keluyuran web banner

10 Tempat Prewedding di Jogja yang Paling Romantis

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji - Diperbaharui 15 April 2019

Jogja atau Yogyakarta merupakan salah satu Daerah Istimewa di Indonesia yang menawarkan berjuta keindahan alam di dalamnya. Kota yang dikenal dengan julukan “kota pelajar” ini menjadi salah satu kota yang diburu oleh para wisatawan lokal maupun asing berkat suasananya yang nyaman dan asri sehingga membuat betah para wisatawan untuk tetap tinggal.

Kota Jogja menawarkan berbagai jenis wisata kuliner khasnya yang dapat memanjakan lidahmu berkat rasa khasnya yang sangat lezat, dimulai dari bakpia hingga gudegnya yang super enak. Bukan hanya wisata kuliner, Jogja juga terkenal karena keindahan alam di dalamnya yang sangat indah dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Tempat-tempat tersebut tentunya menjadi tempat yang menarik dikunjungi karena keindahannya yang sangat instagramable untuk diabadikan. Bukan hanya cocok diabadikan sebagai postingan instagram saja, bahkan, tempat-tempat tersebut sangat cocok dijadikan sebagai lokasi prewedding bagi kamu yang hendak melangsungkan pernikahan.

Kira-kira, dimana saja, sih, tempat unik dan romantis di Jogja yang cocok dijadikan sebagai tempat prewedding bersama pasangan? Simak pemaparannya di bawah, ya!

1. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

Belum lengkap rasanya kalau pergi ke Jogja tanpa mengunjungi jalanan yang sangat terkenal di Jogja yaitu Jalan Malioboro. Jalan Malioboro terletak di Suryatmajan, Danurejan, kota Yogyakarta. Jalanan ini membentang dari tugu Yogyakarta hingga kantor pos Yogyakarta dengan pemandangan klasik dan unik.

Bukan sembarang jalanan biasa, Malioboro ini menjadi jalan yang sangat populer karena di sepanjang jalan ini, para wisatawan bisa melakukan wisata kuliner khas kota Jogja. Bukan hanya itu, Malioboro dengan suasana klasiknya menjadikan tempat ini menarik dan cocok digunakan sebagai lokasi prewedding.

Tak hanya indah dan menarik, akses menuju lokasi ini juga sangatlah mudah karena terletak di jantung kota Jogja sehingga mudah untuk ditemukan. Tak hanya itu, bahkan untuk melakukan proses pengambilan foto prewedding di sini tidak dikenakan tarif alias gratis. Sangat ekonomis, bukan?

2. Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko

* sumber: ssfotostudio.com

Tempat yang satu ini berlokasi di Jl. Raya Piyungan-Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dikenal sebagai tempat wisata sejarah, di sana kamu bisa menemukan berbagai peninggalan arkeologi yang sangat menakjubkan, seperti gapura, tempat pembakaran, serta pemandian.

Bukan hanya berfungsi sebagai tempat berwisata sejarah, keunikan arsitekturnya banyak sekali menarik perhatian orang untuk menjadikan tempat ini sebagai lokasi prewedding. Kamu bisa melakukan foto prewedding dengan Istana Ratu Boko ini sebagai latarnya yang akan menjadikan hasil foto preweddingmu semakin aesthetic.

3. Gumuk Pasir

Gumuk Pasir

Bermain atau hanya sekedar jalan-jalan di Gumuk Pasir memang sebuah kegiatan yang asyik, terlebih jika hal tersebut kamu lakukan di Gumuk Pasir yang menyajikan keindahan alam luar biasa. Gumuk pasir sendiri merupakan lautan pasir yang sangat luas sehingga menyerupai gurun pasir yang ada di timur tengah sana.

Gumuk Pasir yang satu ini terletak di Jl. Gumuk Pasir, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Yogyakarta. Banyak digunakan sebagai tempat bermain oleh masyarakat setempat, Gumuk Pasir dengan segala keindahannya ini juga cocok digunakan sebagai lokasi preweddingmu bersama pasangan.

Bukan hanya indah, bahkan tempat yang satu ini sangat ekonomis jika dijadikan lokasi foto prewedding. Mengapa? Karena di tempat ini kamu tak perlu membayar sewa atau bisa digunakan secara gratis, lho.

4. Taman Sari

Taman Sari

* sumber: freshsolo.wordpress.com

Taman Sari adalah salah satu tempat wisata terkenal di Jogja. Tempat yang satu ini merupakan bangunan kuno yang berdiri di kawasan Keraton, tepatnya di Jl. Tamanan, Patehan, Kraton, Yogyakarta yang memiliki arsitektur kuno namun keindahan tempat ini masih sangat terjaga.

Taman Sari memiliki bangunan khas yang setiap sudutnya cocok dijadikan latar foto preweddingmu terutama di area kolam dan tangga-tangga yang tersusun rapi di sana. Untuk bisa berfoto prewedding di sini, kamu dikenakan biaya yang cukup murah yaitu sebesar Rp250 ribu saja. Pasti terbayar, kok, dengan keindahan yang diberikan.

5. Tempat Wisata Kalibiru

Tempat Wisata Kalibiru

Yogyakarta memang tak pernah ada habisnya memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung dengan keindahan wisata alamnya yang sangat menakjubkan. Salah satunya yaitu tempat wisata Kalibiru yang terletak di Jl. Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Di tempat ini kamu bisa dimanjakan dengan keindahan alamnya yang begitu memukau dilihat dari ketinggian. Fasilitas yang disediakan di tempat ini juga cukup lengkap, seperti balkon di atas ketinggian dengan view waduk sermo yang indah. Karena keindahannya yang sangat memukau, Kalibiru ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasi foto preweddingmu.

Jika ingin mendapatkan poin lebih, maka disarankan untuk datang di pagi hari karena biasanya Kalibiru diselimuti kabut yang akan memperindah hasil foto preweddingmu.

6. Lava Tour Merapi

10 Tempat Prewedding di Jogja yang Paling Romantis 1

* sumber: sptjogja.wordpress.com

Jika kamu menginginkan konsep foto prewedding yang unik dan anti mainstream, maka melakukan foto prewedding di Lava Tour Merapi ini cocok menjadi pilihan lokasi berfoto prewedding. Lava Tour Merapi ini terletak di Ngipiksari, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Untuk berfoto prewedding di sini disarankan untuk menggunakan jeep yang dapat kamu sewa dengan harga yang bervariatif, dimulai dari Rp350 ribu saja. Bukan hanya jeep, bahkan kuda juga bisa menjadi pelengkap suasana berfoto di tempat gersang tersebut. Dijamin deh foto preweddingmu akan keren dan anti mainstream.

7. Goa Jomblang

Goa Jomblang

Konsep foto prewedding yang menantang adrenalin tetapi tidak meninggalkan kesan romantis, bisa kamu dapatkan di lokasi yang satu ini. Bernama Goa Jomblang, Goa ini terletak di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa ini memiliki batuan yang cukup terjal, akan tetapi memiliki keindahan alam yang sangat memukau.

Di goa ini terdapat celah tempat sinar matahari masuk yang bisa kamu manfaatkan sebagai sumber pencahayaan dalam fotomu. Hasil foto prewedding di tempat ini, pasti unik dan sangat keren berkat keindahan goanya yang luar biasa.

8. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan

Hutan pinus memang selalu memiliki daya tarik sendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung, entah itu hanya sekedar berwisata atau bahkan melakukan proses pengambilan foto prewedding. Semua kegiatan tersebut tak heran dilakukan di Hutan Pinus karena Hutan Pinus memiliki keindahan alam yang unik dan khas.

Seperti halnya hutan pinus yang satu ini, bernama Hutan Pinus Mangunan yang terletak di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Hutan Pinus Mangunan ini memiliki suasana asri dan hijau sehingga cocok dijadikan lokasi prewedding dengan konsep alam dan telah dibuktikan dengan banyaknya pasangan yang melakukan foto prewedding di sini.

9. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

* sumber: www.deviantart.com

Jogja adalah salah satu kota bersejarah bagi bangsa Indonesia yang meninggalkan banyak sekali peninggalan sejarah di dalamnya. Salah satu peninggalan sejarah di Jogja adalah Benteng Vredeburg. Hingga saat ini, benteng tersebut masih ada dan dilestarikan serta dibuka untuk umum sebagai tempat wisata.

Memiliki suasana kolonial yang kuno namun menarik, tempat yang terletak di Jl. Margo Mulyo No.6, Ngusapan, Gondomanan, Yogyakarta ini sangat cocok dimanfaatkan sebagai lokasi foto prewedding bergaya klasik apalagi ditambah dengan berbagai properti zaman dulu, seperti sepeda ontel, dan lain sebagainya.

10. Landasan Pacu Aeromodeling Pantai Depok

10 Tempat Prewedding di Jogja yang Paling Romantis 2

* sumber: girlinthecabinet.blogspot.com

Tempat foto prewedding di Jogja yang terakhir merupakan sebuah landasan pacu pesawat yang terkenal di Jogja. Ya, Landasan Pacu Aeromodeling namanya. Tempat yang beralamatkan di Jl. Pantai Depok, Pantai Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Yogyakarta ini sepintas tak ada yang aneh.

Akan tetapi, landasan pacu ini memiliki keunikan tersendiri sehingga sangat keren jika dijadikan sebagai latar preweddingmu. Kamu bisa berdiri bersama pasangan di sebuah jalanan panjang tanpa ada kendaraan. Dihiasi rerumputan hijau yang tumbuh di sepanjang jalannya memberikan kesan romantis pada preweddingmu.

Itu dia beberapa tempat yang unik, romantis, serta menarik dan cocok digunakan sebagai tempat prewedding di kota pelajar, Yogyakarta. Bagi kamu yang hendak melakukan pemotretan prewedding di kota Jogja, jangan lupa catat beberapa tempat menarik di atas untuk dijadikan list pilihan tempatnya yang pastinya sangat keren-keren. Tapi, kalau kamu masih punya ide tempat lain untuk prewedding di Jogja bisa tuliskan di kolom komentar, ya.

Nah, setelah kamu merampungkan foto prewedding, pasti Anda juga ingin berbulan madu, bukan? Kamu tidak perlu jauh-jauh untuk melakukan honeymoonkarena ada 10 Tempat Honeymoon di Jogja yang bikin kamu dan pasangan makin mesra!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram