Inilah 10 Tempat Nongkrong Malam di Yogyakarta yang Seru

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika mendengar kata Yogyakarta, apa yang ada di pikiranmu? Wisata alam? Wisata budaya? Tempat romantis? Atau kota pendidikan? Semua itu dirasa tepat untuk mendeskripsikan secara singkat dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Ada banyak hal menarik yang membuat kota ini begitu dirindukan bagi pendatang, tak heran jika Jogja tak pernah sepi dari pengunjung.

Yogyakarta memiliki banyak sekali destinasi wisata dan kuliner. Salah satu kuliner yang menjadi ciri khas dari kota yang satu ini adalah angkringan. Selain itu, masih banyak lagi tempat nongkrong yang cocok untuk nongkrong pada malam hari.

Nah, kali ini Keluyuran akan mengulas 10 tempat nongkrong malam hari di Jogja yang seru untuk anak muda. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Cerita Kopi

Cerita Kopi

* sumber: www.sobatjogja.com

Pertama, ada Cerita Kopi. Salah satu kedai kopi di bilangan Stasiun Tugu Yogyakarta yang satu ini memberikan suasana yang santai, dengan desain interior yang mengedepankan konsep minimalis, membuat café ini terasa nyaman untuk nongkrong. Buka pada sore hingga malam hari, Cerita Kopi cocok dikunjungi untuk sekadar nongkrong malam.

Sesuai dengan namanya, café yang satu ini menyediakan menu kopi spesial yang menggunakan biji kopi dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Wamena Papua, Flores Bajawa, Toraja Sulawesi, Java, Lampung, hingga Aceh Gayo, dan masih banyak lagi biji kopi lainnya. Dengan suasana café yang syahdu, sangat nyaman nongkrong di café ini.

  • Alamat : Jl. Tentara Zeni Pelajar No. 1-B, Bumijo, Jetis, Kota Yogyakarta
  • Operasional : 17.00 – 01.00 WIB
  • Kisaran harga : Rp10.000 – Rp30.000

2. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Angkringan Kopi Jos Lik Man

Siapa yang tidak suka nongkrong di angkringan? Rasanya hampir semua orang senang nongkrong di tempat yang menjajakan makanan murah di Yogyakarta ini. Ada banyak angkringan yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Angkringan Kopi Jos Lik Man yang terletak di Stasiun Tugu Yogyakarta.

Jika baru datang atau hendak pergi meninggalkan Yogyakarta, dan ingin nongkrong santai di dekat stasiun, maka bisa datang ke angkringan ini. Lokasinya berada tak jauh dari gerbang stasiun utara. Beragam makanan khas angkringan bisa kamu coba di sini mulai dari nasi kucing, sate telor, hingga ayam bakar.

  • Alamat : Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta
  • Operasional : 14.00 – 03.00 WIB
  • Kisaran harga : Rp2.000 – Rp15.000
  • Kontak : 0856-4317-2339

3. Djendelo Koffie

Djendelo Koffie

* sumber: www.dagelan.co

Sedang jalan-jalan di Jogja, dan mampir ke Toko Buku Togamas? Kamu juga bisa lho, mampir ke Djendelo Koffie. Café ini terletak di lantai dua gedung Toko Buku Togamas. Café yang memiliki konsep etnik ini memberikan suasana yang berbeda. Meski terletak di pinggir jalan besar, café ini sangat nyaman dan suasananya tenang.

Djendelo Koffie tak hanya menyediakan tempat nongkrong yang nyaman saja. Pada waktu tertentu, Djendelo Koffie menyediakan pertunjukan stand up comedy, baca puisi, hingga membahas isu politik. Uniknya, karena di sini tidak menyediakan kudapan atau makanan berat, pengunjung diizinkan untuk membawa makanan dari luar, dengan catatan membeli minum di Djendelo Koffie.

  • Alamat : Jl. Affandi No. 5, Kaliwaru, Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman
  • Operasional : 15.00 – 23.00 WIB
  • Kisaran Harga : Rp10.000 – Rp20.000
  • Kontak : 0811-120-989

4. Mato Kopi

Mato Kopi

Ingin ngopi dengan cita rasa Jawa Timur di Yogyakarta? Datang ke Mato Kopi. Café ini memiliki menu kopi Jawa Timur yang khas. Nama café ini menggunakan bahasa Madura yang berarti “pecandu kopi”. Uniknya, pemilik dan seluruh karyawan café merupakan perantau dari Madura.

Sesuai dengan namanya, Mato Kopi menyediakan menu unggulan yaitu kopi. Namun dengan nama menu yang unik. seperti KOTANGSU yang berarti kopi susu gelas tanggung, KOPASSUS yang berarti kopi susu, KOPAJA yang berarti kopi jahe. Café yang buka selama 24 jam ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong bersama teman-teman.

  • Alamat : Jl. Selokan Mataram, Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman
  • Operasional : 24 jam
  • Kisaran Harga : Rp3.000 – Rp15.000
  • Kontak : 0818-204-635

5. Sellie Coffee

Sellie Coffee

* sumber: www.pegipegi.com

Sellie Coffee merupakan salah satu café dengan konsep jaman dulu di Yogyakarta. Terletak di kawasan Prawirotaman II, Sellie Coffee menjadi salah satu café favorit bagi anak-anak muda di Yogyakarta. Dengan desain interior yang terkesan jadul, membuat café ini terasa nyaman dan serasa ngopi di rumah sendiri.

Sellie Coffee menyediakan menu kopi dari berbagai daerah di Indonesia, serta ada pula kudapan dan cemilan yang akan menemani waktu nongkrong. Harga yang dipatok pun terbilang sangat murah dan ramah di kantong mahasiswa. Café ini buka mulai sore hingga tengah malam, jadi café ini bisa dikunjungi sepulang kerja atau kuliah.

  • Alamat : Jl. Gerilya NG 3 / 822, Brontokusuman, Megangsan, Kota Yogyakarta
  • Operasional : 18.00 – 23.00 WIB, Senin Libur
  • Kisaran Harga : Rp8.000 – Rp20.000
  • Kontak : (0273) 384 916
  • Cabang : Malioboro

6. Pendopo Lawas

Pendopo Lawas

* sumber: www.wisatakeyogyakarta.com

Jika biasanya angkringan identik dengan tempat sederhana dan duduk lesehan, berbeda dengan angkringan yang satu ini. Pendopo Lawas merupakan angkringan kekinian di Jogja yang tidak menghilangkan kesan lawas. Tetap dengan hidangan khas angkringan yang murah dan nikmat, Pendopo Lawas menyediakan tempat yang nyaman untuk semua kalangan.

Pendopo Lawas terletak di sisi timur Alun-Alun Utara Yogyakarta, jadi sangat strategis dan mudah dijangkau. Angkringan ini buka mulai sore hingga tengah malam, cocok dikunjungi untuk santai sehabis mengunjungi Keraton Yogyakarta dan menikmati suasana malam di kota istimewa.

  • Alamat : Jl. Alun-Alun Utara, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta
  • Operasional : 16.00 – 24.00 WIB
  • Kisaran harga : Rp3.000 – Rp25.000
  • Kontak : 0822-4243-4229

7. Kobessah Kopi

Kobessah Kopi

Satu lagi café 24 jam di Yogyakarta. Kobessah Kopi merupakan tempat nongkrong dan berbagi cerita di Condongcatur, Kabupaten Sleman. Interior café dengan nuansa kayu di dalam bangunan berbentuk rumah joglo yang terasa sangat nyaman.

Kobessah Kopi menyediakan menu yang beragam. Mulai dari makanan berat, kudapan, makanan ringan, hingga kopi dan minuman non-coffee. Pada waktu tertentu, Kobessah Kopi menampilkan live acoustic dimana pengunjung bisa ikut bernyanyi bersama pemain band. Suasananya semakin terasa nyaman dan bersahabat.

  • Alamat : Jl. Ring Road Utara No. 58, Sanggrahan, Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman
  • Operasional : 24 jam
  • Kisaran harga : Rp5.000 – Rp20.000

8. Djeladjah Coffee

Djeladjah Coffee

* sumber: astriacis.wordpress.com

Masih di kawasan Kabupaten Sleman, terdapat sebuah café yang cocok untuk para pejalan. Djeladjah Coffee merupakan salah satu wadah bagi para pecinta traveling di Yogyakarta. Selain itu, café ini juga cocok bagi pecinta buku karena Djeladjah Coffee menyediakan buku-buku novel tentang perjalanan.

Tak perlu ragu bila kamu pergi sendiri ke Djeladjah Coffee karena setiap pengunjung di sini takkan segan mengajakmu mengobrol dan berdikusi tentang perjalanan. Jika datang hanya untuk sekadar membaca buku dan menikmati kopi juga bisa. Uniknya, di sini tidak memasang wifi agar setiap pengunjung bisa asyik mengobrol tanpa sibuk dengan gadget.

  • Alamat : Ngabean Wetan, Sinduharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman
  • Operasional : 16.00 – 24.00 WIB
  • Kisaran harga : Rp5.000 – Rp15.000

9. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

* sumber: sweetrip.id

Jalan-jalan ke Yogyakarta, tak lengkap jika tidak mampir ke Jalan Malioboro. Pada waktu malam hari, Malioboro selalu ramai dikunjungi, terutama pada akhir pekan atau hari libur. Bukan jalan biasa, Malioboro menyediakan beragam kuliner khas Yogyakarta yang berjajar di sepanjang Jalan Malioboro, sampai masuk ke gang di sekitar Malioboro.

Jalan Malioboro bisa ditelusuri mulai dari Stasiun Tugu Yogyakarta, sampai Titik 0 Kilometer Yogyakarta. Malioboro biasanya dijadikan sebagai tempat untuk mencari oleh-oleh bagi traveler yang menghabiskan libur di Yogyakarta. Selain itu, di sini sering diadakan pertunjukan seni khas Yogyakarta yang sangat menarik perhatian wisatawan.

  • Alamat : Jl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta
  • Operasional : 24 jam

10. Bukit Hargo Dumilah

Bukit Hargo Dumilah

* sumber: travelspromo.com

Ingin merasakan makan malam romantis di Yogyakarta? Datanglah ke Bukit Hargo Dumilah yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Meskipun masuk ke wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Bukit Hargo Dumilah cukup mudah diakses dari pusat kota karena letaknya di tepi jalan yang menghubungkan Yogyakarta dengan Wonosari.

Bukit Hargo Dumilah sering disebut juga dengan Bukit Bintang karena di sini pengunjung dapat melihat bintang yang sangat indah. Selain itu, pemandangan city lights Kota Yogyakarta dari Bukit Hargo Dumilah terlihat sangat cantik dan memberi kesan romantis. Bukit Hargo Dumilah merupakan rest area dimana pengunjung juga bisa menikmati santapan yang dijual di sini.

  • Alamat : Srimulyo, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • Operasional : 24 jam
  • Kisaran harga : Mulai dari Rp5.000

Demikian ulasan tentang tempat nongkrong malam hari di Yogyakarta yang seru untuk wisatawan atau mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di kota istimewa. Mulai dari angkringan, café, hingga tempat untuk melihat Yogyakarta dari ketinggian bisa kamu kunjungi. Jadi sudah tahun kan, tempat apa saja yang bisa dikunjungi malam hari di Jogja? Ayo, ke Yogyakarta!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *