Inilah 9 Café di Kota Batu yang Nyaman untuk Nongkrong

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Maret 2020

Batu merupakan kota kecil dekat Malang yang memiliki banyak sekali destinasi wisata. Letaknya yang berada di dataran tinggi, membuat Kota Batu menjadi tujuan ketika ingin menikmati udara dingin. Banyak wisatawan yang traveling ke Malang, menyempatkan pula ke Kota Batu karena di sini terdapat Jatim Park yang merupakan salah satu wisata favorit di Jawa Timur.

Setiap kali traveling, destinasi wisata yang asyik memang menjadi tujuan utama. Namun bagi anak-anak muda, tempat ngopi juga jadi incaran. Salah satunya di Kota Batu ini. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Universitas Muhammadiyah Malang, Batu sering dijadikan tempat nongkrong pada malam hari.

Untuk kamu yang ingin liburan ke Kota Batu Malang, Simak 9 tempat nongkrong di Batu yang nyaan untuk nongkrong berikut ini ya!

1. Tekopi

Tekopi

Kalau kamu traveling ke Kota Batu dan berencana menginap di Arjuna Kota Batu? Jangan lupa mampir di Tekopi. Café yang masih satu bangunan dengan Arjuna Kota batu ini memberikan suasana yang nyaman dan tenang. Dilengkapi dengan kursi sofa, serta kelilingi kaca membuat tempat ini menjadi lebih terang.

Tekopi menyediakan menu makanan dan minuman yang diberi penamaan unik. Seperti Mbah Royal yang merupakan singkong goreng, dan Rondo Royal yang merupakan tape goreng. Selain itu ada pula makanan berat seperti nasi rawon dan mie ramen. Tempat yang nyaman ini bisa kamu kunjungi dari pagi hingga malam hari.

  • Alamat : Jl. Panglima Sudirman No. 35 – 37, Ngaglik, Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Operasional : 07.00 – 22.00 WIB
  • Harga : Rp5.000 – Rp30.000

2. Palm Tree Café

Palm Tree Café

Nongkrong di rooftop selalu jadi hal yang menyenangkan. Apalagi, udara Kota Batu yang sangat dingin dan pada malam hari selalu dihiasi kerlap-kerlip lampu kota yang sangat cantik. Suasana yang menyenangkan itu bisa kamu dapatkan di Palm Tree Café Batu. Café ini berada di rooftop Batuque Town Villa.

Palm Tree Café menyediakan laybag yang siap memanjakanmu ketika nongkrong bersama teman-teman. Selain itu juga disediakan ruangan indoor dan area outdoor yang dilengkapi dengan lampu-lampu temaram berwarna kuning, memberikan suasana yang romantis juga lho.

  • Alamat : Jl. Oro-Oro Ombo No. 235, Oro-Oro Ombo, Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Operasional : Senin – Jumat 15.00 – 23.00 WIB, Sabtu & Minggu 15.00 – 24.00 WIB
  • Harga : Rp5.000 – Rp40.000

3. Letek Coffee Shop

Letek Coffee Shop

Jalan-jalan di Kota Batu, tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Alun-Alun Kota Wisata Batu. Di sini terdapat sebuah taman dengan wahana bermain yang disukai berbagai kalangan. Alun-Alun Batu juga dilengkapi dengan aneka street food yang bisa kamu coba. Selain street food, di sini juga ada café yang bisa kamu singgahi.

Salah satunya, Kopi Letek. Kedai kopi mungil di seberang Alun-Alun Kota Batu ini selalu ramai dikunjungi anak-anak muda untuk sekadar ngopi dan nongkrong. Kedai kopi ini tempatnya tidak luas, tapi bertingkat. Di lantai 2, terdapat rooftop dengan pemandangan bianglala Alun-Alun Kota Batu dan pegunungan.

  • Alamat : Jl. Diponegoro No. 23, Sisir, Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Operasional : 12.00 – 24.00 WIB
  • Harga : Rp7.500 – Rp25.000

4. Pupuk Bawang

Pupuk Bawang

Batu memiliki café dengan penamaan yang unik yaitu Pupuk Bawang. Dalam bahasa Jawa, artinya “cuma main-main”. Namun, tempat nongkrong ini memberikan fasilitas yang tidak main-main. Pada area indoor terdapat ruangan yang cocok untuk makan bersama keluarga. Pada area outdoor, cocok untuk kencan bersama pasangan. Suasananya romantis!

Jika kamu datang pada siang atau sore hari, di area outdoor terlihat pemandangan perkebunan dan bukit yang menjulang. Terdapat kursi dan meja yang menghadap ke arah pemandangan tersebut. Jika malam hari, disediakan lampu temaram, sehingga suasana semakin dingin dan romantis.

  • Alamat : Jl. Panglima Sudirman No. 116, Pesanggrahan, Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Operasional : Minggu – Jumat 10.00 – 24.00 WIB, dan Sabtu 10.00 – 02.00 WIB
  • Harga : Rp15.000 – Rp150.000

5. Campfire Outdoor Cuisine

Campfire Outdoor Cuisine

Tempat nongkrong yang satu ini sudah banyak dikenal oleh anak-anak muda di Batu, Malang, hingga luar kota. Café dengan konsep unik ini menyediakan area outdoor dengan bangku setengah melingkar yang terbuat dari batu. Di bagian tengahnya terdapat batu yang dijadikan meja dan dilengkapi bara api.

Campfire Outdoor Cruisine namanya. Café ini selalu ramai baik saat weekday maupun weekend. Menu yang disajikan pun sangat beragam. Nongkrong sambil menikmati menu dan pemandangan bintang pada malam hari tentu menyenangkan. Jika ingin ke sini, disarankan melakukan reservasi terlebih dahulu.

  • Alamat : Jl. Ir. Soekarno, Mojorejo, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur
  • Operasional : Selasa – Minggu, 16.00 – 24.00 WIB
  • Harga : Rp15.000 – Rp30.000

6. Omah Koempoel

Omah Koempoel

*Sumber: https://instagram.com/omahkoempoel

Rumah joglo khas Jawa dengan nuansa kayu yang memberikan suasana adem selalu membuat nyaman. Di Batu, terdapat Omah Koempoel yang menyediakan tempat nongkrong berbeda dari tempat lainnya. Bangunannya terbuat dari kayu berbentuk rumah khas Jawa, dengan atap khas rumah Joglo.

Omah Koempoel tak hanya menyediakan tempat yang nyaman saja. Di sini kamu bisa mencoba berbagai menu yang memanjakan lidah. Mulai dari makanan berat, kudapan, kopi, susu, dan masih banyak lagi. Suasana yang homey membuatmu betah nongkrong di Omah Koempoel.

  • Alamat : Jl. Sultan Hasan Halim, Sisir, Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Operasional : Senin – Jumat 11.00 – 23.00 WIB, Sabtu & Minggu 07.00 – 23.00 WIB
  • Harga : Rp6.000 – Rp15.000

7. Retrorika Coffee Bar & Resto

Retrorika Coffee Bar & Resto

*Sumber: https://www.instagram.com/retrorika.id

Kamu suka dengan desain retro dan koleksi barang lawas? Di Batu, terdapat café unik yang memberikan suasana berbeda. Kamu dapat melihat barang daur ulang di setiap sudut café. Sejak awal masuk area café, terdapat pintu dan jendela vintage yang disusun sedemikian rupa hingga terlihat menarik. Namanya adalah Retrorika Coffee Bar & Resto.

Pemilik café ini memiliki latar belakang bidang konservasi dan pelestarian alam, hingga akhirnya memiliki ide untuk mengubah green house di rumahnya menjadi café. Uniknya lagi, di Retrorika Coffee tidak menggunakan sedotan plastic, tissue, dan kamu bisa mendapat diskon 10% jika membawa tempat makan sendiri. Konsep zero waste yang sungguh menarik.

  • Alamat : Jl. Dewi Mutmainah 4, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
  • Operasional : Senin – Rabu, 11.00 – 24.00 WIB & Jumat – Minggu, 10.00 – 24.00 WIB
  • Harga : Rp8.000 – Rp30.000

8. Cokelat Klasik

Cokelat Klasik

* sumber: travelingyuk.com

Café ini sudah sangat terkenal di kalangan anak muda Malang. Jadi tak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan.  Terdapat area indoor, semi outdoor, dan outdoor ini memberikan suasana yang sejuk serta nyaman. Café ini bernama Cokelat Klasik.

Sesuai dengan namanya, Cokelat Klasik menjadikan cokelat sebagai menu utama yang diolah dengan berbagai macam varian. Cokelat Klasik Batu merupakan salah satu cabang dari Cokelat Klasik yang ada di Malang. Bedanya, di sini kamu akan disuguhkan pemandangan pegunungan khas Kota Batu dengan udara yang dingin.

  • Alamat : Jl. Diponegoro, Sisir, Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Operasional : 07.00 – 21.00 WIB
  • Harga : Rp7.000 – Rp17.000

9. De Kleine Café

De Kleine Café

Kaya akan wisata alamnya, Batu memiliki banyak tempat nongkrong dengan nuansa alam. Salah satunya De Kleine Café. Di sini terdapat beberapa area yang bisa kamu pilih. Mulai dari halaman café, balkon di bagian atas, hingga ruang kaca. Namun, jika kamu ingin nongkrong di ruang kaca, ada minimal order yaitu Rp250.000.

De kleine Café dihiasi banyak tanaman dan rerumputan yang menambah kesan sejuk. Dari dalam ruang kaca, kamu bisa nongkrong tanpa takut terkena hujan dan tetap bisa menikmati pemandangan di sekitar café. Pada lantai dua, terdapat area balkon bernuansa putih dan dilengkapi dengan meja serta kursi kayu.

  • Alamat : Jalibar, Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Operasional : 11.00 – 22.00 WIB
  • Harga : Rp15.000 – Rp250.000

Nongkrong di tempat dingin selalu menyenangkan apalagi jika ditemani dengan kerabat atau pasangan. Maka dari itu, jangan sampai terlewat nongkrong di Kota Batu jika kamu sedang traveling ke Malang dan Batu. Dari 9 rekomendasi di atas, mana yang tempat yang paling menarik perhatianmu?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *