10 Tempat Wisata Anak di Jogja yang Pasti Disukai Si Kecil

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 14 April 2020

Kolam renang, kebun binatang, dan taman rekreasi adalah sejumlah tempat wisata yang ramah terhadap anak-anak. Si kecil pasti sangat antusias mengunjungi tempat-tempat tersebut. Hampir di setiap kota pasti terdapat tempat wisata anak. Jika saat ini Anda sedang berada di Jogja, sangat mudah untuk menemukan sejumlah tempat wisata yang pasti disukai oleh si kecil di kota tersebut.

Jogja adalah kota yang banyak menyediakan tempat wisata sejarah dan budaya. Berikut ini Keluyuran sudah merangkum daftar 10 tempat wisata anak di Jogja yang pasti disukai oleh si kecil. Yuk, ajak anak-anak ke tempat-tempat ini agar mereka menikmati liburannya!

10 Tempat Wisata Anak Di Jogja

1. The Lost World Castle

The Lost World Castle 1 Tempat Wisata Anak Di Jogja

Tempat wisata anak di Jogja yang pertama berada di kaki Gunung Merapi. Konsep yang dihadirkan The Lost World Castle ini benar-benar keren dan bisa membuat Anda berdecak kagum. Bangunan tempat wisata ini agak mirip dengan lokasi syuting Benteng Takeshi, sebuah reality show TV dari Jepang.

The Lost World Castle

Ada banyak spot foto menarik di sini, sehingga tak heran jika The Lost World Castle menjadi salah satu tempat hunting foto di Jogja yang menarik. Apalagi view Gunung Merapi nampak jelas dari sini. Anak-anak pasti antusias karena tempat wisata ini membuat Anda merasa seperti berada di luar negeri.

2. Taman Pintar

Taman Pintar

Sesuai dengan namanya, Taman Pintar adalah tempat wisata yang sarat dengan nilai edukasi. Di tempat ini, anak-anak akan tertarik untuk belajar dengan tanpa merasa terbebani sama sekali. Ada beragam wahana edukatif yang hadir dengan nama-nama unik, seperti parabola berbisik, air menari, dinding berdendang, pipa bercerita, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu saja, Taman Pintar juga menyediakan Ruang Sains dan Teknologi yang membuat anak tertarik pada ilmu pengetahuan secara alamiah. Ada juga Ruang Profesi yang mengenalkan anak terhadap beragam profesi yang ada di Indonesia dan juga toko buku. Pokoknya, anak-anak akan tertarik belajar dengan sepenuh hati saat berada di Taman Pintar.

3. Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark

Anak-anak pasti sangat antusias ketika diajak untuk bermain air. Apalagi jika Anda membawa si kecil ke waterpark yang cukup hits di Jogja, yakni Jogja Bay Waterpark. Pengelola tempat wisata ini mengklaim bahwa Jogja Bay Waterpark adalah taman bermain air terbesar, tercanggih, dan terlengkap di Indonesia.

Ada 19 wahana permainan yang seru yang sangat layak untuk dicoba saat Anda membawa si kecil kemari. Meskipun sudah buka sejak tahun 2015, tapi Jogja Bay Waterpark ini masih ramai pengunjung, terutama jika Anda kemari pada akhir pekan atau hari libur nasional.

4. Museum Dirgantara

Museum Dirgantara

Ketika membahas tempat wisata anak di Jogja Anda tidak hanya akan menemukan tempat rekreasi berupa taman bermain air saja, tapi ada juga tempat yang nilai edukatifnya sangat tinggi tapi tetap membuat si kecil antusias. Dari Museum Dirgantara ini anak-anak bisa menyaksikan pesawat terbang dari dekat, bahkan bisa juga menyentuhnya.

Anak juga bisa masuk ke dalam kokpit untuk menjajal bagaimana rasanya menjadi seorang pilot pesawat terbang. Total ada sekitar 36 pesawat yang ada di dalam museum ini. Ajak anak-anak untuk turut berfoto dengan layar belakang pesawat yang berdiri dengan kokoh di dalam museum ini.

5. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka

Anak mana yang tidak antusias ketika diajak berjalan-jalan untuk melihat satwa di kebun binatang? Kala berada di Jogja, ajak buah hati Anda berkunjung ke Kebun Binatang Gembira Loka. Kebun binatang yang menempati lahan seluas 20 hektar ini memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap. Ada kijang, unta, singa, jerapah, buaya, dan lain-lain.

Satwa yang tinggal di kebun binatang ini sangat sehat dan terawat. Terlebih lagi suasana di Kebun Binatang Gembira Loka ini cukup asri dan nyaman, sehingga anak-anak jadi semakin betah berada di sini. Usai melihat satwa, si kecil bisa bermain sejenak dengan ayunan, sepeda air, atau jungkat jungkit yang ada di dalam Kebun Binatang Gembira Loka.

6. Desa Wisata Brayut

Desa Wisata Baryut

Sebuah desa di Sleman, Yogyakarta ini bisa memberikan si kecil sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Jika bosan main-main di taman rekreasi, Desa Wisata Brayut ini bisa dijadikan destinasi wisata anak selanjutnya, lho. Ada apa di Desa Wisata Brayut?

Anak-anak akan mendapatkan pengalaman menanam padi secara langsung di sini, mulai dari membawa bibit padi dan menancapkan bibit padi tersebut ke dalam lumpur. Desa Wisata Brayut juga menyediakan kegiatan belajar menari, menangkap ikan, dan bermain gamelan untuk anak-anak. Pokoknya, si kecil bakal mendapatkan pengalaman seru dan menyenangkan di sini.

7. De Mata Trick Eye Museum & De Arca

De Mata Trick Eye Museum & De Arca

Museum tidak selalu membosankan yang diisi dengan benda-benda beserjarah. Di Jogja, ada juga museum menyenangkan yang pasti membuat anak-anak antusias untuk memasukinya. Adalah De Mata Trick Eye Museum yang merupakan museum dengan gambar 2D atau 3D yang dapat “menipu” mata.

Di dalam De Mata Trick Eye Museum ada juga area bernama De Arca, di mana anak-anak juga bisa berpose dengan patung-patung yang menyerupai tokoh-tokoh ternama, seperti Steve Jobs, Joko Widodo, sampai dengan tokoh-tokoh The Avengers. Semua yang ada di dalam museum ini terlihat sangat nyata, meskipun sebenarnya hanya tipuan mata belaka.

8. Taman Pelangi Monjali

Taman Pelangi Monjali

Mengajak buah hati berkunjung ke tempat wisata anak di Jogja tidak harus selalu siang hari. Malam hari, ada sebuah tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama si kecil, yaitu Taman Pelangi Monjali. Tempat ini hanya buka pada malam hari karena menonjolkan kecantikan lampion warna-warni dalam beragam bentuk yang memang dipajang di area taman ini.

Pesona lampion di taman ini benar-benar mengajak kita untuk berfoto-foto. Namun, di sini tidak hanya ada taman lampion saja, ada juga beberapa wahana permainan, seperti trampolin, carousel, puri hantu, becak mini, dan lain-lain.

9. Desa Wisata Rumah Domes

Desa Wisata Rumah Domes

Ada yang menarik dengan Desa Wisata Rumah Domes. Pasalnya, di tempat ini si kecil bisa berjumpa dengan Teletubbies. Rumah-rumah yang berada di kawasan ini berbentuk kubah (dome) sehingga mirip sekali dengan rumah Teletubbies yang asli.

Di akhir pekan, karakter Tinky Winky, Dipsy, Lala, dan Po akan datang ke desa wisata ini untuk menemani pengunjung berfoto. Kegiatan yang bisa dilakukan di Desa Wisata Rumah Domes antara lain adalah berkeliling dengan kereta mini atau main di taman bermain tradisional.

10. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark

Taman rekreasi adalah tempat bermain yang asyik bagi anak-anak. Ajak mereka mengunjungi Sindu Kusuma Edupark yang berada di Sleman. Di sini ada beragam wahana permainan menari yang sangat menyenangkan, mulai dari Cakra Manggilan (bianglala), Pit Engrang (segway), Kursi Mabur (flying chair), Komidi Puter (carousel), dan House of Terror (rumah hantu).

Di dalam taman rekreasi ini juga terdapat mini waterpark dan taman lampu. Tempat wisata ini buka sejak sore pada hari biasa dan buka mulai pagi saat akhir pekan atau hari libur nasional.

Sejumlah tempat wisata anak di Jogja ini benar-benar akan membuat buah hati Anda antusias dan gembira. Sesekali tak ada salahnya jika memanjakan anak ke tempat wisata yang cocok untuk usianya. Jika ingin mencari tempat hunting foto di Jogja, kunjungi artikel ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram