Keluyuran / Wisata Bali / 10 Tempat Sunset Terbaik di Bali yang Menarik Dikunjungi

10 Tempat Sunset Terbaik di Bali yang Menarik Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Juli 2019

Sebagai tempat wisata yang sangat populer di seluruh dunia, Bali menawarkan banyak pilihan wisata yang sangat memukau dan spektakuler. Keindahan yang dimiliki oleh pulau ini sangat menarik perhatian jutaan orang dari berbagai negara setiap tahunnya. Selain wisata pantai, Bali juga menawarkan wisata budaya, wisata alam, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ada banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan selama berkunjung ke Bali, salah satunya adalah menikmati momen matahari terbenam atau sunset. Bali memiliki banyak tempat sunset terbaik yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Beberapa di antaranya akan kami bahasa di bawah ini.

1. Pura Tanah Lot

* sumber: commons.wikimedia.org

Tanah Lot adalah salah satu kawasan wisata yang sangat terkenal di Bali. Di bibir Pantai Tanah Lot terdapat dua pura yang terletak di atas batu besar yang bisa dibilang sebagai ikon tempat ini. Keberadaan tempat suci bagi umat Hindu ini membuat momen matahari terbenam menjadi lebih istimewa.

Pandangan Anda saat menikmati sunset di tempat ini tidak akan langsung tertuju ke laut lepas, tetapi terhalang oleh siluet dua pura di atas bongkahan batu besar. Dengan warna keemasan langit sore yang sangat indah, momen matahari terbenam di Pantai Tanah Lot wajib Anda abadikan.

  • Alamat: Beraban, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 82121
  • Jam buka: Setiap hari (07:00-19:00)

2. Uluwatu

* sumber: commons.wikimedia.org

Uluwatu merupakan salah satu lokasi menikmati sunset yang paling populer di Bali. Keindahan tempat ini sudah mendunia dan hits di dunia maya. Selain itu, Uluwatu juga merupakan surga bagi para peselancar dari berbagai negara, membuat tempat ini sangat terkenal.

Uluwatu menawarkan pemandangan matahari terbenam yang mirip dengan tanah lot. Di sana terdapat Pura Luhur Uluwatu yang terletak di atas tebing yang sangat tinggi yang memberikan siluet yang sangat indah saat matahari terbenam. Keindahan sunsetnya juga kadang dilengkapi dengan pertunjukan tari kecak di area di sekitar pura.

  • Alamat: Pecatu, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
  • Jam buka: –

3. Teluk Jimbaran

* sumber: commons.wikimedia.org

Memiliki dua pantai yang saling bersebelahan, yaitu Pantai Kedonganan dan Pantai Jimbaran, Teluk Jimbaran adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati momen matahari terbenam yang dipadukan dengan pemandangan laut yang spektakuler. Selain itu, pantainya juga adalah salah satu yang terindah di Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Jimbaran yang terkenal sebagai desa nelayan juga merupakan tempat yang menyenangkan untuk berburu ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan. Jadi, sembari menikmati indahnya sunset di atas pasir pantai putih yang lembut, Anda dapat menikmati hidangan-hidangan laut yang menggugah selera.

  • Alamat: Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80361
  • Jam buka: –

4. Pantai Lovina

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/hobler/

Jika mayoritas pantai-pantai terkenal di Bali terletak di selatan pulau itu, hal sebaliknya justru terjadi pada Pantai Lovina. Ini adalah pantai dengan hamparan pasir hitam dan ombak yang tenang yang terletak di utara Pulau Bali.

Meskipun belum begitu populer di mata wisatawan, Pantai Lovina menawarkan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Salah satu hal yang membuat sunset di sini cukup istimewa adalah seringnya kemunculan lumba-lumba yang berenang dekat pantai.

  • Alamat: Sekitar 9 km sebelah barat kota Singaraja
  • Jam buka: –

5. Nusa Lembongan

* sumber: commons.wikimedia.org

Nusa Lembongan adalah sebuah pulau kecil yang dekat dengan Nusa Penida. Pulau ini memiliki beberapa pantai indah yang menjadikannya sebagai salah satu tempat sunset terbaik di Pulau Bali. Anda dapat melakukan perjalanan singkat dengan perahu dari Bali untuk berkunjung ke Nusa Lembongan.

Pulau ini juga memiliki area berbukit yang juga cocok dijadikan tempat menikmati momen matahari terbenam yang sangat indah. Dengan siluet Gunung Agung yang indah, momen sunset di Nusa Lembongan menjadi sulit untuk dilupakan.

  • Alamat: 2 km di sebelah barat laut Nusa Penida
  • Jam buka: –

6. Pantai Petitenget

*Sumber: https://medium.com/@freedomvilla/

Ini adalah pantai yang masih satu garis dengan Pantai Kuta dan Pantai Legian. Oleh karena itu, keindahan Pantai Petitenget juga tidak kalah indah dengan kedua pantai tersebut.

Terkenal dengan ombaknya yang besar, Pantai Petitenget juga merupakan salah satu spot terbaik untuk berburu sunset di Bali. Sembari menikmati keindahan alam yang sangat memukau, Anda dapat menikmati berbagai jenis makanan yang tersedia di restoran-restoran mewah dekat pantai.

  • Alamat: Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
  • Jam buka: Setiap hari (24 jam)

7. Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

* sumber: www.pexels.com

Pura Ulun Danu adalah salah satu ikon Bali lainnya yang sangat populer dan merupakan kompleks pura yang terletak di tepi bagian barat Danau Beratan, Bedugul. Saking indahnya tempat ini, pemerintah bahkan telah memasukan pesona tempat ini di atas lembaran uang Rp 50rb.

Kawasan wisata yang populer di kalangan para fotografer ini adalah salah satu tempat yang perlu Anda kunjungi selama berkunjung ke Bali. Salah satu hal menarik yang dapat Anda lakukan di sana adalah menikmati matahari senja yang menakjubkan di tepi danau yang indah.

  • Alamat: Danau Beratan, Candikuning, Baturiti, Tabanan Regency, Bali 82191
  • Jam buka: –

8. Pantai Tegal Wangi

* sumber: www.kintamani.id

Ini adalah sebuah pantai tersembunyi yang dilatarbelakangi oleh tebing-tebing tinggi yang indah. Selain itu terdapat juga jalan setapak ke pantai berpasir putihnya yang bersih.

Pemandangan matahari di Pantai Tegal Wangi benar-benar sangat memanjakan mata. Didukung dengan panoramanya yang keren telah menjadikannya sebagai salah satu tempat sunset terbaik di Pulau Dewata.

  • Alamat: Jl. Tegal Wangi, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361
  • Jam buka: –

9. Rock Bar Ayana Resort

* sumber: commons.wikimedia.org

Seperti namanya, Rock Bar adalah sebuah bar di Ayana Resort yang berdiri di atas batu di dasar tebing. Tempat ini adalah tujuan rekreasi populer bagi mereka yang ingin menyaksikan momen matahari terbenam sembari menikmati berbagai jenis hidangan yang lezat-lezat.

Suasana pantai dan tebing di sekitar Rock Bar juga sangat keren untuk dilihat-lihat. Menikmati sunset di tempat ini akan menjadi salah satu momen yang sulit dilupakan.

  • Alamat: Sejahtera, Jl. Karang Mas, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80364
  • Jam buka: Senin – Kamis (16:00-24:00), Jumat – Minggu (16:00-01:00)

10. Pantai Seminyak

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/skyseeker/

Pantai Seminyak yang memiliki hamparan pasir luas nan halus berwarna putih ini adalah salah satu tempat berburu sunset terbaik di Bali. Karena letaknya masih di kawasan Kuta, Anda dapat menggapai pantai ini dengan mudah, terutama menggunakan kendaraan roda dua.

Sembari menikmati momen matahari kembali ke tempat peraduannya, Anda juga akan sering melihat orang-orang yang sedang berkuda di sepanjang bukit pasir yang bermandikan cahaya sore yang indah. Deburan ombak dan angin pantai yang menyegarkan membuat momen sunset jadi lebih menyenangkan.

  • Alamat: Desa Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung (sekitar 9,7 km di Bandara Internasional Ngurah Rai)
  • Jam buka: –

Nah, itulah beberapa tempat menyaksikan sunset terbaik di Pulau Bali yang dapat Anda kunjungi. Selain daftar di atas, Bali juga memiliki banyak tempat lainnya yang menawarkan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler.

Tempat-tempat di atas kemungkinan memiliki peraturan masing-masing untuk pengunjung mereka. Jadi, harap pastikan Anda mematuhi semua peraturan-peraturan yang berlaku agar kegiatan Anda tetap menyenangkan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar