10 Tempat Nongkrong di Solo yang Asik dan Juga Seru

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 22 Juli 2020

Berencana berkunjung ke Solo dalam waktu dekat? Pastikan Anda sudah mendapat hotel yang nyaman di Solo. Setelah mendapat hotel, carilah beberapa referensi tempat nongkrong untuk menghabiskan waktu selama Anda berada di kota dengan nama lain Surakarta ini. Ada berbagai tempat nongkrong yang asik untuk dikunjungi saat Anda berada di Solo, lho!

Berikut ini Keluyuran sudah berhasil merangkum daftar tempat nongkrong di Solo yang terbaik untuk berkumpul bersama teman atau pasangan. Yuk, langsung saja cari tahu daftar selengkapnya di sini!

1. Simply Cook Cafe

Simply Cook Cafe

Cafe yang satu ini tidak terlalu besar. Namun, di siang hari Simply Cook Cafe ini banyak dikunjungi oleh tamu yang sebagian besar adalah mahasiswa. Maklum saja, cafe yang terletak di Jalan Mojo ini berada di belakang Universitas Sebelas Maret (UNS).

Menu makanan yang variatif dan murah menjadi keunggulan dari Simply Cook Cafe ini. Anda bisa nongkrong bersama teman sembari menikmati Apple Crumble ala Mode, Spaghetti Arabiata, Cheesy Chicke Bread. Semua menu di cafe ini dijamin lezat dan ramah dengan dompet Anda.

2. Cafe Tiga Tjeret

Cafe Tiga Tjeret Tempat Nongkrong Di Solo

Meskipun bukan tempat baru, tapi tempat nongkrong malam di Solo yang satu ini selalu ramai pengunjung. Adalah Cafe Tiga Tjeret yang letaknya persis di depan Keraton Mangkunegaran. Jika cafe atau tempat nongkrong lainnya banyak menyajikan hidangan Western, Cafe Tiga Tjeret menawarkan makanan tradisional, seperti angkringan yang lengkap dengan sego kucing (nasi kucing).

Pengunjung bisa memilih sendiri lauk yang disukai. Soal harga, makanan yang ditawarkan oleh Tiga Tjeret dijamin memiliki harga yang bersahabat. Anda bisa menikmati makan malam tradisional yang lezat sembari ngobrol bersama sahabat-sahabat Anda. Cafe Tiga Tjeret ada di Jalan Ronggowarsito No. 97, Solo.

3. Eaternity

Eaternity

Sebuah cafe yang berada di Jalan Ir. Soekarno No. 27, Solo ini juga sedang hits dan menjadi salah satu tempat nongkrong anak-anak muda di Solo. Eaternity adalah cafe yang mengusung interior semi-industrial. Tempatnya cukup luas dan didominasi dengan meja-meja kayu.

Dengan penerangan yang temaram, suasana di dalam cafe ini terasa semakin hangat. Di sini, Anda bisa menjumpai hidangan Amerika, Eropa, dan Indonesia dengan harga yang relatif murah. Soal rasa, hidangan yang disajikan di sini cukup lezat dan tidak mengecewakan.

4. Xocolatl

Xocolatl

Saat nongkrong, tidak semua orang memilih makanan berat. Beberapa orang lebih suka nongkrong sembari menyantap kudapan berupa cake atau pastry. Jika Anda termasuk salah satu orang yang hanya ingin memesan dessert saat nongkrong bersama teman, maka Xocolatl adalah pilihan yang tepat.

Mengusung konsep dessert house, Xocolatl adalah sebuah cafe yang romantis yang menyajikan kue-kue dan pastry lezat. Tentu saja cafe ini juga menyediakan aneka minuman yang bisa dinikmati bersama dessert di sini. Cafe dengan desain minimalis modern ini sangat cocok dikunjungi saat malam hari. Xocolatl beralamatkan di Jalan Dr. Radjiman 374, Solo.

5. Kedai Ibu

Kedai Ibu

Mi instant dan roti bakar adalah teman nongkrong yang pas ala masyarakat Indonesia. Namun, untuk menikmati makanan ini Anda tidak perlu harus nongkrong di warung. Ada sebuah tempat nongkrong di Solo yang lebih nyaman untuk menikmati hidangan mi instant dan roti bakar, yakni Kedai Ibu.

Cafe unik yang satu ini menempati rumah kecil bergaya zaman dulu. Menu utama yang disajikan di Kedai Ibu adalah susu segar, roti bakar, dan mi instant. Beberapa makanan rumahan lain juga menjadi menu di tempat ini, seperti Nasi sarden plus telor, Nasi terik daging, atau Nasi tumis sosis bakso. Kedai Ibu memiliki dua cabang, yakni di Jalan Hasanudin No. 57, Mangkubumen dan di Jalan Hasanudin No. 101 Solo.

6. Playground

Playground

Yang satu ini bukan tempat bermain untuk anak-anak, lho. Playground adalah sebuah cafe yang dikelola oleh Tiga Tjeret. Oleh karena itu, jika dilihat sepintas dekorasi di Playground dan Tiga Tjeret memang nampak serupa. Cafe yang asik ini merupakan salah satu tempat nongkrong yang sedang hits di kalangan muda-mudi Solo. Bahkan, ada fasilitas WiFi di dalam cafe ini.

Berbeda dengan Cafe Tiga Tjeret yang menu makanannya didominasi oleh hidangan tradisional, di sini Anda bisa menemukan hidangan internasional yang lebih variatif, seperti Teriyaki with Butter Rice, Beef Burger, dan Roll Sandwich. Playground terletak di Jalan Kenanga 163 Badran, Solo.

7. Makarez Cafe

Makarez Cafe

Bosan dengan tempat nongkrong yang menyajikan menu yang itu-itu saja? Cobalah untuk datang ke Makarez Cafe. Di sini, Anda bisa menemukan hidangan ala timur tengah. Bukan cuma makanannya saja, suasana di cafe ini pun sangat kental dengan nuansa timur tengah.

Makarez Cafe adalah tempat yang Instagram-able. Di sini, Anda bisa memesan menu Shish Touk, Nasi Bukhari, dan makanan khas timur tengah lainnya. Kurang begitu suka dengan makanan timur tengah? Pesan saja menu yang lebih netral, seperti sandwich atau spaghetti. Alamat Makarez Cafe ada di Jalan Untung Suropati No. 76, Solo.

8. O Solo Mio Galleria & Ristorante

O Solo Mio Galleria & Ristorante

Bagi Anda yang menginginkan sebuah tempat nongkrong di Solo yang lebih elegan, O Solo Mio Galleria & Ristorante bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebuah restoran bergaya vintage ini sangat cocok jika Anda ingin sekedar berkumpul bersama teman untuk menghabiskan sabtu malam.

Restoran yang romantis ini juga bisa dijadikan sebagai tempat makan malam bersama pasangan. Hidangan yang disajikan di sini adalah hidangan Italia. O Solo Mio berada di Jalan Sutowijoyo No. 9 Penumping, Laweyan, Solo.

9. Warung Orange

Warung Orange

Sebuah cafe dengan nama Warung Orange ini juga wajib disinggahi ketika Anda sedang berada di Solo. Pasalnya, tempat ini menawarkan suasana homey sehingga membuat kita betah untuk nongkrong bersama teman-teman di sini.

Hidangan yang ditawarkan di Warung Orange berasal dari Italia, Meksiko, sampai dengan Amerika. Warung Orange bertempat di Jalan Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, dan sedang menjadi salah satu tempat hits di media sosial.

10. Wedangan Pendhopo

Wedangan Pendhopo

Wedangan Pendhopo adalah sebuah tempat nongkrong berkonsep rumahan yang selalu ramai pengunjung. Di sini, Anda akan merasakan suasana hangat dan kekeluargaan ala masyarakat Solo. Bahkan, hidangan di Wedangan Pendhopo pun didominasi dengan makanan tradisional khas Solo.

Dinding di penuhi wayang, perabotan, dan foto menjadi ciri khas dari tempat ini. Harga makanan dan minuman di tempat ini juga sangat murah. Ingin merasakan nuansa kehangatan Kota Surakarta? Datang saja ke Wedangan Pendhopo di Jalan Srigading I No. 7, Turisari Mangkubumen, Solo.

11. TeaCo Cafe

TeaCo Cafe

* sumber: blog.traveloka.com

Sebuah cafe dengan konsep rumahan ini merupakan salah satu tempat nongkrong di Solo yang masih terbilang baru. Ya, TeaCo Cafe adalah tempat nongkrong santai yang membuat kita merasa seperti berada di rumah sendiri. Apalagi minuman yang ditawarkan cafe ini benar-benar menenangkan, mulai dari teh hijau sampai teh wortel.

TeaCo Cafe sangat cocok dijadikan tempat nongkrong bersama teman-teman. Terlebih cafe ini juga berada di lokasi yang cukup strategis, yakni di Jalan Sam Ratulangi No. 17, Manahan, Solo. Di sini, Anda bebas memilih tempat di dalam ruangan atau di terasnya.

12. D'Cappello

D'Cappello

* sumber: www.inovasee.com

Tak ada yang lebih menyenangkan ketimbang nongkrong sambil menikmati kue-kue manis yang menggoyang lidah. Di D'Cappello, Anda bisa nongkrong di tempat yang nyaman sambil menikmati kue yang enak-enak, lho. D'Cappello sendiri merupakan toko kue terkenal di Solo. Bahkan, toko ini juga melayani pembuatan cake untuk berbagai acara.

Cafe-nya sendiri didominasi dengan interior serba putih. Jika ingin memesan makanan dan minuman, Anda harus melakukannya di kasir dan membayarnya terlebih dahulu. Selain cake, ternyata D'Cappello juga menyajikan menu pasta. Apabila Anda penasaran dengan kelezatan cake di cafe ini, ajak teman-teman Anda untuk nongkrong di D'Cappello yang beralamatkan di Jalan Honggowongso 30B, Solo.

13. Hookaholic

Hookaholic

Siapa yang suka nongkrong sambil shisha? Jika Anda termasuk salah seorang yang gemar menghisap shisha, datanglah ke Hookaholic, sebuah tempat nongkrong di Solo yang terbukti pernah dikunjungi oleh beberapa selebritis ibu kota.

Tercatat penyanyi dangdut Nassar dan presenter Ivan Gunawan pernah berkunjung ke tempat ini. Bahkan, gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga pernah mampir di sini untuk menikmati jus kurma.

Hookaholic mengusung desain interior timur tengah. Hal tersebut nampak dari dominasi warna kuning dan emas yang terlihat jelas ketika Anda memasuki cafe ini. Jika tidak suka shisha, Anda bisa tetap nongkrong di sini sambil menikmati jus kurma segar seperti Bapak Anies Baswedan. Lokasi Hookaholic ada di Jalan Kenangan 22, Badran, Solo.

14. Wedangan Omah Lawas

Wedangan Omah Lawas

* sumber: www.wisataindonesia.xyz

Nongkrong ternyata tidak hanya sebatas minum kopi saja, lho. Kalau perut sudah lapar mau tidak mau Anda harus mencari makanan untuk mengisi perut. Di Wedangan Omah Lawas Anda tidak perlu berpindah tempat untuk mencari makan ketika sedang nongkrong. Pasalnya, di sini juga menjual aneka makanan yang variatif.

Di Wedangan Omah Lawas terdapat menu angkringan khas Solo yang sangat lengkap. Banyak orang yang kemari untuk menikmati angkringannya yang terkenal lezat. Jadi, kalau mau nongkrong sambil makan, datang saja ke Wedangan Omah Lawas di Jalan Supomo No. 55, Solo.

15. Mommilk

Mommilk

* sumber: allaboutsurakarta.wordpress.com

Dari pada nongkrong sambil minum minuman beralkohol, lebih baik Anda datang ke Mommilk untuk menikmati susu sapi segar yang sehat. Cafe ini menawarkan susu dengan aneka rasa sebagai menu utamanya. Di samping itu, ada juga beberapa menu makanan yang pasti menggugah selera Anda.

Makanan yang bisa dipesan di sini terdiri dari aneka pasta dan steak. Selain mengenyangkan, makanan dan minuman di Mommilk juga bergizi dan sehat. Tempatnya pun didesain dengan modern mengikuti tren anak muda masa kini. Mommilk berlokasi di Jalan Adisucipto, Banjarsari, Manahan, Solo.

Nah, referensi tempat nongkrong di Solo ini sangat variatif, bukan? Keluyuran sudah merekomendasikan tempat nongkrong yang murah, hangat, elegan, sampai dengan yang kekinian. Bila Anda memiliki rekomendasi tempat nongkrong keren lainnya di Solo, tulis rekomendasi Anda di kolom komentar dan jangan lupa sertakan alamat tempat tersebut ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram