Ini 10 Tempat Sunrise Terbaik di Bali yang Paling Indah!

Ditulis oleh Syuri

Saat berlibur ke Pulau Bali, kayaknya tidak afdol kalau belum mengunjungi beberapa destinasi spesial yang sering diperbincangkan orang-orang. Seperti tempat yang cocok untuk berburu sunset dan sunrise misalnya. Keluyuran pernah membahas tempat sunset terbaik di Bali, sekarang kami akan mengajak Anda berkelana ke tempat sunrise alias spot terbaik melihat terbitnya matahari!

Bagi Anda yang mencintai pemandangan saat matahari mulai terbit dapat menjadikan beberapa lokasi wisata di bawah sebagai rekomendasi. Selain keindahan yang ditawarkan, pengunjung juga bisa mendapatkan pengalaman yang lebih berkesan dan lebih menghormati alam. Yuk, langsung saja Keluyuran ke sepuluh spot sunrise paling wah di Pulau Dewata!

1. Gunung Agung

* sumber: wiranurmansyah.com

Ingin menikmati suasana matahari terbit dengan pemandangan yang apik? Anda bisa dapatkan pengalaman tersebut di Gunung Agung. Gunung yang terletak di di Kabupaten Karangasem ini kerap kali dikunjungi untuk didaki oleh para pemburu sunrise. Gunung yang memiliki total tinggi sekitar 3.142 meter di atas permukaan laut tersebut dipercaya oleh warga Bali merupakan tempat tinggal para dewa.

  • Lokasi: Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali
  • Tiket Masuk: Rp 20.000

2. Pantai Nusa Dua

* sumber: bukanrastaman.com

Mungkin nama pantai ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda ketika berlibur ke Bali. Selain keindahan pantai tersebut, pantai Nusa Dua sering kali dikunjungi oleh orang-orang yang ingin menikmati pemandangan sunrise pada pagi hari. Lokasi pantai ini pun mudah dijangkau, yakni ada di Badung, Bali.

Perpaduan ombak yang tenang, pasir putih dan matahari terbit sangat sayang dilewatkan ketika sedang berada di Pulau Dewata. Uniknya, di sana juga ada water blow (hempasan ombak dari bawah).

Jika Anda menginap di hotel di daerah Nusa Dua, Anda cukup berjalan kaki saja dan Anda sudah bisa mendapatkan water blow dengan pemandangan golden hour sebagai background. Psst, bawa baju ganti kalau Anda ingin menikmati hempasan air laut water blow, ya! Hati-hati juga jika Anda membawa kamera atau gadget karena airnya bisa sampai ke Anda.

  • Lokasi: BDTC Area, Jalan Nusa Dua, Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Waktu Terbaik: Dini hari

3. Pura Lempuyang

* sumber: www.trivindo.com

Selain digunakan sebagai tempat ibadah, salah satu pura di Bali ini sempat menggemparkan jagad maya karena kecantikan dan ketenangan yang disuguhkan. Pura Lempuyang sendiri telah menjadi lokasi favorit para wisatawan ketika ingin menikmati pemandangan matahari terbit.

Lalu, pura ini juga rupanya termasuk dalam salah satu pura tertua dan paling dihormati oleh penduduk Bali. Pura ini juga dikelilingi banyak monyet berwarna abu-abu berekor panjang.

Seperti tempat-tempat sakral lain di Pulau Dewata, pura ini memiliki beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar, seperti mengucap kata 'lelah', misalnya. Padahal, para pengunjung sangat bisa merasa lelah, karena perjuangan untuk mencapai puncak pura yang terletak di puncak Gunung Lempuyang ini cukup menguras energi.

Bagaimana tidak, pura tersebut berada di ketinggian 1.175 mdpl. Untuk sampai di puncak, pengunjung harus menaiki kurang lebih 1.700 anak tangga! Walaupun begitu, semua rasa letih Anda akan terbayar setibanya di puncak dengan pemandangan yang cantik dan udara yang sejuk. Dan, jangan lupa kata pantangannya jangan disebutkan, ya! Kita tetap harus menghormati budaya di tempat yang kita kunjungi.


  • Lokasi: Jalan Pura Lempuyang Luhur, Tri Buana, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Waktu Terbaik: 5 pagi WITA untuk sunrise — 5.30 sore WITA untuk sunset

4. Pantai Lovina

* sumber: majalahbali.com

Pantai yang tak kalah populer di Pulau Dewata ini juga sering kali menjadi destinasi favorit para wisatawan. Terlebih, Pantai Lovina ini juga menjadi spot sunrise terbaik di Bali. Pantai yang terletak di Singaraja, Bali, ini identik dengan lumba-lumba. Para lumba-lumba kerap kali muncul ke permukaan dan melompat-lompat, tepat saat sunrise dan sunset.

Jika Anda ingin melihat sunrise di Pantai Lovina sambil ditemani para lumba-lumba, sebaiknya Anda datang sekitar pukul 6 hingga 8 pagi. Pemandangan ini akan lebih jelas Anda lihat jika Anda menaiki perahu yang disewakan oleh warga sekitar. Pengalaman tersebut yang membuat pantai ini semakin spesial.

  • Lokasi: Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Waktu Terbaik: 6–8 pagi WITA

5. Gunung dan Danau Batur

* sumber: www.jejakpiknik.com

Salah satu tempat yang dapat Anda kunjungi ketika ingin melihat matahari terbit di Bali adalah Gunung Batur. Meskipun berstatus aktif, gunung ini termasuk salah satu gunung yang sering kali didaki ketika ke Bali. Berada di ketinggian 1.717 mdpl, wisatawan yang ingin mendaki gunung tersebut diharuskan mempersiapkan diri dengan baju hangat dan peralatan daki yang tepat.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram