9 Rekomendasi Tempat Oleh-Oleh di Malang yang Paling Populer

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 2 Juni 2021

Kalau kamu nanti pergi ke Malang, maka janganlah lupa membeli oleh-oleh di sana. Malang sendiri kebetulan punya sejumlah tempat atau pusat oleh-oleh ternama. Di tempat-tempat tersebut, kamu bisa membeli sejumlah oleh-oleh khas Malang, entah itu berupa makanan khas hingga pernak-pernik atau aksesoris. Lalu, apa saja tempat-tempat tersebut? Yuk simak saja list-nya di bawah ini!

1. Pasar Wisata Dewi Sri

Pasar Wisata Dewi Sri

* sumber: oleh-oleh-khas-batu-malang.blogspot.com

Tempat oleh-oleh pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Pasar Wisata Dewi Sri. Di sini, kamu bisa membeli salah satu buah khas Malang, yaitu Apel Malang. Di sini, kamu bisa mendapatkan apel berwarna hijau agak merah tersebut dengan kualitas prima. Harganya pun cukup terjangkau, sehingga kantongmu tidak terkuras jadinya.

Tak cuma Apel Malang, kamu pun bisa membeli sejumlah buah tangan lainnya di sini. Sayur-sayuran dan pelbagai jenis bunga adalah beberapa di antaranya. Tempat oleh-oleh ini berada di wilayah kompleks wisata Kolam Renang Dewi Sri. Tepatnya, di Jalan Brigjend. Abd. Manan Wijaya, Lebaksari, Pujon, Ngabab, Pujon, Malang.

2. Pia Cap Mangkok

Pia Cap Mangkok

* sumber: www.bukalapak.com

Tempat oleh-oleh satu ini adalah salah satu pusat dijualnya pia khas Malang. Makanan ini sekilas mirip bakpia Jogja, terutama dari bentuk fisiknya. Namun, secara tekstur, makanan khas Malang ini punya tekstur kulit luar yang keras.

Pia Cap Mangkok sendiri tergolong legendaris, di mana tempat ini sudah ada sejak 1959 silam. Di sini, kamu bisa memesan pia dalam pelbagai rasa, mulai dari kacang hijau, cokelat, hingga greentea dan durian. Kalau kamu berminat, datanglah langsung ke Ruko Grand Soekarno Hatta No. Kav 16-17, Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Malang.

3. Toko Rimba Raya

Toko Rimba Raya

* sumber: www.tokopedia.com

Tempat oleh-oleh ini merupakan toko yang ada di Peternakan Tawon Rimba Raya. Lokasinya sendiri ada di Jalan DR. Wahidin No. 8, Polaman, Bedali, Lawang, Malang. Di tempat ini, kamu bisa membeli sebuah produk madu unggulan dari Malang, Madu Klanceng. Madu ini merupakan salah satu jenis madu terbaik di Indonesia, bahkan dunia.

Madu satu ini punya khasiat yang banyak bagi tubuh, sehingga kamu tak salah untuk membelinya. Untuk membeli madu ini, kamu harus merogoh kocek agak dalam, yakni sekitar Rp130 ribu hingga Rp150 ribu.

4. Osob Kiwalan Kaos Khas Malang

Osob Kiwalan Kaos Khas Malang

* sumber: travel.tempo.co

Sesuai namanya, tempat ini adalah tempat untuk membeli kaos khas Malang, Osob Kiwalan. Nama Osobkiwalan sendiri berasal dari frasa Boso Walikan yang berarti bahasa terbalik. Penamaan ini terinspirasi dari kebiasaan orang Malang yang sering membolak-balikkan sebuah kata. Misalnya, Malang dibalik menjadi Ngalam, atau Mas dibalik menjadi Sam.

Di tempat ini, kamu bisa mendapatkan pelbagai kaos dengan desain unik dan tentu saja, penuh dengan kosakata terbalik a la orang Malang. Untuk membeli kaos-kaos di sini, kamu datang saja ke JAlan Simpang Tenaga Selatan II No. 12, Purwantoro, Blimbing, Malang.

5. Queen Apple Malang

Queen Apple Malang

* sumber: www.ngopisantai.com

Kalau tempat satu ini merupakan tempat yang menyajikan oleh-oleh dari salah satu chef ternama, Farah Quinn. Ada dua buah tangan yang bisa kamu beli di sini, yakni kue bolu dan strudel. Keduanya memiliki varian rasa yang bisa kamu pilih, mulai dari vanilla hingga kayu manis. Selain itu, keduanya juga sama-sama dibuat dari racikan rahasia khas Farah Quinn.

Salah satu kelebihan dari kue dan strudel di tempat ini adalah pada bagian bawahnya. Jadi, di bagian bawah kue dan strudel di tempat ini, kamu akan menemukan semacam via yang merupakan selai berbahan apel. Tekstur via pada kedua makanan tersebut tergolong tipis, namun cita rasa apelnya tergolong kuat. Penasaran, bukan? Kalau ya, datang saja langsung ke Jalan Kawi Atas No. 23, Gading Kasri, Klojen, Malang.

6. Malang Strudel

Malang Strudel

* sumber: www.idntimes.com

Selain di Queen Apple, Malang Strudel adalah tempat lainnya yang menjual penganan strudel. Adapun strudel sendiri adalah sebuah kue yang berlapis dan di hampir tiap lapisnya berisi aneka buah. Di tempat ini, kamu bisa menemukan strudel dengan isian buah apel khas Malang.

Walaupun begitu, kamu pun bisa menemukan varian rasa lainnya di sini, misalnya pisang, nanas, atau campuran berbagai buah. Tempat oleh-oleh ini punya cukup banyak cabang. Adapun kalau kamu ingin membeli strudel di tempat ini, kamu bisa datang ke salah satu outlet-nya yang ada di Jalan Raya Singosari No. 18, Karangjati, Ardimulyo, Singosari, Malang.

7. Keripik Tempe Burung Swari (Toko Swari)

Keripik Tempe Burung Swari (Toko Swari)

* sumber: www.klikhotel.com

Selain penghasil Apel Malang, Malang juga merupakan salah satu penghasil tempe. Tempe di daerah ini lazim diolah menjadi beberapa makanan. Keripik tempe adalah salah satunya. Dan kalau kamu ingin membeli keripik tempe khas Malang, maka toko Keripik Tempe Burung Swari (Toko Swari) adalah tempat yang recommended untukmu.

Di sini, kamu bisa menjumpai keripik tempe dalam berbagai varian rasa. Mulai dari original hingga rasa pizza, bisa kamu temukan dan beli di sini. Satu bungkus keripik tempe di sini bisa kamu beli seharga Rp5 ribu saja.

Selain keripik tempe, di sini kamu juga bisa membeli berbagai macam keripik buah, seperti keripik nangka, rambutan, hingga keripik kelengkeng. Kalau kamu tertarik, silakan datang ke Ruko Sanan Kavling  D No. 86. Tepatnya, di Jalan Tumenggung Suryo, Puwantoro, Blimbing, Malang.

8. Ledre Pisang Bangka

Ledre Pisang Bangka

* sumber: kuliner.panduanwisata.id

Tempat membeli oleh-oleh di Malang selanjutnya adalah Ledre Pisang Bangka. Di sini, kamu bisa menemukan salah satu makanan khas Malang, ledre. Ledre sendiri merupakan makanan yang mirip dengan crepes, namun dengan tekstur yang lebih kering.

Di tempat ini, kamu bisa menemukan ledre dengan cita rasa pisang di dalamnya. Sekotak ledre di sini bisa kamu beli dengan harga Rp42 ribu saja. Berminat? Datang saja langsung ke Jalan Bangka No. 20-22, Kasin, Klojen, Malang.

9. Kampung Wisata Keramik Diyono

Kampung Wisata Keramik Diyono

* sumber: malang.merdeka.com

Kalau kamu ingin membeli oleh-oleh selain makanan, maka tempat ini layak dikunjungi. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai jenis kerajinan dari keramik. Kerajinan keramik di sini dibuat secara rumahan dan tentu saja dibuat oleh pengrajin dari Malang.

Beberapa kerajinan keramik bisa kamu beli di sini, mulai dari gelas keramik hingga patung keramik. Menariknya, di sini kamu tak hanya sekadar membeli, namun juga bisa melihat proses pembuatan kerajinan yang ada di sini. Kalau kamu tertarik, kamu bisa datang langsung ke Jalan MT. Haryono XIII No. 450, Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Malang.

Itulah beberapa tempat oleh-oleh di Malang yang bisa kamu kunjungi, terutama jika hendak membeli oleh-oleh. Tapi, kalau kamu penasaran dengan tempat wisata yang seru di Malang, bisa cek rekomendasinya di artikel 10 Tempat Wisata Alam di Malang ini. Selamat berlibur!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram