7 Tempat Ngopi yang Cozy Banget di Sekitar Dago Bandung

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kopi bisa dibilang ‘emas’ di dunia minuman. Meminum kopi bukan lagi sekedar asal seduh dan tambah gula saja, tapi sudah menjadi seni dan gaya hidup.

Sekarang, sudah banyak kedai kopi yang menjual ‘kopi sungguhan’, untuk kita nikmati bersama. Apalagi dengan besarnya minat orang Indonesia akan kopi enak, kafe dan kedai kopi berkembang pesat bahkan menjamur di setiap kota, termasuk Bandung.

Dengan kekuatan kopi berkualitas dan udara khas Bandung Atas yang sejuk, ngopi di Dago akan terasa menyenangkan. Bahkan beberapa coffee shop mengembangkan sumber kopi hingga memanggang biji kopi mereka sendiri, sehingga lebih spesial.

Anda bisa menemukan aneka cappuccino, latte, fresh brewed coffee, apapun yang Anda inginkan di tempat ngopi di Dago Bandung yang recommended di bawah ini. Yuk, Keluyuran!

1. Armor Kopi Garden

7 Tempat Ngopi yang Cozy Banget di Sekitar Dago Bandung 1

* sumber: morningindah.blogspot.com

Daerah Dago terkenal dengan udaranya yang dingin, banyaknya pepohonan, adanya hutan dan pemandangan khas perbukitan tapi kita bisa melihat juga city view yang indah. Tapi, tidak semua kedai kopi bisa memberikan itu semua kepada Anda. Yang bisa hanya Armor Kopi dan sederet kecil kedai kopi lainnya.

Lokasinya satu arah dengan Cafe D’Pakar yang akan dibahas juga di bawah. Sempat berpindah lokasi, tempat ini kini bernama Armor Kopi Garden. Walaupun agak bergeser sedikit lokasinya, Anda masih bisa merasakan sensasi minum kopi di tengah hutan, kok. Anda bisa memilih duduk di dalam kafenya atau di kursi kayu di luar.

Karena berada di dalam kawasan wisata Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Anda harus bayar tiket masuk TaHuRa dulu sebesar 10.000. Kalau Anda membawa kendaraan pribadi (dan memang harus, karena tak ada kendaraan umum untuk mencapai tempat ini), Anda akan dikenai biaya parkir 6.000. Tidak susah menemukan Armor Kopi Garden, dari pintu masuk utama juga Anda sudah bisa melihatnya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pagi-pagi, karena kafenya masih sepi, udara Bandung masih dingin dan segar. Anda bisa ngopi, ngeteh, nyusu, sambil ditemani pisang goreng untuk sarapan.

Oh, ya, dari sini juga Anda bisa mengunjungi tempat bersejarah Bandung seperti Goa Belanda dan Goa Jepang, serta beberapa curug, loh. Jadi, sehabis ngopi, Anda bisa jalan-jalan dulu ke sana untuk refreshing!

  • Alamat: Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Jalan Bukit Pakar Utara No. 10, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung 40135
  • Jam Buka: Setiap hari, jam 8 pagi–10 malam
  • Telepon: 0877-1849-2114
  • Tiket Masuk: IDR 10 ribu
  • Kisaran Harga: Minuman IDR 10–18 ribu, Makanan IDR 15–30 ribu

2. Wiki Koffie

7 Tempat Ngopi yang Cozy Banget di Sekitar Dago Bandung 2

*Sumber: https://www.instagram.com/wikikoffie/?hl=id

Wiki Koffie adalah tempat nongkrong yang masih rame banget di Bandung, walaupun ada banyak tempat baru lainnya. Kafe ini terletak di bilangan Jalan Braga. Kafe ini juga tidak berubah mengikuti perkembangan zaman, tapi tetap mempertahankan ciri khas interior vintage-nya. Tapi, justru itu daya tariknya. Harga makanan, minuman dan kopi di Wiki Koffie juga tergolong merakyat untuk kelas kafe seperti ini.

Di sini menunya sangat lengkap. Ada kopi, dessert, rice bowl, snack dan wajah-wajah ramah waiter-nya. Menu andalan di sini adalah Slow Drip dan Affogato. Untuk affogato-nya, merupakan keseimbangan sempurna dari es krim vanila manis dan espresso pahit. Disajikan dengan choco chip yang crunchy. Paling pas makan ini sambil mengingat mantan Anda, hihi.

Cobalah Black Forest Milk Shake IDR 20 ribu dan Black Forest Cake IDR 30 ribu. Walaupun Wiki Koffie bukan kafe spesialisasi pastry apalagi cake, kuenya enak-enak, loh. Untuk kue yang satu ini rasanya pas, tidak terlalu manis, cokelatnya kuat, tapi ada rasa segar dari isian ceri dan whip cream.

  • Alamat: Jalan Braga No. 90, Braga, Kec. Sumur Bandung, Bandung 40111
  • Jam Buka: Setiap hari, jam 9 pagi–12 malam
  • Telepon: (022) 42690970 untuk booking WA 0878-090-90970 (Senin–Kamis only)
  • Kisaran Harga: Minuman IDR 20–30K, Makanan IDR 30K++

3. Noah’s Barn

7 Tempat Ngopi yang Cozy Banget di Sekitar Dago Bandung 3

*Sumber: https://www.facebook.com/pg/noahsbarncoffeenery/photos/?ref=page_internal

Noah’s Barn bukan sekedar kedai kopi biasa, tapi merupakan sebuah coffeenery. Tempat yang unik, dengan konsep yang berbeda di bagian dalam, luar dan atas, dipadu tempat duduk yang nyaman. Anda dapat hang out dan bersantai sambil menikmati menu terbaik yang mereka tawarkan di sini.

Noah’s Barn menyediakan coffee culture, fokusnya adalah kopi. Mereka menawarkan pilihan kopi roasted blended lokal, kopi single origin, juga kopi micro batch selection, yang secara khusus diambil dari pemanggang kopi terkenal di seluruh dunia.

Anda bisa mencoba metode seduh Synesso Hydra ala Noah’s Barn, atau duduk di bar brew mereka untuk merasakan metode penyeduhan kopi manual lainnya, Noah’s Barn memastikan setiap cangkir kopi dibuat dengan ketelitian, sehingga layak mendapat apresiasi yang jujur.

Selain kopi, ada juga aneka jus segar, minuman blend manis, French chocolate, green tea latte, aneka snack, cake dan lainnya. Ada juga menu Ice Strero Latte yang paling pas diminum untuk buka puasa nanti.

Ada juga menu White Eclipse, yaitu chocolate gelato yang dicampur coconut milk dan choco sauce ditambah topping corn flakes yang kriuk-kriuk. Noah’s Barn ada dua tempat, yang di daerah Dago ada di Jalan Dayang Sumbi.

  • Alamat: Jalan Dayang Sumbi No. 2, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Bandung 40132
  • Jam Buka: Setiap hari jam 9 pagi–9 malam
  • Telepon: (022) 82526452

4. Cafe D’Pakar

7 Tempat Ngopi yang Cozy Banget di Sekitar Dago Bandung 4

* sumber: urbanradiobandung.com

Berlokasi sangat dekat dengan Armor Kopi Garden, Cafe D’Pakar adalah tempat nongkrong ngehits bagi muda-mudi Bandung. Tak jarang, orang-orang dari luar kota pun mampir ke sini untuk menikmati pemandangan kota dan hutan sambil menyeruput segelas kopi.

Lokasinya yang lumayan terpencil tidak membuat kafe ini sepi pelanggan. Pasalnya, setiap akhir pekan, tempat ini selalu dipadati pengunjung. Bahkan kadang kita harus menunggu di waiting list saking penuhnya. Tapi, semua penantian itu worth it, kok.

Anda bisa memilih duduk di dalam atau pun di luar. Sebenarnya untuk makanan dan minumannya standar sekali, tidak banyak variasi, hanya antara makanan kecil dan minuman manis. Tapi, rasa dan harganya sangat bersaing. Dan, yang bikin mewah itu view-nya, tentu saja.

  • Alamat: Jalan Dago Pakar Utara, Sekejolang, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung 40198
  • Jam Buka: Setiap Sabtu & Minggu jam 9 pagi–9 malam, Setiap Senin–Jumat jam 11 siang–9 malam
  • Telepon: 0851-0267-7787
  • Kisaran Harga: IDR 10–40 ribu

5. Daily Routine Coffee

7 Tempat Ngopi yang Cozy Banget di Sekitar Dago Bandung 5

* sumber: www.pergidulu.com

Daily Routine Coffee ini termasuk tempat ngopi yang baru di Bandung. Tempat ini disebut juga Daily Routine Espresso Bar Gandapura. Coffee Shop ini menjajakkan kopi yang enak dengan tempat yang nyaman, walaupun mungil. Sebenarnya ini lebih ke coworking space daripada sekedar kedai.

Di sini ada menu Iced Latte, Cappuccino, Manual Brew, Pour Over dan masih banyak lagi. Kerennya, tempat ini mendukung gerakan tidak pakai sedotan plastik, jadi setiap menunya disajikan di gelas saja tanpa sedotan. Di sini tidak ada makanan berat, cuma camilan saja. Jadi, jangan datang dengan keadaan perut benar-benar kosong, ya.

Karena ini coworking space, tentu ada banyak colokan listrik dan WiFi-nya juga kencang, 10 download/20 upload mbps. Sayangnya kalau siang hari pasti tidak nyaman duduk di luar, karena sangat terekspos matahari. Tapi, kalau sudah sore dan malam hari pasti adem duduk di luar sambil menyeruput hot coffee.

  • Alamat: Jalan Kanayakan Bawah No. 1, Dago, Kecamatan Coblong, Bandung 40135
  • Jam Buka: Setiap hari jam 7.30 pagi–10 malam
  • Telepon: 0896-3804-2762
  • Kisaran Harga: IDR 30 ribu (Tidak ada pajak!)

6. Lacamera Coffee

7 Tempat Ngopi yang Cozy Banget di Sekitar Dago Bandung 6

*Sumber: https://www.facebook.com/pg/Lacamera-Coffee-2098270247151181/photos/?ref=page_internal

Tempat recommended selanjutnya adalah Lacamera Coffee. Mau ngopi sendiri untuk mendapatkan morning coffee, ngopi cantik bersama teman-teman, atau mau pacaran di sini juga pas.

Selain aneka kopi, ada juga minuman segar seperti Black Lemony dan snack favorit semua orang yaitu Tahu Cabe Garam. Kalau Anda mager alias malas gerak, Lacamera Coffee juga tersedia di ojek online supaya Anda tetap keep caffeinated.

  • Alamat: Jalan Naripan No. 99, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Bandung 40112
  • Jam Buka: Setiap hari jam 9.30 pagi–11 malam
  • Telepon: 0821-2993-3399

7. Kopi Ireng

7 Tempat Ngopi yang Cozy Banget di Sekitar Dago Bandung 7

* sumber: www.pegipegi.com

It’s coffee o’clock! Kalau di atas tadi ada sensasi ngopi sambil menikmati hutan Bandung, Kopi Ireng menawarkan city view yang luar biasa dari perbukitan! Konsep tempatnya chill banget, cocok buat nongkrong sama teman-teman. Bentuk bangunannya unik seperti candi, pengunjung harus naik tangga dulu untuk mencapainya.

Ada Kopi Joss khas Yogyakarta yang rasanya segar dan tidak pahit sama sekali. Ada juga Caramel Macchiato yang rasanya pas tidak kemanisan, Kopi Tubruk yang tersedia dalam berbagai macam jenis, ada Thai Tea dan Pancake juga.

  • Alamat: Jalan Bukit Pakar Timur No. 1, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung 40198
  • Jam Buka: Setiap Minggu–Kamis jam 1 siang–12 malam, Jumat & Sabtu jam 1 siang–1 dini hari
  • Telepon: (022) 2531074

Itu dia ketujuh tempat ngopi yang asyik di Dago Bandung. Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu tempatnya? Atau punya rekomendasi tempat bagus lainnya? Tuliskan pengalaman Anda di kolom komentar, ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *