Inilah 8 Tempat Skydiving di Indonesia yang Menakjubkan

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 14 Desember 2021

Skydiving adalah salah satu jenis olahraga yang dapat memicu adrenalin. Skydiving, adalah sebuah olahraga petualangan ekstrem untuk menantang kemampuan manusia untuk merasakan pengalaman jatuh bebas dari ketinggian.

Meski terlihat sederhana, tetapi aktivitas olahraga ini memerlukan keberanian, serta pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai spot menarik yang kerap digunakan para pecinta olahraga ini untuk melakukan aktivitas terjun.

Biar kamu tahu dimana saja lokasi tersebut, yuk, simak ulasan berbagai tempat Skydiving di Indonesia yang telah Keluyuran rangkum di bawah ini!

Baca juga: 10 Tempat Wisata Ekstrem Dunia yang Bikin Jantung Berdebar

1. Pulau Setokok, Batam 

Pulau Setokok, Batam
  • Alamat: Kecamatan Bulang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Telepon: Berkisar Rp10.000

Berada di kepulauan Batam, salah satu pulau yang kerap digunakan oleh Skydiver untuk melakukan aktivitas terjun yang menantang adrenalin. Pulau Setokok sendiri merupakan sebuah wilayah yang terletak di kecamatan Bulang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Di pulau ini terdapat sebuah pantai dengan hamparan pasir berwarna putih yang lembut, serta pemandangan hijaunya hutan dan laut yang kebiruan.

Selain kerap dijadikan destinasi wisata oleh masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia, pulau Setokok juga kerap digunakan sebagai tempat latihan bagi para tentara prajurit TNI Republik Indonesia untuk aktivitas Skydiving.

2. Nusawiru, Jawa Barat

Nusawiru, Jawa Barat
  • Alamat: Bandara Nusa Wiru, Kondangjajar, Cijulang, Ciamis Regency, West Java 46394
  • Jam Buka: Sabtu & Minggu 08.00-16.00
  • HTM: Kisaran Rp30.000
  • Telepon: 0815-6431-446

Salah satu kawasan di Jawa Barat yang cukup populer untuk kegiatan Skydiving adalah Nusawiru Paracenter. Tempat ini berlokasi di Bandara Nusa Wiru, Kondangjajar, Cijulang, Ciamis, Jawa Barat.

Nusawiru merupakan tempat favorit bagi pencinta olahraga Skydiving yang ada di tanah air. Nusawiru diketahui menawarkan tiga aktivitas terjun dengan sensasi berbeda seperti terjun tandem, Accelerated Free Fall (AFF), dan Fun Jump.

Selain dapat merasakan sensasi menegangkan terjun dari ketinggian, para Skydiver juga dapat menikmati pemandangan indah Jawa Barat dari ketinggian.

Nah, untuk biaya terjun tandem, yaitu sekitar Rp4,5 juta. Biaya tersebut diketahui telah termasuk dengan dokumentasi video, foto, dan biaya penginapan bagi peserta yang datang dari luar kota.

3. Megamas, Manado

Megamas, Manado
  • Alamat: Jalan Pierre Tendean, Kota Manado, Sulawesi Utara
  • Jam Buka: 24 Jam

Tempat favorit Skydiver selanjutnya berada di kota Manado, atau lebih tepatnya di Megamas yang berada di jalan Pierre Tendean, Kota Manado, Sulawesi Utara. Lokasi tersebut kerap dipilih untuk kegiatan Skydiving oleh para wisatawan yang datang dari berbagai daerah di tanah air.

Selain dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya, Megamas juga dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para pencinta olahraga Skydiving dengan pemandangan laut di sekitar Bunaken, serta keindahan perbukitan sekaligus area perkotaan yang cukup modern dari atas ketinggian.

4. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo, Jawa Timur
  • Alamat: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur
  • Jam Buka: 24 Jam
  • HTM: Kisaran Rp40.000- Rp45.000
  • Telepon: 08123283071

Bromo telah lama dikenal sebagai destinasi wisata favorit bagi pelancong dari dalam dan luar negeri. Keindahan alamnya yang mempesona memang menjadi salah satu daya tarik dari gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger, Jawa Timur tersebut.

Selain dapat menikmati sensasi berkuda, dan berkendara di gurun pasir yang eksotik, para pengunjung yang bernyali besar pun bisa melakukan aktivitas Skydiving yang sangat menantang seperti yang pernah dilakukan oleh Redbull Skydive Team pada tahun 2015 silam, dan menikmati sisi lain dari gunung Bromo yang legendaris di atas ketinggian.

5. Danau Lido, Jawa Barat

Danau Lido, Jawa Barat
  • Alamat: Jalan Raya Bogor, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
  • Jam Buka: 08.00-19.00
  • HTM: Kisaran Rp5.000
  • Telepon: 0251 8220922

Lokasi menarik lainnya yang bisa digunakan para pencinta olahraga terjun bebas dari ketinggian berada di Jawa Barat, yaitu Danau Lido yang terletak di Cigombong, Bogor. Danau Lido diketahui pernah digunakan sebagai tempat untuk pertandingan parasut bertaraf Internasional.

Bila beberapa tempat Skydiving kerap menyajikan pemandangan laut dan perbukitan, maka di lokasi ini spot utama yang bisa dinikmati oleh Skydiver adalah pemandangan danau yang luas dengan hamparan hutan hijau yang mempesona.

Untuk biaya terjun tandem sendiri dikenakan tarif sekitar Rp3.000.000-an, dan belum termasuk biaya dokumentasi. Jika kamu tertarik untuk mencoba, kamu bisa menghubungi pihak penyelenggara dengan menghubungi nomor yang tercantum di bawah.

6. Pantai Timbis Bali

Pantai Timbis Bali
  • Alamat: Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia
  • Jam Buka: 09.00–21.00
  • HTM: Kisaran Rp8.000-Rp10.000
  • Telepon: 0361 9009270

Tempat Skydiving lainnya yang bisa kamu coba di tanah air adalah pantai Timbis yang berlokasi di Bali. Pantai Timbis sendiri menjadi salah satu lokasi yang cukup ideal untuk melakukan aktivitas olahraga ekstrem yang satu ini. Mengingat pada tahun 2008 silam, lokasi tersebut sempat dijadikan tempat diselenggarakannya olahraga ekstrem Asian Beach Games 2008.

Dengan membayar sekitar Rp1.500.000-an, para wisatawan bisa menikmati pemandangan indah pantai Timbis dan perbukitan hijau yang terhampar indah sembari merasakan sensasi menegangkan terbang di atas salah satu pulau menawan di Bali.

7. Pondok Cabe, Jakarta

  • Alamat: Jl. Pd. Cabe Raya, Pd. Cabe Ilir, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15418
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Telepon: (021) 55913133

Pondok Cabe merupakan lokasi tempat Skydiving yang bisa menjadi rekomendasi menarik selanjutnya. Pondok Cabe berlokasi di kawasan Jakarta Selatan. Pada dasarnya, Pondok Cabe merupakan kawan bandar udara yang kerap digunakan oleh pasukan tentara untuk berlatih terjun payung.

Selain sebagai tempat latihan para abdi negara, di lokasi tersebut juga terdapat pihak penyelenggara olahraga ekstrem, Skydiving.

Pihak pengelola sendiri memiliki beberapa armada pesawat dengan berbagai seri, mulai dari Cessna 206 atau Beechcraft, Skytruck, dan Casa 212. Biaya yang digunakan untuk terjun tandem sendiri sekitar 3 jutaan.

Jika kamu tertarik untuk merasakan sensasi terbang di atas kota Jakarta, Pondok Cabe bisa menjadi alternatif pilihan tempat yang menarik.

8. Pangandaran, Jawa Barat

Pangandaran, Jawa Barat
  • Alamat: Taman Wisata Alam dan Cagar Alam, Pangandaran, Kec. Pangandaran, Pangandaran, Jawa Barat
  • Jam Buka: 24 Jam
  • HTM: kisaran Rp5.000-Rp30.000
  • Telepon: 0858-7197-2100

Lokasi terakhir yang bisa kamu pilihan untuk aktivitas olahraga menantang berikutnya adalah Pangandaran yang berada di Jawa Barat. Di sana, para Skydiver bisa menikmati pemandangan garis pantai selatan yang dikenal karena keindahannya. Biaya untuk aktivitas Skydiving di Pangandaran diperkirakan sekitar Rp5.000.000an.

Selain menyediakan layanan terjun tandem, di sana juga menyediakan layanan bagi para Skydiver yang ingin belajar. Biaya yang dikenakan memang cukup mahal, yaitu sekitar Rp25.000.000-an. Harga tersebut termasuk berbagai fasilitas seperti tempat menginap, makan, dan dokumentasi.

Selain itu, para Skydiver yang berhasil menjalankan training akan mendapatkan sertifikat, atau lisensi resmi untuk olahraga ekstrim yang satu ini. Tertarik mencoba?

Demikianlah 8 Tempat Sky Diving di Indonesia yang menakjubkan, yang telah Keluyuran rangkum. Skydiving adalah salah satu jenis olahraga menantang adrenalin yang dikenal cukup mahal.

Meski demikian, harga yang dikeluarkan memang sepadan dengan pengalaman luar biasa yang akan didapat. Nah, kira-kira apakah kamu berani mencoba olahraga menantang yang satu ini? Tulis komentarmu di bawah, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram