10 Tempat Wisata Alam di Semarang yang Sangat Menarik

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Bagi para backpacker, kegiatan mengunjungi satu kota atau daerah untuk berlibur memang merupakan hal biasa. Backpacker cenderung berwisata untuk mencoba tempat-tempat baru yang bahkan mungkin belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Nah, kali ini Keluyuran ini mengajak Anda, para backpacker, dan siapa pun yang berlibur untuk melipir ke Semarang.

Ada apa di Semarang? Tentu saja ada banyak tempat wisata menarik yang patut untuk Anda kunjungi. Di kesempatan ini, kami akan mengajak Anda untuk menengok beberapa tempat wisata alam di Semarang yang bisa Anda kunjungi.

10 Tempat Wisata Alam di Semarang

1. Pantai Maron

Pantai Maronn Tempat Wisata Alam di Semarang

* sumber: www.jejakpiknik.com

Siapa bilang Anda tidak bisa menemukan pantai di Semarang? Tempat wisata alam di Semarang yang akan kami bahas untuk pertama kali adalah Pantai Maron. Lokasi pantai ini hanya berjarak beberapa meter saja dari Bandara Ahmad Yani Semarang. Walaupun Anda tidak bisa menemukan pasir yang putih bersih seperti pantai-pantai yang ada di Lombok, tetapi toh Pantai Maron tetap dianggap sebagai pantai yang eksotis bagi wisatawan.

Banyak wisatawan yang datang berkunjung kemari walaupun akses jalan kemari masih belum terlalu mudah lantaran masih berupa tanah yang dipadatkan. Ingin melihat sunset yang indah saat berada di Semarang? Datang saja ke Pantai Maron!

2. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

* sumber: wisata.pesona.travel

Wisata alam kok ke candi? Tunggu dulu sampai Anda ke sana dan menyaksikan sendiri pemandangan alam yang memukau di sekitar candi ini. Candi Gedong Songo adalah kompleks bangunan candi yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Ketika berkunjung kemari, kita tidak hanya dapat menikmati pemandangan candi saja, tetapi juga pemandangan pegunungan dan pohon pinus serta udara yang sangat sejuk.

Uniknya, di sekitar Candi Gedong Songo ini juga terdapat fasilitas outbound untuk anak-anak dan dewasa. Bahkan, di candi ini juga terdapat sumber mata air panas yang bisa kita kunjungi jika ingin berendam. Apalagi sumber air panasnya mengandung belerang sehingga dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit.

3. Curug Lawe

Curug Lawe

Hanya berjarak sekitar 500 meter dari Curug Benowo, ada air terjun yang tak kalah indah, yaitu Curug Lawe. Air terjun ini sama-sama masih terdapat di kawasan Gunung Ungaran. Jarak yang harus ditempuh dari Kota Semarang untuk sampai ke Curug Benowo sekitar 12 KM saja. Namun, jika Anda berjalan kaki dari Curug Benowo, Anda harus berjalan kaki sekitar 30 menit.

Jalan yang harus ditempuh dari Curug Benowo ke Curug Lawe berupa jalan berpasir dan sungai dangkal sehingga Anda benar-benar akan berwisata alam di sini. Curug Lawe sendiri terletak di tebing berbentuk melingkar yang nampak seperti dekorasi alami yang sangat eksotis.

4. Rawa Pening

Kecelakaan dan sejumlah misteri Rawa Pening

Berbicara soal tempat wisata alam di Semarang, Anda wajib berkunjung ke Rawa Pening, sebuah danau alam terbesar di Kabupaten Semarang yang luasnya sekitar 2.670 hektar. Danau yang indah ini berada di Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, Banyubiru. Dari danau ini kita bisa menikmati pemandangan pegunungan.

Udara di sekitar danau juga sangat sejuk sehingga cocok menjadi tempat wisata bagi Anda yang ingin refreshing. Di sekitar danau banyak orang yang menyewakan perahu untuk wisatawan yang ingin berkeliling danau. Bahkan, di tepi danau juga terdapat taman bermain untuk anak-anak. Pemandangan danau alam yang eksotis dan Instagrammable ini hanya bisa Anda jumpai di Rawa Pening.

5. Umbul Sidomukti

Pondok Wisata Umbul Sidomukti

Kolam renang infinity yang satu ini ternyata ada di Umbul Sidomukti yang berada di Bandungan, Semarang. Bisa dikatakan bahwa kolam ini adalah kolam renang alam. Anda akan berenang di atas puncak bukit dengan pemandangan perbukitan hijau yang sangat mempesona.

Di Umbul Sidomukti, Anda juga bisa menjajal berbagai permainan outbound yang ada, seperti flying fox, marine bridge, rappelling, dan ATV. Kawasan wisata alam yang satu ini bisa dikunjungi oleh backpacker maupun keluarga yang membawa anak-anak.

6. Taman Mangrove Mangunharjo

Taman Mangrove Mangunharjo

* sumber: theyforgotten.blogspot.co.id

Tak banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Taman Mangrove Mangunharjo. Tempat eduwisata yang satu ini memang belum terlalu sering dipromosikan oleh pemerintah setempat. Namun, hal ini tentu akan menyenangkan bagi para backpacker yang tidak terlalu suka berkunjung ke tempat wisata yang sudah terlalu ramai.

Wisatawan dapat menyusuri hutan mangrove ini melalui jembatan bambu yang terbentang panjang di atas sungai. Anda pasti akan sangat menikmati pemandangan alam dari hutan bakau yang sangat sejuk dan mempesona ini.

7. Brown Canyon

Brown Canyon

Ingin berwisata ke tempat yang menyerupai Grand Canyon? Anda tak perlu jauh-jauh terbang ke Amerika, lho. Karena di Semarang Anda bisa menjumpai tempat wisata serupa yang bernama Brown Canyon. Dahulu tempat ini adalah area pertambangan yang dikenal dengan protek galian C. Namun, seiring berjalannya waktu area pertambangan ini mulai ditinggalkan dan dijadikan sebagai tempat wisata alam di Semarang yang sangat fenomenal.

Jangan lupa untuk membawa kamera untuk berfoto-foto di Brown Canyon. Pasalnya, di tempat wisata alam yang unik ini sangat Instragrammable, bahkan ada beberapa pasangan yang melakukan sesi foto pre-wedding di Brown Canyon.

8. Goa Rong View

Goa Rong View

Goa Rong View bukanlah sebuah tempat wisata goa batu pada umumnya. Ini adalah tempat di mana kita bisa menyaksikan pemandangan alam yang membentang luas di hadapan kita. Goa Rong View saat ini lebih dikenal dengan nama Bukit Rong View. Anda dapat menikmati pemandangan Rawa Pening dari atas ketinggian.

Tak hanya itu saja, melalui tempat wisata alam ini dapat menikmati pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Andong, dan Gunung Telomoyo. Jika Anda menghadap ke sebelah timur, Anda dapat melihat pemandangan Gunung Ungaran dan Gunung Kendalisodo.

9. Hutan Wisata Tinjomoyo

Hutan Wisata Tinjomoyo

Hutan nampaknya adalah tempat wisata yang cocok bagi Anda yang rindu untuk menyatu dengan alam. Namun, agar liburan Anda lebih aman, Anda bisa mengunjungi Hutan Tinjomoyo yang sudah dikelola secara resmi sebagai tempat wisata.

Adapun aktivitas yang bisa dilakukan di sini adalah outbound activities, camping, dan sekedar berjalan-jalan menikmati pemandangan sambil mendengar kicau burung-burung. Salah satu spot terkenal di Hutan Wisata Tinjomoyo adalah Jembatan Tinjomoyo. Jembatan ini kerap kali menjadi spot foto bagi para fotografer yang sedang hunting di hutan ini.

10. Pantai Marina

Pantai Marina

Pantai Marina adalah pantai lain selain Pantai Maron yang terkenal di Semarang. Di pantai ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat eksotis. Tak heran jika pantai ini ramai dikunjungi pada sore hari, bahkan pada saat hari libur nasional atau akhir pekan.

Dahulu, Pantai Marina adalah area hutan bakau dan tambak. Namun, saat ini pantai ini sudah dikelola sebagai tempat wisata dengan fasilitas yang memadai. Pada malam hari, di sekitar Pantai Marina ini banyak dibuka warung yang menjual berbagai macam kuliner yang harus Anda coba.

Yuk, kunjungi tempat wisata alam di Semarang ini baik sebagai backpacker maupun traveler. Jika Anda ingin mencari penginapan murah di Semarang, Keluyuran sudah menulis beberapa rekomendasi penginapan dengan harga terjangkau di kota lumpia ini pada beberapa waktu yang lalu. Jadi, liburan yang menyenangkan tak harus menghabiskan biaya yang mahal, lho.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram