10 Wisata Alam di Yogyakarta yang Mesti Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setiap tahunnya, Yogyakarta pasti ramai dikunjungi perantau dari berbagai daerah dan salah satu alasannya adalah untuk menimba ilmu. Terlebih lagi, banyaknya tempat wisata di Yogyakarta membuat kota pendidikan ini semakin menarik untuk dikunjungi. Wisatanya pun terbilang sangat lengkap, mulai dari wisata kota, wisata buatan, hingga wisata alam bisa kamu explore di sini.

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki wisata alam yang sangat kaya. Kamu bisa wisata ke pantai, goa, bukit, hingga gunung. Kali ini Keluyuran akan merangkum 10 tempat wisata alam yang recommended di Yogyakarta. Siapa tahu bisa menjadi referensi liburanmu berikutnya. Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Pantai Drini

Pantai Drini

* sumber: pariwisataku.com

Gunung Kidul merupakan kabupaten yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyimpan banyak tempat wisata alam, salah satunya adalah wisata pantai. Yogyakarta memiliki garis pantai yang sangat panjang. Pantai-pantai di Gunung Kidul pun sangat indah dengan keunikannya masing-masing. Salah satu pantai cantik di sini adalah Pantai Drini.

Pantai Drini merupakan pantai berpasir putih yang letaknya dekat dengan Pantai Nglambor, Pantai Pok Tunggal, dan Pantai Baron. Salah satu yang menarik dari Pantai Drini adalah adanya pulau karang yang membelah garis Pantai Drini menjadi dua bagian. Di sini, kamu bisa juga melakukan aktivitas snorkeling dan menikmati alam bawah laut di Jogja.

  • Alamat: Banjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp15.000 / 15 pantai di Gunung Kidul

2. Goa Pindul

Goa Pindul

* sumber: www.wisataidn.com

Masih di Gunung Kidul, terdapat sebuah goa yang kini sedang ramai dikunjungi wisatawan. Goa Pindul namanya. Goa Pindul merupakan salah satu goa stalaktit terbesar di dunia. Awal mulanya, tempat ini hanya dijadikan sebagai tempat untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti mandi, cuci pakaian, hingga memancing.

Pada akhirnya, Goa Pindul dibuka sebagai tempat wisata umum yang menyajikan keindahan alam dan kegiatan alam yang menyenangkan. Di sini, kamu bisa mencoba sensasi cave tubing atau susur sungai menggunakan pelampung. Tak perlu khawatir tenggelam, karena tingkat keamanan sudah sangat teruji.

  • Alamat: Geleran 2, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidur, Yogyakarta
  • Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp50.000/orang

3. Kedung Pedut

Kedung Pedut

* sumber: jogjatourwisata.id

Selain pantai, Yogyakarta juga memiliki pegunungan. Jadi, kamu bisa menemukan banyak air terjun di sini dan salah satunya adalah Air Terjun Kedung Pedut. Berlokasi di Pegunungan Menoreh, Kedung Pedut memiliki keunikan tersendiri, yaitu aliran air terjun terdapat dua warna, tosca dan putih yang jernih.

Kedung Pedut berada di Kabupaten Kulon Progo. Untuk menuju ke sini, kamu perlu mendaki dan menuruni perbukitan. Karena letaknya yang berada diantara bebatuan Pegunungan Menoreh, membuat air terjun ini cukup tersembunyi. Namun, lelahmu akan terbayar setibanya di Kedung Pedut dengan pemandangan yang cantik.

  • Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
  • Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp3.000/orang

4. Taman Nasional Gunung Merapi

Taman Nasional Gunung Merapi

* sumber: dolandolen.com

Apakah kamu suka mendaki gunung? Jika iya, kamu bisa menyalurkan hobi mendaki gunung di Gunung Merapi yang terletak di antara Yogyakarta dan Magelang. Gunung Merapi memiliki pundak yang disebut dengan Puncak Tusuk Gigi. Namun, kamu tidak disarankan untuk sampai ke puncak dengan alasan keselamatan.

Meskipun kini Gunung Merapi sedang mengalami erupsi, kamu tetap bisa berkunjung setelah kondisi normal dan stabil. Jika kamu tidak suka mendaki gunung dan ingin menikmati keindahan Gunung Merapi, kamu bisa mencoba Lava Tour Merapi menggunakan Jeep dan melihat view gagahnya Gunung Merapi.

  • Alamat: Jl. Kaliurang KM. 22.6, Hargobinangun Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
  • Operasional: 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

5. Pantai Jogan

Pantai Jogan

* sumber: www.sabigaju.com

Satu lagi pantai unik di Yogyakarta yaitu Pantai Jogan. Berbeda dengan pantai lainnya di Gunung Kidul, Pantai Jogan nampak istimewa karena terdapat air terjun yang jatuh dari atas tebing ke bibir laut. Di sini kita bisa menyaksikan air terjun yang mengalir deras ke laut.

Pantai Jogan masuk ke kawasan Pantai Siung. Lokasinya berada di sebelah barat Pantai Siung. Perjalanan menuju ke Pantai Jogan kamu perlu menelusuri jalur yang berkelok dan membelah perbukitan karst. Kamu bisa menikmati guyuran air terjun dengan cara rappelling atau menapaki turunan licin yang basah. Kamu harus ekstra hati-hati jika ingin turun ke pantai.

  • Alamat: Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogkarta
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000/orang

6. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal

* sumber: ksmtour.com

Terletak di kaki gunung, Kabupaten Kulon Progo banyak menyimpan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, dan belum banyak diketahui wisatawan. Salah satu diantaranya ada Taman Sungai Mudal. Di sini terdapat air terjun dan kolam pemandian yang mata airnya berasal dari gua di daerah Mudal.

Aliran air di Taman Sungai Mudah dijadikan sebagai tempat wisata. Terdapat kolam renang untuk anak-anak dan dewasa. Kolam renang untuk anak memiliki kedalaman sampai 1.5 meter, sedangkan kolam dewasa kedalamannya mencapai 2 meter. Kolam dengan luas 7 x 10 meter ini sangat menyenangkan untuk mengisi hari liburmu.

  • Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
  • Operasional: 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp6.000/orang

7. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

Kabupaten Gunung Kidul bukan hanya terdapat deretan pantai yang memesona saja. Di sini, terdapat gunung purba yang dikenal dengan nama Gunung Api Purba Nglanggeran. Gunung ini sempat aktif sekitar 60 – 70 juta tahun yang lalu, namun kini sudah tidak aktif lagi. Itu pula sebabnya gunung ini disebut sebagai “Gunung Api Purba”.

Gunung Api Purba Nglanggeran memiliki berbentuk seperti gugusan bebatuan yang tinggi dan ditumbuhi berbagai macam tanaman. Kamu bisa mencapai ke puncak Gunung Api Purba Nglanggeran dengan menyusuri jalan setapak yang menanjak. Sesampainya di puncak, kamu akan disuguhkan dengan cantiknya pemandangan Gunung Kidul lengkap dengan perbukitannya.

  • Alamat: Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Siang Rp15.000/orang dan malam Rp20.000/orang

 8. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu

* sumber: yogyakarta.panduanwisata.id

Satu lagi tempat wisata di Kabupaten Kulon Progo yang erat kaitannya dengan wisata air. Ada air terjun yang memiliki debit air cukup deras, Grojogan Sewu namanya. Air terjun ini tak lepas dari cerita legenda pewayangan Mahabarata dimana tempat ini konon menjadi tempat dimana Prabu Baladewa bertapa.

Grojogan Sewu memiliki aliran air yang jernih dan udaranya sangat sejuk. Kolam alami tempat jatuhnya air dari tebing berwarna kebiruan yang sangat jernih.jika kamu datang pada pagi hari, maka akan disambut dengan kabut yang berada di atas air terjun.

  • Alamat: Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
  • Operasional: 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp6.000/orang

9. Pantai Timang

Pantai Timang

* sumber: ngetripyuk.id

Pantai yang satu ini, pasti sudah tidak asing didengar. Salah satu pantai di Yogyakarta yang sedang banyak digandrungi wisatawan dari dalam dan luar negeri ini memiliki keunikan, yaitu terdapat bukit karang di tengah laut. Pantai ini bernama Pantai Timang.

Kamu bisa menuju ke bukit karang dengan menggunakan gondola atau kereta gantung. Selain itu, kamu juga bisa menguji adrenalin dengan jalan kaki di atas jembatan untuk bisa sampai di bukit karang. Jika ingin menggunakan kereta gantung, kamu perlu merogoh kocek Rp150.000, dan jika melalui jembatan gantung Rp100.000/orang.

  • Alamat: Jl. Pantai Selatan, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000/orang

10. Goa Jomblang

Goa Jomblang

* sumber: camerawisata.com

Gunung Kidul terdapat banyak goa yang tersebar di 62 titik. Selain Goa Pindul, ada pula Goa Jomblang. Goa Jomblang merupakan salah satu goa vertikal di Yogyakarta yang terbilang dalam. Kedalaman Goa Jomblang ini antara 15 meter hingga 80 meter. Kamu perlu menggunakan webbing untuk bisa sampai di dasar goa.

Terdapat beberapa jalur yang bisa dipilih. Bagi pemula, kamu bisa mencoba jalur pemula dengan kedalaman 15 meter. Kemudian ada pula jalur C yang cukup terjal dengan kedalaman 40 meter. Ada pula jalur B dengan kedalaman 60 meter. Terakhir, jalur A dengan kedalaman 80 meter.  Terdengar ekstrim memang, tetapi sensasinya perlu kamu coba. Dijamin seru!

  • Alamat: Glondong, Panggungharjo, Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp450.000 – Rp1.000.000/orang sesuai paket dan fasilitasnya

Itu tadi 10 tempat wisata alam di Yogyakarta yang seru untuk mengisi hari liburmu. Jalan-jalan di kota istimewa bukan hanya bisa berwisata budaya, namun juga ada wisata alam yang patut kamu coba. Manakah yang menjadi favoritmu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *