7 Tempat Ngopi yang Cozy Banget di Sekitar Dago Bandung

Ditulis oleh Reisa Caroline - Diperbaharui 19 Agustus 2021

Kopi bisa dibilang 'emas' di dunia minuman. Meminum kopi bukan lagi sekedar asal seduh dan tambah gula saja, tapi sudah menjadi seni dan gaya hidup.

Sekarang, sudah banyak kedai kopi yang menjual 'kopi sungguhan', untuk kita nikmati bersama. Apalagi dengan besarnya minat orang Indonesia akan kopi enak, kafe dan kedai kopi berkembang pesat bahkan menjamur di setiap kota, termasuk Bandung.

Dengan kekuatan kopi berkualitas dan udara khas Bandung yang sejuk, ngopi di Dago akan terasa menyenangkan. Bahkan beberapa coffee shop mengembangkan sumber kopi hingga memanggang biji kopi mereka sendiri, sehingga lebih spesial.

Anda bisa menemukan aneka cappuccino, latte, fresh brewed coffee, apapun yang Anda inginkan di tempat ngopi di Dago Bandung yang recommended di bawah ini. Yuk, Keluyuran!

1. Two Hands Full

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.113, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
  • Jam buka: 08.00-20.00 WIB
  • No. Telp: 0881-5403-717

Salah satu tempat ngopi di Bandung yang wajib banget dicoba untuk para pencinta kopi yaitu Two Hands Full. Sebelumnya Two Hands Full atau THF ini ada di Jalan Sukajadi tapi pindah ke kawasan Dago. Banyak yang agak kesulitan mencari tempat ngopi satu ini karena nggak ada tulisan atau tanda yang terlihat jelas.

Patokan untuk menuju TFH ini adalah bangunan putih bertuliskan mont clar. Tempatnya berada di lantai atas dan terbagi atas dua bagian yaitu indoor dan outdoor. Sangat nyaman untuk nongkrong sambil menikmati kopi yang nikmat banget!

Selain menyeruput kopi yang enak, yang wajib dicoba di THF ini adalah menu all day breakfast-nya! Dan di sini menyediakan menu non halal juga, jadi kalau kurang ngerti lebih bertanya ke pelayannya ya. Untuk harga makanan atau minuman di Two Hands Full ini lumayan terjangkau, sekitar Rp30.000-Rp70.000 saja.

2. Noah's Barn

7 Tempat Ngopi yang Cozy Banget di Sekitar Dago Bandung 1
*Sumber: https://www.facebook.com/pg/noahsbarncoffeenery/photos/?ref=page_internal
  • Alamat: Jalan Dayang Sumbi No. 2, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Bandung 40132
  • Jam buka: Setiap hari jam 9 pagi–9 malam
  • No. Telp: (022) 82526452

Noah's Barn bukan sekedar kedai kopi biasa, tapi merupakan sebuah coffeenery. Tempat yang unik, dengan konsep yang berbeda di bagian dalam, luar dan atas, dipadu tempat duduk yang nyaman. Anda dapat hang out dan bersantai sambil menikmati menu terbaik yang mereka tawarkan di sini.

Noah's Barn menyediakan coffee culture, fokusnya adalah kopi. Mereka menawarkan pilihan kopi roasted blended lokal, kopi single origin, juga kopi micro batch selection, yang secara khusus diambil dari pemanggang kopi terkenal di seluruh dunia.

Anda bisa mencoba metode seduh Synesso Hydra ala Noah's Barn, atau duduk di bar brew mereka untuk merasakan metode penyeduhan kopi manual lainnya, Noah's Barn memastikan setiap cangkir kopi dibuat dengan ketelitian, sehingga layak mendapat apresiasi yang jujur.

Selain kopi, ada juga aneka jus segar, minuman blend manis, French chocolate, green tea latte, aneka snack, cake dan lainnya. Ada juga menu Ice Strero Latte yang paling pas diminum untuk buka puasa nanti.

Ada juga menu White Eclipse, yaitu chocolate gelato yang dicampur coconut milk dan choco sauce ditambah topping corn flakes yang kriuk-kriuk. Noah's Barn ada dua tempat, yang di daerah Dago ada di Jalan Dayang Sumbi.

3. KOZI Coffee

KOZI CoffeeSumber: majalah.ottencoffee.co.id
  • Alamat: Jl. Bukit Dago Utara No. 28, Dago Atas, Bandung
  • Jam buka: 08.00-21.00 WIB
  • No. Telp: 082116944520

Berada di kawasan Dago atas, KOZI Coffee ini lokasinya cukup tersembunyi dan tenang banget jadi sangat cocok untuk jadi tempat nugas atau sekedar bersantai dengan teman-teman. Untuk kamu yang penasaran kesini, patokannya adalah Dago Tea House. Tempat ngopi ini nggak jauh dari Dago Tea House ya.

Menu yang ditawarkan di sini nggak hanya kopi saja, ada pilihan makanan beratnya juga yang enak-enak. Tapi kalau kamu kesini, Kosangsu (kopi, susu dengan banana sirup) jadi minuman yang wajib dicoba sebelum cobain yang lainnya. Harga menu di sini cukup terjangkau untuk kantong mahasiswa yaitu kisaran Rp20.000-Rp45.000 saja.

Oh iya selain di Dago atas, KOZI Coffee juga ada cabang lainnya ya seperti di Jl. Gudang Selatan No. 22, Jl. Veteran No. 2, atau di Jl. Dipatiukur No. 1 Bandung.

4. Cafe D'Pakar

7 Tempat Ngopi yang Cozy Banget di Sekitar Dago Bandung 2
*
  • Alamat: Jalan Dago Pakar Utara, Sekejolang, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung 40198
  • Jam buka: 09.00-21.00 WIB
  • No. Telp: 0851-0267-7787

Berlokasi sangat dekat dengan Armor Kopi Garden, Cafe D'Pakar adalah tempat nongkrong ngehits bagi muda-mudi Bandung. Tak jarang, orang-orang dari luar kota pun mampir ke sini untuk menikmati pemandangan kota dan hutan sambil menyeruput segelas kopi.

Lokasinya yang lumayan terpencil tidak membuat kafe ini sepi pelanggan. Pasalnya, setiap akhir pekan tempat ini selalu dipadati pengunjung. Bahkan kadang kita harus menunggu di waiting list saking penuhnya. Tapi, semua penantian itu worth it, kok.

Anda bisa memilih duduk di dalam atau pun di luar. Sebenarnya untuk makanan dan minumannya standar sekali, tidak banyak variasi, hanya antara makanan kecil dan minuman manis. Tapi, rasa dan harganya sangat bersaing. Dan tentu saja yang bikin mewah itu pemandangannya yang indah.

5. Kopi Selasar Sunaryo

Kopi Selasar SunaryoSumber: pegipegi.com
  • Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No. 100, Dago Atas, Bandung
  • Jam buka: 10.00-18.00 WIB
  • No. Telp: 022 2507939

Ingin ngopi sambil mencari udara segar di daerah Dago? Kamu bisa mengunjungi Kopi Selasar Sunaryo. Kalau kamu penikmat seni pasti sudah nggak asing lagi saman ama tempat ini. Tempat ngopi satu ini berada dalam area Selasar Sunaryo dimana biasa diadakan pameran seni.

Tempatnya adem dan suasananya sepi jadi sangat cocok untuk santai atau ngopi sambil bekerja. Untuk menu yang ditawarkan di sini cukup lengkap, mulai dari makanan ringan, makanan berat seperti nasi/pasta hingga berbagai minuman seperti kopi dan non kopi. Harganya cukup ramah untuk tempat ngopi dengan suasana seperti di Kopi Selasar Sunaryo ini.

6. Daily Routine Coffee

7 Tempat Ngopi yang Cozy Banget di Sekitar Dago Bandung 3
*
  • Alamat: Jalan Kanayakan Bawah No. 1, Dago, Kecamatan Coblong, Bandung 40135
  • Jam buka: 07.30-20.00 WIB
  • No. Telp: 0896-3804-2762

Daily Routine Coffee ini termasuk tempat ngopi yang baru di Bandung. Tempat ini disebut juga Daily Routine Espresso Bar Gandapura. Coffee Shop ini menjajakkan kopi yang enak dengan tempat yang nyaman, walaupun mungil. Sebenarnya ini lebih ke coworking space daripada sekedar kedai.

Di sini ada menu Iced Latte, Cappuccino, Manual Brew, Pour Over dan masih banyak lagi. Kerennya, tempat ini mendukung gerakan tidak pakai sedotan plastik, jadi setiap menunya disajikan di gelas saja tanpa sedotan. Di sini tidak ada makanan berat, cuma camilan saja. Jadi, jangan datang dengan keadaan perut benar-benar kosong, ya.

Karena ini coworking space, tentu ada banyak colokan listrik dan WiFi-nya juga kencang. Sayangnya kalau siang hari pasti tidak nyaman duduk di luar, karena sangat terekspos matahari. Tapi kalau sudah sore dan malam hari pasti adem, jadi duduk di luar sambil menyeruput kopi panas pasti enak sekali!

7. GrindJoe Coffee

  • Alamat: Moxy Hotel, Jl. Ir. H. Juanda No. 69, Dago Bawah, Bandung
  • Jam buka: 09.00-22.00 WIB
  • No. Telp: 08112076754

Kalau sebelumnya banyak tempat ngopi yang berada di kawasan Dago atas, tempat ngopi satu ini berada di Dago bawah. Namanya GrindJoe Coffee! Lokasinya mudah sekali ditemukan karena tempat ngopi ini berada dalam satu bangunan Moxy Hotel.

Untuk menikmati kopi di GrindJoe Coffee ini kamu nggak perlu masuk lewat lobby hotel karena pintu masuknya bisa di akses langsung dari parkiran. Selain kopi, di sini ada minuman  non kopi dan pastry yang enak-enak lho! Untuk harga, jangan takut mahal yah karena harganya cukup terjangkau yaitu kisaran Rp20.000-Rp35.000 saja.

Nah, itulah beberapa tempat ngopi yang asyik di Dago Bandung yang recommended versi Keluyuran. Apakah kamu pernah mengunjungi salah satu tempatnya? Atau punya rekomendasi tempat bagus lainnya? Kalau ada yang mau menambahkan tempat ngopi oke lainnya, tulis di kolom komentar di bawah ini ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram