10 Rekomendasi Tempat Belanja Oleh-Oleh Khas Surabaya

Ditulis oleh Anggie Warsito

Tak lengkap rasanya bila tak membeli oleh-oleh saat berwisata. Hal itu juga berlaku kala kamu berwisata ke Surabaya. Surabaya sendiri punya sejumlah oleh-oleh khas yang bisa dibeli dari sejumlah tempat oleh-oleh di sana.

Kalau kamu mau beli oleh-oleh saat di Surabaya nanti, 10 tempat oleh-oleh di bawah ini sangat layak kamu kunjungi. Yuk, langsung saja simak rekomendasi tempat oleh-oleh khas kota pahlawan dari Keluyuran berikut ini.

1. Toko Oleh-Oleh Panen Raya Surabaya

Toko-Oleh-Oleh-Panen-Raya-Surabaya

Ini adalah salah satu toko oleh-oleh yang ternama di Surabaya. Toko yang berada di Jalan Genteng Besar No. 77 A cocok untukmu yang ingin membeli banyak oleh-oleh khas Surabaya.

Mulai makanan ringan hingga yang berat, semua kamu beli di toko satu ini. Bahkan, di sini juga tersedia oleh-oleh khas daerah lain, seperti Banyuwangi, Madiun, Sidoarjo, dan juga Jogjakarta.

2. Toko Bhek Putra

Toko Bhek Putra

* sumber: wijoseno.wordpress.com

Ini adalah toko oleh-oleh lainnya yang ada di kota Surabaya. Sama seperti toko Panen Raya, toko ini juga menyediakan banyak varian oleh-oleh khas Surabaya. Di antara sejumlah oleh-oleh yang ada, para wisatawan biasanya membeli penganan ringan di sini sebagai buah tangan yang dibawa mereka nanti. Dodol, keripik, ikan asin, bahkan hingga terasi; tersedia di sini dan bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh nanti.

Menariknya, di sini kamu boleh mencoba dulu makanannya, sebelum anti kamu hendak membelinya. Hal ini berlaku bila kamu membeli oleh-oleh asli buatan toko ini. Misalnya: lorjuk goreng, kerupuk udang, dan kerupuk kulit. Bila makanan-makanan tersebut dirasa tidak enak, kamu diperbolehkan untuk mengembalikan atau tidak membeli makanan-makanan itu sama sekali.

Tertarik untuk  ke sini? Datang saja ke Jalan Genteng Besar No. 75, Surabaya!

3. Toko Wisata Rasa

Toko Wisata Rasa

Berbeda dengan dua toko sebelumnya, toko ini punya satu oleh-oleh Surabaya yang menjadi gacoan mereka: Almond Crispy Cheese. Oleh-oleh tersebut merupakan makanan yang hits di Surabaya yang bentuknya tipis, renyah, dan punya perpaduan keju-almond yang lezat.

Toko Wisata Rasa letaknya ada di Jalan Raya Jemursari No. 164, Surabaya. Untuk membeli sekotak Almond Crispy Cheese di sini, kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sedalam 45 ribu rupiah saja. Lumayan terjangkau, bukan?

4. Pasar Turi

Pasar-Turi

Kalau tempat oleh-oleh satu ini dikenal sebagai salah satu pasar terkenal di Surabaya. Pasar yang ada di Jalan Pasar Turi ini dikenal sebagai pasar yang punya barang-barang murah di dalamnya. ini tentu cocok sekali buat kamu yang ingin beli oleh-oleh murah dari kota Surabaya.

Terdapat tiga lantai utama di pasar ini. Akan tetapi, kalau kamu membeli oleh-oleh di sini, sebaiknya kamu menyambangi lantai 1 dan 2 saja. Di lantai pertama, kamu bisa menemukan dan membeli sejumlah makanan serta minuman khas Surabaya.


Sementara itu, kamu bisa menemukan pelbagai jenis produk perkantoran, garmen, dan pakaian, bila kamu menyambangi lantai kedua pasar ini. Lantai ini sangat cocok buat kamu yang ingin membeli oleh-oleh selain makanan di Surabaya.

5. Pasar Genteng Baru Surabaya

Pasar Genteng Baru Surabaya

* sumber: www.foodgrapher.com

Sama seperti Pasar Turi, pasar ini juga merupakan pasar yang terkenal di Surabaya. Dan sama seperti Pasar Turi pula, pasar satu ini juga menyediakan pelbagai oleh-oleh khas Surabaya, utamanya dari segi makanan dan minumannya.

Hanya saja, pasar ini juga menyediakan oleh-oleh khas daerah lain di Jawa Timur, selain dari Surabaya tentunya. Semua oleh-oleh di sini tak hanya bisa dibeli saja, melainkan juga bisa kamu icip atau nikmati langsung di area pasar ini.

6. Sambal Bu Rudy

Sambal Bu Rudy

* sumber: rewinnita.com

Buat pecinta sambal, tempat oleh-oleh ini sangat cocok untuk disambangi. Sambal yang tersaji di sini sangatlah enak serta khas. Tak cuma itu, sambal di sini pun juga punya varian rasa yang bisa kamu pilih; mulai dari sambal bajak hingga sambal udang. Kabar baiknya, kamu bisa mendapatkan sambal-sambal tersebut dengan kocek Rp. 25 ribu saja per botolnya.

Tempat oleh-oleh ini sudah punya banyak cabang di Surabaya. Dan kalau kamu mau ke tempat oleh-oleh ini, maka sebaiknya datang langsung ke toko pusatnya yang ada di Jalan Dharmahusada 140. Selain untuk membeli oleh-oleh, kamu juga bisa bersantap ria di tempat oleh-oleh ini. Apalagi, kalau kamu membelinya langsung ke toko pusatnya. Hal itu sendiri lantaran toko pusat tempat oleh-oleh satu ini punya tempat makan di bagian belakang tokonya.

7. Sirop Mangrove Bogem

Sirop Mangrove Bogem

* sumber: jatimnow.com

Ingin membawa oleh-oleh tak biasa untuk sanak saudara? Yuk, coba datang ke tempat oleh-oleh ini. sesuai namanya, tempat ini menyediakan sirop mangrove sebagai gacoannya. Sirop mangrove yang ada di sini merupakan sirop yang dibuat langsung oleh petani di Rungkut, Surabaya. Adapun daerah Rungkut sendiri merupakan daerah yang terkenal akan hutan bakaunya.

Kamu bisa mendapatkan satu botol sirop mangrove di tempat ini dengan harga 35 ribu rupiah saja. Adapun jika hendak membelinya, silakan datang saja ke Jalan Sonnetaria, Surabaya!

8. Bunarendang

Bunarendang

* sumber: katalogwisata.com

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram