Inilah 10 Wisata Alam di sekitar Kota Medan yang Memesona

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Medan merupakan Ibu kota Provinsi Sumatera Utara yang dikenal dengan danau terbesar di Indonesia serta danau vulkanik terbesar di dunia, yaitu Danau Toba. Kota Medan sendiri dikenal dengan destinasi wisata sejarah, yaitu Istana Maimun yang menjadi ikon bagi kota terbesar ketiga di Indonesia ini.

Tak hanya Danau Toba saja, Sumatera Utara juga memiliki destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi mulai dari air terjun, danau, gunung, bukit, hingga kawasan cagar alam bisa ditemukan di sini.

Kali ini Keluyuran akan mengulas 10 destinasi wisata alam di sekitar Medan. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna

Pertama, ada Air Terjun Dua Warna yang terletak di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Air terjun ini berjarak sekitar 52 km dari Kota Medan, dan dapat ditempuh dalam waktu 1.5 jam menggunakan kendaraan bermotor. Air terjun yang berada di ketinggian 1.270 meter di atas permukaan laut ini memiliki dua gradasi warna yang berbeda.

Air terjun Dua Warna mengandung fosfor dan belerang, sehingga air yang jatuh ke kolam alami berwarna putih dan setelah ditampung menjadi warna kebiruan. Di sini, kamu tetap bisa bermain air, tetapi tidak diperbolehkan untuk meminum airnya karena terdapat kadar belerang. Jadi, cukup menikmati kesegaran air terjunnya saja ya.

  • Alamat : Bandar Baru, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp25.000

2. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak

Gunung Sibayak merupakan salah satu gunung di Sumatera Utara yang memiliki ketinggian 2.212 meter di atas permukaan laut. Gunung ini sering disebut dengan istilah “Gunung Raja” oleh masyarakat suku Karo. Gunung Sibayak berjaka kurang lebih 70 km dari Kota Medan, dan dapat ditempuh selama 2 – 3 jam.

Gunung Sibayak memiliki dua jalur pendakian. Jalur Bambu dan Jalur 54. Bagi pemula, disarankan melalui Jalur Bambu, dimana jalur ini lebih landai dan ramah bagi pemula. Sedangkan, jika kamu suka mendaki dengan jalur yang lebih ekstrum, bisa melewati Jalur 54. Di puncak, kamu bisa membangun tenda dengan pemandangan kawah Gunung Sibayak.

  • Alamat : Jaranguda, Merdeka, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp2.000

3. Bukit Lawang

Bukit Lawang

* sumber: langkatpedia.com

Bukit Lawang merupakan destinasi wisata alam yang dikenal dengan sungai yang deras dan juga jernih. Bukit Lawang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser dan dijadikan sebagai tempat pengamatan Orangutan Sumatera yang ada di kawasan hutan lindung Taman Nasional Gunung Leuser.

Bukit Lawang berjarak 88 km dari Kota Medan, dan dapat ditempuh dalam waktu 2.5 jam. Menuju ke Bukit Lawang, kamu perlu melewati 7 jembatan, salah satunya adalah Jembatan Wisma Leuser Sibayak. Setibanya di Bukit Sibayak, kamu bisa masuk ke dalam hutan berbukit dan ditemani dengan pemandu.

  • Alamat : Bukit Lawang, Sampe Raya, Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara
  • Operasional : 07.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp3.000
  • Kontak : 0852-6050-9017

4. Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso

* sumber: ttnotes.com

Satu lagi air terjun memesona di Sumatera Utara. Air Terjun Sipiso-Piso letaknya tak jauh dari Danau Toba, tepatnya di bibir kaldera Danau Toba. Air terjun ini mengalir setinggi 120 meter, dan berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini berasal dari Gunung Dolok Sipiso-Piso.

Air Terjun ini bisa kamu nikmati dari gardu pandang di atas bukit, atau turun langsung ke dasar air terjun dengan waktu 1 jam dengan berjalan kaki melewati anak tangga. Bukit ini menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit di Sumatera Utara.

  • Alamat : Tongging, Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000

5. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar merupakan salah satu danau cantik di Sumatera Utara yang terletak di kaki Gunung Sinabung, Kabupaten Karo. Gunung dengan ketinggian 2.451 meter di atas permukaan laut ini sempat aktif beberapa tahun yang lalu. Jadi, gunung ini sempat menjadi zona bahaya dan jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Meski sempat menjadi zona bahaya, Danau Lau Kawar tetap memiliki pesona yang sangat cantik. Danau yang masuk ke dalam Kawasan Ekosistem Leuser ini berada di ketinggian dan memiliki suhu yang dingin. Air laut berwarna hijau yang jernih serta pemandangan perbukitan yang mengelilingi area danau terlihat sangat memesona.

  • Alamat : Kuta Gugung, Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp10.000

6. Salju Panas Tinggi Raja

Salju Panas Tinggi Raja

Jika di Jawa Barat ada Kawah Putih yang terletak di Kabupaten Bandung, maka di Pulau Sumatera ada Salju Panas Tinggi Raja, atau disebut juga dengan Kawah Putih Tinggi Raja. Tempat ini memiliki air panas berwarna biru kehijauan dan jika dilihat, mirip seperti danau. Di sekeliling kawah, terdapat batu kapur berwarna putih yang mirip seperti dinding es.

Salju Panas Tinggi Raja memiliki aliran air sungai yang tercampur dengan air panas. Banyak pengunjung yang merasakan sensasi mandi di sungai ini. Letak sungai tak jauh dari Kawah Putih Tinggi Raja. Di tepi kawah terdapat spot untuk berfoto yang disertai pagar kayu agar lebih aman.

  • Alamat : Dolok Marawa, Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara
  • Operasional : 09.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Gratis

7. Kampung Ladang

Kampung Ladang

Kampung Ladang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sering dijadikan sebagai tempat untuk outbond, hingga foto prewedding. Jarak dari Kota Medan ke Kampung Ladang hanya 17 km, dan dapat ditempuh selama 30 – 45 menit. Jadi, tempat cocok dijadikan sebagai tujuan untuk rekreasi keluarga.

Kampung Ladang menyediakan beragam fasilitas seru, seperti wahana perahu karet, paintball, outbond, hingga high rope activity. Kampung Ladang sebenarnya tidak dibuka secara umum, tetapi dikhususkan bagi yang memesan paket outbond atau prewedding. Jadi, kamu bisa rekreasi secara private di sini.

  • Alamat : Jl. Lapangan Golf Tuntungan 2, Namorih, Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang
  • Operasional : Minggu, 08.00 – 17.00 WIB. Senin – Sabtu tutup.
  • Tiket masuk : Gratis / Sesuai paket outbond yang dipilih
  • Kontak : 0812-6554-0160

8. Cagar Alam Sibolangit

Cagar Alam Sibolangit

* sumber: www.yangrame.com

Cagar Alam Sibolangit merupakan bagian dari Taman Wisata Alam Sibolangit yang memiliki luas 85,15 hektare. Cagar Alam Sibolangit berjarak kurang lebih 40 km dari Kota Medan. Kawasan ini berada di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Jalur menuju ke Taman Wisata Alam Sibolangit melewati jalanan berkelok dan cukup menanjak.

Cagar Alam Sibolangit menjadi perlindung bagi sistem penyangga kehidupan dan berfungsi untuk menjaka keseimbangan lingkungan hidup, serta mengatur tata air dan iklim mikro. Cagar Alam Sibolangit menyimpan keanekaragaman flora dan fauna yang sangat kaya. Kawasan hutan hujan tropis ini memiliki suasana yang tenang dan sejuk.

  • Alamat : Sibolangit, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp10.000
  • Kontak : 0821-6126-3074

9. Danau Siombak

Danau Siombak

* sumber: jejakpiknik.com

Sumatera Utara, tak hanya memiliki Danau Toba saja. Ada juga danau di Kota Medan. Danau Siombak namanya. Danau ini memiliki diameter kurang lebih 1000 meter. Danau Siombak berada di antara dua sungai, yaitu Sungai Terjun dan Sungai Deli. Air danau berwarna kehijauan yang berasal dari lumut dan tanaman ganggang.

Danau Siombak menjadi salah satu destinasi wisata alam yang ramai dikunjungi oleh masyarakat Kota Medan, karena tak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk menikmati pemandangan danau. Di sini pengunjung dapat memancing ikan dan langsung diolah. Jadi Danau Siombak ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

  • Alamat : Jl. Pasar Nippon, Paya Pasir, Medan Marelan, Kota Medan
  • Operasional : 09.00 – 20.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp2.000
  • Kontak : 0812-6326-301

10. Bukit Gundalin

Bukit Gundalin

* sumber: www.travelingan.net

Bukit Gundaling merupakan salah satu destinasi wisata di Berastagi. Berjarak sekitar 67 km dari Kota Medan, Bukit Gundaling dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam dari kota Medan. Di bukit ini, kamu bisa melihat Kota Berastagi dari ketinggian yang dikelilingi oleh perbukitan di sekitarnya.

Bukit Gundaling lekat dengan cerita legenda dimana terdapat pasangan yang tidak mendapat restu dari orang tua, hingga saat sang pria akan meninggalkan Berastagi, dan mengunjungi bukit inim kemudian berteriak “good bye darling”. Akhirnya warga yang melihat kejadian itu pun memberi nama tempat ini Bukit Gundaling.

  • Alamat : Jl. Letjend Jamin Ginting, Gundaling I, Berastagi, Kabupaten Karo
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp4.000

Itulah ulasan tentang destinasi wisata alam di sekitar Kota Medan. Di sini kamu bisa mencoba mendaki gunung, hingga menikmati segarnya air terjun di Sumatera Utara. Di antara 10 destinasi wisata alam yang disebutkan di atas, mana yang menjadi favoritmu? Yuk, Keluyuran ke Medan!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *