Keluyuran / Wisata Bali / 8 Tempat Snorkeling di Bali dengan Alam Bawah Laut Mempesona

8 Tempat Snorkeling di Bali dengan Alam Bawah Laut Mempesona

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Mei 2019

Kamu suka main di pantai? Pasti sudah tidak asing dong, dengan kegiatan berenang di air laut? Snorkeling menjadi salah satu kegiatan yang banyak digemari wisatawan. Menikmati alam bawah laut, merupakan pengalaman yang menyenangkan. Percayalah, sekali kamu mencoba snorkeling, pasti ketagihan! Siapa yang tidak suka melihat pemandangan indah di bawah laut?

Bali merupakan salah satu pulau yang terkenal dengan pemandangan pantai dan laut yang eksotis. Tidak hanya itu, banyak pantai di Bali yang menyajikan panorama alam bawah laut yang cantik. Meski hanya menyelam di permukaan, kamu perlu coba kegiatan snorkeling ketika liburan ke pantai. Nah, kali ini Keluyuran akan merekomendasikan 10 pantai yang memiliki spot snorkeling terbaik di Bali.

1. Nusa Penida

Nusa Penida

* sumber: unearthwithus.com

Siapa yang tidak tahu Nusa Penida? Salah satu pulau kecil di Bali yang saat ini sedang banyak disukai wisatawan. Pantai yang indah dan dengan bukit hijau dan batu karang besar yang memesona selalu jadi primadona. Di pulau ini, tidak hanya terdapat satu pantai saja, namun ada banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi. Tak heran, Nusa Penida selalu ramai pengunjung.

Nusa Penida disebut sebagai salah satu surga bawah laut yang disukai diver. Bagi kamu yang ingin mencoba snorkeling, di sini adalah tempat yang tepat. Kamu bisa melihat ikan laut yang cantik, hingga terumbu karang. Untuk sampai di sini, kamu perlu menggunakan speedboat dari Sanur, dan jika ingin murah bisa juga menggunakan kapal ferry dari Pelabuhan Padangbai.

Lokasi : Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Transportasi : Sanur – Nusa Penida Rp100.000/orang, Padangbai – Nusa Penida Rp31.000/orang

Sewa motor Rp 75.000/motor

Sewa snorkeling set : Rp 50.000/orang/hari

Spot snorkeling :

  • Manta Bay
  • Crystal Bay Beach
  • Budha Temple
  • Wall Point
  • Mangrove Point
  • Jetty Point
  • Gamat Bay

2. Pantai Tulamben

Pantai Tulamben

* sumber: www.kintamani.id

Biasanya, pemandangan yang akan kamu lihat ketika snorkeling adalah ikan-ikan dan terumbu karang. Berbeda dengan destinasi yang satu ini, di Pantai Tulamben kamu bisa melihat bangkai kapal perang USAT Liberty milik Amerika yang ditembak pada Perang Dunia ke-2 yang terseret dan tenggelam saat Gunung Agung Meletus di tahun 1963.

Meskipun Pantai Tulamben tidak seindah pantai lainnya di Bali, namun siapa sangka jika underwater-nya indah dan unik. Waktu terbaik snorkeling di sini adalah saat pagi hari hingga jam 11 siang. Saat pagi hari kamu bisa menikmati underwater dan berenang bersama ikan-ikan laut yang cantik.

Lokasi : Karangasem, Tulamben, Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali

Waktu Operasional : Setiap hari 24 jam

Harga Tiket Masuk : Gratis

Snorkeling : Rp 150.000/orang

3. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan

* sumber: baliesadrivers.com

Bali memang terkenal dengan pariwisata dan budaya. Namun, apakah kamu sudah pernah berwisata ke Taman Nasional Bali Barat? Di sini, terdapat satu pulau kecil yang terkenal dengan spot snorkeling-nya, lho. Namanya, Pulau Menjangan. Ini merupakan pulau tak berpenghuni, terdapat beberapa hewan liar yang tinggal di sini.

Meskipun belum pernah snorkeling sebelumnya, Pulau Menjangan cocok dijadikan tempat belajar snorkeling, hingga diving. Tempat snorkeling di Pulau Menjangan cukup dangkal dan air lautnya tenang, namun tetap lebih aman jika kamu menggunakan life jacket. Di sini, kamu dapat melihat berbagai macam ikan dengan warna yang lebih beragam. Sungguh cantik!

Lokasi : Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Buleleng, Bali

Waktu Operasional : Setiap hari 06.00 – 18.00 WITA

Harga Tiket Masuk : Gratis

4. Pantai Amed

Pantai Amed

* sumber: www.baligetaway.co.id

Pantai berpasir hitam di timur Pulau Bali ini cukup dicintai oleh diver. Pantai Amed terkenal dengan pemandangan alam bawah lautnya yang memesona. Tak heran, banyak wisatawan melakukan kegiatan snorkeling dan diving di sini. Banyaknya terumbu karang yang masih terjaga, membuatmu mudah melihat ikan yang berenang ke sini.

Sama seperti Pantai Tulamben, di Pantai Amed juga terdapat bangkai kapal perang Jepang yang tenggelam pada tahun 1944. Saat ini, bangkai kapal yang karam ini menjadi tempat tinggal bagi ikan-ikan kecil dan biota laut lainnya. Selain itu, Pantai Amed terkenal dengan pemandangan yang cantik saat matahari terbit dan tenggelam.

Lokasi : Pantai Amed, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali

Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk : Gratis

Sewa Alat Snorkeling : Rp 30.000 – Rp 50.000/orang

5. Pantai Lovina

Pantai Lovina

* sumber: www.baligetaway.co.id

Sudah pernah ke Bali Utara? Pariwisata di Bali tidak ada habisnya untuk dieksplorasi. Tidak hanya terkenal dengan Pantai Kuta, Bali memiliki pantai dengan pesona berbeda. Pantai Lovina, terletak di utara Pulau Bali, merupakan tempat yang tepat bagi kamu yang ingin melihat lumba-lumba. Kamu perlu menyewa perahu jika ingin melihat lumba-lumba di tengah laut.

Pasirnya yang hitam, tetap menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi kamu pecinta alam bawah laut. Karena, Pantai Lovina merupakan salah satu tempat konservasi terumbu karang. Kamu dapat berenang dengan ikan dan menikmati biota laut yang sangat cantik. Tak heran, pantai ini direkomendasikan bagi wisatawan yang suka snorkeling.

Lokasi : Desa Kalibukbuk, Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali

Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk : Gratis

Sewa perahu : Rp 150.000/orang

6. Tanjung Benoa

Tanjung Benoa

* sumber: www.vizitrip.com

Bagi kamu yang suka traveling pakai kapal laut, tentu sudah tidak asing dengan tempat ini. Tanjung Benoa merupakan salah satu destinasi wisata, yang di sana terdapat Pelabuhan Benoa, tempat sandar kapal Pelni ke NTT, Sulawesi, hingga Papua. Meski letaknya dekat dengan pelabuhan, Tanjung Benoa tetap memiliki spot cantik, lho.

Tanjung Benoa disebut sebagai surganya wisata air. Di sini, kamu bisa snorkeling, diving, sea walker, parasailing, flying fish, dan masih banyak kegiatan seru lainnya. Jika kamu ingin mencoba snorkeling atau diving di Tanjung Benoa, kamu akan melihat aneka ragam flora dan fauna bawah laut yang cantik.

Lokasi : Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali

Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk : Gratis

Snorkeling : Rp 150.000/orang

7. Pantai Pemuteran

Pantai Pemuteran

* sumber: www.baligetaway.co.id

Satu lagi pantai di Bali Utara yang menyimpan panorama alam bawah laut yang memesona. Pantai Pemuteran, identik dengan pasirnya yang hitam berkilau dan bentuk pantainya yang menjorok ke daratan seperti teluk. Bagi kamu yang ingin wisata ke pantai dengan suasana tenang, cocok untuk berwisata ke sini.

Letaknya yang jauh dari Kuta maupun Denpasar, kamu perlu menggunakan kendaraan selama kurang lebih 3 jam dari Kuta. Dengan perjalanan yang cukup panjang, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang cantik sejak mulai masuk ke dalam air. Kamu bisa melihat terumbu karang, ikan yang berwarna warni, dan biota laut lainnya.

Lokasi : Pemuteran, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali

Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket Masuk : Gratis

8. Candidasa Blue Lagoon

Candidasa Blue Lagoon

* sumber: southeastasiabackpacker.com

Pantai di timur Pulau Bali ini, tidak seramai pantai lainnya di Bali. Namun, pesonanya tidak kalah dengan Pantai Kuta maupun Jimbaran. Pantai dengan pasir putih dan jernihnya biru air laut, sangat cocok dikunjungi bagi pecinta pantai. Tidak hanya pantainya yang cantik, Candidasa Blue Lagoon juga memiliki underwater yang ciamik!

Candidasa memang terkenal dengan pesona bawah laut yang cantik. Terbukti dengan banyaknya flora dan fauna yang beragam dan masih alami. Di sini, merupakan tempat yang tepat bagi kamu yang suka bermain ke laut dengan suasana yang tenang.

Lokasi : Padangbai, Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali

Waktu Operasional : Setiap hari, 06.00 – 18.00 WITA

Harga Tiket Masuk : Gratis

Itulah informasi mengenai tempat menyelam terbaik yang ada di Bali. Kalau Anda ingin menjajal tempat wisata alam lainnya di Pulau Dewata, silakan kunjungi artikel air terjun di Bali ini, ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar