Keluyuran / Indonesia / Jogja / 10 Tempat Makan Soto Enak di Jogja yang Paling Mantap

10 Tempat Makan Soto Enak di Jogja yang Paling Mantap

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Soto memang bukan makanan khas Yogyakarta. Kita bisa menemukan menu makanan soto di mana saja, baik itu di Jakarta, Bali, Surabaya, Semarang, Makassar, dan kota-kota lain. Namun, jika Anda ingin makan soto saat berada di Jogja, Keluyuran tahu tempat soto enak di Jogja yang paling mantap, lho.

Jika Anda ingin menikmati soto saat sedang berada di Yogyakarta, datang saja ke 10 tempat soto enak yang akan kami review berikut ini. Sudah tak sabar ingin membaca ulasan selengkapnya? Simak tulisan di bawah ini, yuk!

10 Tempat Makan Soto Enak di Jogja

1. Soto Ayam 61

Soto Ayam 61

Tempat soto enak di Jogja yang akan kami review pertama kali adalah Soto Ayam 61. Sebelumnya, Keluyuran sudah pernah mengulas soto ini di tempat makan yang dekat Malioboro. Nah, jika Anda sedang berjalan-jalan di kawasan Malioboro, tak ada salahnya untuk mampir ke sini.

Hanya dengan uang sebesar 12 ribuan, Anda sudah bisa menikmati semangkok soto ayam lezat. Sebagai pelengkap, depot soto ini juga menambahkan sate-satean, otak goreng, dan telur kecap di luar harga soto per porsinya. Lokasi Soto Ayam 61 ada di Jalan Ahmad Yani No. 61, Gondomanan, Yogyakarta.

2. Soto Kadipiro

Soto Kadipiro

Soto Kadipiro merupakan soto legendarisnya Yogyakarta. Bagaimana tidak, depot soto ini sudah buka sejak tahun 1921 hingga berganti ke beberapa generasi penerus. Sekilas soto ayam di sini memang nampak seperti soto ayam biasa. Namun, sekali mencicipi dijamin Anda pasti ketagihan.

Citarasa soto di sini benar-benar enak dan khas seperti soto homemade. Sambil menikmati soto ayam yang nikmat, Anda pun bisa memesan Limun Sarsaparilla, yakni sebuah minuman bersoda yang hanya ada di Yogyakarta saja. Warung Soto Kadipiro bertempat di Jalan Wates, Yogyakarta.

3. Soto Sampah

Soto Sampah

Uh, mendengar namanya saja mungkin sudah membuat Anda tak berselera ya? Namun, jangan berpikiran buruk terlebih dahulu karena Soto Sampah ini adalah salah satu soto lezat di Yogyakarta, lho. Usut punya usut, nama “sampah” ini diambil dari tampilan soto yang tampak acak-acakan. Selain itu, lauk soto ini bukan daging sapi atau ayam, melainkan lemak atau gajih sapi.

Uniknya, di sini juga ada tambahan lauk seperti sate-satean, jeroan, dan gorengan. Jadi, jangan ragu untuk menikmati sepiring Soto Sampah yang maknyuss banget ini! Soto Sampah berada di Jalan Kranggan No. 2, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta.

4. Soto Bathok Mbah Katro

Soto Bathok Mbah Katro

Dari 10 tempat soto enak di Jogja, Soto Bathok Mbah Katro ini merupakan soto favorit Keluyuran, lho. Mengapa? Pertama, rasa soto sapi di sini sanga enak, kuahnya bening dan tidak berlemak. Selain itu, cara penyajian juga cukup unik karena disajikan di dalam mangkok yang terbuat dari tempurung kelapa.

Yang membuat Soto Bathok Mbah Katro ini makin ramai pengunjung adalah lokasinya yang berada di area persawahan. Jadi, sambil menikmati semangkok soto yang enak, kita bisa juga menikmati pemandangan area persawahan yang menyejukkan mata dan batin. Kunjungi Soto Bathok Mbah Katro di Jalan Candi Sambisari RT 03, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

5. Soto Daging Sapi Pak Syamsul

Soto Daging Sapi Pak Syamsul Tempat Soto Enak di jogja

Pagi-pagi ingin sarapan dengan soto khas Jawa Timur, tapi Anda sedang berada di Jogja. Hmm.. Datang saja ke Soto Dagung Pak Syamsul! Kedai soto yang berada di Pasar Colombo ini menjual soto daging sapi yang empuk dengan citarasa khas Jawa Timur.

Meskipun buka di sebuah kedai, ciri khas dari Soto Pak Syamsul ini adalah dengan menggunakan pikulan. Sambil menikmati semangkok soto daging dan nasi putih, kita pun bisa mengambil tempe, otak, sumsum, dan paru goreng. Namun, jangan lupa membayar setelah mengambil ya! Lokasi Soto Daging Sapi Pak Syamsul berada di Pasar Colombo, Jalan Kaliurang KM 75, Sleman, Yogyakarta.

6. Soto Pak Sholeh Al-Barokah

Soto Pak Sholeh Al-Barokah

Pada tahun 1952, Pak Sholeh selaku pemilik kedai soto ini masih menjual soto dengan pikulan sambil berkeliling. Saat ini, kedai soto yang sudah diteruskan oleh anak-cucu beliau sudah semakin berkembang dan berhasil menjadi salah satu soto legendaris di Yogyakarta.

Kedai ini menyajikan menu soto daging sapi dengan citarasa lezat yang tidak berubah sejak tahun 1952. Bahkan, meskipun jaman sudah modern cara mengolah soto ini masih menggunakan arang, bukan memakai kompor gas. Penasaran dengan rasa soto legendaris ini? Datang saja ke kedai Soto Pak Sholeh Al-Barokah di Jalan Wiratama No. 84, Tegalrejo, Yogyakarta.

7. Soto Sulung Stasiun Tugu

Soto Sulung Stasiun Tugu

Berbicara seputar soto yang legendaris di Yogyakarta, masyarakat kota pelajar pasti sudah familiar dengan yang namanya Soto Sulung Stasiun Tugu. Maklum saja, soto ini sudah buka sejak tahun 1968 di sekitar Stasiun Tugu dan masih eksis hingga saat ini. Bahkan, sudah ada beberapa cabang soto sulung lainnya di Yogyakarta.

Selain menjual soto daging, kedai ini juga menjual soto daging dan jeroan, di mana kita bisa memilih sendiri isi jeroan yang diinginkan. Bumbu kuah soto ini sangat terasa pekat di lidah dan bikin nagih. Apalagi jika Anda menambahkan jeruk nipis dan sambal pasti rasanya lebih sedap! Soto Sulung Stasiun Tugu berlokasi di parkir selatan Stasiun Tugu Yogyakarta.

8. Soto Simbok

Soto Simbok

Yang satu ini adalah tempat soto enak di Jogja dengan porsi yang besar dan harga terjangkau. Adalah Soto Simbok yang menyajikan menu soto ayam dan soto balungan. Untuk menambah kelezatan soto yang sedang Anda nikmati, tambahan gorengan dan sate telur puyuh yang biasa disediakan di meja.

Kuah sotonya terasa kaya rempah dan porsinya benar-benar membuat pengunjung puas. Jika Anda tertarik untuk mencicipi Soto Simbok, datang saja ke kedainya di Jalan Tasura No. 20, Pugeran, Yogyakarta.

9. Soto Lamongan Hijroh

Soto Lamongan Hijroh

Bukan cuma Soto Madura saja yang ada di Yogyakarta, tapi Soto Lamongan pun tersedia di sini. Salah satu kedai Soto Lamongan yang paling terkenal di Yogyakarta adalah Soto Lamongan Hijroh.

Sepiring soto ayam di sini berisi dengan nasi, so’un, seledri, irisan daging ayam, telur rebus dan koya yang bikin soto ini jadi tambah sedap. Kuah sotonya pun terlihat jernih dan terasa gurih di lidah. Alamat Soto Lamongan Hijroh berada di Jalan AM. Sangaji, Yogyakarta.

10. Soto Ayam Pak Gareng

Soto Ayam Pak Gareng

Tahukah Anda apa yang membuat Soto Ayam Pak Gareng ini sedikit berbeda dibanding soto-soto ayam lainnya? Perbedaan terletak pada potongan lenthok yang terdapat pada soto ini. Lenthok adalah sejenis perkedel yang terbuat dari ketela.

Sambil menikmati soto ini, tambahkan dengan sate telur puyuh atau sate ampela ati yang tersedia di meja pengunjung. Kunjungi Soto Ayam Pak Gareng ini di Jalan Hayam Wuruk, Danurejan, Yogyakarta.

Sejumlah rekomendasi tempat soto enak di Jogja ini membuktikan bahwa di sini Anda tidak hanya bisa menikmati gudeg dan makanan khas lainnya. Anda dapat menikmati makanan dari daerah lain meskipun sedang berada di Yogyakarta.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a full-time writer. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for some Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Rexona, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, Berrykitchen, AsmaraKu, Carisinyal, Bacaterus, and Kamini.She also writes about Travelling, Culinary, Health, Lifestyle Tips, Romance, Mystery, and many mores.

Leave A Comment