5 Spot Snorkeling di Jogja untuk Nikmati Keindahan Bawah Laut

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 17 November 2020

Melihat keindahan bawah laut ketika sedang traveling, menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Ada banyak cara untuk menikmatinya, mulai dari snorkeling yang mudah dilakukan bagi pemula yang belum lancar berenang sekalipun, freediving, hingga scuba diving yang memerlukan keahlian khusus.

Jika kamu ingin menikmati alam bawah laut, tetapi tidak bisa berenang, kamu bisa snorkeling dan menggunakan life jacket atau pelampung. Banyak daerah di Indonesia yang memiliki spot snorkeling terbaik. Salah satunya, Yogyakarta.

Meski terletak di garis pantai selatan, ada beberapa pantai di Yogyakarta yang recommended untuk aktivitas snorkeling. Simak daftar pantainya berikut ini ya!

1. Pantai Drini

Pantai Drini

* sumber: dolanyok.com

Siapa yang tidak tahu Pantai Drini? Salah satu pantai di Kabupaten Gunung Kidul ini terdiri dua garis pantai yang dibatasi oleh batu karang besar di tengah laut. Batu karang ini memisahkan kedua pantai menjadi dua bagian, yaitu bagian barat dan bagian timur, dengan fungsi yang berbeda.

Pantai bagian barat memiliki garis pantai yang lebih panjang dibandingkan dengan pantai bagian timur. Arus ombak di pantai barat pun lebih besar. Sedangkan di pantai bagian barat, garis pantainya lebih kecil dan ombaknya pun lebih kecil karena dibatasi tebing karang dan batu karang besar di tengah laut.

Pada bagian timur Pantai Drini, sering dijadikan sebagai tempat untuk snorkeling. Arus lautnya yang tenang dan kaya akan ikan lut yang cantik, membuat Pantai Drini menjadi salah satu spot snorkeling yang paling favorit di Yogyakarta. Alat snorkeling bisa disewa di kios yang ada di tepi pantai, dengan harga Rp50.000/set.

  • Alamat : Banjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000 (untuk masuk ke sekitar 10 pantai)

2. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

* sumber: www.alvarotrans.com

Selain Pantai Drini, ada pula Pantai Nglambor yang dikenal memiliki spot snorkeling memesona. Meski berbatasan dengan Samudera Hindia, Pantai Nglambor memiliki batu karang besar di tengah laut yang berbentuk seperti kura-kura raksasa, sehingga arus ombaknya tenang dan aman untuk menjelajah keindahan bawah laut.

Pantai Nglambor semula merupakan pantai yang sepi pengunjung ketika destinasi wisata pantai di Yogyakarta, khususnya Gunung Kidul sudah mulai ramai dikunjungi. Tak banyak yang menyadari kalau Pantai Nglambor memiliki pesona bawah laut yang sangat indah karena kurang dikenal sebagai tempat wisata. Pada akhirnya Pantai Nglambor mulai dikenal wisatawan, khususnya yang suka dengan aktivitas bawah laut.

Snorkeling di Pantai Nglambor, kamu bisa melihat langsung terumbu karang yang masih terjaga, dan menyaksikan ikan-ikan kecil yang berenang keluar masuk batu karang. Kamu pun bisa berfoto dengan ikan yang bergerombol dengan cara membawa makanan seperti biscuit yang sudah ditumbuk agar ikan mau mendekat. Tapi jangan lupa harus tetap menjaga kelestariannya ya.

  • Alamat : Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000 (untuk masuk ke beberapa pantai)
  • Kontak : 0821-3469-2388

3. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Setelah Pantai Nglambor mulai dikenal sebagai tempat yang menarik untuk snorkeling di Yogyakarta, selanjutnya ada Pantai Sadranan yang memiliki ombak tenang dan memiliki keindahan bawah laut. Biasanya, wisatawan mengunjungi Pantai Sadranan untuk sekadar menikmati keindahan di tepi pantai.

Kini, wisatawan tak hanya bisa menikmatinya dari pinggir pantai saja karena pesona bawah laut Pantai Sadranan tidak kalah dengan pantai lainnya. Jalur menuju pantai ini tidak semulus jalur menuju pantai lain, tetapi setelah sampai di Pantai Sadranan, kamu bisa menikmatinya dengan dua cara.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menikmati pantainya dari tepi pantai, dan bagi wisatawan yang berpikir kalau main ke pantai lebih lengkap dengan menikmati keindahan bawah laut, bisa melakukan aktivitas snorkeling. Jika tidak memiliki peralatannya, kamu bisa menyewa dengan harga yang murah untuk satu set lengkap dengan pelampung untuk yang tidak bisa berenang.

  • Alamat : Pule Gundes II, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000 (untuk masuk ke sekitar 10 pantai)

4. Pantai Slili

Pantai Slili

Masih berada satu kawasan dengan Pantai Sadranan, terdapat pantai mungil yang memesona, yaitu Pantai Slili. Pantai seluas 100 meter persegi ini terbilang masih sepi pengunjung. Karena luas wilayahnya yang kecil, dan terlihat menyempil di antara Pantai Sadranan dan Pantai Krakal, sehingga wisatawan banyak yang tidak menyadari kalau ada pantai kecil yang cantik di sini.

Pantai Slili memiliki pasir putih nan halus, dan dilengkapi dengan gazebo di tepi pantainya. Di sini, wisatawan tak hanya bisa menikmati keindahan tepi pantai yang sepi saja, tetapi Pantai Slili juga menawarkan fasilitas snorkeling yang patut untuk dicoba. Ombak di Pantai Slili tidak terlalu besar, dan aman untuk aktivitas berenang.

Jika kamu ingin mencoba kegiatan snorkeling di tempat yang sepi pengunjung, maka Pantai Slili adalah jawabannya. Apalagi di era new normal saat ini yang mengharuskan masyarakat berjaga jarak ketika berada di luar rumah. Wisata ke Pantai Slili terbilang cukup aman karena kamu tidak akan bertemu dengan banyak wisatawan lainnya.

  • Alamat : Jl. Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000 (untuk masuk ke sekitar 10 pantai)

5. Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo

* sumber: www.brobali.com

Jika pantai pada umumnya terkenal hanya dengan pasir putih yang halus, berbeda dengan pantai di Gunung Kidul yang satu ini. Pantai Wedi Ombo memiliki garis pantai yang lebih luas dibandingkan dengan pantai lain di sekitarnya. Selain itu, Pantai Wedi Ombo memiliki batuan karang yang besar dan tersebar dari tengah laut sampai ke tepi pantai.

Pantai Wedi Ombo dibagi menjadi dua bagian. Ada pantai dengan pasir putih yang luas, serta ada bagian pantai yang dipenuhi dengan batu karang. Hal unik dari pantai ini adalah terdapat semacam kolam alami di tengah laut yang aman dijadikan sebagai tempat untuk berenang atau sekadar bermain air.

Kolam alami di Pantai Wedi Ombo terbentuk karena adanya pembatas berupa batu karang besar antara sisi laut yang dalam, dengan laut yang lebih dangkal. Kolam alami ini memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter yang bisa dipakai untuk sekadar berenang santai, atau bisa juga menjadi tempat untuk snorkeling.

  • Alamat : Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

Keluyuran di Yogyakarta, tidak hanya menikmati kearifan budaya, dan keindahan pantai dari tepi saja. Jika kamu ingin snorkeling, tak perlu jauh-jauh menyeberang ke sebuah pulau karena 5 pantai di Yogyakarta ini bisa dikunjungi untuk menikmati alam bawah laut. Tertarik snorkeling di Yogyakarta? Yuk, ajak sahabatmu melihat keindahan laut Yogyakarta!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram