10 Rekomendasi Tempat untuk Membeli Oleh-Oleh di Semarang

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 24 Agustus 2021

Selain tempat wisata di Semarang, mereka juga punya oleh-oleh yang bisa kamu bawa nanti. Untuk membelinya, kamu perlu datang ke sejumlah tempat membeli oleh-oleh di sana. Di artikel ini, Keluyuran akan memberikanmu rekomendasi tempat oleh-oleh yang ada di Semarang. Sejumlah tempat rekomendasi tersebut akan diulas selengkapnya di bawah ini!

1. Kampoeng Semarang

Kampoeng Semarang

* sumber: www.semarangplus.com

Tempat oleh-oleh pertama yang mesti dikunjungi adalah Kampoeng Semarang. Ini adalah pusat perbelanjaan yang menyediakan pelbagai macam oleh-oleh. Mayoritas, oleh-oleh yang disediakan adalah kerajinan tangan asli Semarang yang belum populer.

Tempat ini punya konsep one stop leisure, di mana pengunjung bisa berbelanja beragam oleh-oleh dalam satu waktu. Dengan begitu, kamu pun bisa membeli banyak oleh-oleh khas Semarang sekaligus di tempat satu ini. Kalau ingin membeli oleh-oleh di sini, datang saja langsung ke Jalan Kaligawe Raya Km. 1 No. 96, Tambakrejo, Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah.

2. Wingko Babat Cap Kereta Api

Wingko Babat Cap Kereta Api

* sumber: www.dewirieka.com

Dari namanya, tempat oleh-oleh ini adalah pusat dari salah satu makanan dan buah tangan Semarang, Wingko Babat. Jajanan khas Semarang ini merupakan sebuah kue berbahan dasar kelapa dan tepung beras ketan yang dibakar hingga kecokelatan. Setelah kecokelatan, kue satu ini kemudian dibungkus dengan kertas.

Di tempat ini, wingko babat yang dijual punya banyak varian rasa. Mulai dari durian hingga coklat, bisa kamu temukan di sini. Kalau kamu berminat, silakan datang langsung ke Jalan Cendrawasih No. 14, Tanjungmas, Semarang, Jawa Tengah.

3. Kawasan Simpang Lima Semarang

Kawasan Simpang Lima Semarang

* sumber: news.detik.com

Selain sebagai kawasan wisata, tempat satu ini juga merupakan salah satu pusat buah tangan di Semarang. Tempat ini menyajikan berbagai pusat perbelanjaan, toko, dan emperan kaki lima. Jadi, kamu pun bisa membeli banyak buah tangan Semarang di tempat ini. Tempat satu ini selalu ramai, mulai dari pagi bahkan dini hari. Kalau tertarik, datang saja langsung ke Jalan Simpang Lima, Pleburan, Semarang, Jawa Tengah.

4. Moaci Gemini Pusat

Moaci Gemini Pusat

* sumber: www.agenkuliner.com

Selain wingko babat, Semarang juga punya satu makanan khas lainnya, moaci. Makanan ini sebetulnya punya tekstur mirip moci khas Sukabumi. Bedanya, makanan satu ini memiliki isian berupa kacang halus, dan bagian luarnya ditempeli wijen seperti onde-onde.

Di Moaci Gemini Pusat, moaci yang dihasilkan memiliki ciri khas tersendiri dibanding moaci pada umumnya. Di sini, moacinya berisi kacang tumbuk yang diberi campuran gula atau karamel. Ini membuat moaci di sini rasanya kenyal, gurih, dan manis dalam tiap gigitannya. Datang langsung ke Jalan RA Kartini No. 19, Karangtun, Semarang Timur, Semarang, untuk belanja moaci di tempat satu ini.

5. Batik Semarang 16

Batik Semarang 16

* sumber: agungmumpuni.blogspot.com

Kalau tempat ini adalah salah satu pusat Batik Semarangan di Semarang. Koleksi Batik Semarangan di sini cukup beragam. Mayoritas batik yang di sini adalah batik tulis dan batik cap bermotif Semarangan. Lokasi tempat ini cukup pinggiran, tepatnya di Desa Sumberejo, Meteseh, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.

Walau pinggiran, namun pengunjung tempat ini tak pernah sepi. Bahkan, sejumlah artis, pejabat, dan desainer top Indonesia pun sering sekali datang ke sini. Ini tak lepas dari kualitas batik yang disediakan tempat ini.

Tak hanya membeli Batik Semarangan, di sini kamu juga bisa belajar membatik. Jadi, selain membeli buah tangan, kamu pun bisa memperdalam wawasanmu dalam dunia batik, bila kamu belanja buah tangan di sini.

6. Tahu Pong Gajah Mada Semarang

Tahu Pong Gajah Mada Semarang

* sumber: travel.kompas.com

Semarang punya makanan dan oleh-oleh berbahan tahu. Tahu Pong adalah salah satunya. Kalau ingin menjadikan Tahu Pong oleh-oleh, maka Tahu Pong Gajah Mada Semarang adalah tempat yang harus dikunjungi. Ini adalah tempat oleh-oleh Tahu Pong yang terkenal sekaligus legendaris. Tempat ini sendiri memang sudah ada sejak lama, terutama sejak masih zaman prakemerdekaan.

Tahu Pong sendiri merupakan kudapan tahu yang bagiannya kosong dan tanpa diisi isian apa pun. Di Tahu Pong Gajah Mada Semarang, Tahu Pong disajikan dengan cara khas. Betapa tidak, Tahu Pong di sini dibuat dengan cara menggoreng tahunya tanpa bumbu.

Setelah matang, tahu tersebut disajikan dan dimakan dengan cara dicocol ke bumbu kuah. Bumbu kuah yang dipakai sendiri khas dan dibuat dengan resep rahasia dari tempat ini. Kalau kamu tertarik, datang saja ke Jalan Gajahmada No. 63B, Kembangsai, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah.

7. Batik Jayakarta Semarang

Batik Jayakarta Semarang

* sumber: www.batiksemarang.com

Kalau kamu masih ingin membeli batik, maka tempat ini layak dikunjungi. Di sini, koleksi batiknya lengkap. Tak hanya Batik Semarangan, di sini juga terdapat Batik Solo, Pekalongan, Banyumas, Hingga Sukoharjo. Tempat ini juga berisi beberapa aksesoris dari beberapa daerah di Jawa dan Bali. Kalau ingin belanja di sini, datang ke Jalan Perintis Kemerdekaan No. 172, Srondol Wetan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.

8. Bandeng Presto Jalan Pandanaran

Bandeng Presto Jalan Pandanaran

* sumber: semarangporak.wordpress.com

Bandeng Presto adalah makanan dan buah tangan yang cukup populer. Untuk membelinya, kamu bisa membelinya di Bandeng Presto Pandanaran. Lokasi ini tepatnya ada di Jalan Pandanaran No. 67-69, Randusari, Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah.

Tempat satu ini adalah pembuat Bandeng Presto pertama di Semarang. Tempat ini sudah membuat makanan tersebut sejak 1977 silam. Selain Bandeng Presto, tempat ini juga menjual beberapa olahan bandeng lainnya, misalnya otak-otak bandeng dan juga pepes bandeng.

9. Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok

* sumber: travel.kompas.com

Selain Bandeng Presto, Semarang juga populer akan lumpianya. Kalau ingin beli lumpia asli Semarang yang yahud, datang saja ke Lumpia Gang Lombok yang ada di Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah.

Bisa dibilang kalau tempat ini adalah pusat sekaligus penjual lumpia tertua di Semarang. Konon, tempat ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu, dan masih dijalankan oleh beberapa generasi. Lumpia yang ada di sini teksturnya terlihat besar dengan isian yang padat. Di dalamnya, terdapat rebung, udang, dan juga telur.

Lumpia di sini masih tetap dibuat dengan cara tradisional, ini membuat lumpia di tempat satu ini enak dan memiliki cita rasa yang khas. So, jangan ragu untuk membeli lumpia Semarang di sini.

10. Gedung Dekranasda Semarang

Gedung Dekranasda Semarang

* sumber: hello-pet.com

Kalau ingin membeli oleh-oleh busana di Semarang, tempat ini adalah salah satu yang recommended untukmu. Di sini, beberapa produk busana terbaik dari Semarang dan Jawa Tengah ada di sini. Busana Muslim dan batik adalah beberapa di antaranya.

Ada pula beberapa barang lain yang dijual di sini, mulai dari sepatu, sandal, hingga aksesoris. Berminat? Datang saja ke Jalan Pahlawan, Pleburan, Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah.

Semarang punya oleh-oleh yang bisa kamu beli. Dan bila hendak membelinya, kamu bisa membelinya di sejumlah tempat oleh-oleh yang kami sebutkan di atas. Semoga membantumu menemukan tempat oleh-oleh di Semarang, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram