuk menuliskan rekomendasi Anda di kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *