Mau Prewedding? Kunjungi 10 Tempat Keren di Bogor Ini

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji - Diperbaharui 2 Juni 2021

"Kota hujan" merupakan julukan yang sudah mendarah daging dari salah satu Kota di Jawa Barat. Ya, apa lagi kalau bukan Kota Bogor.

Menjadi Kota dengan julukan "Kota hujan", Kota Bogor ini memiliki intensitas curah hujan yang cukup tinggi sehingga tak heran Kota Bogor disebut-sebut sebagai "Kota hujan". Karena hal tersebut, Kota Bogor menjadi kota yang memiliki suasana sejuk, asri, dan nyaman sehingga banyak masyarakat yang merasa betah tinggal di Kota Bogor.

Bukan hanya itu, Bogor juga memiliki daya tarik wisata yang cukup tinggi karena beberapa tempat wisata yang menyenangkan juga populer, berada di Kota Bogor. Kota Bogor dengan suasananya yang asri, semakin hari semakin maju berkat fasilitas dan perawatan yang dilakukan pihak-pihak terkait agar Kota ini tetap menjadi Kota yang bersih dan indah.

Tak berhenti di tempat wisatanya, Kota Bogor juga memiliki banyak sekali tempat yang indah dan keren untuk dijadikan spot foto termasuk foto prewedding, lho! Penasaran kan apa saja tempat-tempat tersebut? Di bawah ini Keluyuran akan membahasnya khusus untukmu.

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

* sumber: bogorphotos.wordpress.com

Lokasi yang pertama adalah Kebun Raya Bogor. Siapa sih yang tak kenal dengan kebun raya yang satu ini? Memiliki latar sejarah yang begitu kental dengan awal mula terciptanya seni botani di Indonesia, Kebun Raya Bogor hingga kini menjadi Kebun Raya yang banyak dikunjungi wisatawan.

Awalnya Kebun Raya Bogor ini hanyalah sebuah hutan buatan yang bersebelahan dengan Istana Bogor. Kemudian, Thomas Stamford Raffles, yang pada saat itu menempati Istana Bogor berniat memperindah taman sekitar istana dengan skill botaninya.

Hingga saat ini, Kebun Raya Bogor tetap eksis dengan keindahan alam dan botaninya sehingga setiap sudut dari Kebun Raya Bogor selalu terlihat menarik untuk diabadikan.

Karena keindahannya tersebut, Kebun Raya Bogor banyak dipilih para mempelai pengantin untuk dijadikan sebagai lokasi prewedding. Tempat yang paling sering dipakai adalah di area rumput dekat Kolam Teratainya karena memiliki nuansa yang serba hijau menyejukkan mata.

Alamat: Jl. Ir. Haji Djuanda No. 13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

No Telepon: 02518311362

Jam Operasional: Setiap hari pukul 08.00-17.00

Harga: Membayar ijin pemotretan sebesar Rp 650.000

2. Gunung Pancar

Gunung Pancar

* sumber: www.elinawangbridal.com

Selanjutnya ada Gunung Pancar yaitu sebuah bukit yang di dalamnya terdapat hutan pinus yang berjajar menjulang tinggi dan memberi kesan sejuk. Benar saja, udara di sekitar Gunung Pancar sangatlah sejuk dan menyegarkan karena udaranya tak terkontaminasi dengan polusi. Selain sebagai tempat prewedding, Gunung Pancar juga dikenal sebagai tempat camping keluarga favorit yang ada di kawasan Bogor.

Gunung Pancar menjadi lokasi yang cocok kamu gunakan sebagai tempat prewedding bertema alam outdoor dengan background pepohonan yang rindang. Tak usah ragu lagi dengan hasil fotonya karena sudah banyak pasangan yang memilih Gunung pancar sebagai lokasi prewedding-nya dan hasilnya sangatlah memuaskan.

Alamat: Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

No Telepon: 021 3665949

Jam Operasional: Dibuka setiap hari selama 24 jam

Harga: Rp 750.000/hari

3. Curug Bengkok Leuwi Hejo

Curug Bengkok Leuwi Hejo

* sumber: jalanwisata.id

Tempat yang satu ini sangat cocok bagi kamu para pasangan yang senang menjelajah alam dan menantang adrenalin. Ya, lokasi yang satu ini bernama Curug Bengkok Leuwi Hejo yaitu sebuah air terjun dengan air yang berwarna hijau kebiruan lengkap dengan batuannya yang cantik.

Kamu bisa dengan bebas memilih spot terbaik di tempat ini asalkan peduli keselamatan mengingat tempat ini merupakan alam terbuka dengan kontur berbatu yang jika tidak berhati-hati dapat menyebabkan bahaya.

Di tempat ini juga kamu bisa melangsungkan prosesi foto prewedding underwater yang anti mainstream karena airnya yang jernih sehingga akan menghasilkan foto yang bagus dan amazing.

Lokasi: Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor

No Telepon: 0838-1976-6312

Jam Operasional: Buka setiap hari pukul 06.00-17.00

Harga: Membayar retribusi khusus prewedding Rp 10.000

4. Jalanan Kota Bogor

Jalanan Kota Bogor

* sumber: www.radarbogor.id

Bagi kamu pasangan yang ingin melangsungkan kegiatan prewedding namun khawatir akan menguras isi dompet, maka tempat yang satu ini adalah tempat yang sangat cocok untukmu.

Bukan tempat wisata, akan tetapi hanya berupa jalanan di Kota Bogor. Meskipun hanya jalanan biasa, tetapi jalanan di Kota Bogor memiliki ciri khas tersendiri yang unik dan keren di setiap sudutnya.

Akan tetapi ada tantangan tersendiri bagi kamu yang memilih jalanan sebagai lokasi prewedding-mu karena kamu harus pintar-pintar memilih lokasi yang tak banyak dilalui orang agar fotomu semakin bagus. Jalanan yang disarankan untuk kamu jadikan spot foto adalah jalanan di depan istana Bogor atau di Jalan Otista.

Lokasi: Jalan Otista, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam Operasional: bisa dilakukan 24 jam

Harga: Gratis

5. Gedung Kosong Surya Kencana

Gedung Kosong Surya Kencana

* sumber: www.vikaoctavia.com

Jika kamu menginginkan konsep foto prewedding bertema vintage atau klasik, tempat yang satu ini patut kamu lirik untuk dijadikan spot foto prewedding. Akrab dipanggil Gedung Kosong Surya Kencana, Gedung ini memang kosong alias tak berpenghuni. Jika kamu berkenan, ada kabar gembira untukmu karena tempat ini tidak dikenakan biaya khusus sehingga sangat ekonomis.

Di dalamnya kamu bisa dengan bebas mengeksplorasi beberapa titik tempat untuk dijadikan background fotomu dengan gaya bangunannya yang khas zaman kolonial. Dijamin hasil fotomu dengan gaya vintage-nya akan keren dan elegan.

Alamat: Jalan Surya Kencana, Babakan Pasar, Bogor, Jawa Barat

Harga: Gratis

6. Danau Dora

Danau Dora

* sumber: fahmipauzi.blogspot.com

Bogor tak melulu tentang gedung-gedungnya saja, masih berada di pusat kota, ternyata Bogor punya Danau yang indah dan tak kalah menarik untuk dijadikan tempat prewedding bersama pasanganmu. Bernama Danau Dora, Danau ini terletak tak jauh dari kantor pemerintah daerah atau pemda. Tempat ini biasanya ramai dikunjungi untuk sekedar berolahraga atau jogging pagi.

Meski terletak di pusat kota, Danau Dora ini memberi kesan natural dan sejuk sehingga banyak pasangan mempelai yang menjadikan danau ini sebagai lokasi prewedding dengan tema alam terbuka.

Alamat: Kawasan Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia, Jalan Raya Bogor Km.46, Cibinong, Bogor, Jawa Barat

Jam Operasional: Setiap hari pukul 08.00-17.00

Harga: Gratis

7. Gunung Bunder

Gunung Bunder

* sumber: saka-fotowork.blogspot.com

Jika Gunung Pancar dinilai terlalu banyak pengunjung sehingga membuat proses pengambilan foto prewedding-mu tidak leluasa, maka tak usah risau karena masih ada alternatif lain yaitu Gunung Bunder.

Masih serupa dengan Gunung Pancar, Gunung Bunder ini ditumbuhi banyak pohon pinus di dalamnya sehingga memiliki suasana alam yang sejuk dan tenteram. Di dalamnya juga terdapat sebuah curug atau air terjun yang menambah keasrian tempat ini. Tidak ada tarif khusus untuk prewedding di tempat ini hanya saja kamu akan dikenakan tiket masuk per orangnya.

Alamat: Kecamatan Pamijahan, Kota Bogor, Jawa Barat

No Telepon: 0266621256

Jam Operasional: Setiap hari pukul 07.00-17.00

Harga: Rp 10.000/orang

8. Situ Gede Cifor

Situ Gede Cifor

* sumber: piknikasik.com

Yang satu ini merupakan situ atau danau yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan terutama saat weekend atau long holiday untuk sekedar bersantai atau makan-makan bersama. Bernama Situ Gede Cifor, Danau yang satu ini memiliki suasana yang sangat sejuk karena di sekeliling danau dipenuhi pepohonan rindang yang membuat tempat ini menjadi teduh.

Selain cocok untuk berwisata, danau ini juga cocok digunakan sebagai lokasi foto prewedding, lho. Kamu bisa menyesuaikan tema prewedding-mu dengan Situ Gede Cifor yang merupakan alam terbuka ini. Di Situ Gede Cifor juga menawarkan fasilitas perahu bebek yang bisa kamu sewa sebagai properti.

Alamat: Jalan Cifor, Situgede, Bubulak, Kota Bogor, Jawa Barat

No Telepon: 0251 8328827

Jam Operasional: Buka setiap hari 24 jam

Harga: Gratis

9. Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

* sumber: permanarikie.blogspot.com

Jika kamu menginginkan konsep foto prewedding unik dengan nuansa khas Bali namun tetap ingin mendapatkannya secara ekonomis, maka tak usah khawatir karena kamu bisa mendapatkannya tanpa harus pergi ke Bali.

Di Bogor terdapat sebuah pura bernama Pura Parahyangan Agung Jagatkarta yang menawarkan panorama alam yang indah menyerupai desa-desa di Bali sehingga cocok kamu gunakan sebagai lokasi prewedding-mu! Di Pura Parahyangan Agung Jagatkarta, kamu akan dimanjakan dengan view khas Balinya dan hasil fotomu akan terjamin keren menyerupai view Bali sebagaimana aslinya.

Alamat: Desa Warung Loa, Ciapus, Kota Bogor, Jawa Barat

No Telepon: 081385261700

Jam Operasional: Setiap hari pukul 11.00-15.00

Harga: Gratis namun hanya diperkenankan saat jam kunjungan saja

10. Perkebunan Teh Gunung Mas

Perkebunan Teh Gunung Mas

* sumber: reqomen.wordpress.com

Tempat prewedding di Bogor yang terakhir dan sangat worth adalah Perkebunan Teh Gunung Mas. Di tempat ini kamu bisa berfoto dengan tema alam berlatar hamparan perkebunan teh yang hijau dan menyegarkan.

Selain itu, di Perkebunan Teh Gunung Mas juga menawarkan fasilitas menarik seperti berkuda dan ATV yang dapat kamu sewa sebagai properti. Wah, menyenangkan, ya sepertinya melakukan foto prewedding di kebun teh dengan udara sejuknya sambil berkuda atau bermain ATV yang menantang adrenalin bersama pasangan! Tertarik mencobanya?

Alamat: Jalan Raya Puncak Km.87, Cisarua, Kota Bogor, Jawa Barat

No Telepon: 02518250356

Jam Operasional: Buka setiap hari pukul 06.00-18.00

Harga: Hanya membayar tiket masuk Rp 15.000/orang

Itu dia beberapa tempat indah dan menarik di Kota Bogor sehingga cocok dijadikan sebagai lokasi pengambilan foto prewedding-mu bersama pasangan. Dijamin deh tempat-tempat tersebut sangatlah worth dan tak akan membuatmu menyesal karena telah banyak pasangan yang melakukan pemotretan prewedding di tempat tersebut.

Selain di tempat-tempat yang telah disebutkan di atas, Anda juga dapat mencoba melakukan prewedding di kafe-kafe unik di puncak Bogor yang tentunya juga tidak kalah menarik, baik dari segi desain interior, maupun eksteriornya.

Semoga informasi mengenai tempat prewedding di Bogor sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi kamu yang tengah kebingungan mencari tempat yang cocok untuk dijadikan lokasi prewedding-mu bersama pasangan di sekitar Kota Bogor. Singgah juga di artikel tempat hunting foto di Bogor ini untuk menambah referensimu.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram