10 Tempat Ngopi di Jakarta yang Terbaik dan Paling Hits

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ngopi nampaknya sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat dari berbagai kalangan. Secangkir kopi yang nikmat sudah menjadi suguhan wajib ketika sedang santai, bekerja, atau berbincang dengan teman. Sebagai ibukota Indonesia, Jakarta memiliki sejumlah tempat ngopi yang pastinya menyajika kopi terbaik dan tempat yang cozy.

Mau ngopi dengan teman, tapi bingung memilih tempatnya? Keluyuran akan memberikan 10 rekomendasi tempat ngopi di Jakarta yang terbaik dan paling favorit. Bahkan, tempat-tempat ngopi yang akan kami bahas di sini sudah terkenal di media sosial, lho.

10 Tempat Ngopi di Jakarta yang Paling Asyik

1. Filosofi Kopi

Filosofi Kopi

Anda pasti sudah familiar dengan nama Filosofi Kopi. Ya, kedai ini menjadi judul sekaligus lokasi syuting film Filosofi Kopi yang dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Rio Dewanto. Kedai ini menempati sebuah bangunan lawas yang tidak terlalu banyak direnovasi. Namun, arsitektur bangunan inilah yang membuat kedai kopi ini jadi semakin menarik.

Filosofi Kopi menyajikan minuman kopi authentic maupun yang sudah dimodifikasi. Bila Anda sedang beruntung, Anda bisa bertemu langsung dengan Chicco Jerikho dan Rio Dewanto yang masih sering berkunjung kemari. Alamat Filosofi Kopi Jalan Melawai 6, Blok M No. 8, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

2. 1/15 – One Fifteenth Coffee

1/15 – One Fifteenth Coffee

Bila ingin menikmati kopi nikmat di tempat yang modern, 1/15 – One Fifteenth Coffee ini bisa menjadi pilihan bagi Anda. Coffee shop ini digawangi oleh Doddy Samsura, juara Barista Championship 2013. Jadi, Anda tidak perlu meragukan rasa kopi di tempat ini.

Jangan ngaku pecinta kopi jika Anda belum memesan menu andalan kedai ini, yakni Rojali. Minuman kopi ini dibuat dari kopi yang diperas selama 12 jam penuh, lalu dicampur dengan sedikit soda dan perasan jeruk. Rojali akan disajikan dalam keadaan dingin, sehingga rasanya mirip dengan tequila tapi tetap rasa kopinya sangat kuat. Lokasi 1/15 – One Fifteenth Coffee ada di Jalan Gandaria I/63, Jakarta Selatan.

3. Pigeonhole Coffee

Pigeonhole Coffee

Tidak perlu pusing mencari tempat ngopi di Jakarta, khususnya di kawasan Jakarta Selatan. Selain dua kedai kopi di atas, ada juga Pigeonhole Coffee. Tempatnya didesain dengan sangat eye-catching, sehingga Anda bisa berfoto-foto di sini untuk diupload ke media sosial.

Signature coffee dari kedai ini adalah Picollo Late dan Coffee Blend De Ja Vu. Rasa kopinya cukup kuat, tapi tetap nyaman di lidah orang-orang yang tidak terbiasa minum kopi. Di samping itu, ada juga cold brew dari biji kopi asal Brasil yang disajikan dengan susu secara terpisah. Anda dapat mengunjungi Pigeonhole Coffee di Jalan Merpati II P2 No. 1, Bintaro Sektor 1, Jakarta Selatan.

4. Crematology Coffee Roasters

Crematology Coffee Roasters Tempat Ngopi di Jakarta

Berbicara soal tempat ngopi di Jakarta, Anda pasti tidak akan melewatkan Crematology Coffee Roasters yang sudah membuka beberapa cabang di ibukota. Kedai kopi modern ini memang terkenal dengan tempatnya yang cozy dan juga minuman kopinya yang nikmat.

Dari latte sampai dengan black coffee semuanya ada di sini. Sambil menikmati kopi kesukaan Anda, pesan juga beberapa side dish yang memang tersedia di sini. Sampai dengan saat ini, Crematology sudah memiliki 4 cabang di Jakarta, yakni di Senopati, Puri Indah, Kuningan, dan Cilandak.

5. Djournal Coffee

Djournal Coffee

Coffee shop milik Ismaya Group ini memang sudah sangat terkenal di kalangan muda-mudi dan eksekutif Jakarta. Selain tempatnya berada di pusat perbelanjaan sehingga mudah dijangkau, Djournal Coffee juga konsisten menyajikan minuman kopi yang authentic sampai dengan kekinian. Sajian kopi di sini juga sangat kreatif, salah satu contohnya adalah Ice Coffee Mint Mojito.

Yang membuat Anda bakal semakin betah berada di Djournal Coffee adalah pilihan makanannya yang cukup banyak. Jadi, Anda bisa sarapan di sini sambil menikmati kopi favorit Anda. Tunggu apalagi, segera ajak orang terdekat untuk ngopi di Djournal Coffee yang membuka cabang di Grand Indonesia, Cilandak Town Square, Puri Indah Mall, Gandaria City, dan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

6. Kedai Tjikini

Kedai Tjikini

Terletak di Jakarta Pusat, Kedai Tjikini ini bukan sekedar tempat ngopi biasa, lho. Jika di coffee shop lainnya menyajikan makanan sampingan berupa bakery atau pastry, Kedai Tjikini ini justru menyajikan makanan berat khas Indonesia, seperti rawon, soto, dan nasi goreng.

Ngopi di Kedai Tjikini akan membuat Anda merasa seperti sedang ngopi di jaman kolonial. Apalagi kopi-kopi yang disajikan di sini berasal dari kopi nusantara, seperti Aceh Gayo, Bali Kintamani, Toraja Arabika, dan masih banyak lagi. Kunjungi Kedai Tjikini di Jalan Cikini Raya No. 17, Jakarta Pusat.

7. Lucky Cat & Coffee Kitchen

Lucky Cat Coffee & Kitchen

Mau cari tempat ngopi di Jakarta yang buka selama 24 jam penuh? Anda tidak perlu ngopi dengan kopi instant di minimarket 24 jam, lho. Datang saja ke Lucky Cat & Coffee Kitchen yang berada di Plaza Festival, South Parking, Jalan HR Rasuna Said Kav. C No. 22, Jakarta Selatan.

Selain menyajikan aneka kopi, Lucky Cat & Coffee Kitchen juga menawarkan hidangan yang dapat mengisi perut. Tempatnya juga sangat Instagrammable. Untuk Anda yang sering nongkrong sambil ngopi saat tengah malam, cobalah untuk ngopi di tempat yang nyaman ini.

8. Common Grounds

Common Grounds

Nama Common Grounds pasti sudah tidak asing lagi bagi penikmat kopi di Jakarta. Kedai kopi modern ini terkenal karena meracik aneka jenis kopi untuk menjadikan minuman yang sangat lezat. Bukan hanya kopi dari Indonesia saja, Common Grounds juga menjual kopi dari Panama dan Ethiopia.

Baik penikmat kopi sejati atau pemula yang ingin mencoba kopi bisa datang kemari. Common Grounds membuka beberapa cabang di Jakarta, yakni di NEO Soho, Citywalk Sudirman, dan Pondok Indah Mall 2.

9. Ombé Kofie

Ombé Kofie

Melipir sejenak ke kawasan Jakarta Utara ada sebuah coffee shop yang tempat homey banget. Pasalnya, Ombé Kofie mengusung konsep desain kedai kopi ala rumahan. Meskipun demikian, tempatnya cukup Instagrammable dan sudah tersedia WiFi yang bikin Anda makin betah ngopi di sini.

Keunikan Ombé Kofie, pengunjung bisa memilih tingkat kepekatan kopi, mulai dari regular atau strong. Di tempat ini juga tersedia cake yang bisa Anda pesan sebagai tempat ngopi yang nikmat. Ombé Kofie berlokasi di Jalan Pluit Sakti Raya No. 117, Jakarta Utara.

10. But First Coffee

But First Coffee

Satu lagi kedai kopi yang homey banget dan pengaturan tata ruangan sangat bagus sehingga membuat kita betah berlama-lama. Walaupun tempatnya tidak terlalu besar, tapi suasana di But First Coffee ini begitu hangat. Anda dapat ngobrol sambil ngopi dengan nyaman di sini.

But First Cofee menawarkan beragam menu minuman kopi yang mantap, seperti flat white, latte, cappuccino, cold brew, dan masih banyak lagi. Pesan juga kudapan untuk menikmati secangkir kopi di tempat yang nyaman ini. Kunjungi But First Coffee di Jalan Dharmawangsa Raya No. 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Rekomendasi Tempat Ngopi Lainnya

Selain 10 tempat ngopi di atas, masih ada tempat ngopi lainnya di Jakarta yang sangat asyik dan wajib untuk Anda kunjungi. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya.

11. Toko Kopi Tuku

Toko Kopi Tuku

* sumber: manual.co.id

Yang satu ini bukan sekedar tempat ngopi biasa. Pasalnya, kedai kopi kecil ini pernah dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo dan keluarga, lho. Ya, Toko Kopi Tuku memang terkenal menjual kopi-kopi lokal. Konon Presiden Joko Widodo datang kemari untuk mencicipi kopi khas Indonesia yang cukup terkenal di tempat ini.

Menu minuman kopi yang paling banyak dipesan di sini adalah Kopi Susu Tetangga. Menu tersebut juga dipesan oleh Presiden Jokowi saat beliau berkunjung kemari. Kalau Anda merupakan pendukung produk lokal dan ingin mencicipi kopi Garut, Aceh, Flores, Bali, hingga Toraja, datang saja ke Toko Kopi Tuku di Jalan Cipete Raya No. 7, Jakarta Selatan.

12. Woodpecker Coffee

Woodpecker Coffee

* sumber: infojakarta.net

Sarapan pagi sambil menyeruput kopi yang nikmat bisa Anda lakukan di Woodpecker Coffee. Kedai kopi Instagrammable ini berada di kawasan Dharmawangsa. Interior di dalam kedai kopi ini didominasi dengan elemen kayu sehingga memberikan kesan nyaman pada pengunjung.

Tempat ngopi di Jakarta ini menyediakan hidangan seperti waffle, croissant, cookies, dan masih banyak lagi. Perpaduan antara makanan enak dan kopi yang nikmat dari Woodpecker Coffee akan membuat sarapan pagi jadi lebih sempurna. Kunjungi Woodpecker Coffee di Jalan Panglima Polim V No. 23, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

13. Giyanti Coffee Roastery

Giyanti Coffee Roastery

* sumber: jktgo.com

Kongkow bersama teman sambil menikmati kopi yang enak tentu membutuhkan sebuah tempat yang juga nyaman. Giyanti Coffee Roastery adalah sebuah tempat ngopi di Jakarta yang mengusung konsep industrial pada desain interiornya. Tak hanya nyaman, Giyanti Coffee Roastery juga menyajikan minuman kopi enak yang terbuat dari biji kopi asli Indonesia.

Adapun kopi yang dipakai oleh Giyanti Coffee Roastery adalah kopi-kopi lokal yang berasal dari Padang, Toraja, dan Flores. Meskipun kopinya lokal, proses pengolahan yang dipakai cukup modern sehingga menghasilkan minuman kopi yang kekinian dengan rasa yang mantap. Giyanti Coffee Roastery berlokasi di Jalan Surabaya No. 20, Menteng, Jakarta Pusat.

14. Anomali Coffee

Anomali Coffee

* sumber: www.sparrowinspace.com

Sebagai warga negara Indonesia, tentu saja kita harus mencintai produk-produk buatan Indonesia. Termasuk ketika kita sedang menikmati kopi, alangkah baiknya jika kita lebih memilih minuman yang berasal dari biji kopi lokal ketimbang kopi impor.

Anomali Coffee adalah sebuah tempat ngopi di Jakarta yang menawarkan beragam jenis kopi dari seluruh nusantara. Adapun kopi yang tersedia di sini berasal dari Bali, Jawa, Toraja, Aceh Gayo, Papua, Flores, dan Sumatera. Seduhan kopi dari Anomali Coffee sangat nikmat. Anda pasti ketagihan untuk memesan kopi lokal dari Anomali. Lokasi Anomali Coffee berada di Jalan Senopati No. 19, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

15. Kopi Manyar

Kopi Manyar

* sumber: manual.co.id

Di antara sekian banyak tempat ngopi di Jakarta, Kopi Manyar adalah salah satu yang sedang happening banget. Kedai kopi modern ini mengusung desain minimalis modern untuk interiornya. Interior kedai kopi ini didominasi oleh warna putih.

Selain menawarkan tempat yang nyaman untuk nongkrong, Kopi Manyar juga menyajikan kopi yang nikmat. Mulai dari espresso sampai kopi tubruk semuanya ada di sini. Menariknya, Kopi Manyar juga menyediakan snacks dan makanan berat, lho. Kalau penasaran dengan tempatnya, silakan langsung kunjungi Kopi Manyar di Jalan Bintaro Tengah Raya Blok O2 No. 14, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Nah, inilah 10 tempat ngopi di Jakarta yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Selain menyajikan kopi berkualitas, tempat-tempat di atas menawarkan tempat nyaman untuk nongkrong bersama orang terdekat Anda. Mau cari tempat nongkrong lainnya di Jakarta? Baca artikel ini.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *