Yuk, Mampir ke 10 Tempat Ngopi Seru di Jakarta Selatan Ini!

Kopi, minuman cita rasa pahit dan asam dengan kandungan kafein. Kopi bisa bantu kamu melek saat bekerja, bikin tugas sekolah atau kuliah, atau begadang saat nonton bola. Buat kamu yang 'sehat', batas minum kopi sehari sebanyak 4-5 cangkir kecil.

Sedangkan untuk kamu yang sedang hamil, ada riwayat penyakit tertentu, sensitif terhadap kafein, atau sedang mengonsumsi obat dokter, disarankan untuk tidak minum kopi sama sekali. Mungkin bisa didiskusikan dulu dengan dokter sebelum meminumnya, ok?

Minum kopi memang bisa dilakukan di mana saja. Namun, biasanya akan lebih asyik dan seru jika dilakukan di sebuah tempat yang suasananya bagus dan nyaman, kan? Di Jakarta Selatan banyak tempat ngopi seru yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa lihat daftar dari Keluyuran di bawah ini.

1. Filosofi Kopi Melawai

  • Alamat: Kawasan Terpadu Blok M Square. Jalan Melawai 6 No. 1, RT 3/RW 1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
  • Jam Operasional: Senin - Jumat jam 11 siang - 10 malam, Sabtu - Minggu jam 9 pagi - 10 malam
  • Telepon: (021) 73910939
  • Kisaran Harga: Rp30.000 - Rp40.000

Siapa yang nggak kenal Filosofi Kopi? Kedai kopi populer ini awalnya dibuat untuk keperluan syuting film Filosofi Kopi. Namun, seiring berjalannya waktu, tempat ini diputuskan menjadi kedai kopi resmi.

Menciptakan antusiasme lebih terhadap kopi dan filmnya sendiri, karena interior di dalam set film tetap dipertahankan. Fun fact: Chicco Jerikho dan Rio Dewanto, pemeran utama film sebagai Ben dan Jodi, termasuk dari 5 pendiri kedai kopi ini, loh.

Filosofi Kopi menyediakan berbagai minuman kopi dengan biji kopi asli Indonesia, minuman non coffee dan camilan yang enak. Untuk kamu yang suka kopi murni, kamu wajib coba menu Kopi Tubruk Tiwus, dijamin, deh.

Lalu ada Kopi Lestari yang biji kopinya asli dari Bali, rasanya sedikit lebih ringan dari Kopi Tiwus. Kemudian, ada Affogato Orgasm, sebuah racikan kopi yang dipadu dengan es krim dan durian. Hmm, menggiurkan, bukan?

Kalau kamu sedang beruntung, kamu bisa dilayani langsung oleh 'Ben' dan 'Jodi', loh. Tak jarang juga, kamu bisa melihat public figure nongkrong di sini. Buat yang sudah nggak sabar cobain, kamu bisa langsung ke Kawasan Terpadu Blok M Square.

2. Anomali Coffee

  • Alamat: Jalan Senopati Raya No. 19, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 7 pagi - 9 malam
  • Telepon: (021) 52920102
  • Kisaran Harga: Rp20.000 - Rp50.000-an

Kedai kopi ini menyediakan biji kopi asal Papua, Aceh, Toraja, Aceh, Flores, Bali, dan Jawa. Kemudian, ada juga kopi limited edition seperti Aceh Lukup Sabun, Aceh Bandar Selin, dan Toraja Perindingan.

Desain interiornya memiliki tema rustic sehingga tampak artistik. Kedai kopi ini terdiri dari dua lantai, dan ada ruang khusus menjual biji kopi Nusantara yang sudah dikemas serta beberapa peralatan untuk ngopi di rumah. Di sini juga tersedia ruang khusus untuk perokok.

Selain kopi, Anomali Coffee juga menyediakan makanan khas Indonesia, menu Italia, dan menu Mexico. Buat kamu yang mau minum kopi sambil menyelesaikan tugas dan butuh WiFi gratis bisa datang ke Jl. Senopati Raya No. 19.

Kedai ini punya dua cabang lagi, loh. Yaitu di Jalan Kemang Raya No. 72 dan di Setiabudi One, Jalan HR Rasuna Said No. 62.

3. Kopi Kalyan

  • Alamat: Jalan Cikajang No. 61, RW 5, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12750
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 6 pagi - 9 malam
  • Telepon: (021) 7223712
  • Kisaran Harga: Rp11.000 - Rp90.000-an

Kedai kopi yang satu ini berhasil membawa kopi Nusantara merambah pasar global karena Kopi Kalyan telah membuka cabang di Jepang! Kopi di sini diolah dengan metode manual brew, dan kopi yang tersedia mengikuti musimnya.

Interior dan eksterior Kopi Kalyan mengusung tema minimalis dengan finishing semen. Sinar matahari sengaja dibuat lebih banyak masuk ke dalam ruangan. Ditambahkan pula tanaman hijau yang asri untuk menghias ruangan. Kamu bisa sarapan di sini karena kedai ini buka dari pagi hari banget.

4. One Fifteenth Coffee

  • Alamat: Jalan Gandaria 1 No. 63, RT 2/RW 3, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 7 pagi - 9 malam
  • Telepon: (021) 7225678
  • Kisaran Harga: Rp8.000 - Rp90.000-an

Kedai kopi yang didirikan pada tahun 2012 ini mengusung tema industrial. Suasananya mampu menambah kenyamanan saat minum kopi sendiri, bersama teman, ataupun komunitas.

Kopi favorit pengunjung di sini yaitu Cortado dan Ice Flat White. Sementara makanan pendamping kopi favorit di sini yaitu Kaya Toast dan Churros.

Namun, bagi yang muslim, perlu pertimbangkan, karena ada menu yang mengandung pork. Buat yang mau reservasi atau tanya-tanya bisa hubungi 1/15 Coffee di nomor 021-7225678.

5. Crematology

Crematology_Sumber: tempat.com/
  • Alamat: Jalan Suryo No. 25, RT 3/RW 6, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 7.30 pagi - 10 malam
  • Telepon: (021) 72780012
  • Kisaran Harga: Rp30.000 - Rp100.000-an

Buat yang suka ngopi outdoor, bisa coba datang ke Crematology. Lokasinya di Jl. Suryo No. 25. Ruang indoor-nya pun nggak kalah seru dengan tema klasik modernnya, kok.

Kopi favorit di sini yaitu Cappuccino dan Chocolate Frappe. Tersedia makanan ringan dan snack untuk teman minum kopi kamu. Di sini juga ada fasilitas WiFi dan smoking area.

6. Kopi Nalar

  • Alamat: Jalan Prof. Joko Sutono SH No. 7, RT 14/RW 6, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 8 pagi - 9 malam
  • Telepon: 0877-4832-1000
  • Kisaran Harga: Rp20.000 - Rp40.000-an

Kedai kopi yang satu ini cukup unik. Ada ruang seperti rumah kaca, meja outdoor juga indoor yang nggak kalah seru dengan ruang lainnya. Mau duduk pakai kursi atau lesehan pun ada. Lokasinya di Jl. Prof. Joko Sutono SH No. 7.

Kamu wajib coba Creme Brulee yang paling banyak disukai pengunjung Kopi Nalar. Dan, untuk makanannya yang paling favorit yaitu Fettucini Carbonara, pancake, dan burger.

Tersedia fasilitas mushola, free WiFi, dan toilet terpisah untuk pria dan wanita. Kedai kopi ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam.

7. Fillmore Coffee

  • Alamat: Jalan H. Sidik No. 7, RT 4/RW 6, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kuningan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 8 pagi - 9 malam
  • Telepon: (021) 57851751 ext. 190
  • Kisaran Harga: Rp30.000 - Rp80.000-an

Di Jl. H. Sidik No. 7 ada Fillmore Coffee, tempat ngopi seru dengan view yang menyejukkan mata. Kedai kopi ini dipenuhi dengan dekorasi tanaman yang membuat tampilan ruang yang asri.

Desain interiornya mengusung konsep industrial dengan dominan warna hitam dan coklat. Ada 3 lantai yang semuanya nyaman untuk sekedar ngopi atau nongkrong.

Kamu disarankan mencoba White Coffee Gibraltar, Honey Latte, Cappucino, dan Affogato-nya Fillmore! Buat yang WFH atau mau ngerjain tugas, bisa ke sini aja karena tempatnya cukup tenang dengan suasana yang nyaman.

8. Nitro Coffee

  • Alamat: Jalan Ciranjang No. 10, RT 1/RW 1, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 7 pagi - 9 malam
  • Telepon: -
  • Kisaran Harga: Rp30.000 - Rp120.000-an

Kedai yang kece ini mengusung tema retro, sangat Instagenic! Dengan dinding batu bata yang disusun dengan rapi dan dibuat aksen, sehingga cahaya sinar matahari dari luar bisa masuk ke dalam. Ada jendela kaca yang besar tanpa partisi, jadi bisa melihat keluar tanpa batas.

Coffee bar-nya yang berbentuk huruf U dilapisi ubin mosaik yang menambah keunikannya tersendiri. Ada meja panjang dengan kursi panjang dan deretan meja ukuran kecil dengan 4 kursi yang semuanya berbahan dasar kayu.

Bangku-bangku itu bisa kamu lihat di sekitar coffee bar. Untuk yang merokok, disediakan meja outdoor yang desainnya serupa dengan indoor.

Kalau kamu kesini, kamu wajib coba Flat White yang creamy dan Affogato ala Nitro Coffee alias kopi yang dipadukan dengan es krim. Buat pendamping kopinya, kamu bisa pesan Breakfast Burger yang dijamin enak dan mengenyangkan untuk sarapan kamu.

Atau, Egg Benedict dengan isi roti egg muffin, poached egg, salmon, crispy spinach, dan saus Hollandaise. Karena tempatnya yang nyaman dan tenang, kamu bisa ngopi di sini sambil mencari inspirasi atau bahkan hanya untuk ngopi cantik.

9. Kopikina Coffee Roaster

  • Alamat: Jalan Tebet Timur Dalam Raya No. 43, RT 1/RW 8, Tebet Tim., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 7 pagi - 9 malam
  • Telepon: 0811-143-431
  • Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000an

Satu lagi kedai kopi yang menggunakan biji kopi asli Indonesia, Kopikina Coffee Roaster yang udah berdiri sejak 2013. Dengan nuansa rumahan yang dipenuhi dengan interior vintage, makin membuat banyak pengunjung untuk datang ke sini.

Selain menjual minuman kopi, mereka juga sebagai supplier biji kopi Indonesia, loh. Ada sekitar 50 jenis biji kopi yang bisa kamu pilih.

Selain itu, Kopikina Coffee Roaster juga menjadi produsen mesin penggiling kopi yang biasa dijual ke corporate, coffee shop, atau untuk penggunaan pribadi.

10. Journey Coffee

Journey Coffee jakselSumber: adeufi.com/
  • Alamat: Jalan KH Abdullah Syafei No. 78, RT 11/RW 5, Bukit Duri, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 10 pagi - 1 dini hari
  • Telepon: (021) 83787864
  • Kisaran Harga: Rp5.000 - Rp30.000-an

Pernah nggak, kamu ke kedai kopi tapi duduknya bukan pakai kursi biasa, melainkan ayunan? Kalau belum pernah, kamu bisa mampir ke Journey Coffee. Menu favorit di sini yaitu Red Velvet Latte dan Green Tea Frappuccino. Buat yang lapar, ada makanan berat juga, kok.

Tidak seperti di Filosofi Kopi yang nggak menyediakan WiFi, di sini kamu bisa menggunakan fasilitas free WiFi dan smoking area. Ruangannya tanpa sekat sehingga menciptakan kesan luas dan lega. Interiornya juga menarik, serta menggunakan meja dan kursi unik yang dibuat dari kayu dan papan.

Nah, itu dia 10 rekomendasi tempat ngopi yang bisa kamu kunjungi di daerah Jakarta Selatan. Karena ini ruang publik, maka biasakan untuk mentaati protokol kesehatan, ya. Buat yang butuh kopi enak sambil nongkrong, yuk, langsung meluncur ke salah satu tempat di atas!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram