10 Tempat Menarik untuk Melihat Bunga Sakura di Kyoto

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 8 September 2021

Kyoto adalah salah satu kota di Jepang yang menjadi kota tujuan para wisatawan yang datang ke negeri sakura. Kota Kyoto dianggap sebagai ibu kotanya budaya Jepang. Di sini banyak ditemui kuil-kuil Buddha dan Shinto, taman dan istana. Selain itu ternyata Kyoto juga merupakan salah satu lokasi pilihan para turis yang datang untuk menyaksikan keindahan bunga sakura yang mekar.

Biasanya musim melihat bunga sakura di kota ini berlangsung tiap tahun dari awal sampai pertengahan April. Ini bergantung pada cuaca dan area. Bunga-bunga sakura ini akan terlihat sangat cantik dari awal sampai pertengahan April ketika bunga mencapai mekar penuh. Mau tahu tempat untuk melihat keindahan sakura di Kyoto? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Kuil Hirano

Kuil Hirano
  • Alamat: 1 Hirano Miyamotocho, Kita Ward, Kyoto, 603-8322, Jepang
  • Jam buka: 06.00 – 17.00
  • Telepon: +81 75-461-4450

Selama zaman Edo, kuil ini terkenal di seantero Jepang sebagai tempat untuk melihat pemandangan bunga sakura di malam hari. Tradisi ini berlanjut sampai sekarang.  Lahan kuil ini memiliki beragam jenis sakura yang menakjubkan. Di antara 400 pohon sakura yang ada di sini terdapat sekitar 60 jenis sakura.

Varietas sakikage yang berasal dari kuil ini umumnya mekar di pertengahan musim. Karena itulah muncul pepatah lama yang mengatakan bahwa ketika bunga varietas tersebut mulai mekar, maka musim melihat sakura di ibu kota sudah dimulai. Pohon-pohon yang mekarnya belakangan memperpanjang pesta menyaksikan bunga sakura mekar di sini hingga pertengahan April.

2. Kuil Ninna-ji

Kuil Ninna-ji
  • Alamat: 33 Omuro Ouchi, Ukyo-ku Kyoto-shi, Kyoto
  • Jam buka: 09:00 – 16:30
  • HTM: 500 JPY
  • Telepon: (075) 461-4070

Kaisar Uda membangun kuil ini pada tahun 888. Dibangun dengan gaya kediaman bangsawan Era Heian, Ninna-ji diakui sebagai kekayaan nasional. Di samping itu, kuil ini juga sudah terdaftar sebagai situs Warisan Dunia.

Di kuil ini terdapat 500 pohon sakura Omuro yang mekar di awal April sampai pertengahan April. Bunga-bunga sakura tersebut mekar di ketinggian 2-3 meter sehingga terlihat seperti merayap di tanah. Bunga sakura yang lebat tersebut dinamakan otafuku sakura.

Karena ini adalah sakura yang mekar di pertengahan bulan April, musim sakura di Ninna-ji di Kyoto di sebagai perpisahan untuk sakura. Selama musim hanami atau melihat bunga sakura, daerah ini dibanjiri turis yang ingin menyaksikan keindahan sakura yang mekar. Tiket masuk ke Ninna-ji gratis, tetapi selama periode melihat bunga sakura dikenakan tiket masuk.

3. The Philosopher's Path/ Tetsugaku No Michi

The Philosopher's Path
  • Alamat: Daerah Sakyo, Kyoto, 606-8427

The Philosopher's Path atau dalam bahasa Jepang dikenal dengan nama Tetsugaku No Michi merupakan jalan batu dengan panjang sekitar 2 km yang mengikuti kanal sempit. Nama jalan ini diambil dari seorang filsuf Jepang ternama, Kitaro Nishida. Dia juga pendiri Sekolah Filsafat Kyoto. Dalam perjalanannya ke Universitas Kyoto, dia menggunakan jalan ini sebagai tempat meditasi.

Jalan ini dipagari dengan ratusan pohon sakura sehingga menjadikannya pemandangan yang mengagumkan selama musim sakura. Ini adalah salah satu tempat hanami paling popular di daerah Kyoto.

4. Kyoto Botanical Gardens

Kyoto Botanical Gardens
  • Alamat: Kyoto, Kyoto, Sakyo, Shimogamo, Hangi
  • Jam buka: 9:00 – 17:00 (terakhir masuk jam 16:00)
  • HTM: 200 yen
  • Telepon: +81 75-701-0141

Di Kebun Raya Kyoto atau Kyoto Botanical Garden ditanam sekitar 450 pohon sakura dengan 130 varietas. Pengunjung bisa menikmati bunga sakura ini mulai pertengahan Maret sampai akhir April. Yang menjadi tontonan utama di taman ini adalah hutan pohon sakura yang membentang ke utara konservatori.

Konservatori yang menampung 4.500 spesies tanaman ini merupakan tempat tujuan para penggemar tanaman. Ini merupakan konservatori terbesar di Jepang. Pada malam hari iluminasi bunga sakura diadakan sampai pukul 21.00 dari akhir Maret sampai awal April.

5. Taman Maruyama

Taman Maruyama
  • Alamat: Kyoto, Higashiyama, Maruyama
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: +81 75-561-1350

Taman Maruyama merupakan tempat yang terkenal akan bunga sakuranya. Di akhir Maret sampai awal April terdapat sekitar 680 pohon sakura yang mekar. Taman Maruyama ramai dengan kunjungan wisatawan yang datang melihat bunga sakura dalam jumlah besar, siang maupun malam. Di tengah taman ini terdapat “pohon sakura menangis” yang terkenal terletak di sebelah kolam.

Pohon ini dikenal dengan nama “Gion no Yozakura” atau Bunga Sakura Malam Gion. Tempat ini merupakan tempat yang terkenal untuk mereka yang ingin berjalan-jalan di taman yang indah. Kabar baiknya, taman ini gratis, alias bebas biaya masuk. Di sini juga terdapat kedai teh serta restoran ryotei yang direkomendasikan jika ingin makanan enak.

Taman tertua di Kyoto ini dibuka pada tahun 1886. Pada tahun 1912, Jihei Ogawa membuat taman yang berpusat di kolam ini dengan memanfaatkan perbukitan alami yang membuat taman ini seperti sekarang. Di barat taman ini terdapat Kuil Yasaka, di selatannya ada Kuil Kodai-ji, dan di utara ada Kuil Chion-in.

6. Kuil Kodai-ji

Kuil Kodai-ji
  • Alamat: 526 Shimokawaracho, Higashiyama Ward, Kyoto, 605-0825, Jepang
  • Jam buka: Tiap hari 09.00 – 17.00
  • HTM: 600 yen
  • Telepon: +81 75-561-9966

Website: https://www.kodaiji.com/

Kodai-ji di luar musim sakura merupakan kuil yang tenang yang terletak di salah satu area tersibuk. Di kuil ini terdapat taman kerikil yang indah serta hutan bambu kecil. Di atas taman kerikil ini terdapat “pohon sakura menangis” yang menarik untuk disaksikan saat musim semi.

Di malam hari, bunga sakura di taman ini diberikan penerangan. Pohon akan menyala dalam berbagai warna dan karakter animasi. Hutan bambu juga memberikan atmosfer khusus dalam kegelapan.

7. Arashiyama

Arashiyama
  • Alamat: Ukyo Ward, Kyoto, 616-0000, Jepang
  • Website: https://www.kyoto-bamboo.jp/

Arashiyama merupakan tempat yang indah yang dihiasi oleh pohon bambu. Sejak zaman kuno, tempat ini dikenal sebagai tempat bunga sakura. Saat bunga sakura bermekaran, seluruh gunung diwarnai dengan warna pink muda.

Yang istimewa di Arashiyama adalah menikmati hanami yang sedikit berbeda dari biasanya yaitu dengan menikmatinya dari kereta troli atau dari perahu sambil menyusuri sungai. Di dekat Jembatan Togetsu-kyo, di sepanjang Sungai Katsuragawa ditanam sedikitnya 1.500 pohon sakura, yang di malam hari diterangi oleh lampu-lampu.

8. Keage Incline

Keage Incline
  • Alamat: 339 Higashikomonozacho, Daerah Higashiyama, Kyoto, 605-0044, Jepang
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Keage Incline dari Taman Maruyama jaraknya sekitar 20 menit dengan jalan kaki. Namun bisa juga mengambil jalan memutar ke Kanal Danau Biwa yang dekat Okazaki-dori. Keage Incline merupakan jalur kereta kargo lama yang sekarang jadi tempat menikmati hanami yang terkenal di Kyoto.

Pemandangan yang mengesankan adalah ketika pepohonan membentuk terowongan bunga saat bunga sakura mekar penuh. Kuil terdekat dengan tempat ini adalah Kuil Nanzen-ji, sebuah kompleks kuil yang indah yang mempunyai beberapa pohon sakura.

9. Kiyomizu-dera

Kiyomizu-dera
  • Alamat: 1-294 Kiyomizu, Higashiyama-ku Kyoto-shi, Kyoto
  • HTM: 300 yen
  • Telepon: (075) 551-1234

Salah satu tempat wisata paling popular di Kyoto adalah Kuil Kiyomizudera. Di sekitar balkon yang terkenal tersebut terlihat beberapa pohon sakura dan sebagian pohon tersebut ditanam di lokasi kuil. Di malam hari kuil ini juga diterangi lampu-lampu.

Dibangun di Gunung Kiyomizu, Kiyomizu-dera memiliki kuil utama yang juga disebut dengan "Kiyomizu-dera stage". Pada tahun 1633, kuil utama ini dibangun kembali oleh Tokugawa Iemitsu. Bangunan kuil utama merupakan kekayaan nasional dan dibangun pada awal periode Edo. Bangunan ini ditopang oleh lebih dari 100 pohon keyaki atau Zelkova Jepang dan tidak menggunakan paku.

10. Area Sungai Kamo

Area Sungai Kamo
  • Alamat: Kyoto, Nakagyo, Wakamatsu

Sungai Kamo merupakan tempat untuk jalan-jalan di Kyoto yang populer. Di tepian sungai banyak orang yang berjalan-jalan ataupun memandangi sungai sambil duduk-duduk. Saat musim semi datang, orang-orang ramai mendatangi sungai ini untuk menikmati bunga sakura yang bermekaran dari sepanjang deretan 1.000 pohon sakura.

Jalan ini merupakan lokasi melihat sakura yang memukau dengan pepohonan yang melapisi tepiannya. Di sepanjang sungai terdapat sebuah jalan setapak membentang. Di tepi berumput banyak dijumpai penduduk lokal yang piknik. Terdapat beberapa restoran di sepanjang sungai untuk melihat bunga sakura sambil bersantap.

Menyaksikan keindahan sakura sudah menjadi budaya di Jepang yang dikenal dengan nama hanami. Orang-orang akan piknik di bawah bunga sakura yang bermekaran. Budaya ini juga dinikmati oleh para wisatawan yang sengaja datang di musim semi.

Jepang memiliki beberapa tempat yang terkenal tempat untuk menikmati hanami. Tempat-tempat di atas adalah tempat untuk melihat Sakura di Kyoto. Jadi kalau berlibur di musim semi untuk menikmati hanami, jangan lupa untuk menyaksikannya di Kota Kyoto.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram