10 Tempat Wisata Alam di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Bogor memiliki begitu banyak tempat wisata yang seru dan wajib Anda kunjungi. Mulai dari tempat wisata keluarga sampai dengan tempat wisata yang menyatu dengan alam bisa Anda temukan di kota hujan ini. Bahkan, para orang tua yang ingin berlibur dengan suasana yang sedikit berbeda, mereka bisa mengajak anak-anak untuk bermain di tempat outbound di Bogor.

Berwisata ke tempat yang bernuansa alam dan masih sangat natural bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih sejuk. Oleh karena itu, Keluyuran ingin merekomendasikan sejumlah tempat wisata alam di Bogor yang bisa membuat Anda kembali segar dan bersemangat setelah bekerja setiap hari.

10 Tempat Wisata Alam Di Bogor

1. Danau Situ Gede

Danau Situ Gede

* sumber: www.tempatwisatadibogor.net

Tak ada yang bisa menandingi keasrian yang ditawarkan oleh tempat wisata alam di Bogor yang satu ini. Danau Situ Gede merupakan danau yang berada di tepi Hutan Dramaga. Jadi, dari tepi danau Anda sudah bisa menyaksikan pemandangan hutan hijau yang menyejukkan mata.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di danau seluas 6 hektar ini antara lain adalah naik sepeda air atau perahu dayung untuk mengitari danau. Selain itu, wisatawan yang datang ke sini juga bisa memancing ikan di Danau Situ Gede.

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Popularitas kebun botani seluas 87 hektar ini memang sudah tersebar ke seluruh Indonesia. Jangan heran jika Anda akan bertemu dengan wisatawan dari luar Kota Bogor saat berkunjung ke Kebun Raya Bogor ini. Suasana yang ditawarkan di tempat ini begitu sejuk dan alami.

Ada sekitar 15 ribu spesies tumbuhan yang terdapat di Kebun Raya Bogor. Di samping itu, Anda juga akan menemukan danau yang letaknya di bagian belakang kebun ini. Berpiknik atau sekedar bersepeda mengelilingi Kebun Raya Bogor bisa menjadi kegiatan yang menarik saat berkunjung kemari.

3. Telaga Warna

Telaga Warna Tempat Wisata Alam Di Bogor

Keindahan dari Telaga Warna membuat tempat ini menjadi sangat terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar Bogor. Air yang tenang dengan warna hijau muda membuat Telaga Warna menjadi salah satu tempat wisata yang dapat menyegarkan pikiran. Lokasi dari Telaga Warna ini ada di Desa Tugu, Kec. Cisarua, Bogor.

Jika Anda suka dengan tantangan, cobalah untuk naik flying fox yang jalurnya melintas di atas telaga ini. Namun, jika Anda tidak terlalu menyukai permainan outbound yang ekstrem, Anda dapat menyewa perahu untuk berkeliling Telaga Warna.

4. Gunung Pancar

Gunung Pancar

Pernahkah terlintas dalam benak Anda untuk bersantai di hutan pinus dengan pemandangan yang bagus dan suasana yang tenang? Anda bisa mewujudkan impian tersebut dengan berkunjung ke Gunung Pancar. Gunung yang berada di Kec. Citeureup ini sudah dikenal sebagai kawasan wisata dan tempat camping keluarga yang seru di kawasan Bogor.

Wisatawan yang datang ke Gunung Pancar biasanya akan berpiknik, camping, hiking, bersepeda, atau sekedar berfoto-foto dengan latar belakang jajaran pohon pinus yang menjulang tinggi. Tak perlu ragu untuk melakukan kegiatan di Gunung Pancar ini karena tempat ini sudah cukup sering dikunjungi oleh wisatawan, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan di sekitar gunung.

5. Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung

* sumber: oknusantara.com

Belum ke Bogor rasanya jika kita tidak singgah di kawasan Puncak. Nah, di Puncak ada satu tempat wisata alam di Bogor dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Sangat disayangkan jika Anda melewatkan tempat wisata ini. Adalah Taman Riung Gunung yang menawarkan view hamparan kebun teh hijau di bawah pegunungan.

Udara yang sejuk dan segar akan langsung terasa ketika Anda menginjakkan kaki di tempat ini. Belum lagi di kawasan Taman Riung Gunung ada berbagai fasilitas wisata yang akan membuat liburan Anda jadi lebih menyenangkan, seperti tempat outbound, kolam renang, dan taman bermain anak.

6. Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata Gunung Mas

* sumber: www.liburananak.com

Ingin berwisata lebih dekat dengan kebun teh? Datang saja ke Agrowisata Gunung Mas. Pasalnya, di tempat wisata ini Anda bisa mengikuti tur menyusuri kebun teh hijau yang cukup luas. Pada siang hari, Anda bisa melihat langsung aktivitas petani kebun teh yang sedang memetik daun teh. Sembari berjalan-jalan di kebun teh, jangan lupa untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya.

Di Agrowisata Gunung Mas ini juga tersedia penginapan untuk wisatawan. Anda bisa menyewa penginapan di kawasan wisata ini jika ingin bersantai di tempat dengan hawa yang sejuk dan udara yang masih sangat segar.

7. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Adakah tempat wisata alam di Bogor yang bisa membuat Anda lebih rileks dan merasa santai setelah setiap hari melakukan berbagai aktivitas sehari-hari? Ada, kunjungi saja Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Pasalnya, di sini Anda bisa berendam di air hangat yang langsung dari sumbernya. Capek dan pegal-pegal di tubuh bisa berkurang jika Anda berendam air panas.

Tak hanya itu saja, berendam di dalam air panas Tirta Sanita Ciseeng juga dipercaya dapat mengatasi penyakit kulit karena air panas di tempat ini mengandung garam, belerang, dan kapur. Suasana di sekitar Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng ini masih tampak sangat alami. Anda pun dapat melakukan beberapa aktivitas outbound sekitar air panas ini.

8. Sentul Paradise Park

Sentul Paradise Park

Sentul Paradise Park adalah tempat wisata yang memadukan unsur modern dan alam. Bagaimana tidak, di taman bermain air ini Anda bisa menjumpai Air Terjun Bidadari setinggi 75 meter. Bahkan, air dari Air Terjun Bidadari dipakai untuk mengisi kolam renang yang ada di Sentul Paradise Park.

Berbeda dengan waterpark lainnya yang ada di Indonesia, Sentul Paradise Park menawarkan pemandangan yang sangat alami. Air terjun ini dikelilingi dengan hutan lindung yang sangat asri. Jadi, Sentul Paradise Park masih tergolong sebagai tempat wisata alam yang sangat aman untuk dikunjungi bersama anak-anak.

9. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Beralih ke kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango di Desa Cimacan, kita menjumpai Kebun Raya Cibodas yang tak kalah menarik dibanding Kebun Raya Bogor. Meskipun secara strategis letak dari kebun ini sudah masuk ke Cianjur, tetapi wisatawan masih mengenal Kebun Raya Cibodas sebagai tempat wisata yang ada di Bogor.

Di kebun ini terdapat Taman Lumut yang memiliki 216 jenis lumut. Tak hanya itu saja, di dalam Kebun Raya Cibodas ini juga terdapat objek wisata berupa air terjun.

10. Curug Ngumpet

Curug Ngumpet

Sesuai dengan namanya, Curug Ngumpet merupakan air terjun yang tersembunyi di antara tebing-tebing tinggi. Perlu Anda ketahui bahwa Curug Ngumpet berada di kawasan wisata Gunung Salak. Meskipun memiliki nama Curug Ngumpet, tetapi Anda hanya butuh waktu 10 menit untuk berjalan kaki dari lokasi parkir yang tersedia untuk menuju ke air terjun.

Bahkan, akses menuju air terjun setinggi 40 meter ini merupakan jalan setapak yang tidak terlalu terjal. Air terjun di Curug Ngumpet ini masih sangat jernih dan segar, sehingga banyak sekali wisatawan yang berenang di sungai yang ada di bawah air terjun.

Tempat Wisata Alam di Bogor Lainnya

Masih ingin menikmati keindahan alam Bogor? Jangan khawatir, Keluyuran masih punya rekomendasi tempat wisata alam lainnya di Bogor yang harus Anda kunjungi. Berikut daftarnya:

11. Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang

* sumber: jakartarentbus.com

Sedang mencari tempat wisata di Bogor yang futuristik dan anti-mainstream? Mungkin Anda bisa berkunjung ke Goa Agung Garunggang. Goa cantik yang satu ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Daya tarik goa terdapat pada dinding batu dengan pahatan alami yang terlihat sangat unik.

Untuk dapat masuk ke dalam goa, Anda harus turun ke bawah seperti turun ke sumur karena goa ini terletak di bawah tanah. Kondisi goanya gelap dan terdapat stalaktit yang menggantung di langit-langit. Kalau Anda tidak menyukai kegiatan ekstrem seperti menyusuri goa, cukup berfoto di antara tebing-tebing batu yang unik di luar goa saja.

12. Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk

* sumber: www.tipswisata.co

Air terjun adalah tempat wisata alam di Bogor yang bisa dengan mudah ditemukan. Curug Leuwi Lieuk adalah salah satu air terjun yang belum terlalu banyak dieksplor. Padahal, pesona air terjun ini sangat mengagumkan. Bahkan, suasana di sekitar air terjun ini masih sangat asri.

Curug Lewui Lieuk merupakan air terjun yang tidak terlalu tinggi dan mengalir di antara tebing batu yang saling berhimpit. Air terjun ini menciptakan sebuah sungai kecil yang menyerupai kolam karena dihimpit oleh tebing-tebing batu. Airnya sangat biru dan jernih sehingga membuat kita tak tahan untuk segera berenang di sana.

13. Gunung Munara

Gunung Munara

* sumber: www.tempatwisatahits.com

Buat Anda yang suka mendaki gunung tapi tidak memiliki banyak waktu untuk camping di gunung, Gunung Munara di Bogor adalah salah satu tempat wisata alam yang bisa Anda kunjungi. Gunung yang tingginya hanya 1.119 meter di atas permukaan laut ini menawarkan aktivitas one day hiking yang artinya gunung bisa didaki sekaligus dituruni dalam waktu sehari saja.

Dari atas puncak Gunung Munara Anda bisa menikmati panorama alam yang sangat menakjubkan. Gunung yang berada di Rumpin, Bogor ini sangat cocok bagi pemula yang baru ingin menjajal aktivitas mendaki gunung. Dari bawah sampai ke puncaknya hanya memerlukan waktu satu jam.

14. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung

* sumber: www.gotravelly.com

Bogor memang surganya air terjun. Anda bisa menemukan tempat wisata alam di Bogor berupa air terjun dengan sangat mudah. Curug Cibaliung adalah salah satu air terjun yang cukup terkenal di Bogor. Lokasinya berada di Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Curug Cibaliung tidak menawarkan air terjun yang tinggi. Akan tetapi, air terjun ini sangat bersih dan jernih. Bahkan, saking jernihnya sungai di bawah air terjun ini sering dipakai untuk berenang bagi wisatawan. Curug Cibaliung juga tergolong sepi sehingga Anda bisa lebih leluasa bersantai di sini.

15. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol

* sumber: explorewisata.com

Jika Anda merasa bahwa Gunung Munara masih terlalu tinggi, gunung yang satu ini bisa menjadi alternatif lainnya bagi Anda. Adalah Gunung Batu Jonggol yang tingginya hanya 875 meter di atas permukaan laut. Dilihat dari ukuran tinggi gunung ini, maka Gunung Batu Jonggol bisa didaki hanya dalam waktu kurang dari satu jam saja.

Dari puncak Gunung Batu Jonggol Anda bisa melihat Gunung Gede Pangrango dari kejauhan. Panorama di atas puncak gunung ini memang begitu mempesona sehingga sangat sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa mengabadikan foto.

Itulah daftar tempat wisata alam di Bogor yang sangat seru dan menyenangkan. Punya rekomendasi seputar tempat wisata alam lainnya yang ada di Bogor? Yuk, berbagi kepada kami dan pembaca lainnya dengan menulis nama tempat wisata alam rekomendasi Anda di kolom komentar.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram