7 Tempat Ngopi yang Cozy Banget di Sekitar Dago Bandung

Ditulis oleh Reisa Caroline

Kopi bisa dibilang 'emas' di dunia minuman. Meminum kopi bukan lagi sekedar asal seduh dan tambah gula saja, tapi sudah menjadi seni dan gaya hidup.

Sekarang, sudah banyak kedai kopi yang menjual 'kopi sungguhan', untuk kita nikmati bersama. Apalagi dengan besarnya minat orang Indonesia akan kopi enak, kafe dan kedai kopi berkembang pesat bahkan menjamur di setiap kota, termasuk Bandung.

Dengan kekuatan kopi berkualitas dan udara khas Bandung yang sejuk, ngopi di Dago akan terasa menyenangkan. Bahkan beberapa coffee shop mengembangkan sumber kopi hingga memanggang biji kopi mereka sendiri, sehingga lebih spesial.

Kamu bisa menemukan aneka cappuccino, latte, fresh brewed coffee, apapun yang diinginkan di tempat ngopi di Dago Bandung yang recommended di bawah ini. Yuk, Keluyuran!

Baca juga: Gampang Banget! Begini Cara Naik Bis Bandros di Bandung

1. Kyomi Space

Kyomi Space
  • Alamat: Jl. Ir. H. Djuanda No. 130, Dago, Kec. Coblong, Bandung, Jawa Barat 40135
  • Jam buka: 08.00-22.00
  • No. Telp: 081222988322

Berada di kawasan Dago bawah, Kyomi Space memiliki konsep yang unik dan menarik. Di sini kita bisa ngopi sambil menikmati suasana seperti di Kyoto Jepang karena sangat kental sekali dengan ornamen rumah tradisional Jepang.

Kalau dari jalan raya, bangunannya tidak akan terlihat karena Kyomi Space sedikit tersembunyi. Inilah yang menjadi daya tariknya lagi. Bisa dibilang Kyomi Space ini adalah salah satu hidden gem di Bandung.

Di sini terdapat bagian indoor dan outdoor yang estetik di setiap sudutnya. Suasananya cukup hangat dan sangat nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong santai atau sambil berkerja. Kyomi Space juga kerap dijadikan coworking space alias tempat mengerjakan tugas untuk anak mahasiswa

Untuk menu yang disajikan di Kyomi Space pun cukup beragam karena tidak hanya menyajikan minuman kopi saja. Di sini kamu wajib memesan donat karame, donat kuah, dan siomay udangnya karena memang cocok banget untuk jadi teman kopi kamu.

2. Didago Cafe

Didago CafeSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Ir. H. Djuanda No. 21,Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat 40135
  • Jam buka: 10.00-22.00 (Senin-Kamis), 08.00-22.00 (Jumat-Minggu)
  • No. Telp: 081112170888

Sudah sesuai dengan namanya, Didago Cafe ini berada di jalan Dago dan tepatnya di kawasan Dago bawah ya. Sejauh mata memandang jalanan Dago, kamu mungkin akan sedikit kesulitan ya kalau mencari café satu ini. Didago Café ini terhalang Gedung, jadi untuk menuju café ini, kamu mesti pelan-pelan dan membaca sign dengan teliti ya!

Didago Café ini menempati bangunan tua khas arsitektur art deco. Dulunya bangunan ini adalah Hotel Dago lalu beralih fungsi menjadi kantor. Dan setelah cukup lama kosong, kemudian diisi menjadi Didago Café.


Uniknya Didago Café ini tetap membiarkan bangunan ini menjadi seperti bangunan tua, hanya saja lebih bersih dan asri. Mengusung konsep abandoned building, Didago Café ternyata nyaman sekali dijadikan tempat nongkrong, kerja, atau bisa juga menyewa tempat bagian atasnya untuk meeting lho!

Menu yang ditawarkan di Didago Café ini lumayan beragam, mulai dari makanan berat seperti nasi, cemilan, hingga yang pasti minuman kopinya juga dong! Kisaran harganya masih cukup oke dan ramah di kantong mahasiswa.

3. Jati Kopi

Jati KopiSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Ir. H. Djuanda No. 10, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat, 40115
  • Jam buka: 07.00-22.00
  • No. Telp: 081212318007

Masih berada di kawasan Dago bawah, salah satu tempat ngopi yang asyik untuk dikunjungi yaitu Jati Kopi. Nah, untuk Jati Kopi ini kamu pasti bisa dengan mudah menemukannya karena lokasinya berada persis di pinggir jalan.

Tempatnya mungkin memang terhitung cukup kecil tapi Jati Kopi di Dago ini sangat nyaman meskipun berada di pinggir jalan raya. Tersedia beberapa tempat duduk di bagian dalam dan untuk bagian luarnya dibuat semi outdoor, jadi meskipun hujan kamu tetap bisa menikmati kopimu di sini.

Dilindungi dengan pohon-pohon besar yang ada di sepanjang jalan Dago, Jati Kopi bisa banget jadi pilihan untuk mampir ngopi baik pagi maupun malam. Suasananya adem dan nyaman apalagi jika ditemani dengan kopi dan cemilannya.

Jati Kopi memiliki beragam menu yang enak-enak, mulai dari menu untuk sarapan seperti roti bakar dengan berbagai pilihan isian, menu makan siang seperti nasi, dan banyak pilihan kudapan.Tentunya di sini banyak juga pilihan eskopi dan non kopi juga ya.

Bicara soal harga, kisaran harga makanan di Jati Kopi mulai dari Rp25.000-Rp42.000. Sedangkan untuk minuman mulai dari Rp10.000-Rp33.000 saja.

4. One Eighty Coffee and Music

One Eighty Coffee and MusicSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Ganesa No. 3, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Bandung, Jawa Barat 40132
  • Jam buka: 08.00-22.00
  • No. Telp: 082218000155

Kalau kamu sedang mencari tempat ngopi di kawasan Dago, One Eighty Coffee and Music ini bisa jadi pilihan untuk kamu kunjungi. Memang alamat dari tempat ngopi satu ini tidak berasa persis di jalan Dago. Namun hanya dengan satu kali belokan saja dari jalan Dago, kamu bisa dengan mudah menemukan One Eighty Coffee and Music ini.

One Eighty Coffee and Music ini sudah berdiri cukup lama tapi tetap menjadi favorite untuk nongkrong. Café ini memiliki konsep yang sangat indah di mata karena vertical garden, pohon yang rimbun dan tempat makan di atas kolam dangkal setinggi mata kaki. Cukup unik, kan?

Kalau berkunjung ke sini dijamin kamu bakal pusing memilih menu makanan yang akan dipesan karena mereka menawarkan banyak pilihan. Menu Western, Asian hingga Snacks yang disajikan di sini semuanya menarik di mata dan enak di perut pastinya.

Tidak lupa ya kalau kesini wajib mencoba kopinya juga dong! Tapi jika kamu bukan penyuka kopi, di sini ada juga minuman lainnya yang seperti the, jus atau mojito.

5. Kopi Toko Djawa

Kopi Toko DjawaSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl, Teuku Umar No. 5, Lebakgede, Kec. Coblong, Bandung, Jawa Barat 40132
  • Jam buka: 07.00-20.00
  • No. Telp: 08996979748

Kalau mendengar nama tempat ngopi satu ini pastinya sudah banyak yang tidak asing lagi ya. Kopi Toko Djawa memiliki cukup banyak cabang, sudah tersebar di beberapa titik di kota Bandung. Nah, kalau kamu sedang di kawasan Dago dan ingin melipir di Kopi Toko Djawa terdekat, kamu bisa mampir ke Kopi Toko Djawa di cabang Jl. Teuku Umar.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram