15 Tempat Wisata Anak di Bandung yang Sangat Seru

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 14 Juni 2021

Jalan-jalan ke Bandung bersama keluarga tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Sebagai orang tua, Anda tentu ingin membahagiakan si kecil dengan mengajaknya ke tempat-tempat wisata yang sesuai dengan usianya, bukan?

Ada beberapa tempat wisata anak di Bandung yang bisa Anda kunjungi bersama si kecil. Selain tempat bermain, berbagai tempat wisata tersebut juga dapat memberikan edukasi yang yang sangat bermanfaat bagi buah hati Anda. Apa sajakah tempat wisata anak yang populer di Bandung tersebut? Berikut ulasannya dari Keluyuran.

1. The Farm House

farm house
  • Alamat: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Nomor Telepon: (022) 4262815
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-20.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 25.000 per orang

Salah satu tempat wisata anak di Bandung yang sedang sangat hits di media sosial adalah The Farm House. Mengapa? Karena di tempat wisata yang masih tergolong sangat baru ini Anda bisa mengunjungi replika Rumah Hobbit. Ya, di sini banyak wisatawan yang datang untuk berfoto dengan rumah kurcaci yang memang dibuat mirip dengan yang ada di film The Hobbit.

Suasana rumah kurcaci di tengah perkebunan ini mungkin dahulu hanya bisa dilihat di New Zealand saja, tetapi kini kita bisa melihatnya di Bandung. Usai capek berkeliling di The Farm House, Anda bisa mengajak si kecil untuk menikmati susu sapi murni di dalam kawasan objek wisata yang terletak di Lembang ini.

2. Trans Studio Bandung

tempat wisata anak di bandung trans studio
  • Alamat: Jl. Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 86012555
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 10.00-18.00 WIB, Sabtu-Minggu 10.00-18.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 180.000 s/d Rp 250.000 per orang

Salah satu indoor theme park yang cukup besar ini secara tak langsung telah menjadi landmark Kota Bandung. Trans Studio Bandung diklaim sebagai theme park yang lebih seru dan menarik dari seluruh taman bermain di Indonesia, termasuk Trans Studio Makassar.

Terdapat 20 wahana menarik yang bisa Anda coba ketika mengunjungi Trans Studio Bandung. Wahana yang populer di theme park ini antara lain adalah Dunia Lain, Jelajah, Indosat Vertigo Galaxy, Sky Pirates, Dragon Riders, dan masih banyak lagi.

Setelah puas bermain di Trans Studio Bandung, Anda bisa beristirahat di Trans Luxury Hotel Bandung atau berjalan-jalan di Trans Studio Mall Bandung. Baik theme park, mall, dan hotel berada di satu area yang sama. Trans Studio Bandung terletak di Jl. Jend. Gatot Subroto No. 289, Bandung.

3. Dago Dream Park

Dago Dream Park (Copy)
  • Alamat: Jalan Dago Giri Km 2,2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Nomor Telepon: 0812-2230-068
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 09.00-17.00 WIB, Sabtu-Minggu 08.00-20.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 25.000 s/d Rp 35.000 per orang

Dago Dream Park juga merupakan tempat wisata populer yang cocok untuk si kecil. Bukan hanya wahana karpet Aladin yang dikhususkan untuk remaja serta orang dewasa saja, di sini ada beberapa wahana untuk anak yang masuk dalam kategori family arena.

Di antaranya ada Geared Up yang merupakan wahana permainan sepeda, kemudian ada wahana Pine House yang memuat beberapa wahana seperti slider atau seluncuran, hingga Mini ATV dan Uncle's Barn yang memungkinkan anak untuk berinteraksi dengan beragam hewan ternak.

Untuk bisa memasuki wahana-wahana ini, Anda perlu membayar biaya lagi sekitar Rp 30 ribu sampai dengan Rp 35 ribu, tergantung jenis wahananya. Harga tiket masuk ke area Dago Dream Park-nya sendiri adalah sebesar Rp 25 ribu saat weekdays dan Rp 35 ribu saat weekends. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi nomor kontak yang tersedia, atau kunjungi langsung website Dago Dream Park dengan cara klik link ini.

4. Orchid Forest

Garden of Light
  • Alamat: Genteng, Cikole, Lembang, Kab Bandung Barat
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00 - 18.00 WIB
  • No Telepon: (022) 7612816
  • Harga Tiket: Rp40.000 (Domestik), Rp100.000 (Mancanegara)

Tempat rekreasi selanjutnya adalah Orchid Forest Cikole. Di kawasan hutan pinus yang luas ini, Anda beserta keluarga dapat berjalan-jalan sambil menikmati banyak pemandangan yang indah dan udara yang sejuk.

Di sini terdapat greenhouse atau rumah kaca yang dipenuhi oleh beragam jenis anggrek dan juga kaktus serta flora lainnya. Ada juga tempat untuk bermain outbound bagi anak-anak dan dewasa.

Selain itu, banyak spot menarik di Orchid Forest yang sayang sekali jika tidak Anda abadikan dalam jepretan kamera. Sebut saja Sky Bridge, sebuah jembatan panjang yang jadi spot favorit para pengunjung untuk mengambil foto. Apalagi jika Anda berkunjung pada sore atau malam hari, Sky Bridge akan nampak lebih indah karena dihiasi gemerlapnya lampu-lampu.

5. Kampung Cai Ranca Upas

ranca upas (Copy)Sumber: jetranirezadias.com
  • Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Kab Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • No Telepon: 0812 2345 6911
  • Harga Tiket: Rp20.000

Berada di dalam kawasan perkemahan Bumi Ranca Upas, Kampung Cai Ranca Upas menawarkan wisata alam yang murah meriah bagi Anda dan keluarga. Di sini Anda bisa melakukan kegiatan berkemah, berenang di kolam air hangat, juga ke penangkaran rusa.

Setelah Anda membayar tiket masuk di gerbang awal, selanjutnya Anda tidak dikenakan tiket lagi jika memasuki penangkaran rusa. Jika mau, Anda hanya perlu membeli pakan wortel untuk diberikan kepada rusa. Jika Anda ingin memasuki area kolam renang, Anda akan dikenai lagi harga tiket sebesar Rp20.000.

Oh ya, Anda juga bisa menyewa tenda dan tikar tanpa harus bermalam. Biasanya sewa tenda di sini dihargai sebesar Rp150.000 untuk tenda dan tikar kecil dengan kapasitas 2-3 orang, dan Rp250.000 untuk tenda yang lebih besar dengan kapasitas 4-5 orang.

6. Lembang Park & Zoo

  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: Senin-Jumat 09.00-17.00 WIB, Sabtu-Minggu 09.00-18.00 WIB
  • No Telepon: (022) 2785168
  • Harga Tiket: Rp50.000/orang

Berkunjung ke kebun binatang tentunya sangat disukai oleh anak-anak maupun dewasa. Di Lembang Park & Zoo, Anda dapat menemukan suasana kebun binatang yang berbeda dari biasanya.

Hadir dengan konsep yang terlihat lebih modern dan warna warni, aneka satwa yang berada Lembang Park & Zoo juga terbilang cukup lengkap, mulai dari reptil, hewan bertaring seperti singa dan macan, dan tak ketinggalan berbagai jenis unggas.

Tidak hanya aneka satwa dan flora, di sini juga tersedia wahana permainan untuk anak-anak seperti carousell, penyewaan perahu, mini scooter, dan lain sebagainya. Tidak perlu khawatir perut Anda kelaparan, karena di sini juga banyak sekali resto atau tenant yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman.

7. Dusun Bambu

15 Tempat Wisata Anak di Bandung yang Sangat Seru 1
  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.KM, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.30-17.30
  • No Telepon: 0815 6380 8021
  • Harga Tiket: Dewasa Rp75.000, Anak Rp50.000

Setelah melakukan pembaharuan dan renovasi besar-besaran di kala pandemi, kini Dusun Bambu hadir dengan wajah baru yang lebih tertata, rapih, dan area yang lebih luas.

Di taman rekreasi ini Anda bisa mengajak buah hati berjalan-jalan menyusuri banyak area berbeda mulai dari Galeri Flora Indonesia, Taman Arimbi, Lembur Urang.

Di area Lembur Urang, anak-anak bisa mencoba berbagai permainan tradisional khas sunda yang sudah jarang ditemukan seperti gangsing, congkak, atau mencoba memainkan alat musik gamelan. Ada juga penyewaan sepeda gratis yang sudah termasuk ke dalam tiket masuk.

Jika kesini, jangan lupa juga untuk naik perahu mengelilingi danau dan berswafoto bersama keluarga, ya!

8. Floating Market

floating market (Copy)Sumber: nahmj.com
  • Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: Senin-Kamis 09.00-19.00 WIB, Jumat-Minggu 08.00-20.00 WIB
  • No Telepon: 022 278 7766
  • Harga Tiket: Rp20.000 per orang

Salah satu tempat wisata yang satu ini memang sudah cukup terkenal. Di Floating Market, Anda bisa mengajak anak-anak berjalan-jalan, melihat pemandangan, memberi makan ikan, naik perahu, dan juga menikmati wisata kuliner.

Dari sini, Anda juga bisa mengunjungi Kota Mini dan juga Rainbow Graden yang masih berada di dalam satu area dengan Floating Market.

Cara pembayaran di Floating Market ini pun terbilang cukup unik, dimana Anda harus menukarkan uang Anda menjadi koin khusus. Nah, koin inilah yang bisa Anda gunakan untuk bertransaksi dalam membeli makanan atau minuman.

9. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung (Copy)
  • Alamat: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-16.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 40.000 per orang

Kebun Binatang Bandung yang berlokasi tak jauh dari kampus Institut Teknologi Bandung menjadi rumah tinggal bagi berbagai macam hewan. Mulai dari tapir, buaya, beruang madu, beragam jenis burung, unta hingga orang utan dan kuda. Di sekitar kandang biasanya terdapat informasi mengenai hewan tersebut, sehingga si kecil dapat menambah wawasannya di dunia fauna.

Selain itu, Kebun Binatang Bandung juga punya fasilitas berupa wahana permainan anak. Di sini, si kecil juga bisa menaiki hewan gajah yang lucu nan menggemaskan. Nah, kalau ke Bandung, jangan lupa kunjungi Kebun Binatang Bandung, ya.

10. Saung Angklung Udjo

tempat wisata anak di bandung Saung Angklung Udjo
*
  • Alamat: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 7271714
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 10.00-18.00 WIB, Sabtu-Minggu 10.00-18.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 50.000 s/d Rp 120.000 per orang

Saung Angklung Udjo adalah tempat di mana si kecil bisa mempelajari alat musik tradisional Sunda, yakni Angklung. Selain belajar angklung, anak-anak juga dapat mengetahui cara pembuatan dari alat musik bersuara unik ini.

Saung Angklung Udjo umumnya menggelar pertunjukkan angklung yang seru untuk disaksikan. Tertarik untuk berkunjung kemari bersama si kecil? Datang langsung saja ke Jalan Padasuka No. 118, Kota Bandung.

Harga tiket masuk ke Saung Angklung Udjo selama hari biasa adalah Rp 70 ribu, sedangkan untuk anak hanya Rp 50 ribu. Sementara untuk turis mancanegara dewasa, harga tiket masuk di weekdays Rp 110 ribu dan untuk anak Rp 70 ribu.

Sedangkan harga tiket masuk selama akhir pekan naik sebesar Rp 5 ribu untuk turis domestik, baik anak maupun dewasa. Dan bagi turis asing, harga tiket masuknya mengalami kenaikan sebesar Rp 10 ribu saja.

11. Panama Park

Panama Park_JoynFun (Copy)
  • Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.825, Cijerah, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: 0822 1333 3825
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 10.00-18.00 PM
  • Harga Tiket: Snowpark Weekdays Rp45.000/30 menit, Weekend Rp60.000/30 menit

Selanjutnya ada Panama Park, sebuah taman bermain indoor yang terdiri dari berbagai permainan mulai dari Game Master, mandi bola, seluncuran hingga taman yang dipenuhi oleh salju buatan atau lebih dikenal dengan snowpark.

Untuk memasuki area Game Master Anda tidak dikenakan tiket masuk namun hanya perlu mengisi kartu dengan jumlah tertentu untuk digunakan pada mesin permainan yang Anda inginkan. Ada juga arena Joy & Fun, yaitu area bermain tersendiri yang cukup luas dan terdiri dari permainan seperti ayunan, perosotan, mandi bola, lego, sepeda, dan lain sebagainya.

Jika ingin memasuki arena Joy & Fun Anda akan dikenakan tiket seharga RP95.000 untuk sepuasnya. Dan apabila ingin mencoba merasakan sensasi bermain salju, harga tiketnya adalah Rp40.000/30 menit untuk weekday, dan Rp60.000/30 menit untuk weekend. Tiket ini sudah termasuk fasilitas sepatu salju yang dipinjamkan agar tidak licin ketika memasuki area bersalju.

Oh ya, jika Anda ingin mencoba bermain salju di snowpark, jangan lupa membawa jaket tebal dan sarung tangan serta kaos kaki ya, karena suhu di area snowpark ini cukup dingin yaitu sekitar 4 derajat celcius.

12. Ciwidey Valley Resort

15 Tempat Wisata Anak di Bandung yang Sangat Seru 2Sumber: agoda.com
  • Alamat: Jl. Barutunggul KM. 17 Ciwidey, Alamendah, Kec. Rancabali, Bandung
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00-17.00 WIB
  • No Telp: 022 8592 0222
  • Harga Tiket: Rp20.000 per orang (Belum termasuk tiket wahana lainnya)

Ciwidey Valley Resort merupakan kawasan wisata yang terdiri dari penginapan, kolam renang air panas, area kemah mini, dan juga tersedia resto dan cafe, serta tersedia taman kelinci dan taman bermain anak. Ditambah dengan udara yang sejuk dan lahan hijau yang cukup luas, akan membuat anak-anak leluasa bermain dan pasti merasa senang berada di sini.

Meskipun Anda tidak menginap, kawasan ini terbuka untuk umum yang hanya ingin sekedar berjalan-jalan mengitari area taman bermain, atau juga berenang.

Begitu masuk, Anda akan dikenakan charge sebesar Rp20.000/orang, belum termasuk harga tiket kolam renang sebesar Rp50.000/orang. Untuk membeli pakan kelinci dan area bermain wahana, Anda akan dikenakan biaya tambahan yang berbeda. Oh ya, kawasan wisata ini berada tidak jauh dari tempat wisata Kawah Putih, dan juga Ranca Upas.

13. Rabbit Town

RABBIT TOWN
  • Alamat: Jl. Rancabentang No.30-32, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 64404848
  • Jam Operasional: Senin-Jumat 10.00-20.00 WIB, Sabtu-Minggu 09.00-20.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 35.000 s/d Rp 45.000 per orang

Siapa yang nggak kenal dengan Rabbit Town? Tempat wisata ini terkenal memiliki banyak spot foto yang unik. Salah satunya adalah replika dari LACMA lights yang ada di Los Angeles County Museum of Art.

Nah, nggak cuma ada berfoto spot foto yang bagus saja, di Rabbit Town, anak-anak bisa memberi makan burung merpati dan juga monyet. Tempat yang dipenuhi dengan patung kelinci yang lucu ini berlokasi di kawasan Ciumbuleuit, Kota bandung. Harga tiket masuknya cukup murah, yakni Rp 35 ribu untuk weekdays dan Rp 45 ribu untuk weekends.

14. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

taman lalu lintas bandung
  • Alamat: Jl. Belitung No.1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 4201667
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu 08.00- 15.00 WIB, Minggu 08.00-16.00 WIB, Jumat tutup
  • Harga Tiket Masuk: Rp 7.000 per orang

Yuk, ajak si kecil berekreasi sekaligus belajar mengenal rambu-rambu lalu lintas. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution ini merupakan taman yang memenuhi fungsi pendidikan, taman kota, dan rekreasi.

Tak hanya bisa digunakan untuk berwisata, taman ini juga menyediakan jalur-jalur yang dilengkapi dengan rambu lalu lintas. Si kecil bisa mengendarai sepeda untuk mengelilingi jalur yang tersedia sekaligus mempelajari berbagai peraturan lalu lintas.

Taman dengan luas 3,5 Ha ini dipenuhi dengan pepohonan yang rindang sehingga dianggap sebagai taman kota. Taman Lalu Lintas mendapatkan kunjungan dari kurang lebih 250 ribu orang setiap tahunnya.

Hal tersebut wajar mengingat harga tiket masuk taman ini sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 7.000 saja Anda bisa memasuki area Taman Lalu Lintas ini. Akan tetapi, jika ingin naik kereta api atau berenang Anda harus membayar tiket lagi. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution berada di Jl. Belitung No.1, Bandung.

15. Bird Pavilion at Pramestha

bird pavilion
  • Alamat: Komp. Pramestha Mountain City, Jl. Akaza Utama, Dago Giri No.9, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Nomor Telepon: (022) 87791919
  • Jam Operasional: Setiap hari 09.00-17.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 35.000 per orang

Kalau Anda ingin memperkenalkan beragam jenis burung pada si kecil, kunjungi saja Bird Pavilon at Pramestha. Ya, di tempat ini, ada banyak jenis burung yang bisa ditemui. Ada burung parrot, nuri sampai burung hantu yang lucu dengan bulunya yang cantik.

Tempat ini juga punya banyak spot foto yang bagus-bagus, lho. Datang langsung saja ke Bird Pavilion at Pramestha yang berlokasi di kompleks perumahan Pramestha Mountain City, Jalan Akaza Utama, Dago Giri, Mekarwangi, Lembang, Kab. Bandung Barat.

Nah, itu dari rekomendasi tempat wisata anak di Bandung dari Keluyuran. Setelah mengunjungi berbagai tempat tersebut, Anda juga dapat mengajak si kecil untuk mengunjungi tempat wisata alam di Bandung yang sangat indah dan menawan. Selamat berlibur!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram