keluyuran web banner

10 Tempat Wisata Alam Di Jakarta yang Harus Anda Singgahi

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Siapa bilang Jakarta hanya dipenuhi dengan gedung pencakar langit saja sehingga tidak ada tempat untuk menikmati keindahan alam di ibukota? Anda masih bisa menemukan beberapa tempat wisata alam yang berada di Jakarta dan sekitarnya. Jadi, jika Anda bosan berjalan-jalan di mall atau sekedar ngafe, Anda bisa mencoba untuk singgah di tempat wisata alam tersebut.

Sebagian masyarakat Jakarta mungkin merasa bingung saat harus mencari tempat wisata alam di sekitar ibukota. Pasalnya, ada beberapa tempat yang mungkin tidak Anda sadari atau terabaikan. Nah, kali ini Keluyuran ingin mengingatkan pembaca jika masih ada beberapa tempat wisata alam di Jakarta yang bisa Anda kunjungi untuk refreshing.

Taman Suropati

Taman kota juga bisa dianggap sebagai tempat wisata alam, lho. Apalagi jika taman tersebut dipenuhi dengan tumbuhan yang ditata sedemikian rapi. Ya, Taman Suropati adalah paru-paru kota yang menjadi salah satu referensi tempat wisata alam di Jakarta.

Baik siang maupun malam hari taman ini banyak dikunjungi oleh warga Jakarta. Bahkan, di antaranya banyak pasangan muda-mudi yang menganggap taman ini adalah tempat yang cukup romantis di Jakarta. Air mancur yang terletak di tengah taman juga akan menambah sejuk suasana di Taman Suropati ini.

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu Tempat Wisata Alam Di Jakarta

Jajaran pulau yang ada di Teluk Jakarta, Kepulauan Seribu, ini merupakan sebuah tempat wisata alam yang selalu menjadi favorit bagi warga Jakarta. Tak heran jika banyak warga ibukota yang berlibur ke Kepulauan Seribu pada saat akhir pekan atau hari libur nasional.

Ada beberapa pulau yang memang dijadikan tempat wisata oleh pemerintah setempat, seperti Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Bidadari, Pulau Puteri, Pulau Matahari, dan Pulau Sepa. Bermain pasir sampai berenang di pantai adalah sejumlah kegiatan yang bisa Anda lakukan saat berada di Kepulauan Seribu.

Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Jalan-jalan di hutan bakau bisa menjadi destinasi wisata alam yang dapat menyegarkan tubuh dan pikiran. Suasana teduh ala hutan bakau bisa Anda temukan di Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Tempat ini berada di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Jalan kaki melintasi jembatan panjang di taman wisata ini bisa membuat kita menjadi lebih santai. Bahkan, Anda juga bisa bersepeda di Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini. Sebagai wisatawan, Anda juga bisa menyewa perahu untuk mengitari sungai di hutan bakau sembari menanam mangrove.

Taman Situlembang

Taman Situlembang

Selain Taman Suropati, ternyata ada sebuah taman lain di Jakarta Pusat yang bisa membawa kita lebih dekat dengan alam meskipun sedang berada di kota metropolitan. Adalah Taman Situlembang, yang merupakan kombinasi antara taman dan danau. Ya, ada danau di tengah-tengah taman ini. Menariknya, wisatawan dapat memancing ikan-ikan yang ada di danau ini.

Ikan yang tersedia di danau Taman Situlembang antara lain adalah ikan lele, mujair, dan mas. Nah, yang lebih hebat lagi kita bisa memancing gratis di tempat wisata alam di Jakarta ini. Di taman yang asri ini ada beberapa alat permainan anak yang juga bisa dipakai gratis, lho.

Pantai Ancol

Nah, yang satu ini adalah tempat wisata alam yang sangat terkenal, bahkan tidak hanya terkenal di kalangan warga Jakarta saja, nama Pantai Ancol memang sudah dikenal di seluruh Indonesia. Ancol adalah satu-satunya tempat di mana Anda bisa menikmati objek wisata alam berupa pantai di Jakarta.

Walaupun sudah dikelola sebagai tempat wisata, tetapi Pantai Ancol tetap memiliki daya tarik tersendiri. Banyak orang yang datang ke Pantai Ancol untuk berjalan-jalan, pacaran, ngabuburit, sampai dengan melihat sunset. Memandang laut dan mendengar deburan ombak dari jembatan kayu yang ada di pantai ini juga bisa membantu untuk mengurangi stres yang Anda alami.

Setu Babakan

Setu Babakan adalah tempat wisata alam yang juga sarat dengan wisata budaya. Bagaimana tidak di kawasan danau yang terletak di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, ini ada kampung betawi. Di kampung betawi ini kita bisa mengenal mengenai rumah adat, kesenian, dan kuliner khas betawi.

Sementara itu, jika Anda memilih untuk menikmati keindahan alam di sekitar Setu Babakan, Anda dapat menyewa perahu untuk mengitari danau ini. Ingin mencari aktivitas lain di sekitar danau? Anda dapat memancing di danau ini. Dijamin Anda akan sangat betah berada di Setu Babakan yang adem ini.

Taman Anggrek Indonesia Permai

Taman Anggrek Indonesia Permai

Siapa yang tak tergoda untuk mengagumi kecantikan bunga anggrek dari berbagai jenis? Nah, keindahan alam ini bisa Anda nikmati di Taman Anggrek Indonesia Permai yang masih berada di kompleks Taman Mini Indonesia Indah. Semua koleksi bunga anggrek dari berbagai jenis tampak sangat segar dan terawat di tempat ini.

Bagi Anda pecinta bunga anggrek, maka Taman Anggrek Indonesia Permai ini sangat wajib Anda kunjungi. Apalagi setelah menikmati kecantikan bunga anggrek di taman ini, Anda bisa melipir untuk berwisata ke Taman Mini Indonesia Indah.

Taman Cattleya

Taman Cattleya

Mungkin taman yang satu ini sering Anda lewati atau bahkan hampir setiap hari Anda lewati, tetapi mungkin Anda belum sempat mampir untuk bersantai di sini? Ya, Taman Cattleya adalah salah satu taman kota yang menjadi tempat wisata alam di Jakarta.

Berbeda dengan taman-taman lainnya, di sini tamannya nampak begitu asri dan sangat bersih. Banyak warga setempat yang memilih untuk berolahraga sambil menghirup udara segar di taman ini. Taman Cattleya juga dikenal sebagai Taman Tomang dan berada di kawasan Palmerah, Jakarta Barat.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Menikmati keindahan alam tidak harus melulu berada di pantai dan gunung. Anda bisa menikmati keindahan alam dengan melihat satwa-satwa yang berada di Kebun Binatang Ragunan. Tempat ini ternyata sudah berdiri sejak tahun 1864 dan memiliki koleksi sekitar 2.000 ekor satwa.

Sejak dulu hingga sekarang, Kebun Binatang Ragunan selalu menjadi destinasi wisata pilihan bagi warga Jakarta. Hal tersebut dikarenakan harga karcis masuk kemari tergolong murah dan tempatnya pun sangat sejuk karena ditumbuhi 50 ribu pohon.

Hutan Kota Manggala Wanabakti

Hutan Kota Manggala Wanabakti

Di tengah hiruk pikuk Kota Jakarta, ternyata kita bisa menemukan hutan yang sejuk dan asri. Adalah Hutan Kota Manggala Wanabakti yang luasnya hanya sekitar 0,4 hektar saja. Uniknya, hutan ini berada di halaman perkantoran Departemen Kehutanan yang letaknya di samping Gedung MPR/DPR/DPD.

Jika bosan mengunjungi mall, Anda bisa bersantai sambil berjalan-jalan di hutan ini. Di dekat Hutan Kota Manggala Wanabakti juga terdapat Museum Kehutanan yang juga bisa Anda kunjungi.

Inilah pilihan tempat wisata alam di Jakarta yang harus Anda singgahi. Sesekali Anda bisa mampir ke tempat wisata alam ini untuk menikmati keindahan alam sekitar sekaligus menghirup udara segar. Berminat untuk mengunjungi salah satu atau semua tempat wisata alam ini?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram