Ayo, Cari Buah Tangan di 10 Tempat Oleh-Oleh di Jogja Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sejumlah tempat belanja di Jogja memang menyediakan berbagai barang atau makanan yang bisa dibeli untuk oleh-oleh. Saat berkunjung ke kota pelajar ini, Anda memiliki banyak opsi oleh-oleh untuk dibawa pulang. Jadi, Anda tidak perlu pusing mencari buah tangan untuk diberikan kepada keluarga dan sahabat di kampung halaman saat berkunjung ke Jogja.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi seputar tempat oleh-oleh di Jogja, Keluyuran akan memberikan daftar tempat yang bisa Anda kunjungi untuk membeli buah tangan khas Jogja. Beberapa di antaranya juga menjual oleh-oleh kekinian yang sedang hits, lho.

10 Tempat Oleh-Oleh di Jogja

1. Malioboro

Malioboro Tempat Belanja di Jogja

Landmark Yogyakarta yang satu ini menempati urutan paling atas daftar tempat oleh-oleh di Jogja. Pasar kaki lima yang satu ini memang menjual berbagai barang yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh, baik oleh-oleh untuk wanita, anak-anak, pria, semuanya lengkap mulai dari pakaian, kain batik, souvenir, kerajinan seni hingga makanan.

Boleh dibilang bahwa Malioboro ini adalah pusatnya oleh-oleh khas Jogja yang wajib Anda kunjungi. Pedagang kaki lima di Malioboro ini biasanya memasang harga yang cukup tinggi bagi wisatawan. Oleh karena itu, Anda harus pandai menawar untuk bisa memperoleh barang dengan harga terbaik.

2. Mirota Batik (Hamzah Batik)

Mirota Batik (Hamzah Batik)

Cari batik khas Jogja? Ke Mirota Batik saja! Namun, saat ini Mirota Batik telah berganti nama menjadi Hamzah Batik. Akan tetapi, kualitas batiknya tetap terbaik dan variannya pun sangat beragam. Toko yang satu ini memang tidak pernah sepi pengunjung. Selain batiknya sangat berkualitas, harganya pun terbilang murah.

Tempat ini turut menjual berbagai kerajinan tangan khas Yogyakarta. Uniknya, bukan hanya batik dan kerajinan tangan saja yang dijual di sini, tapi ada juga produk perawatan tubuh tradisional dan minuman jamu. Lokasi Mirota atau Hamzah Batik ini berada di Jalan Margo Mulyo No. 9 (Depan Pasar Beringharjo).

3. Bakpia Pathok 25

resep bakpia pathok

Dari dulu hingga sekarang, bakpia tetap menjadi oleh-oleh khas Jogja yang paling banyak diburu wisatawan. Meskipun sudah banyak kue-kue artis kekinian, tetapi bakpia teta menjadi kue khas Jogja yang selalu di hati. Bakpia Pathok 25 adalah toko yang menjual bakpia yang cukup laris di Jogja.

Di sini, Anda bisa membeli bakpia isi kacang hijau, keju, cokelat, dan rasa lainnya yang cukup beragam. Toko ini membuka beberapa cabang di Yogyakarta, di antaranya ada di Kembang Jaya, Ongko Joyo, Pasar Pathok, dan di depan Bandara Adi Sucipto Yogyakarta.

4. Monggo Shop

Monggo Shop

Yang satu ini adalah tempat oleh-oleh di Jogja bagi pecinta cokelat. Adalah Monggo Shop yang menjual berbagai produk olahan cokelat dalam negeri dengan rasa yang tidak kalah enak dibanding produk cokelat impor. Monggo Shop menjual berbagai bentuk cokelat yang bisa Anda pilih sesuai selera. Bahkan, tempat ini juga menawarkan cokelat praline.

Kemasan cokelatnya pun dibuat dengan desain yang tradisional, sehingga memperjelas bahwa cokelat tersebut berasal dari Yogyakarta. Menurut beberapa pengunjung Monggo Shop, cokelat di sini manisnya pas, dalam arti tidak terlalu manis, dan rasanya pun tidak bikin eneg. Anda dapat berkunjung ke Monggo Shop di outlet Kotagede atau Jalan Tirtodipuran.

5. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

* sumber: www.jejakpiknik.com

Berada tak jauh dari Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo juga merupakan surganya oleh-oleh khas Yogyakarta dengan harga yang sangat miring. Mayoritas pedagang di pasar ini menjual pakaian atau kain batik. Namun, Anda juga bisa menemukan barang lain, seperti sandal, aksesoris, atau souvenir lainnya khas Yogyakarta.

Yang membuat Pasar Beringharjo menjadi tempat oleh-oleh favorit bagi wisatawan adalah harga barangnya yang sangat murah meriah. Apalagi jika kita membeli dalam jumlah banyak maka kita bisa menawar untuk mendapat harga terbaik. Kesimpulannya, Pasar Beringharjo ini sudah seperti ITC Mangga Dua-nya Yogyakarta.

6. Pusat Kerajinan Perak Kotagede

Pusat Kerajinan Perak Kotagede

Kalau menurut Anda oleh-oleh berupa pakaian atau makanan sudah biasa, mungkin Anda bisa membeli oleh-oleh kerajinan perak. Ya, di Kotagede, Yogyakarta, terdapat sentra kerajinan perak yang sudah cukup berkembang. Hasil para pengrajin perak di sini juga sudah diekspor ke berbagai negara.

Di tempat ini, Anda bisa menemukan perhiasan, pajangan, sampai dengan minatur bangunan atau kendaraan yang terbuat dari perak. Untuk harganya sendiri tergolong cukup murah karena tempat ini merupakan sentra kerajinan perak terbesar di Yogyakarta, sehingga Anda bisa mendapatkan kerajinan perak dengan membeli langsung ke pengrajinnya.

7. Gudeg Kaleng Bu Tjitro

Gudeg Kaleng Bu Tjitro

* sumber: santapjogja.com

Salah satu kesulitan bagi wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh berupa gudeg adalah daya tahan dan cara membawanya. Gudeg memang tidak bisa disimpan terlalu lama. Selain itu, kemasannya sendiri tidak praktis untuk dibawa saat menempuh perjalanan jauh.

Akan tetapi, kini Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada Gudeg Kaleng Bu Tjitro yang tahan lama dan kemasannya sangat praktis. Gudeg ini sudah dikemas dalam kemasan kaleng dan bisa bertahan hingga setahun. Jika ingin dimakan, Anda hanya perlu memanaskan gudeg tersebut. Anda bisa berbelanja Gudeg Kaleng Bu Tjitro ini di Jl. Janti No.330, Banguntapan, Bantul.

8. Yangko Pak Prapto

Yangko Pak Prapto Tempat Oleh-Oleh Di Jogja

 

Masih sibuk mencari tempat oleh-oleh di Jogja yang recommended? Keluyuran akan merekomendasikan Yangko Pak Prapto sebagai buah tangan yang bisa Anda bawa untuk keluarga dan sahabat di rumah.

Yangko adalah kue mochi khas Yogyakarta yang dibuat dari tepung ketan. Uniknya, Yangko Pak Prapto ini hadir dengan berbagai varian rasa yang menarik, seperti durian, nangka, cokelat, wijen, dan masih banyak lagi. Lokasi Yangko Pak Prapto No. 82, Giwangan, Umbulharjo.

9. Jogja Scrummy

Jogja Scrummy Toko Kue di Jogja

Kue artis yang satu ini terbilang cukup sukses di Jogja dan berhasil menjadi buah tangan yang diminati wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Jogja Scrummy adalah kue yang dirintis oleh artis Dude Harlino sejak tahun 2016. Kue ini merupakan perpaduan antara puff pastry dan brownies kukus dengan berbagai filling rasa.

Adapun Jogja Scrummy ini memberikan pilihan rasa  keju, cokelat, srikaya, mangga, caramel, dan taro. Sampai saat ini, Jogja Scrummy berhasil membuka 4 outlet di Kaliurang, Malioboro, Katamso, dan Adi Sucipto.

10. Mamahke Jogja

Mamahke Jogja

Satu lagi kue artis yang bisa dipilih menjadi oleh-oleh khas dari Yogyakarta, yakni Mamahke Jogja. Ini adalah kue yang digagas oleh Zaskia Adya Mecca dan suaminya, Hanung Bramantyo. Mamahke Jogja sukses menjadi oleh-oleh kekinian khas Jogja.

Perpaduan antara cake dan puff pastry yang satu ini memang benar-benar enak. Apalagi kue ini hadir dalam varian green tea, tiramisu, red velvet, cokelat, cokelat pisang, dan cokelat keju. Cabang Mamahke Jogja bisa dikunjungi di Jalan Taman KT 1/29, Jogja City Mall Lt. 2, dan Terminal A Bandara Adi Sucipto.

Inilah tempat oleh-oleh di Jogja yang bisa Anda jadikan referensi. Nah, manakah tempat oleh-oleh yang akan Anda kunjungi? Jika Anda memiliki rekomendasi tempat oleh-oleh lainnya, silakan tulis rekomendasi Anda di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *