Cari Buah Tangan di Cirebon? Kunjungi 6 Tempat Oleh-Oleh Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tak afdol rasanya bila tak membeli oleh-oleh saat bervakansi nanti. Hal itu berlaku kala kamu bervakansi ke mana saja, termasuk di Cirebon. Kalau kamu nanti berwisata ke kota Cirebon, jangan hanya ingat menyantap nasi jamblang saja, tapi bawalah beberapa buah tangan khas kota udang tersebut. Dan jika kamu hendak mencari oleh-oleh, maka cobalah mendatangi sejumlah tempat oleh-oleh di sana.

Di artikel kali ini, Keluyuran akan memberi kamu sejumlah rekomendasi tempat oleh-oleh di Cirebon, lho. Yuk, simak dan catat sejumlah tempat untuk membeli buah tangan di Cirebon ini.

6 Tempat Oleh-oleh di Cirebon

1. Toko Daud

Toko Daud

* sumber: www.jdlines.com

Rekomendasi tempat oleh-oleh yang pertama adalah Toko Daud. Tempat oleh-oleh yang ada di Jalan Sukalila No. 4D ini menyajikan pelbagai bentuk oleh-oleh khas Cirebon. Mulai dari makanan hingga pakaian tersedia di sini. Kamu tinggal beli saja mana oleh-oleh yang menurutmu cocok dibawa ke keluarga atau temanmu.

Salah satu oleh-oleh yang bisa kamu beli di sini adalah Tape Ketan Daun Jambu. Ini merupakan salah satu makanan favorit dan khas dari kota Cirebon. Sesuai namanya, makanan khas ini dibuat dengan ketan sebagai bahannya.

Adapun ketan yang dipakai adalah ketan putih. Ketan tersebut nantinya akan diberi ragi dan difermentasi, lalu dibungkus dengan daun jambu. Rasa makanan ini sangat manis dengan sedikit asam. Makanan satu ini tergolong awet, sehingga kamu pun tak perlu takut makanan ini membusuk saat kamu sampai di rumah nanti.

Setiap item oleh-oleh di sini dijual dari harga 5 ribu hingga 40 ribu rupiah saja. Semua oleh-oleh di sini bisa kamu beli secara satuan maupun grosiran. Kalau kamu beli secara grosiran, kamu boleh banget lho minta potongan harga dari mereka.  Datanglah pada pukul 7 pagi hingga 8 malam, bila ingin membeli oleh-oleh di toko ini.

2. Jalan Raya Plered

Jalan Raya Plered

* sumber: jadiberita.com

Ada sebuah jalan di Cirebon yang menyajikan sejumlah buah tangan khas kota tersebut. Jalan yang dimaksud tak lain adalah Jalan Raya Plered. Jalan yang tak jauh dari Jalur Pantura ini sering disambangi wisatawan untuk membeli buah tangan. Bila tidak, biasanya mereka beristirahat atau makan-makan sebentar di sekitaran jalan ini.

Ada beberapa buah tangan yang dibeli, jika kamu berada di jalan ini nanti. Beberapa buah tangan tersebut ialah:

  • Kerupuk Melarat

Mungkin kamu tak asing dengan oleh-oleh satu ini. Kerupuk yang berwarna-warni ini merupakan salah satu makanan khas Cirebon yang diolah dengan cara yang unik, yakni: digoreng dengan memakai pasir. Di Jalan Raya Plered sendiri, penjual kerupuk ini terhitung banyak. Buktinya, hampir di tiap jengkal sudut jalan ini pasti ada yang menjual kerupuk tersebut.

  • Sirop Tjampolay

Kalau yang satu ini merupakan sirop asli kota Cirebon. Sirop yang sudah ada sejak 1936 ini punya cita rasa yang khas. Varian rasanya pun beragam, mulai dari asam jeruk, leci, melon, coffee mocca, hingga rozen roos. Selain dari segi rasa, sirop ini juga punya ciri khas dari segi tampilannya. Tampilan sirop ini didesain dengan konsep vintage, mulai dari tutup botol hingga label yang tertera di botolnya.

3. Pasar Pagi

Pasar Pagi

* sumber: travel.detik.com

Ada satu pasar yang populer di Cirebon yang harus kamu sambangi. Apalagi, kalau kamu hendak membeli oleh-oleh. Pasar yang ada di Jalan Siliwangi, Cirebon ini menjual pelbagai macam makanan dan minuman khas Cirebon. Misalnya: terasi udang, ikan asin, rambak, dan lain sebagainya.

Kabar baiknya, semua makanan dan minuman yang dijual di sana murah-murah harganya. Ini tentu saja cocok untuk kamu yang ingin belanja oleh-oleh dengan budget yang murah. Pasar ini lazimnya buka mulai pukul 7 pagi.

4. Toko Pangestu

Toko Pangestu

* sumber: mydairynote.blogspot.com

Tak jauh dari Toko Daud, ada toko oleh-oleh lainnya yang bisa kamu sambangi. Toko tersebut adalah Toko Pangestu. Sama seperti Toko Daud, toko yang ada sejak 1992 ini juga menjual pelbagai buah tangan khas Cirebon. Di antara semua buah tangan yang ada, beberapa buah tangan ini sebaiknya kamu beli saat di Toko Pangestu nanti:

  • Terasi Udang

Sebagaimana yang diketahui bersama, kalau Cirebon merupakan kota penghasil udang di Jawa Barat dan Indonesia. Di sini, udang biasa diolah menjadi makanan atau bumbu masak. Adapun salah satu contoh di antaranya adalah Terasi Udang.

Sesuai namanya, kalau terasi asli Cirebon ini terbuat dari udang sebagai bahan utamanya. Udang yang dipakai pada terasi satu ini nantinya akan dicampur rebon dan beberapa bahan lainnya, sehingga menjadi Terasi Udang yang khas.

Bentuk terasi ini sangat ekonomis, sehingga mudah dibawa ke mana pun dan bisa dipakai kapan pun. Kalau kamu memasukkan terasi ini ke dalam masakanmu, dijamin deh makananmu bisa makin nikmat dan lezat.

  • Rengginang

Kalau makanan satu ini mungkin sering kamu temukan di pelbagai tempat, khususnya di Jawa Barat. Tapi, kamu harus tahu, kalau rengginang asal Cirebon berbeda dari rengginang dari daerah mana pun di Jawa Barat. Adapun letak perbedaan tersebut terletak pada rasa rengginangnya itu sendiri.

Berbeda dari rengginang pada umumnya, rengginang asli Cirebon punya banyak pilihan rasa. Mulai dari rasa udang hingga keju, bisa kamu rasakan bila kamu menikmati rengginang khas Cirebon.

5. Kampung Batik Trusmi

Kampung Batik Trusmi

* sumber: yulianaaaps.blogspot.com

Selain makanan dan minuman khas Cirebon, kamu juga bisa menjadikan batik khas kota Cirebon sebagai oleh-oleh. Dan bila kamu hendak membeli batik Cirebon, maka Kampung Batik Trusmi adalah tempat yang harus dikunjungi.

Di kampung yang dekat dengan Jalan Raya Plered ini, kamu bisa menemukan batik Cirebon dengan pelbagai macam model. Salah satunya adalah model Mega Mendung yang cukup ikonik dan populer di kalangan pecinta batik.

Harga batik Cirebon di kampung ini bervariasi, mulai dari 20 ribu hingga jutaan rupiah. Tak hanya batik Cirebon saja yang bisa kamu beli di sini. Sejumlah pernak-pernik seperti gelang dan kalung pun bisa kamu temukan di tempat oleh-oleh di Cirebon tersebut.

6. Pasar Kanoman

Pasar Kanoman

* sumber: www.klikhotel.com

Selain Pasar Pagi, ada satu pasar lainnya yang wajib disambangi. Pasar yang dimaksud adalah Pasar Kanoman. Pasar yang ada di Jalan Kanoman ini menyediakan pelbagai oleh-oleh khas Cirebon, mulai dari makanan hingga pakaian.

Walaupun menjual pelbagai buah tangan khas Cirebon, buah tangan yang menjadi idaman di sini justru mangga gincu yang berasal dari Indramayu. Buah mangga ini memang banyak dijual di Pasar Kanoman, baik itu dijual dalam bentuk buah asli maupun dalam bentuk manisan.

Itulah sejumlah rekomendasi tempat oleh-oleh di Cirebon dari Keluyuran. Semoga bisa membantumu saat mencari oleh-oleh di Cirebon ya! Masih bingung mencari buah tangan khas Cirebon? Kunjungi artikel jajanan khas Cirebon ini untuk mencari referensi buah tangan yang tepat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *