10 Tempat Ngopi di Semarang yang Cocok buat Coffee Addict

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 2 Juni 2021

Semarang dikenal sebagai Kota Sejarah, karena banyak momen bersejarah Indonesia yang terjadi di Semarang. Seperti Tugu Muda Semarang yang dibangun untuk mengenang perjuangan para pemuda pada tanggal 14-18 Oktober 1945 dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari penjajah Jepang.

Semarang juga merupakan kota yang besar, makanya kota ini sering dijadikan tempat wisata juga oleh orang luar kota maupun negeri. Jika Anda sedang mencari tempat ngopi di Semarang yang recommended, Anda tidak bisa asal masuk tempat. Karena, tidak semua tempat menyediakan kopi yang enak. Inilah 10 tempat ngopi di Semarang yang wajib Anda coba:

10 Tempat Ngopi di Semarang yang Wajib Dicoba

1. Caffeine Coffee Shop

Caffeine Coffee Shop

* sumber: scontent-waw1-1.cdninstagram.com

Caffeine Coffee Shop menjadi pembuka dalam list tempat ngopi di Semarang ini. Alamatnya ada di Jalan Veteran no. 47. Tempat ngopi ini satu ruko dengan "Be Proud of Indonesia Store", atau patokannya adalah di samping Indomaret Polda Jateng.

Tempat ngopi ini sangat sederhana. Yang membuat tempat ini jadi lebih wah karena adanya bar sebagai tempat untuk meng-order minuman. Anda bisa mengunjungi coffee shop ini setiap hari dari jam 4 sore hingga 2 dini hari. Jangan mau ketinggalan info dari Caffeine Coffee Shop, follow Instagram mereka di @caffeine_coffeeshop.

2. Joko Kopi Ungaran

Joko Kopi

* sumber: olipeoile.com

Joko Kopi atau Joko Kopi Ungaran merupakan tempat ngopi di Semarang yang selanjutnya. Di sini Anda tidak hanya akan disuguhi kopi, tapi juga sekaligus mendapatkan view pemandangan alam yang luar biasa. Di bagian depan coffee shop ini terbentang sawah yang sangat luas.

Tentunya pemandangan alam merupakan teman yang baik untuk bersantai. Sambil menyeruput kopi, Anda akan merasa lebih tentram setelah melihat penghijauan dari sawah di sana.

Joko Kopi beralamat di Jalan Gedong Songo no. 9 (Ungaran Barat). Tempat ngopi ini buka dari jam 5 sore - 11.30 malam. Anda bisa nongkrong di sana dari sore untuk menikmati golden hour ketika matahari turun dan berganti menjadi bulan. Anda bisa mengikuti akun media sosial Joko Kopi di Instagram @jokokopi.

3. Blackbone Coffee & Bistro

Blackbone Coffee

* sumber: semarangkopi.blogspot.co.id

Semarang biasanya cukup panas, tapi tidak dengan tempat ngopi di Semarang yang satu ini. Blackbone Coffee berada di daerah tinggi Semarang, lebih tepatnya di Jalan Durian Raya no. 52 C, Bayumanik. Makanya, cocok banget kalau Anda "menghangatkan diri" di sini dengan secangkir kopi yang enak.

Sejak tahun 2015 ketika didirikan, Blackbone Coffee & Bistro tidak pernah sepi pengunjung. Mungkin karena konsepnya yang unik, karena gedungnya berupa peti kemas yang telah dimodivikasi sedemikian rupa agar jadi tempat ngopi yang nyaman namun sangat aesthetic. Harga kopi di sini murah meriah, yaitu mulai dari Rp 10.000-an saja.

4. Legend Coffee Semarang

Legend Coffee Semarang

* sumber: www.beritaseharian.com

Tempat ngopi di Semarang yang recommended selanjutnya adalah Legend Coffee Semarang. Tempat minum kopi ini ada di daerah Tri Lomba Juang. Karenanya, kopi-kopi di sini bertemakan games. Lalu, di bagian dalam kafenya pun terdapat banyak permainan. Sebut saja UNO, Ding-Dong, dan Billyard yang bisa pengunjung mainkan sambil menunggu pesanan.

Di Legend Coffee Semarang ini tersedia lebih dari 15 jenis kopi, diantaranya ada kopi Toraja, kopi Aceh, hingga aneka latte, macchiato, dan cappuccino. Range harga kopi dan makanan di sini tidak ada yang mahal, yaitu dari 10 - 30 ribuan saja. Makanya, banyak banget mahasiswa yang suka nongkrong di Legend Coffee Semarang.

Pasalnya, selain tempatnya cozy, kopinya enak, dan makanannya lezat, Legend Coffee Semarang juga menyediakan fasilitas free WiFi dan live music. Yuk, langsung mampir ke Legend Coffee Semarang di Jalan Trilomba Juang no. 5, Mugas.

5. The Blue Lotus Coffee House

The Blue Lotus Coffee House

* sumber: www.tripadvisor.co.id

The Blue Lotus Coffee House, sebuah tempat ngopi yang pertama kali menggunakan coffee micro roaster di kota Semarang. Kafe ini siap menghidangkan aneka kopi untuk pengunjungnya dari jam 9 pagi - 9 malam. Ketika ngopi di sini, Anda mungkin lupa bahwa Anda sedang berada di Semarang, karena interiornya sangat kental dengan gaya Eropa.

Anda dapat menikmati bermacam-macam biji kopi single origin dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka juga menyediakan banyak model coffee maker untuk seduhan kopi terbaik. Tidak salah kalau Keluyuran mengatakan The Blue Lotus Coffee House sebagai salah satu tempat ngopi di Semarang yang terbaik. Kalau Anda mau mengunjungi The Blue Lotus Coffee House, lokasinya ada di Jalan Bilangan Ahmad Yani no. 197.

6. Nestcology

Nestcology, Land of Gastronomy

* sumber: hellosemarang.com

Persaingan di dunia kuliner semakin ketat, membuat orang-orang berpikir untuk menciptakan makanan dengan cara unik, seperti yang dilakukan oleh Nestcology.

Restoran ini memiliki slogan "Land of Gastronomy". Bagi yang belum familiar dengan istilah tersebut, gastronomi molekuler adalah cabang ilmu yang mempelajari transformasi fisiokimiawi dari bahan pangan selama proses memasak dan fenomena sensori saat dikonsumsi.

Tidak mengerti? Tidak apa-apa, author juga tidak mengerti. Yang penting makanan dan minuman di Nestcology enak-enak semuanya. Restoran ini berkonsep open kitchen, jadi Anda bisa langsung melihat proses pembuatan makanan dan minumannya. Bahkan untuk beberapa menu, khususnya kopi, Anda bisa langsung menyaksikannya dibuat di meja Anda.

Tempat ngopi di Semarang ini buka dari jam 12 siang - 9.30 malam (Senin - Kamis) dan dari jam 12 siang - 11.30 malam (Jumat - Sabtu). Alamat Nestcology berada di Jalan Tambora no. 5A. Anda bisa melakukan reservasi pada nomor telepon (024) 76440058.

7. Hans Kopi

Hans Kopi

* sumber: twitter.com

Ingin tahu tempat ngopi di Semarang yang buka 24 jam? Hans Kopi lah tempatnya. Hans Kopi beralamat lengkap di Jalan Kusuma Wardani, Pleburan, Semarang Selatan. Tempatnya sangat strategis karena berada di pusat kota dan berada di kawasan Universitas Diponegoro. Bentuk kafe ini berada di bawah pohon rindang, syahdu sekali rasanya ngopi sambil nongkrong di bawah pohon yang adem.

8. Peacock Coffee Shop

tempat ngopi di Semarang Peacock Coffee Shop

* sumber: eatwithloves.wordpress.com

Peacock Coffee yang ada di Jalan S. Parman no. 3 ini termasuk juga dalam tempat ngopi di Semarang yang recommended. Jangan membayangkan sebuah kafe super besar dan mewah, karena Peacock Coffee merupakan kafe yang mungil tapi sangat aesthetic karena interiornya dibuat se-vintage dan secantik mungkin.

Oh, iya, kafe ini buka 24 jam, loh! Cocok banget kalau Anda sedang dikejar deadline dan membutuhkan tempat ngopi yang adem. Di sini tersedia aneka macam kopi, seperti americano, café au lait, latte, hingga cappuccino. Dan, semua kopinya dibuat dari biji kopi fresh yang baru diolah ketika dipesan.

Uniknya, semua minuman di Peacock Coffee dibanderol dalam harga yang sama, yaitu Rp 24.750! Entah apa yang mendasarinya, tapi ide ini cukup menarik, bukan?

9. Eastman Coffee House

tempat ngopi di Semarang Eastman Coffee House

* sumber: twitter.com

Eastman Coffee House, sebuah tempat ngopi di Semarang yang baru dibuka pada Januari 2017 ini tidak pernah kekurangan pengunjung hingga kini. Mungkin karena lokasinya berada di tengah kota, sehingga memudahkan orang untuk mengaksesnya.

Pertama-tama orang pasti jatuh cinta dengan bentuk bangunan dan interior kafe ini. Tapi, setelahnya para pelanggan akan lebih jatuh cinta lagi setelah mencoba makanan dan minumannya.

Unik menu kopi, Eastman Coffee House menyediakan banyak varian, sebut saja cappuccino, afogato salted caramel, dan masih banyak lagi. Walaupun kafenya kekinian, makanan dan minumannya juga terkesan mewah, tapi harganya sangat bersahabat, yaitu mulai dari Rp 10 - 35 ribuan saja.

Eastman Coffee House beralamat di Jalan Ahmad yani no. 140, patokannya adalah 500 meter dari Alun-alun Simpang Lima). Kafe ini dapat Anda kunjungi setiap hari, dari jam 10 pagi - 10 malam. Nomor telepon Eastman Coffee House adalah (024) 8316343.

10. Jendela Coffee Brewers

Jendela Coffee Brewers

* sumber: infotembalang.co

Tempat ngopi di Semarang yang terakhir adalah Jendela Coffee Brewers. Kafe yang baru dibuka pada Februari 2017 lalu ini mengusung konsep yang sangat friendly, yaitu para pengunjungnya dapat bertanya lebih lanjut mengenai kopi pada para baristanya. Jendela Coffee Brewers berada di kawasan Tembalang, yaitu di Jalan Banjarsari Selatan no. 8.

Mereka menyediakan beragam menu kopi, sebut saja espresso, latte, hingga manual brewing. Perbedaan Jendela Coffee Brewers dengan tempat ngopi lainnya, di sini tidak hanya tersedia kopi dari Indonesia seperti kopi gayo, tapi mereka mengekspor juga dari Panama dan Costa Rica. Tempat ngopi ini buka dari jam 9 pagi - 3 dini hari.

Nah, itulah sepuluh tempat ngopi di Semarang yang berkualitas dan enak dari Keluyuran. Semoga list ini dapat mengurangi rasa pusing Anda dalam memilih tempat ngopi yang recommended. Selain kesepuluh tempat ini, adakah tempat ngopi lainnya yang menurut Anda wajib banget dicoba?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram