keluyuran web banner

10 Tempat Romantis di Jakarta untuk Berakhir Pekan

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Setelah mengunjungi beberapa restoran romantis yang ada di Jakarta, mungkin Anda dan pasangan menginginkan sesuatu hal yang berbeda, seperti jalan-jalan di tempat yang romantis. Apakah Anda harus merencanakan liburan ke Bali atau Lombok? Boleh saja jika Anda memiliki budget lebih.

Namun, jika ingin lebih hemat, Anda dan si dia tidak perlu ke luar kota lagi karena terdapat banyak tempat romantis di Jakarta. Penasaran apa saja tempat yang bisa Anda kunjungi tersebut? Berikut daftar tempat wisata romantis di Jakarta dan sekitarnya versi Keluyuran.

10 Tempat Romantis di Jakarta untuk Berakhir Pekan

1. Ancol

tempat romantis di jakarta ancol

Ancol merupakan tempat wisata yang menyediakan paket hiburan lengkap. Pagi hari, Anda dan si dia bisa bermain dengan wahana-wahana yang seru dan mengagumkan di Dunia Fantasi. Setelah puas bermain, Anda bisa mengunjungi Seaworld untuk melihat ikan-ikan laut yang cantik.

Usai menjelajah dunia laut, ajak si dia untuk melihat atraksi menarik di Ocean Dream Samudra. Sore hari, nikmati sunset dengan pasangan di sekitar Pantai Ancol sambil ditemani dengan kelapa muda yang menyegarkan.

Menutup acara jalan-jalan romantis ini, Anda dan si dia bisa menghabiskan malam dengan melihat keindahan lampu-lampu cantik di Ocean EcoPark. Tak cukup satu hari untuk menjelajahi kawasan Ancol secara puas. Mungkin Anda bisa mengajak pasangan untuk berjalan-jalan romantis lagi di tempat wisata malam di Jakarta ini pada lain waktu.

2. Kota Tua Jakarta

kota tua jakarta

Bangunan kolonial peninggalan Belanda ini tentu akan membuat acara jalan-jalan bersama pasangan jadi semakin romantis. Tak hanya mengagumi keindahan bangunan tempo dulu, Anda dan pasangan bisa bersepeda atau berfoto dengan latar belakang kota tua.

Puas mengabadikan momen, Anda bisa mengajak si dia untuk masuk ke museum yang berada di kawasan kota tua, seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Seni Rupa & Keramik, Museum Bank Indonesia, dan Museum Bank Mandiri.

Pada sore dan malam hari, kawasan kota tua ini semakin ramai pengunjung. Bahkan, ada juga pasar malam dadakan yang menjajakan berbagai macam barang disini. Kunjungan ke tempat santai di Jakarta ini akan membuat Anda dan pasangan menikmati quality time sembari mengenal sejarah Indonesia.

3. Jet Ski Cafe

Jet Ski Cafe

Sebuah cafe juga bisa menjadi tempat yang romantis untuk dinikmati bersama pasangan. Namun, ini bukan sembarang cafe, karena Jet Ski Cafe memiliki desain yang membuat Anda serasa seperti berada di atas dek kapal pesiar. Tempat nongkrong romantis ini bersebelahan langsung dengan laut. Jadi, Anda bisa membayangkan bagaimana romantisnya suasana sore atau malam hari di Jet Ski Cafe ini, bukan?

Pengunjung cafe ini rata-rata adalah pasangan yang mendambakan suasana romantis di tengah hiruk pikuk Kota Jakarta. Jika ingin merasakan suasana dinner romantis di sebelah laut, silakan datang ke Jet Ski Cafe di Jalan Pantai Mutiara R No. 57, Penjaringan, Jakarta Utara.

4. Planetarium

Planetarium

Bukankah Planetarium adalah tempat untuk belajar tata surya bagi anak-anak? Sejatinya, Planetarium adalah tempat yang bisa dikunjungi oleh berbagai macam orang dari segala usia. Jika Anda ingin mengajak pasangan untuk berkunjung ke tempat romantis di Jakarta yang berbeda dari yang lain, ajak saja pasangan ke Planetarium.

Di sini, biasanya diputar film yang menayangkan keindahan bintang-bintang dan benda langit lainnya. Karena di Jakarta sudah semakin susah menemukan tempat untuk melihat bintang dengan sangat jelas, maka Anda bisa mengajak pasangan untuk bersama-sama memandang bintang yang tak kalah indahnya di Planetarium ini. Harga tiket masuknya pun cukup murah dan tidak akan menguras isi dompet Anda.

5. GAIA by Oso Ristorante

GAIA by Oso Ristorante

Ingin melamar pasangan di tempat yang romantis? Datang saja ke GAIA by Oso Ristorante. Ini adalah salah satu restoran mewah bernuansa romantis yang ada di Kota Jakarta. Restoran yang satu ini menawarkan view Kota Jakarta dari lantai 46. Untuk membuat suasana menjadi semakin romantis, Anda dapat menyewa jasa table decoration untuk membuat meja Anda dan pasangan terlihat lebih manis dibanding meja-meja lainnya.

Setelah menyantap menu fine dining yang disajikan di sini, Anda bisa langsung melamar pasangan Anda. Suasana di GAIA by Oso Ristorante ini memang sangat private dan romantis. Restoran ini berada di Altitude The Plaza Lt. 46, Jalan M.H. Thamrin, Kavling 28 – 30, Jakarta.

6. Taman Cattleya

Taman Cattleya

Di Jakarta, ada sebuah taman yang asri, bersih, dan menawarkan suasana romantis. Taman Cattleya yang dulu dikenal sebagai Taman Tomang ini adalah tempat yang nyaman untuk berkencan dengan pasangan saat sore hari.

Di taman ini, Anda bisa ngobrol dengan pasangan atau berolahraga bersama. Jenis olahraga yang biasa dilakukan di sini adalah jogging. Akan tetapi, hindari membuang sampah sembarangan dan melakukan tindakan yang senonoh saat berada di Taman Cattleya ini untuk menjamin kenyamanan dan ketertiban bersama.

7. Setu Babakan

Setu Babakan

Setu Babakan adalah nama dari sebuah danau yang terletak di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Salah satu tempat romantis di Jakarta ini merupakan kawasan perkampungan budaya untuk melestarikan warisan budaya Betawi. Danau seluas 30 hektar ini dialiri air yang berasal dari Sungai Ciliwung.

Anda bisa menikmati keindahan danau dari tepi atau menggunakan perahu air mengitari danau bersama pasangan. Setelah bersantai di danau, Anda bisa menonton pertunjukan tradisional budaya Betawi yang ditampilkan secara reguler.

Jangan takut kelaparan, karena di sekitar Setu Babakan banyak penjual kuliner khas Betawi, seperti Soto Betawi, Es Potong, Nasi Uduk, Rujak Bebek, Arum Manis, dan Kerak Telor. Setu Babakan dapat menjadi destinasi wisata romantis yang santai dan ekonomis bersama pasangan.

8. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu

Bosan dengan kebisingan ibukota? Anda dan pasangan bisa melakukan wisata romantis ke Kepulauan Seribu. Terdiri dari jajaran pulau yang berada di Teluk Jakarta, Kepulauan Seribu selalu menjadi destinasi pariwisata yang menarik untuk dikunjungi.

Di Kepulauan Seribu, Anda bisa mengunjungi pulau berpenghuni dan pulau yang hanya dijadikan sebagai tempat wisata saja. Pulau-pulau yang berpenghuni antara lain adalah Pulau Tidung Besar, Pulau Pari, Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, dan Pulau Kelapa.

Selain itu, terdapat juga pulau-pulau yang hanya dijadikan tempat wisata yakni Pulau Bidadari, Pulau Puteri, Pulau Sepa, dan Pulau Matahari. Anda bisa berwisata sambil bermain air laut di tepi pantai pulau-pulau tersebut.

Untuk mencapai Kepulauan Seribu, Anda harus menaiki kapal speedboat dari dermaga Marina Ancol. Butuh waktu beberapa hari untuk puas menjelajahi seluruh pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Apakah Anda tertarik untuk mengajak pasangan ke Pulau Seribu?

9. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Bila Anda ingin menghabiskan waktu seharian penuh bersama orang terkasih, Taman Mini Indonesia Indah merupakan tujuan yang paling tepat. Taman wisata bertema budaya ini memiliki luas 150 hektar. Anda dan pasangan akan puas menjelajahi seluruh museum atau anjungan yang ada di TMII ini.

Siapa bilang berwisata di TMII kurang romantis? Anda dan pasangan juga bisa menjajal sarana rekreasi romantis, seperti kereta gantung dan perahu angsa. Dijamin, pengalaman tersebut akan menjadi momen yang tak terlupakan seumur hidup.

Jika malas keluar area TMII untuk mencari makan, di taman budaya ini ada beberapa restoran yang bisa menjadi alternatif untuk mengisi perut. Wisata romantis sambil mengenal beragam budaya yang ada di tanah air, mengapa tidak?

10. Taman Suropati

Taman Suropati

Taman kota yang satu ini dibuat oleh pemerintah setempat sebagai paru-paru kota. Tempatnya yang teduh membuat banyak pasangan muda-mudi menghabiskan waktu di sini. Suasana yang asri yang dipadukan dengan bunga dan tumbuhan cantik di sekitar taman membuat Anda dan pasangan semakin betah untuk duduk sembari bercakap-cakap di Taman Suropati.

Umumnya, taman ini akan semakin ramai saat sore hari. Bahkan, karena minimnya tempat duduk di area taman, beberapa pasangan harus membawa alas duduk sendiri. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan beberapa komunitas kesenian menggelar pertunjukan di sekitar Taman Suropati ini.

Taman Suropati adalah salah satu tempat kencan yang romantis dan bebas biaya karena Anda bisa memasukinya secara gratis. Namun, Anda tetap harus menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di sekitar taman yang teduh ini.

Kencan romantis di restoran bintang lima atau rooftop bar memang sangat menyenangkan. Namun, jika Anda menginginkan hal baru yang sedikit berbeda, beberapa rekomendasi tempat romantis di Jakarta ini bisa menjadi ide yang menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan. Yuk, ajak pasangan untuk mengunjungi tempat-tempat ini!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram