8 Tempat Snorkeling yang Indah dan Menawan di Lampung

Ditulis oleh Siti Hasanah

Provinsi lampung memiliki keindahan wisata bahari yang sayang untuk kamu lewatkan. Pantai-pantainya berpasir putih yang lembut menjadikan tempat ini dambaan untuk berlibur bersama keluarga.

Lalu air lautnya yang berwarna biru nan jernih, menarik para wisatawan untuk berenang dan menikmati keindahan bawah lautnya yang luar biasa.

Terumbu karang yang terdapat di sekitaran pantainya menjadikan tempatnya memiliki ombak yang lebih tenang sehingga pantainya asyik untuk kegiatan snorkeling ataupun diving.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat snorkeling di Lampung untuk kamu yang senang dengan kegiatan mengeksplorasi keindahan bawah laut.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Lampung Selatan yang Sangat Seru

1. Pulau Pahawang

  • Alamat: Kec. Punduh Pidada, Kab. Pesawaran, Lampung
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Tarif Tur: Rp150.000 – Rp450.000

Pulau Pahawang berlokasi tak jauh dari Kota Bandar Lampung sehingga tempatnya cukup mudah untuk diakses. Pengunjung hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam saja jika lalu lintasnya lancar.

Tidak perlu pergi ke Maldives untuk merasakan menginap di atas laut dengan pantainya yang indah, cukup datang ke Pahawang. Selain pantai yang indah, ada surga bawah lautnya yang mesti kamu sambangi.

Pulau Pahawang memiliki keindahan bawah laut yang merupakan spot favorit untuk kegiatan snorkeling. Di bawah lautnya kamu akan menemukan banyak ikan badut seperti dalam film Finding Nemo.

Selain itu, ada juga banyak biota laut lainya seperti bintang laut serta ada terumbu karang yang cantik yang menghiasi bawah laut dari Pulau Pahawang.

2. Pulau Tegal Mas

Pulau Tegal MasSumber: phinemo.com
  • Alamat: Kec. Teluk Pandan, Kab. Pesawaran, Lampung
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: Rp75.000

Pulau Tegal Mas bagaikan sebuah harta karun yang tersembunyi. Hal ini karena masih banyak orang yang tidak tahu jika pulau ini memiliki potensi yang sangat besar.

Tentunya yang paling menonjol adalah keindahan dari pantainya yang bersih dengan air lautnya yang jernih berwarna pirus. Keindahan pantainya ini tentunya menggoda orang yang senang dengan kegiatan snorkeling maupun diving.

Keindahan bawah laut dari Pulau Tegal Mas akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan, berenang dengan ikan yang berwarna-warni dan jika kamu cukup beruntung, kamu dapat menyaksikan penyu hijau dengan ukuran yang besar.


Di sini pengunjung dapat memberi makan ikan-ikan dengan tangan sendiri. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat terumbu karang yang indah.

Fasilitas yang terdapat di Pulau Tegal Mas Terbilang cukup lengkap, yang akan membuat pengunjung nyaman berwisata di pulau yang cantik ini.

Fasilitas berupa kamar bilas dan juga toilet tersedia bagi pengunjung yang ingin membersihkan diri setelah berenang. Musala dan juga tempat penginapan yang terapung di atas air laut memberikan pengalaman yang cukup menarik.

3. Pulau Sebesi

Pulau SebesiSumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Tejang Kec. Teluk Rajabasa, Kab. Lampung Selatan, Lampung
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: Rp20.000

Pulau Sebesi memiliki bentuk yang unik jika kamu melihatnya dari kejauhan terlihat seperti sebuah gunung, yang sesungguhnya itu adalah sebuah bukti yang biasa disebut dengan nama Gunung Sebesi.

Bukit tersebut memiliki ketinggian 844 mdpl. Pantai yang terdapat di Pulau Sebesi terlihat indah dan asri yang akan membuat orang jatuh cinta saat memandangnya.

Pantainya berpasir putih dan dipadu dengan air lautnya yang kebiruan tampak menggoda untuk dijelajahi. Selain memiliki pantai yang indah, Pulau Sebesi juga merupakan tempat yang asyik untuk kegiatan snorkeling ataupun diving.

Pesona dari terumbu karangnya yang cantik. Spot yang paling favorit dijadikan tempat kegiatan underwater adalah Taman Nemo yang jadi ruang hidup ikan badut.

4. Pulau Umang-Umang

  • Alamat: Kec. Rajabasa, Kab. Lampung Selatan, Lampung
  • Jam Operasional: 24 Jam

Pulau Umang-umang merupakan sebuah pulau kecil yang letaknya berseberangan dengan Pulau Sebesi. Pulau Umang-umang memiliki pantai yang indah dengan air lautnya yang amat jernih, tenang, serta pasir pantai yang putih.

Tetapi satu hal yang juga menarik dari Pulau Umang-umang adalah spot yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk menikmati bawah lautnya yang cantik dengan snorkeling dan diving.

Jika ingin menikmati keindahan bawah laut dari Pulau Umang-umang, kamu dapat mencapainya dengan perahu dalam waktu sekitar 20 menit.

Pulau ini tenang karena tidak berpenghuni dengan pantainya yang landai menjadikan tempatnya asyik untuk digunakan sebagai tempat berenang di laut, snorkeling, dan tentunya kegiatan diving. Pengunjung dapat melihat terumbu karang yang berwarna-warni.

5. Pulau Sebuku

  • Alamat: Kalianda, Kab. Lampung Selatan, Lampung
  • Tarif Perahu: Rp20.000 – Rp50.000/orang

Pulau Sebuku merupakan pulau yang tak berpenghuni dan belum banyak dikunjungi wisatawan, tetapi keindahannya benar-benar memikat. Pulau kecil ini terlihat asri dengan banyaknya pepohonan rimbun di sekitar pulaunya.

Pengunjung yang berlibur ke pulau ini serasa berada di sebuah pulau pribadi. Pantainya berpasir putih dengan air lautnya yang berwarna biru toska, terlihat amat cantik.

Air lautnya yang jernih, menarik pengunjung untuk melakukan kegiatan berenang, snorkeling, dan diving. Tak hanya pantainya saja yang indah dan cantik, tetapi keindahan bawah lautnya pun menarik untuk dijelajahi.

Di bawah lautnya, pengunjung dapat menikmati keindahan terumbu karang serta ikan-ikan nan cantik seperti ikan badut yang berenang-renang ke sana-kemari.

6. Tanjung Putus

  • Alamat: Sukarame, Kec. Punduh Pidada, Kab. Pesawaran, Lampung
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Rp15.000

Tanjung Putus merupakan satu pulau yang cukup ramai saat musim liburan tiba. Lokasi dari Pulau ini tak jauh dari Pulau Pahawang yang cukup terkenal.

Pengunjung yang ingin berwisata ke Tanjung Putus harus menyerang dengan perahu dari dermaga yang terdapat di Kampung Ketapang. Ongkosnya sekitar 400 -500 ribu yang dapat kamu bagi oleh 8-10 orang agar lebih ringan.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram