10 Tempat Penukaran Uang (Money Changer) Terbaik di Bandung

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Waduh! Ada urusan mendadak nih ke luar negeri tapi belum sempat tukar uang. Kemana ya? Mungkin masalah tersebut banyak kali ketemu sama kita-kita yang harus berangkat ke luar negeri dalam alasan dinas atau liburan. Tidak jarang hal tukar menukar uang jadi bikin bete karena bingung dimana tempat yang cocok untuk menukar uang dengan harga beli yang oke.

Tidak usah panik sahabat! Kalian sekarang sudah bisa menukar uang juga kok di bank pilihan kalian. Beberapa bank memiliki kriteria nya sendiri ya untuk harga beli ataupun harga jual, pintar-pintar kalian saja untuk memilih bank mana yang oke. Namun tidak jarang juga orang-orang masih menukar uang di tempat penukaran uang resmi yang ada di kota Bandung. Mana saja? Ayo Keluyuran ajak kalian lihat-lihat!

1. Golden Money Changer

Golden Money Changer (Copy)

Saya pribadi kalau kepepet tidak sempat menukar uang di bank, pilihan pertama saya pasti Golden Money Changer. Mereka melayani penukaran uang untuk dan dari seluruh negara di dunia. Lengkap banget deh. Saat masuk, sama seperti di bank pada umumnya, kalian akan diminta untuk mengambil nomor antrian dibantu oleh sekuriti ramah apabila uang yang ditukar lebih dari 10 juta rupiah.

Setelahnya kalian akan dipanggil ke teller untuk menukar uang sesuai dengan mata uang yang akan kalian inginkan. Kalian akan dibantu dijelaskan mengenai harga belinya supaya kalian pun tahu berapa total uang yang akan kalian dapatkan setelah ditukar ke mata uang tertentu. Tenang saja, kalau bingung, petugas akan menjelaskan apa yang kalian tanyakan. Tidak usah takut!

Golden Money Changer sendiri sudah melayani penukaran uang di kota bandung sejak tahun 1985. Melayani seluruh pelanggannya pada hari Senin hingga Jumat pukul 9 pagi sampai jam 4 sore. Sedangkan untuk hari Sabtu, GMC buka dari pukul 9 pagi sampai jam 1 siang. Untuk hari Minggu dan tanggal merah atau hari libur, GMC tidak beroperasi. Jadi pastikan ya kalian menukarnya di jam kerja di hari weekdays.

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 89
  • Jam Operasional: 09:00 WIB – 16:00 WIB
  • No. Telepon: 022-2533333
  • Cabang: Otto Iskandardinata

2. Dolarindo Money Changer

dolarindo (copy)

DMC memiliki nama asli PT Dolarindo Intravalas Primatama yang sudah melayani para pelanggannya dari tahun 1999 silam. Saat ini, DMC telah memiliki 12 outlet yang tersebar di Jakarta dan Bandung.

Bandung sendiri, DMC sudah ada 3 cabang yaitu di , Jl. Ir. H. Juanda No. 81, Jl. Otto Iskandardinata No. 172 dan Jl. Buah Batu No. 197. DMC juga sudah mengantongi izin Bank Indonesia dengan nomor Bo. 5/114/KEP.Dir.PM/2003. Sudah pasti terpercaya bukan?

Sama seperti tempat money changer pada umumnya, DMC sendiri menyediakan layanan lain selain hanya menukar uang. Para pengunjung dapat mengirim uang yang dilakukan dalam bentuk rupiah & valas baik dalam maupun luar negeri. DMC juga memanjakan para customer regular (langganan tetap) untuk bisa bertransaksi ke rumah atau layanan antar. Konfirmasi transaksi by phone? Bisa juga!

  • Alamat: Jl. Setiabudhi No. 42
  • Jam Operasional: 07:00 WIB – 19:00 WIB
  • No. Telepon: 022-20453200
  • Cabang: Otto Iskandardinata, Buah Batu

3. Dolarasia Money Changer

Dolarasia (Copy)

Tempat penukaran uang lain yang ada di Bandung adalah Dolarasia Money Changer, tidak hanya di Bandung, tapi Dolarasia ini membuka outlet nya juga di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Cibubur, Depok, Bogor, Medan dan Bali. Banyak sekali ya? Dolarasia berdiri atas nama PT. Binavalasindo Dolarasia Sejahtera Utama sejak tahun 2011 dan sudah mengantongi izin dari BI dengan No. 14/18/KEP.GBI/DPM/2012.

Saat masuk ke kantor Dolarasia, kalian akan benar-benar dijamu. Mendapatkan kopi dan teh secara gratis. Dibantu dari awal sampai akhir transaksi dan bisa mendapatkan delivery service untuk pelanggan tetap.

Teller secara otomatis akan memberitahu kurs saat itu ketika kalian menukar uang ke mata uang tertentu. Teller juga akan menjelaskan secara rinci bahwa uang yang kalian terima sudah termasuk beban admin dan lain sebagainya.

Untuk area Bandung, Dolarasia melayani di cabang Jl. Otto Iskandardinata No. 174, Jl. RE. Martadinata No. 61, Jl. Cibaduyut Raya N0. 23, Jl. Jendral Hj. Amir Mahmud Cimahi No. 317, Jl. Pasirkaliki No. 239, Jl. Kebon Kawung No. 24, Jl. Ir. H. Juanda No. 91 dan yang terakhir cabang Setiabudhi No. 154. Untuk operasional sendiri, hampir semua Dolarasia yang ada di kota-kota di atas buka 24 jam baik offline maupun online.

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 91
  • Jam Operasional: 07:00 WIB – 22:00 WIB
  • No. Telepon: 022-2517807
  • Cabang: Otto Iskandardinata, RE. Martadinata, Cibaduyut Raya, Jendral Hj. Amir Mahmud Cimahi, Pasirkaliki, Kebon Kawung dan Setiabudhi

4. Smartdeal Money Changer

Smartdeal (Copy)

Smartdeal Money Changer sendiri berada di bawah perusahaan PT. Dinamis Citra Swakarsa yang menyediakan layanan penukaran uang. Pertama kali, layanan penukaran uang ini berada di Jakarta dan kini sudah memiliki cabang di beberapa kota besar lainnya seperti di area Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah sampai Sulawesi, tepatnya di kota Medan.

Smartdeal Money Changer sudah memiliki izin resmi yang diberikan oleh Bank Indonesia dengan Nomor 5/218/KEP.Dir.PM/2003 membuat Smartdeal menjadi salah satu tempat penukaran uang terpercaya di Bandung. Smartdeal juga memberi kemudahan bagi nasabahnya yang ingin bertransaksi secara daring.

  • Alamat: Jl. Jendral Sudirman No. 94, Kebon Jeruk
  • Jam Operasional: 09:00 WIB – 15:30 WIB
  • No. Telepon: 022-2051900
  • Cabang: –

5. Provaluta Mas Money Changer

Provaluta (Copy)

Salah satu tempat penukaran uang terpercaya lainnya di kota Bandung, yaitu Provaluta Mas. Mereka melayani penukaran mata uang asing dari berbagai negara. Provaluta sendiri sudah memiliki izin resmi yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dengan Nomor 5/13/KEP.PBI.Bd/2003. Fasilitas yang diberikan oleh Provaluta juga sudah oke banget

Nasabah yang ingin menukarkan uangnya akan diberitahu mengenai rate penukaran uang secara lengkap, sehingga nasabah tahu berapa total uang yang akan mereka dapatkan setelah melakukan penukaran. Seperti di seluruh tempat penukaran uang lainnya, akan ada biaya Administrasi yang dibebankan kepada nasabah, namun tidak terlalu besar kok.

  • Alamat: Jl. Sukajadi No. 232, Geger Kalong
  • Jam Operasional: 24 jam
  • No. Telepon: 022-2032370
  • Cabang: –

6. PT Tidjara Sakurai Money Changer

Tidjara Sakurai (Copy)

Tempat penukaran uang ini terletak di pusat kota, dekat sekali dengan pecinan. Banyak turis dan warga lokal yang melakukan transaksi penukaran mata uang asing disini. Meski bangunannya bisa dibilang tidak sebesar Golden Money Changer atau tempat penukaran mata uang asing lainnya, kalian tetap dilayani dengan baik dan nyaman kok

Tidjara Sakurai Money Changer sudah mengantongi izin dari Bank Indonesia dengan Nomor 5/5/KEP.PBI.Bd/2003 sehingga kalian bisa melakukan transaksi penukaran mata uang secara aman. Euro? Dollar? Yen? Yuan? Name it and you’ll get it!

  • Alamat: Jl. Lengkong Kecil No. 82C
  • Jam Operasional: 08:30 WIB – 16:30 WIB
  • No. Telepon: 022-4216456
  • Cabang: –

7. Restu Valuta Mas

Restu Valuta Mas (Copy)

Restu Valuta Mas Money Changer melayani penukaran mata uang asing. Layaknya tempat-tempat penukaran mata uang lainnya, Restu Valuta Mas Money Changer akan membantu nasabah mereka sebelum melakukan transaksi dengan memberi tahu rate tukar mata uang dan total uang yang akan nasabah terima.

Rate harga tukar uang di Restu Valuta ini lumayan kompetitif dengan tempat penukaran mata uang asing lainnya loh! Dari beberapa review yang diterima, banyak nasabah Restu Valuta yang puas dan menjadi nasabah tetap untuk melakukan transaksi penukaran mata uang asing. Gimana? Kalian mau jadi salah satu nasabahnya?

  • Alamat: Jl. Cihampelas No. 288A, Cipaganti
  • Jam Operasional: 09:00 WIB – 16:30 WIB
  • No. Telepon: 022-2035151
  • Cabang: –

8. Aria Jaya Lestari Money Changer

Aria Jaya (Copy)

Terletak di Jalan Merdeka, Aria Jaya Lestari Money Changer menjadi salah satu tempat penukaran mata uang asing lainnya yang jadi langganan para nasabah baru maupun nasabah lama. Selain pelayanannya yang oke banget dan teller yang helpful, kalian akan diberikan penjelasan soal segala macam mengenai mata uang yang akan kalian tukar.

Berbekal izin dari Bank Indonesia mengenai KUP VA (Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank) yang sudah dikantongi Aria Jaya Lestari sejak lama dengan No. 13/1/KEP.GBI.Bd/2011 membuat tempat penukaran mata uang asing ini semakin dipercaya sebagai money changer resmi di kota Bandung.

  • Alamat: Jl. Merdeka No. 5, Braga
  • Jam Operasional:  10:00 WIB – 18:00 WIB
  • No. Telepon: 022-4204393
  • Cabang: –

9. DWIPA Mulya Money Changer

Dwipa Mulia (Copy)

Dwipa Mulia Money Changer siap melayani para nasabah mereka untuk transaksi penukaran valuta asing di kota Bandung. Mereka selalu update mangenai nilai tukar mata uang asing terkini sehingga mempermudah transaksi valuta asing untuk keperluan bisnis atau perorangan. Dwipa Mulia melayani hampir semua mata uang dunia.

Dulunya, Dwipa Mulia Money Changer berada di Jl. Lengkong Kecil, namun kini sudah pindah ke Jl. CIbadak dan memiliki kantor cabang lainnya yang berada di Jl. Asia Afrika No. 116. Para nasabah tinggal memilih mana kantor cabang yang paling dekat. Untuk urusan pelayanan dijamin aman kok! Para nasabah akan dijelaskan mengenai transaksi yang dilakukan secara rinci.

  • Alamat: Jl. Cibadak No. 172
  • Jam Operasional: 08:00 WIB – 16:00 WIB
  • No. Telepon: 022-6011775
  • Cabang: Asia Afrika

10. Bank Nasional

Money Changer_National Bank (Copy)

Untuk tempat penukaran uang resmi terakhir yang saya percaya adalah Bank Nasional yang terdapat di seluruh penjuru negeri. Baik Bank Swasta maupun Bank Pemerintah, semua telah menyediakan layanan penukaran mata uang asing dengan harga beli yang kompetitif dari tiap masing-masing bank.

Saran saya, lebih baik ke Bank dimana kalian membuat tabungan, selain akan diprioritaskan, biasanya harga beli menjadi lebih oke. Kalian bisa langsung datang ke bank yang jadi pilihan kalian, atau ketika kalian sudah diburu waktu, kalian bisa mendatangi outlet-outlet bank yang ada di bandara.

Di sana mereka membeli dan menjual mata uang dengan harga yang tidak jauh beda dengan kantor utama atau kantor cabang Bank masing-masing. Untuk urusan terpercaya, ya sudah jangan ditanya lagi karena bank-bank itu sudah terkenal dimana pun bukan?

Seluruh tempat penukaran uang diatas sudah terdaftar di Bank Indonesia (BI) ya, jadi kalian tidak perlu khawatir. 1 hal yang harus kalian perhatikan hanya harga beli saja. Cukup. Sisanya, semua aman kok. Jangan pernah menukar uang di tempat yang tidak resmi ya, soalnya kalian akan mendapatkan potongan yang jauh lebih mahal dari tempat penukaran resmi. Belum lagi fluktuasi mata uang yang naik turun. Salah-salah kalian bisa habis di potongan admin saja.

Oh iya, 1 tips lagi nih untuk kalian yang memang benar-benar lupa menukar uang di Indonesia sebelum berangkat ke luar negeri. Apabila bank kalian sudah bekerja sama dengan bank-bank lainnya di seluruh dunia, kalian bisa kok ambil uang tunai di anjungan tunai mandiri (ATM).

Ingat! Lebih baik sekaligus mengambil jumlah uang yang banyak daripada sedikit-sedikit, soalnya kalian akan kena charge setiap penarikannya. Terakhir yang tarik uang tunai dari Bank Permata di ATM Bank of Bangkok (Thailand), urusan admin atau biaya chargenya sampai Rp 100.000-an

Bagaimana cara mengetahui kalau bank kalian sudah bekerjasama dengan bank lain di seluruh dunia? Gampang! Lihat kartu atm kalian, seluruh kartu berlogo Visa, MasterCard atau Amex bisa sekali untuk dipakai mengambil uang tunai. Simple kan?

Tapi lagi-lagi Keluyuran beri saran, lebih baik menukarkan uang kalian ketika masih ada di Indonesia, selain bisa mendapatkan penjelasan langsung, uang yang kalian terima tidak akan terpotong banyak! Dijamin deh!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *