10 Tempat Oleh-Oleh di Bali yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berkunjung ke Bali kurang lengkap rasanya jika Anda tidak membeli oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat tercinta. Ada banyak oleh-oleh khas Bali yang layak untuk dibawa pulang dan dijadikan buah tangan. Namun, tidak semua orang tahu mengenai tempat berbelanja oleh-oleh di Bali.

Nah, Keluyuran akan memberi rekomendasi mengenai tempat oleh-oleh di Bali khusus untuk Anda. Tempat belanja oleh-oleh ini biasanya selalu menjadi tujuan bagi para wisatawan yang ingin mencari buah tangan untuk dibawa pulang ke kota asalnya.

1. Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati

Tempat oleh-oleh di Bali yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Ya, Pasar Seni Sukawati adalah tempat wisata belanja oleh-oleh yang paling populer di Bali.

Lokasi pasar ini berada di Gianyar. Jika Anda berkendara dari Bandara Ngurah Rai, maka Anda harus menempuh perjalanan selama 45 menit untuk sampai ke Pasar Seni Sukawati ini. Sebagian besar barang yang dijual di pasar ini adalah pakaian bertema Bali. Bahkan, di sini Anda bisa melakukan tawar-menawar dengan si penjual.

2. Krisna Bali

Krisna Bali tempat oleh-oleh di bali

Jika tidak ingin berbelanja oleh-oleh dalam bentuk pakaian, Anda bisa membawakan cemilan dan makanan ringan khas Bali untuk keluarga dan sahabat. Salah satu pusat oleh-oleh yang menjual berbagai cemilan khas Bali adalah Krisna. Dinamakan Krisna karena memang ada patung Dewa Krisna berukuran cukup besar di depan toko ini.

Jarak antara Krisna dan Bandara Ngurah Rai sangat dekat, karena Anda hanya perlu berkendara selama 5 menit saja. Adapun oleh-oleh khas Bali yang dijual di sini adalah pie susu, dodol kering, aneka keripik, dan masih banyak lagi. Selain makanan ringan dan kue khas Bali, Krisna juga menjual pakaian khas yang juga bisa dijadikan oleh-oleh.

3. Joger

Joger

Di Yogyakarta, ada pusat oleh-oleh yang terkenal dengan kata-kata lucunya, yakni Dagadu. Bali juga memiliki pusat oleh-oleh dengan berbagai kata-kata yang tak kalah jenaka, yakni Joger. Bahkan, tempatnya sendiri diberi nama Pabrik Kata-Kata Joger. Di sini, Anda bisa menemukan oleh-oleh dalam bentuk pakaian, sandal, gantungan kunci, dan masih banyak lagi.

Di Bali, Joger terdapat di Jalan Raya Kuta dan Jalan Raya Bedugul. Harga barang yang dijual di sini juga cukup terjangkau. Jika Anda sedang berpelesir ke Bali, sempatkan diri Anda untuk mampir berbelanja oleh-oleh lucu di Joger.

4. Pasar Guwang

Pasar Guwang

Tak hanya dekat dari Pasar Seni Sukawati, tempat oleh-oleh di Bali ini juga menjual barang-barang serupa dengan Sukowati. Adalah Pasar Guwang yang jaraknya hanya berkisar 500 meter saja dari Pasar Seni Sukowati. Pasar ini memang tidak sepopuler Sukowati, tapi pasar ini jauh lebih tertata rapi dibandingkan Sukowati.

Di Pasar Guwang, Anda bisa membeli pakaian, selendang, atau lukisan khas Bali. Ada pula berbagai macam kerajinan tangan khas Bali yang dijual di sini. Jangan lupa untuk menawar jika Anda membeli oleh-oleh di Pasar Guwang ini, karena biasanya penjual akan memberi harga yang mahal untuk para wisatawan.

5. Pasar Seni Kuta

Pasar Seni Kuta

Membeli oleh-oleh di Pasar Seni Kuta ini tentu lebih mahal dibandingkan Anda berbelanja oleh-oleh di Pasar Seni Sukowati atau Pasar Guwang. Hal tersebut dikarenakan letaknya yang sangat strategis dan banyak dilewati oleh wisatawan.

Di sini, Anda bisa membeli kaos dengan tulisan “I Love Bali” atau yang berlogo merk bir lokal yang sangat terkenal. Tak hanya pakaian, di Pasar Seni Kuta ini juga terdapat berbagai kerajinan seperti patung, ukiran, dan lukisan. Walaupun harganya lebih mahal, tetapi tak ada salahnya jika Anda menawar dengan harga yang lebih murah kala berbelanja di Pasar Seni Kuta ini.

6. Pia Legong

pia legong

Sudah bertahun-tahun Pia Legong dikenal sebagai oleh-oleh khas Bali yang sangat populer. Kemasannya selalu menyertakan gambar penari Bali. Konon, pia ini dibuat tanpa menggunakan mesin, sehingga stok Pia Legong biasanya sangat terbatas.

Pia Legong tersedia dalam 3 varian rasa, yakni keju, coklat, dan kacang hijau. Hampir semua rasa Pia Legong ini sangat lezat. Namun, hati-hati dalam membeli Pia Legong, karena banyak beredar produk pia palsu dengan kemasan serupa. Satu-satunya pusat penjualan Pia Legong hanya di Kitchen House of Pia Legong yang berlokasi di Jalan By Pass Ngurah Rai, Kuta, Bali.

7. Pasar Ubud

Pasar Ubud

Sekilas tampilan Pasar Ubud ini memang serupa dengan Pasar Seni Sukawati, Kuta, maupun Guwang. Namun, hal yang membuat Pasar Ubud nampak lebih spesial dari pasar-pasar seni lainnya yang ada di Bali adalah pasar ini pernah digunakan sebagai lokasi shooting film Holywood berjudul Eat, Pray, Love yang diperankan oleh aktris kawakan Julia Roberts.

Di tempat belanja ini, Anda bisa memperoleh pakaian bertema Bali, pakaian adat khas Bali, barang-barang kerajinan tangan, hingga lukisan. Lokasi Pasar Ubud sendiri terbilang sangat strategis karena berada di depan Puri Agung Saren Ubud.

8. Pasar Badung

Pasar Badung

Sejatinya, Pasar Badung adalah tempat berbelanja untuk keperluan upacara adat di Bali. Akan tetapi, di sini juga menjual berbagai macam pakaian khas Bali, celana atau selendang pantai, dan kuliner khas Bali.

Tak hanya itu saja, Pasar Badung juga menjajakan perabot rumah tangga dan kebutuhan sehari-hari. Jika Anda berbelanja dalam jumlah banyak, biasanya penjual akan memberi diskon spesial untuk Anda. Lokasi Pasar Badung ini terletak di Jalan Gajah Made, Denpasar.

9. Galuh Art Shop

Galuh Art Shop

Ingin mencari batik khas Bali? Anda bisa menuju ke Galuh Art Shop. Lokasi dari Galuh Art Shop ada di Jalan Batubulan, Gianyar. Namun, barang-barang yang paling menonjol di sini tidak hanya batik saja, melainkan patung maupun hasil kerajinan tangan lain yang dihasilkan oleh para pekerja seni yang berasal dari Bali.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa di Galuh Art Shop Anda tidak bisa menawar barang sesuka hati, karena barang-barang di sini sudah dibandrol dengan harga pas.

10. Kampung Nusantara

Kampung Nusantara

* sumber: ifafifah.blogspot.co.id

Sama seperti Krina, Kampung Nusanta adalah tempat oleh-oleh di Bali yang menawarkan berbagai cemilan khas pulau dewata. Tak hanya itu saja, Kampung Nusantara juga menjual berbagai macam barang khas Bali yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Tak cukup sampai di situ, Anda pun bisa membeli lukisan hasil karya pekerja seni Bali di Kampung Nusantara. Soal harga, barang-barang yang dijual di sini masih tergolong ekonomis. Kampung Nusantara berlokasi di Sunset Road, Kuta.

Inilah tempat oleh-oleh di Bali yang bisa Anda kunjungi jika ingin berbelanja cindera mata khas pulau dewata. Saat berkunjung ke Pulau Dewata, sempatkan diri untuk membeli buah tangan untuk keluarga dan sahabat yang ada di kota asal Anda. Pasalnya, oleh-oleh khas Bali ini memang selalu menarik untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *