10 Lokasi Syuting di Irlandia dari Film-Film Ternama

Irlandia merupakan negara yang cukup sering digunakan sebagai lokasi syuting film ataupun serial televisi. Lanskap alam dari Irlandia yang unik banyak membuat para sutradara film menggunakannya sebagai latar dalam film-film mereka. Saat ini banyak tempat yang menjadi lokasi syuting di Irlandia yang menjadi destinasi wisata yang diminati para pencinta film.

Sebagian dari tempat-tempat  ini mungkin telah lama dikenal oleh masyarakat Irlandia, tetapi menjadi booming dan dikenal banyak orang setelah menjadi lokasi syuting. Berikut ini beberapa tempat yang pernah menjadi lokasi syuting dari film-film ternama dan juga serial televisi yang paling diminati di dunia.

Baca juga: 10 Lokasi Syuting K-Drama yang Menarik untuk Dikunjungi

1. Cliff of Moher - County Clare

Cliff of Moher - County Clare
  • Lokasi: Liscannor, County Clare, Irlandia
  • Jam Operasional: 08.00 -19.00
  • HTM: €7-€10

Cliff of Moher atau Tebing Moher merupakan satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Irlandia. Tak hanya terkenal karena keindahannya, tetapi tempat ini terkenal karena pernah digunakan sebagai lokasi syuting dari film-film Hollywood.

Film yang menggunakan lokasi ini sebagai latar filmya adalah Harry Potter and The Half Blood Prince dan juga The Princess Bride. Tak mengherankan jika tempat ini dijadikan sebagai lokasi syuting sebuah film. Pemandangan tebing ini memang luar biasa memukau.

Tebing tertingginya sekitar 214 meter dan terbentang sepanjang 9 mil ke selatan dan 8 mil ke utara. Di sepanjang bibir tebing terdapat jalan yang telah beraspal sehingga aman untuk digunakan berjalan oleh pengunjung saat menjelajah.

2. Trim Castle – County Meath

Trim Castle – County Meath
  • Lokasi: Castle St, Trim, Co. Meath, C15 HN90, Irlandia
  • Jam Operasional: 10.00-17.00
  • HTM: €3-€5

Trim Castle atau Kastil Trim merupakan satu peninggalan sejarah dari Irlandia dari abad pertengahan. Kastil Anglo-Norman ini merupakan sebuah benteng terbesar di Irlandia. Kastil ini pernah digunakan sebagai lokasi syuting dari film terkenal yaitu Braveheart.

Film ini mengisahkan seorang pejuang bernama Sir William Wallace dalam memperjuangkan kemerdekaan dari Skotlandia. Walaupun filmnya berkisah tentang pejuang Skotlandia, sebagian dari lokasi syutingnya menggunakan Kastil Trim di Irlandia sebagai latarnya.

Kastil ini dibangun oleh Hugh de Lacy dan juga anaknya dengan waktu yang dibutuhkan sekitar 30 tahun. Kamu dapat berkunjung ke kastil ini dan juga mellihat interior bagian dalam dari kastilnya yang akan membawamu kembali ke suasana masa lalu.

3. Wicklow Mountain – County Wicklow

Wicklow Mountain – County Wicklow
  • Lokasi: Kilafin, Laragh, via Bray, Co. Wicklow A98 K286, Irlandia
  • Jam Operasional: 08.00-16.00
  • HTM: Gratis

Sebuah film bergenre romantis P.S. I Love You merupakan film yang diadaptasi dari Novel karya  penulis Irlandia Cecelia Ahern. Film ini menggunakan pegunungan Wicklow sebagai latarnya.

Tentunya film ini akan membuat kamu jatuh cinta ketika melihat pemandangan alamnya. Selain film P.S. I Love You, film Lassie juga menggunakan pegunungan Wicklow sebagai latar filmnya.

Pegunungan Wicklow sendiri masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Wicklow. Selain sebagai pusat konservasi, Wicklow juga merupakan destinasi wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan.

Kamu dapat menyusuri indahnya taman nasional ini dengan menyusuri perbukitannya dan mungkin saja kamu akan menemukan jodoh seperti di dalam filmnya.

4. Pantai Ballinesker – County Wexford

Pantai Ballinesker – County Wexford
  • Lokasi: Ballinruan, Curracloe, County Wexford, Irlandia
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: Gratis

Pantai Ballinesker merupakan pantai berpasir putih yang terdapat di Irlandia, tepatnya berada di County wexford. Pantai ini pernah menjadi satu latar dalam film Hollywood terkenal yaitu Saving Private Ryan. Pantai ini digunakan sebagai latar pada adegan operasi pendaratan para tentara di Normandy yang biasa disebut dengan adegan D-Day.

Pantai Ballinesker digunakan untuk menggantikan Pantai Omaha yang menjadi tempat operasi pendaratan yang sesungguhnya. Ballinesker merupakan pantai yang berada di Pesisir Curracloe yang terbagi menjadi tiga titik akses. Pantainya memiliki fasilitas pendukung yang sangat lengkap, sehingga pengunjung yang berlibur di pantai ini akan merasa nyaman tentunya.

5. Skellig Michael – County Kerry

Skellig Michael – County Kerry
  • Lokasi: Ballinruan, Curracloe, County Wexford, Irlandia
  • Jam Operasional: Bergantung cuaca
  • HTM: Gratis (kecuali biaya operator kapal)

Skellig Michael merupakan dua buah pulau Kecil yang terdapat di County Kerry, tempat ini pernah menjadi lokasi syuting dari film Hollywood ternama sepanjang sejarah yaitu Star Wars Episode 7 dan 8.

Dalam film, pulau ini menjadi sebuah planet yang bernama Ahch-to dan menjadi kediaman dari Luke Skywalker. Pulau ini merupakan tempat wisata yang unik dan cukup sulit untuk dikunjungi.

Cuaca dan kondisi laut menjadi faktor yang penting jika kamu ingin mengunjungi pulau Skellig Michael. Ketinggian pulau ini mencapai 218 mdpl. Di sini terdapat pemukiman biara-biara dari abad ke-6 masehi.

Pemukiman dari para biarawan ini dapat kamu tempuh dengan berjalan menyusuri 618 anak tangga yang terbuat dari batu. Di sini kamu dapat menemukan rumah batu, hunian dari 12 biarawan.

6. Powerscourt House & Gardens – County Wicklow

Powerscourt House & Gardens – County Wicklow
  • Lokasi: Powerscourt Estate, Enniskerry, Co. Wicklow, Irlandia
  • Jam Operasional: 09.30-17.30
  • HTM: €5.00-€11.50

Sebuah taman dengan luas 19 hektar ini pernah menjadi lokasi syuting dari sebuah film yang dibintangi oleh Anne Hathaway yaitu Ella Enchanted. Tak hanya film Ella saja yang pernah menggunakan taman ini sebagai latarnya, ada sekitar 25 film dan juga serial TV yang menggunakan Powerscourt Estate dan juga tamannya sebagai lokasi syuting.

Sebuah kastil dari abad ke-13 berdiri dengan gagah di taman ini. Walaupun seiring dengan berjalannya waktu kastil ini mengalami beberapa kali renovasi, hal itu tetap membuat tempat ini unik dan menarik.

Selain taman yang indah, di sekitarnya pun terdapat sebuah Air Terjun Powerscourt yang dapat kamu kunjungi dengan tiket yang terpisah dari tamannya.

7. Killruddery House – County Wicklow

Killruddery House – County Wicklow
  • Lokasi: Southern Cross, Bray, Co. Wicklow, A98 W9F2, Irlandia
  • Jam Operasional: 09.30-17.00
  • HTM: €3-€15.50

Killruddery House merupakan rumah di pedesaan yang sangat luas, yang dibangun pada sekitar abad ke-17. Pada tahun 1820 rumah ini direnovasi dan juga diperluas dengan gaya hunian Elizabeth. Tempat ini juga sering digunakan sebagai lokasi syuting dari Film dan serial Televisi. Satu Film karya Steven Spielberg, The Turning juga menggunakan rumah Killruddery sebagai latarnya.

Lokasi rumah dan taman ini memiliki luas sekitar 323 hektar yang berada di County Wicklow. Rumah dan taman ini menawarkan banyak hal untuk dilakukan. Kamu dapat berjalan-jalan di hutan kecilnya yang asri atau juga menikmati makanan dari hasil kebun mereka sendiri. Mereka juga terkadang mengadakan kegiatan-kegiatan musik atau juga workshop botani.

8. Kilmainham Gaol – Dublin

Kilmainham Gaol – Dublin
  • Lokasi: Southern Cross, Bray, Co. Wicklow, A98 W9F2, Irlandia
  • Jam Operasional: 09.30-18.00
  • HTM: Gratis

Killmainham Gaol awalnya merupakan sebuah penjara yang dibangun pada tahun 1796 untuk menggantikan penjaranya yang lama. Penjara ini pernah digunakan dalam film The Italian Job di tahun 1969 sebagai latar dalam adegan filmnya.

Saat ini tempatnya berfungsi sebagai museum dengan berisikan sejarah dari negara Irlandia dan juga karya seni dari patung hingga perhiasan para tahanan.

Penjara Killmainham Gaol adalah penjara bagi para anggota pergerakan Republik Irlandia pada masa pemerintahan Inggris Irlandia di tahun 1919 hingga 1921.

Selain ada para anggota pergerakan, tempat ini juga jadi penjara untuk mereka yang melakukan kejahatan kecil hingga berat yang terdiri dari anak-anak, pria dan wanita. Mereka ditahan dalam waktu yang lama, menunggu untuk diangkut ke Australia.

9. Dingle Peninsula – County Kerry

Dingle Peninsula – County Kerry
  • Lokasi: County kerry, Irlandia
  • HTM: Gratis

Dingle Peninsula merupakan satu tempat yang pernah digunakan sebagai lokasi syuting film terkenal yaitu film Far and Away dan juga Star Wars Episode VIII, The Last Jedi. Semenanjung Dingle menjadi tempat dibuatnya replika dari bangunan biara berbentuk sarang lebah yang terdapat di Skellig Michael.

Alasan dari pembuatan replika adalah cuaca yang kadang tidak mendukung untuk syuting di sana. Lanskap dari Semenanjung ini menjadikannya sebuah permata yang tersembunyi. Ada begitu banyak hal untuk dilakukan jika kamu mengunjungi Semenanjung Dingle.

Keindahan pantainya yang dibentengi oleh bebatuan memperlihatkan keindahan alamnya yang masih natural. Jangan lupa untuk mencoba kulinernya dari keju hingga makanan lautnya.

10. County Antrim 

County Antrim 
  • Lokasi: County Antrim, Irlandia

County Antrim merupakan kota yang letaknya berada di Irlandia Utara. Ada beberapa tempat di County Antrim yang menjadi lokasi syuting dari sebuah serial televisi ternama Games of Thrones.

Satu tempat yang mungkin paling banyak dikunjungi saat ke Irlandia Utara adalah The Dark Hedges. Tempat itu berupa sebuah jalan panjang yang dinaungi oleh pohon-pohon beech pada kedua sisinya.

Selain dari The Dark Hedges, ada juga tempat lain di kota ini yang digunakan sebagai lokasi syuting dari serial Televisi Games od Thrones. Tempat yang selanjutnya digunakan dalam TV seri ini adalah Magheramorne Quarry.

Lalu, ada juga  Gua Cushendun yang letaknya berada di Pesisir Causeway. Masih banyak lagi tempat lainya untuk dikunjungi di County Antrim untuk pecinta serial televisi ini.

Nah, kini kamu tahu beberapa lokasi syuting film ternama yang mungkin membuat kamu penasaran. Lokasi-lokasi syuting film ternama itu menggunakan banyak tempat di Irlandia. 

Alam Irlandia yang unik menjadi daya tarik tersendiri yang menginspirasi banyak adegan film diambil di sini. Bagi pencinta film dapat menyusuri tempat-tempat dari film favorit mereka tentu mengasyikan.

Beberapa tempat ini memang unik dengan alam tantangan alam dan juga cuaca yang luar biasa untuk dapat menjelajahinya seperti Skellig Michael contohnya. Tetapi jika kamu dapat menjelajahi tempat-tempat itu sekarang, pastinya akan jadi pengalaman yang menarik. Kira-kira lokasi mana yang menarik perhatianmu untuk dijelajahi?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram