Ini 10 Tempat Sunrise Terbaik di Bali yang Paling Indah!

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saat berlibur ke Pulau Bali, kayaknya tidak afdol kalau belum mengunjungi beberapa destinasi spesial yang sering diperbincangkan orang-orang. Seperti tempat yang cocok untuk berburu sunset dan sunrise misalnya. Keluyuran pernah membahas tempat sunset terbaik di Bali, sekarang kami akan mengajak Anda berkelana ke tempat sunrise alias spot terbaik melihat terbitnya matahari!

Bagi Anda yang mencintai pemandangan saat matahari mulai terbit dapat menjadikan beberapa lokasi wisata di bawah sebagai rekomendasi. Selain keindahan yang ditawarkan, pengunjung juga bisa mendapatkan pengalaman yang lebih berkesan dan lebih menghormati alam. Yuk, langsung saja Keluyuran ke sepuluh spot sunrise paling wah di Pulau Dewata!

1. Gunung Agung

Ini 10 Tempat Sunrise Terbaik di Bali yang Paling Indah! 1

* sumber: wiranurmansyah.com

Ingin menikmati suasana matahari terbit dengan pemandangan yang apik? Anda bisa dapatkan pengalaman tersebut di Gunung Agung. Gunung yang terletak di di Kabupaten Karangasem ini kerap kali dikunjungi untuk didaki oleh para pemburu sunrise. Gunung yang memiliki total tinggi sekitar 3.142 meter di atas permukaan laut tersebut dipercaya oleh warga Bali merupakan tempat tinggal para dewa.

  • Lokasi: Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali
  • Tiket Masuk: Rp 20.000

2. Pantai Nusa Dua

Ini 10 Tempat Sunrise Terbaik di Bali yang Paling Indah! 2

* sumber: bukanrastaman.com

Mungkin nama pantai ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda ketika berlibur ke Bali. Selain keindahan pantai tersebut, pantai Nusa Dua sering kali dikunjungi oleh orang-orang yang ingin menikmati pemandangan sunrise pada pagi hari. Lokasi pantai ini pun mudah dijangkau, yakni ada di Badung, Bali.

Perpaduan ombak yang tenang, pasir putih dan matahari terbit sangat sayang dilewatkan ketika sedang berada di Pulau Dewata. Uniknya, di sana juga ada water blow (hempasan ombak dari bawah).

Jika Anda menginap di hotel di daerah Nusa Dua, Anda cukup berjalan kaki saja dan Anda sudah bisa mendapatkan water blow dengan pemandangan golden hour sebagai background. Psst, bawa baju ganti kalau Anda ingin menikmati hempasan air laut water blow, ya! Hati-hati juga jika Anda membawa kamera atau gadget karena airnya bisa sampai ke Anda.

  • Lokasi: BDTC Area, Jalan Nusa Dua, Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Waktu Terbaik: Dini hari

3. Pura Lempuyang

Ini 10 Tempat Sunrise Terbaik di Bali yang Paling Indah! 3

* sumber: www.trivindo.com

Selain digunakan sebagai tempat ibadah, salah satu pura di Bali ini sempat menggemparkan jagad maya karena kecantikan dan ketenangan yang disuguhkan. Pura Lempuyang sendiri telah menjadi lokasi favorit para wisatawan ketika ingin menikmati pemandangan matahari terbit.

Lalu, pura ini juga rupanya termasuk dalam salah satu pura tertua dan paling dihormati oleh penduduk Bali. Pura ini juga dikelilingi banyak monyet berwarna abu-abu berekor panjang.

Seperti tempat-tempat sakral lain di Pulau Dewata, pura ini memiliki beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar, seperti mengucap kata ‘lelah’, misalnya. Padahal, para pengunjung sangat bisa merasa lelah, karena perjuangan untuk mencapai puncak pura yang terletak di puncak Gunung Lempuyang ini cukup menguras energi.

Bagaimana tidak, pura tersebut berada di ketinggian 1.175 mdpl. Untuk sampai di puncak, pengunjung harus menaiki kurang lebih 1.700 anak tangga! Walaupun begitu, semua rasa letih Anda akan terbayar setibanya di puncak dengan pemandangan yang cantik dan udara yang sejuk. Dan, jangan lupa kata pantangannya jangan disebutkan, ya! Kita tetap harus menghormati budaya di tempat yang kita kunjungi.

  • Lokasi: Jalan Pura Lempuyang Luhur, Tri Buana, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Waktu Terbaik: 5 pagi WITA untuk sunrise — 5.30 sore WITA untuk sunset

4. Pantai Lovina

Ini 10 Tempat Sunrise Terbaik di Bali yang Paling Indah! 4

* sumber: majalahbali.com

Pantai yang tak kalah populer di Pulau Dewata ini juga sering kali menjadi destinasi favorit para wisatawan. Terlebih, Pantai Lovina ini juga menjadi spot sunrise terbaik di Bali. Pantai yang terletak di Singaraja, Bali, ini identik dengan lumba-lumba. Para lumba-lumba kerap kali muncul ke permukaan dan melompat-lompat, tepat saat sunrise dan sunset.

Jika Anda ingin melihat sunrise di Pantai Lovina sambil ditemani para lumba-lumba, sebaiknya Anda datang sekitar pukul 6 hingga 8 pagi. Pemandangan ini akan lebih jelas Anda lihat jika Anda menaiki perahu yang disewakan oleh warga sekitar. Pengalaman tersebut yang membuat pantai ini semakin spesial.

  • Lokasi: Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Waktu Terbaik: 6–8 pagi WITA

5. Gunung dan Danau Batur

Ini 10 Tempat Sunrise Terbaik di Bali yang Paling Indah! 5

* sumber: www.jejakpiknik.com

Salah satu tempat yang dapat Anda kunjungi ketika ingin melihat matahari terbit di Bali adalah Gunung Batur. Meskipun berstatus aktif, gunung ini termasuk salah satu gunung yang sering kali didaki ketika ke Bali. Berada di ketinggian 1.717 mdpl, wisatawan yang ingin mendaki gunung tersebut diharuskan mempersiapkan diri dengan baju hangat dan peralatan daki yang tepat.

Pasalnya, jalur yang akan ditempuh untuk mencapai puncak cukup licin dan terjal. Sehingga, para pendaki harus ekstra hati-hati. Umumnya, para pendaki yang ingin menikmati sunrise memulai pendakian saat jam 3 pagi, jadi pas sampai puncak itu sudah detik-detik matahari akan terbit.

Walaupun capek, setibanya di sana, semua rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan yang sempurna antara sunrise dan Gunung Batur yang memiliki latar Gunung Abang dan Gunung Rinjani. Tak hanya itu, ketika berkunjung ke sana, Anda juga akan dimanjakan oleh pemandangan Danau Batur yang tak kalah mengagumkan.

  • Lokasi: Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • Tiket Masuk: Rp 10.000–20.000
  • Waktu Terbaik: Mulai mendaki jam 3 pagi WITA

6. Danau Tamblingan

Ini 10 Tempat Sunrise Terbaik di Bali yang Paling Indah! 6

* sumber: kumparan.com

Jika bosan dengan suasana gunung ataupun pantai, Bali masih memberikan Anda pilihan untuk menikmati sunrise. Salah satunya dengan mengunjungi Danau Tamblingan. Biasanya, para wisatawan yang tak ingin melewatkan momen sunrise juga mengisi waktunya dengan berkemah sambil memancing di sana.

Ketika matahari mau segera terbit, udaranya yang sejuk dan pemandangan di sekitar akan sangat berkesan. Anda bisa juga menyusuri danau dengan menggunakan perahu kano yang disewakan oleh warga di sana. Mau duduk-duduk santai di perahu atau sambil memancing ikan juga boleh!

Oh, ya, Danau Tablingan juga sangat hening. Wajar saja, karena danau ini dikelilingi oleh 11 pura, yaitu Pura Dalem Tamblingan, Endek, Ulun Danu, Sang Hyang Kawuh, Gubug, Tirta Mengening, Naga Loka, Pengukiran, Embang, Tukang Timbang dan Batulepang.

  • Lokasi: Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Tiket Masuk: Rp 10.000

7. Pantai Sanur

Ini 10 Tempat Sunrise Terbaik di Bali yang Paling Indah! 7

* sumber: www.wisatabaliku.com

Para wisatawan yang kerap kali berlibur ke Bali pasti sudah tidak asing lagi mendengar keindahan Pantai Sanur. Jadi, tak heran jika banyak penginapan yang dibangun di sekitar pantai tersebut. Pantai yang memiliki pasir putih dan ombak yang tenang ini tak hanya digunakan untuk bermain wahana air dan berselancar, tapi juga kerap kali menjadi destinasi pilihan ketika ingin menikmati sunrise.

Biasanya, para pengunjung mulai berdatangan sejak jam 6 pagi. Anda dapat melihat pemandangan sunrise yang cantik sambil lari pagi bersama orang terkasih. Kapan lagi, lari-larian di pantai sambil ditemani deburan ombak, kan?

  • Lokasi: Desa Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Waktu Terbaik: Sebelum jam 6 pagi WITA

8. Bukit Asah

Ini 10 Tempat Sunrise Terbaik di Bali yang Paling Indah! 8

* sumber: wedangkopiprambanan.com

Salah satu spot yang tak kalah menarik adalah Bukit Asah. Bukit yang berlokasi di Desa Bugbug ini akan memanjakan Anda dengan beragam keindahan alam yang dimilikinya. Meskipun hanya berupa hamparan rumput luas, nuansa teduh dan rindang yang dihadirkan semakin membuat destinasi ini cocok untuk menikmati sunrise.

Terlebih, jika Anda memutuskan untuk menghabiskan waktu dengan berkemah di sana, pengalaman tersebut akan semakin berkesan. Kapan lagi bisa menikmati suasana bukit, pepohonan hijau, dengan pemandangan dan aroma laut, kan?

  • Lokasi: Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Bali
  • Tiket Masuk: Rp 5.000

9. Danau Beratan

Ini 10 Tempat Sunrise Terbaik di Bali yang Paling Indah! 9

* sumber: jatim.tribunnews.com

Masih dengan danau yang ada di Pulau Dewata, Anda bisa juga menikmati matahari terbit dari Danau Beratan. Sering kali dipilih sebagian orang untuk berburu momen matahari terbit, danau ini juga akan memberikan sensasi udara dingin. Pasalnya, danau ini berada pada ketinggian 1.300 mdpl!

Sejak pukul 6 pagi, destinasi ini pasti sudah dipenuhi banyak orang, terlebih ada Pura Ulun Danu yang ikut menghiasi pemandangan pagi hari tersebut. Sungguh amat sangat disayangkan jika Anda melewatkan tempat ini ketika berlibur ke Bali.

  • Lokasi: Jalan Raya Candi Kuning, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
  • Tiket Masuk: Rp 20.000–30.000

10. Pulau Menjangan

Ini 10 Tempat Sunrise Terbaik di Bali yang Paling Indah! 10

* sumber: www.booking.com

Jika destinasi yang sudah Keluyuran rekomendasikan di atas seputar pantai, gunung, danau dan bukit, pulau yang terletak pada perbatasan Jawa dan Bali ini akan memberikan pengalaman yang berbeda. Pulau yang diberi nama Pulau Menjangan ini adalah salah satu pulau yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat.

Umumnya, para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini ingin menikmati wisata alam bawah laut, seperti snorkeling untuk mengangumi terumbu karang dan ikan-ikan kecil. Tapi, tempat ini juga merupakan spot yang sempurna untuk mengabadikan momen bersama teman-teman ketika sunrise.

  • Lokasi: Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Sumber Klampok, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Tiket Masuk: Rp 2.500–4.000

Menikmati suasana matahari terbit memang sangat menenangkan dan menjadi pengalaman wisata yang tidak terlupakan. Makanya, kalau ke Bali jangan lewatkan nuansa matahari terbit di 10 tempat yang sudah kami rekomendasikan tadi, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *