10 Tempat Ngopi di Solo yang Cozy & Asyik Buat Nongkrong

Ditulis oleh Riastri Herliana

Disebut sebagai The Spirit of Java, kota Solo menyimpan banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi. Wisata alam, kota, dan budaya menarik untuk dikunjungi. Setelah puas berwisata di Solo, nongkrong asyik bareng sahabat di kedai kopi bisa jadi pilihan. Bagi millennials traveller yang suka ngopi, tentu tidak ingin mencoba kopi di kota yang dikunjungi.

Meski tidak sepopuler kota kembarannya, Yogyakarta, bukan berarti Solo tidak memiliki tempat ngopi yang asyik. Kali ini, Keluyuran akan memberikan 10 rekomendasi tempat ngopi di Solo yang asyik buat kamu yang ingin nongkrong bareng sahabat.

1. Ngopi Serius

* sumber: adadisolo.blogspot.com

Tempat kopi satu ini mengusung konsep gaya klasik. Meja, kursi, perangkat yang terjejer di dalam kedai, hingga dindingnya terbuat dari kerajinan kayu. Pengunjung tidak akan dibuat bosan oleh pajangan dan suasana di sana. Kamu bisa melihat lukisan tarian Nusantara, nomenklatur kopi Indonesia, dan masih banyak lagi.

Kedai Ngopi Serius memiliki sekitar 40 jenis kopi dari berbagai daerah di Indonesia yang didapat langsung dari para petani kopi. Hampir seluruh nama menu kopi merupakan kombinasi dari nama daerah asal biji kopi tersebut. Menariknya, harga yang ditawarkan cukup murah dengan rata-rata Rp12.000 saja untuk satu cangkir kopi.

Ngopi Serius beralamat di Jalan Melati No.7, Purwosari, Laweyan, Kota Surakarta. Kamu bisa kunjungi kedai kopi ini mulai jam 16.00 – 00.00 setiap harinya. Nongkrong asyik Bersama sahabat akan lebih puas.

2. Coconuts Café

Coconuts Café

* sumber: soloevent.id

Terkenal di kalangan anak muda Solo, tempat ngopi yang asyik ini terdiri dari 4 lantai yang masing-masing lantai telah diatur dengan unik. Pada lantai dua, terdapat lampu-lampu petromaks kuno yang tersusun dengan rapi di dinding, sangat unik dan photogenic. Di lantai 4, kamu bisa melihat landscape Kota Solo dari rooftop.

Coconuts Café menyediakan ragam menu yang bisa kamu coba, seperti pizza, roti bakar, dan makanan lain. Kopi yang disediakan pun cukup beragam, ada Kopi Aceh Gayo, Kopi Toraja, Kopi Wamena, Kopi Flores, dan masih banyak lagi kopi dari daerah lainnya. Harga yang ditawarkan terbilang murah, mulai dari Rp5000 – Rp40.000 saja.

Beralamat di Jalan Tejomoyo No. 48, Dawung, Kota Surakarta. Bisa kamu kunjungi dari jam 09.00 – 21.00 setiap harinya. Lokasi yang strategis, dan menawarkan harga yang murah sangat cocok dikunjungi bagi kamu mahasiswa yang tinggal atau sedang berkuliah di Solo.

3. Cold n Brew

* sumber: www.tripadvisor.com

Kalau kamu suka nongkrong malam hari, cocok datang ke sini. Kedai kopi yang buka dari jam 10.00 – 23.00 ini menawarkan beragam menu yang enak dan tempat yang nyaman. Cold n Brew biasanya ramai pada waktu sore dan malam hari, setelah jam pulang kerja. Jika datang siang hari sebelum jam 15.00 tempat ini cukup sepi dan cocok untuk kamu yang ingin berfoto.

Buat kamu yang suka mengerjakan tugas atau pekerjaan freelance di café dan membutuhkan jaringan internet, Cold n Brew cocok dikunjungi. Di sini menyediakan wifi gratis untuk para pengunjung. Jangan lupa memesan kopi dan kue yang disediakan dalam daftar menu untuk menemani kamu menyelesaikan tugas dan pekerjaan.


Cold n Brew berlokasi di Jalan Veteran No. 136, Gajahan, Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Kamu bisa mengunjungi café ini jam 09.00 – 23.00 setiap harinya. Tidak hanya mengerjakan tugas, tempat ini asyik dikunjungi untuk nongkrong sampai malam.

4. DeLuckz Coffee

DeLuckz Coffee

* sumber: oliswel.com

Terkenal dengan pelayanan yang ramah dan tidak sembarangan dalam menjamu para pengunjung, DeLuckz Coffee juga menyediakan ragam menu makanan dan minuman dengan rasa yang istimewa. Di sini kamu akan ditemani dengan music indie sambil bersantai, menikmati kopi dan suasana yang disajikan.

DeLuckz Coffee memiliki ragam menu makanan yang bisa kamu pilih, diantaranya; Sirloin Steak, Chicken Cordon Bleu, Steak Burger. Selain itu minumannya pun beragam; Coffee & Chocolate Blended, Mocktail, Lemon Tea, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, dengan rata-rata Rp20.000 saja.

Beralamat di Jalan Abiyoso No. 1C, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta. DeLuckz Coffee terletak di Solo Square Mall, jadi bisa kamu kunjungi sesuai jam operasional mall, mulai jam 10.00 – 22.00 setiap hari. Cocok untuk kamu yang suka ngopi sambil berbelanja.

5. Coffca – Coffee & Career

Coffca – Coffee & Career

* sumber: nyero.id

Kedai kopi yang mengusung konsep Pendidikan dan pengembangan karir di Kota Solo ini memiliki tempat yang nyaman dan inspiratif. Berada di Kawasan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Coffca – Coffee & Career merupakan co-working space yang dipadukan dengan coffee shop sehingga asyik untuk dikunjungi.

Bagi kamu mahasiswa atau freelancer yang membutuhkan tempat untuk mengerjakan tugas atau bekerja, tempat ini cocok untuk kamu. Selain itu, di sini juga menyediakan ruangan khusus yang bisa kamu gunakan untuk meeting. Kamu bisa memesan kopi yang nikmat dan murah. Mulai dari Rp7.000 – Rp20.000 saja sudah bisa menemani kamu bekerja.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram