5 Tempat Offroad di Bandung yang Bikin Kamu Tertantang

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 18 Januari 2021

Beruntung Bandung mempunyai bentang alam dengan kontur berbukit-bukit dan gugusan gunung yang indah mengelilingi. Alam Bandung yang masih alami ini menyuguhkan medan seksi yang menggiurkan bagi para pencinta olahraga ekstrem seperti offroad. Para pencinta offroad seringkali sengaja datang ke Bandung untuk menjajal medannya. 

Tapi, apakah kamu tau kenapa orang-orang menyukai olahraga ekstrem yang beresiko terjadi kecelakaan ini? Lalu, di mana saja sih tempat di Bandung yang menjadi lokasi offroad terbaik yang sering dituju oleh para penantang.

Tentang Offroad yang Mesti Kamu Ketahui

Tentang Offroad yang Mesti Kamu Ketahui

* sumber: www.cnnindonesia.com

Secara harfiah offroad adalah olahraga otomotif yang memakai kendaraan roda empat. Medan-medan yang dilalui oleh kendaraan roda empat ini adalah medan yang berat seperti jalur sungai, lumpur, pasir, bebatuan dan medan terjal atau curam lainnya. Jenis mobil yang digunakan adalah mobil sejenis jip atau SUV. 

Bagi para offroader, berhasil menaklukan medan berbukit, menerjang lumpur dan sungai, melewati bebatuan besar adalah sebuah kepuasaan yang membahagiakan. Kerap kali mereka sengaja menghindari jalan-jalan yang normal untuk menantang diri sendiri. 

Ketertarikan seseorang terhadap olahraga petualangan ekstrem ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya saja karena menyukai jelajah alam yang masih belum tersentuh, karena tertarik dengan spesifikasi mobil adventure, sampai ingin membuktikan kemampuan diri. 

Manfaat offroad sebetulnya tidak semata-mata sebagai bentuk keberhasilan diri menaklukan medan berbahaya yang jarang dilakukan kebanyakan orang. Ada banyak manfaat yang berimbas kepada orang sekitar yang dapat kita ambil dari olahraga alam ini. 

Melakukan olahraga ekstrem ini dapat meningkatkan solidaritas dan rasa kebersamaan antar sesama anggota di dalam tim. Kondisi medan jalan yang berbahaya memaksa para offroader untuk awas terhadap keselamatan diri dan kelompok. 

Selain itu, medan yang berat pun tak jarang menempatkan para offroader dalam posisi harus mampu berpikir efektif. Ini dapat diuji pada saat terjadi kerusakaan mesin atau kecelakaan yang terjadi di sepanjang perjalanan. 

Manfaat lain yang dapat dirasakan oleh para pencinta olahraga offroad ini adalah terapi yang dapat menyehatkan fisik dan mental. Bukan rahasia lagi jika olahraga ini adalah sebuah olahraga yang dapat meredakan stres dan pikiran yang mumet. 

Orang-orang yang terbiasa bekerja dengan tekanan tinggi melampiaskan kebosanan mereka terhadap rutinitas menjemukan tersebut dengan melakukan olahraga ini. Dan, tentu saja pikiran yang jernih dan bebas dari stress akan berpengaruh pada daya tahan tubuh dan kesehatannya. 

Tempat Offroad di Bandung

Para offroader yang sudah kecanduan olahraga ini seringkali mencari tempat-tempat baru yang memberikan tantangan menarik baginya. Salah satu lokasi offroad yang sering dituju oleh mereka ada di Bandung. Beberapa lokasi mempunyai daya tarik yang sulit ditolak, seperti di tempat-tempat ini.

1. Cipunagara, Subang  

Cipunagara, Subang  

* sumber: www.beepdo.com

  • Alamat: Parung, Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211
  • Jam buka: Senin-Minggu 07.00-17.00 WIB

Lokasi offroad pertama yang bagus berada di Subang, tepatnya di Cipunagara. Wilayah ini merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Subang. Wilayah ini adalah dataran rendah dengan ketinggian 0-100 mdpl. 

Medan offroad yang dipunyai oleh Kabupaten Subang ini beda dari yang lain. Kalau pada umumnya medan offroad berupa tanah berundak-undak berlumpur yang licin dan lengket, lain halnya di Cipunagara. 

Offroad di Cipunagara berupa medan berpasir yang menantang. Sering terjadi pasir-pasir di medan ini membuat ban selip dan berpotensi membuat mobil jatuh tergelincir. Tapi justru itu yang menarik. Berkendara di medan seperti ini butuh skill nyetir yang mumpuni. 

Oh ya, di kawasan ini terdapat perkebunan teh yang indah. Sambil menjelajahi hutan dengan mobil offroad, kamu bisa bersantai menikmati pemandangan kebun teh yang menyejukan mata. 

2. Cikole Lembang

Cikole Lembang

* sumber: travelingyuk.com

  • Alamat: Jl. Tkb Perahu No. 45, RT 4/RW 011, Cikole, Lembang, Bandung, Jawa Barat 40391
  • Perkiraan harga paket: mulai dari Rp250.000/orang
  • Jam buka: Senin-Minggu 08.00-22.00 WIB
  • Telepon: 0812-2445-4581

Jalur offroad di Lembang ini berada di Desa Sukawana Cikole. Jalur ini adalah jalulr legend di Bandung. Sebab konon katanya jalur ini sudah terbentuk sejak masa penjajahan Belanda dulu. Jalan yang dulu masih berupa jalan setapak ini lalu dibuka oleh salah satu komunitas Land Rover Club Bandung. 

Jalur ini mengarah ke perkebunan teh dan menembus hutan pinus yang lebat. Medan di jalur ini terbilang berat dan panjang. Di medan ini para offroader akan bertemu dengan tiga cekungan dalam dengan lumpur dan genangan air. Medannya terjal dan cukup sempit. Perlu hati-hati melintasinya.

Track sepanjang 20 km ini mengelilingi kawasan Gn. Burangrang dan Gn. Tangkuban Perahu. Siap menerobos tantangan medan ini?

3. Hutan Rahong Pangalengan

Hutan Rahong Pangalengan

  • Alamat: Warnasari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378
  • Jam buka: Senin-Minggu 09.00-17.00 WIB
  • Telepon: 0852-2286-8181

Jalur berikutnya adalah Hutan Rahong di Pangalengan. Daerah yang terkenal dengan perkebunan teh yang menghampar luas dan indah ini ternyata menyimpan spot menakjubkan buat para petualang offroad. Kawasan ini pula banyak terdapat objek wisata popular di Bandung Selatan

Medan offroad di jalur hutan Rahong cukup berat. Jalur ini dikelilingi oleh hutan pinus yang lebat dan arena yang digunakan sebagai permainan paintball. Jalur ini pula melintasi kampung Riung Gunung yang punya panorama cantik khas pedesaan. 

Ada gunung-gunung yang menjulang tinggi yang terlihat dari kawasan ini. selain itu, dari sini dapat terlihat pemandangan kebun teh yang luas. Bagi para pecinta offroad, medan ini wajib kamu jajal. Kondisi jalan yang berat dan pemandangan alam yang indah terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja.

4. Upas Hill 

Upas Hill 

* sumber: www.triptrus.com

  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.214, Cihideung, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559
  • Jam buka: Senin-Minggu 08.00-17.00 WIB
  • Telpon: : 0813-2272-0077

Puncak Bukit Upas memiliki ketinggian 1956 mdpl, berhawa sejuk sampai dingin. Daerah ini masih berada di dalam kawasan Taman Wisata Gunung Tangkuban Perahu. Kawasan ini memiliki kontur tanah berbukit dengan sisi miring yang curam. Tak jarang orang merasa ngeri ketika melewatinya. 

Namun, bagi para offroader justru itu yang dicari. Medan kestrem seperti ini lah yang cocok untuk mobil offroad dan memang lokasi ini adalah salah satu favoritnya para offroader Bandung. 

Jalur ini memungkinkan orang melihat matahari terbit yang indah. Kalau kamu berencana menjelajahi kawasan hutan dini hari niscaya kamu dapat menikmat fenomena alam yang indah di sini. 

Meskipun area ini terkenal dengan pemandangannya yang cantik dan mempesona namun, untuk medan di Upas Hill terbilang berat. Kondisi jalannya berbatu dan sangat licin berlumpur. Medan yang banyak menimbulkan kerusakan mesin ini tidak mematahkan keberanian para offroad menaklukan Upas Hill.

Semakin rusak medan, malah semakin bersemangat. Itu yang dirasakan oleh para pecinta olahraga ini. selain mobil-mobil para offroader, di kawasan ini pun sering kali dilintasi oleh motor trail. Para pencinta motor alam ini pun tergoda ingin mencicipi tantangan dari Upas Hill yang berat. 

5. Ciwidey Bandung

Ciwidey Bandung

* sumber: maritimadventure.com

  • Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan No.946, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973
  • Jam buka: Senin-Minggu 08.00-17.00 WIB
  • Telepon: 0813-1358-5847

Daerah di Bandung selatan ini dipilih sebagai tempat offroad yang seru di Bandung. Sama seperti Pangalengan, kawasan Ciwidey punya banyak tempat wisata alam yang indah dan banyak dikunjungi oleh para pelancong. Kebanyakan mereka ingin menikmati liburan di kebun teh yang indah. 

Namun, Ciwidey bukan hanya menarik karena perkebunan teh yang indah bak permadani hijau segar. Kawasan ini menawarkan medan eksotis buat para offroader yang menginginkan medan menantang. Kawasan Ciwidey yang berbatu dan berlumpur ini tak kalah seru dengan kawasan offroad lain. 

Jelajah alam menggunakan mobil offroad memberikan sensasi liburan yang berbeda dan pasti berkesan. Siapa yang mau menolak disuguhi pemandangan indah yang menyejukan mata dari alam Ciwidey? Para offroader akan mendapat pengalaman baru yang unik di tempat ini. 

Itulah kenapa banyak yang menjadikan Ciwidey sebagai referensi tempat offroad di Bandung yang wajib kamu cicip. Sentuhan alam Bandung selatan yang masih asri sayang jika harus dilewati begitu saja. 

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mencoba trek Bandung selatan dan sekitarnya, wajib kamu jelajahi tempat-tempat offroad tadi. Sila tandai kalendermu dan siap-siap untuk bersenang-senang di atas stir mobil perkasamu. Temukan pengalaman indah yang menarik dari tempat tersebut. Selamat berpetualang!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram