10 Tempat Belanja Oleh-Oleh di Medan Favorit Wisatawan

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Membeli oleh-oleh adalah aktivitas yang jangan sampai kamu lewatkan, apalagi jika kamu hendak melakukannya saat di Medan nanti. Medan sendiri punya beragam oleh-oleh yang sayang untuk tidak dibawa.

Sejumlah oleh-oleh khas Medan sudah bisa ditemukan di sejumlah tempat. Beberapa di antaranya bakal kami rekomendasikan di sini. Jadi, kamu pun tak usah bingung ke mana saja kamu harus membeli oleh-oleh khas Medan. Tanpa perlu menunggu lama lagi, berikut sejumlah rekomendasi tempat belanja oleh-oleh di Medan dari kami.

1. Bolu Meranti

Bolu Meranti

Rekomendasi tempat belanja yang pertama adalah Bolu Meranti. Tempat ini merupakan produsen bolu gulung yang tengah ngehits di Medan. Berbeda dengan tempat lainnya, tempat ini menyajikan bolu gulung dengan cita rasa yang beragam. Original, keju coklat, dan abon ayam adalah tiga di antaranya.

Kalau mau mencoba cita rasa yang unik, kamu bisa mencoba rasa 3-in-1. Cita rasa ini merupakan perpaduan keju, blueberry dan cokelat yang berpadu dalam sekota bolu gulung yang lembut.

Selain menyediakan bolu gulung, Bolu Meranti juga menyediakan sejumlah buah tangan lainnya, misalnya Bolu Pandan, Lapis Prunes, dan juga kopi. Kalau kamu tertarik ke sini, silakan datang ke alamat lengkapnya yang ada di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Kruing No. 2 K, Sekip, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20111.
  • No. Telepon : (061) 4538217.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 07.00-19.00.
  • Harga : Rp. 70 ribu – Rp. 100 ribu (bolu gulung); Rp. 30 ribu – Rp. 480 ribu (buah tangan lainnya).

2. Durian House

durian house medan

Tempat belanja satu ini merupakan salah satu penyedia buah tangan Medan yang ikonik: Pancake Durian. Bagi yang belum tahu, Pancake Durian merupakan pancake yang bentuknya serupa bantal, dan berisi daging buah durian.

Selain Pancake Durian, Durian House juga masih memiliki sejumlah buah tangan lainnya. Misalnya: bolu durian dan dodol durian. Kamu bisa mengunjungi alamat di bawah ini, bila tertarik berbelanja di Durian House:

  • Alamat : Jalan Sekip No. 67 H, Sei Putih Timur I, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20111.
  • No. Telepon : (061) 4153878.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 09.00 – 17,00.
  • Harga : Pancake Durian: Rp. 7.500 (kotak kecil); Rp. 85 ribu (kotak besar). Oleh-oleh lainnya: kurang lebih sekitar Rp. 10 ribu – Rp. 50 ribu.

3. Medan Napoleon

Medan Napoleon 1

Dewasa ini,  toko “kue artis” sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Medan salah satunya. Adapun kue artis di ibu kota Sumatera Utara ini adalah Medan Napoleon. Toko ini merupakan toko milik istri Zaskia Sungkar, Irwansyah.

Di Medan Napoleon, kamu bisa membeli bolu gulung dengan bentuk dan rasa yang tak biasa. Tak seperti bolu gulung lainnya, bolu gulung di toko ini berisi kue pastry yang lezat. Rasanya pun juga tak biasa. Di sini, kamu bisa mendapatkan bolu gulung dengan rasa green tea, banana crazy, dan bahkan red velvet. Apakah kamu tertarik? Sila datang saja ke alamat berikut ini:

  • Alamat : Jalan K.H. Wahid Hasyim No. 46/35, Babura, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20154.
  • No. Telepon : (061) 42008933.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 07.00-22.00.
  • Harga : Rp. 67 ribu – Rp. 77 ribu.

4. Rumah Sate Kerang Rahmat Toha

Rumah Sate Kerang Rahmat Toha

Mau membeli oleh-oleh satai yang tak biasa? Coba saja datang ke tempat satu ini! Di tempat ini, kamu akan mendapatkan satai unik, bukan satai yang diolah dari bahan ayam atau kambing. Di sini, kamu justru bakal mendapatkan sajian satai berbahan dasar kerang. Menarik, bukan?

Walaupun berbahan dasar kerang, satai di sini cita rasanya enak dan tidak berbau amis. Daya tahannya pun cukup baik, sehingga layak untuk dibawa ke kampung halaman nanti. Untuk membeli satai kerang di sini, silakan datang langsung ke alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Sei Batang Hari No. 82, Babura Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20119.
  • Harga : Rp. 500/tusuk.

5. Bika Ambon Zulaikha

Bika Ambon Zulaikha

Bika Ambon merupakan kue tradisional khas Medan. Sudah banyak yang menjual kue ini di sana. Bila kamu berminat membelinya, maka kamu bisa datang ke toko Bika Ambon Zulaikha. Toko ini menyediakan Bika Ambon berkualitas dengan varian rasa beragam.

Di toko ini, kamu bisa menemukan Bika Ambon bercita rasa original, keju, dan bahkan pandan keju. Daya tahan Bika Ambon di sini juga tergolong baik, di mana sekotak kue ini bisa tahan hingga empat hari. Bika Ambon Zulaikha bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Mojopahit No. 70 A-C, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20112.
  • No. Telepon : (061) 4158856.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 06.00-21.00.
  • Harga : Rp. 35 ribu – Rp. 110 ribu.

6. Toko Nusantara

Toko Nusantara

Kalau kamu ingin membeli beragam oleh-oleh dalam satu tempat, maka Toko Nusantara adalah tempat yang tepat. Ada beragam oleh-oleh khas Medan yang bisa kamu beli di sini, mulai dari Teri Medan, Bika Ubi, hingga Jamur Tiram Cokelat.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa membeli Teri Medan di sini. Buah tangan ini amat cocok untuk yang suka gurihnya ikan teri dan pedasnya cabai rawit. Toko Nusantara sendiri sudah banyak cabangnya, baik di Medan maupun di kota-kota lainnya. Adapun toko pusatnya beralamat di sini:

  • Alamat : Jalan Teungku Amir Hamzah No. 17 A, Sei Agul, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20117.
  • Harga : Sekitar Rp. 20 ribu hingga Rp. 50 ribu.

7. Sirup Markisa Medan

Sirup Markisa Medan

Sirup Markisa merupakan salah satu minuman khas Medan. Sirup ini tak hanya cocok untuk dikonsumsi langsung, tapi juga layak dijadikan oleh-oleh. Sirup Markisa Medan adalah toko yang wajib kamu kunjungi, bila kamu hendak membeli minuman khas Medan tersebut.

Di tempat ini, Sirup Markisa dibuat dengan buah markisa asli, serta berkualitas baik. Proses pembuatannya pun tidak mengenakan pemanis buatan sama sekali. Jadi, rasa manisnya pun sangat alami. Silakan datang ke alamat di bawah ini, bila kamu tertarik untuk membeli:

  • Alamat : Jalan Sei Serayu No. 103, Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20122.
  • No. Telepon : 0812-6222-0322.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 09.00-17.00.
  • Harga : kurang lebih sekitar Rp. 35 ribu – Rp. 50 ribu.

8. Awi Coffee – Kopi Sidikalang

Awi Coffe – Kopi Sidikalang

Ada satu minuman lainya yang patut kamu beli, yakni Kopi Sidikalang. Ini adalah kopi kebanggaan masyarakat Medan (dan Sumatera Utara) yang berasal dari Sidikalang.

Kopi Sidikalang memiliki cita rasa yang enak dan unik. Harganya pun juga terjangkau. Sangat cocok buatmu pecinta kopi yang suka kopi enak dan terjangkau harganya. Bila ingin membelinya, silakan datang ke Awi Coffee – Kopi Sidikalang yang beralamat di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Mojopahit No. 75 C, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20111.
  • No. Telepon : (061) 4522806.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 08.30-18.00.
  • Harga : Rp. 230 ribu.

9. Lomang Panas Jaya

Lomang Panas Jaya

Lemang/Lomang merupakan kue tradisional Medan lainnya, selain Bika Ambon. Makanan ini merupakan campuran beras ketan yang dicampur santan, digulung daun pisang, dimasukkan ke ruas bambu, dan dibakar di atas bara api.

Untuk membeli makanan ini dalam kualitas terbaik, kamu wajib datang ke UD Lomang Panas Jaya. Tempat ini merupakan tempat paling recommended dan favorit wisatawan. Selain berkualitas, Lemang di tempat ini juga tahan hingga dua hari, sehingga bisa dibawa sebagai buah tangan. U.D. Lomang Panas Jaya bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Flamboyan Raya No. 5 C, Tanjung Selamat, Kecamatan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara 20135.
  • No. Telepon : 0813-9651-3316.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 07.00-18.00.
  • Harga : Sekitar Rp. 20 ribu – Rp. 30 ribu.

10. Manisan Jambu Aguan

Manisan Jambu Aguan

Di Medan, ada satu manisan unik yang bisa kamu bawa. Manisan Jambu adalah manisan tersebut. Manisan ini dibuat dari bahan dasar berupa jambu biji. Pemakaian jambu biji membuat manisan ini memiliki cita rasa yang renyah, segar, dan tentu saja nikmat.

Bila kamu membawanya dalam bentuk yang utuh, maka manisan ini bisa tahan ingga tiga hari. Tentu sangat layak untuk dijadikan buah tangan. Manisan Jambu bisa kamu temukan di berbagai toko di Medan. Adapun salah satunya yang recommended adalah Manisan Jambu Aguan yang beralamat di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Mojopait No. 37 C, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20112.
  • No. Telepon : 0812-6052-226.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 07.30-20.00.
  • Harga : Sekitar Rp. 20 ribu – Rp. 30 ribu.

Itulah beberapa tempat belanja oleh-oleh di Medan yang bisa kamu kunjungi. Catat semua tempatnya agar kamu bisa membeli semua oleh-oleh khas Medan yang unik ini, ya. Tapi, kalau kamu masih punya rekomendasi lainnya, silakan beri tahu di kolom komentar. Selamat berbelanja!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *