10 Tempat Wisata Anak di Lembang yang Penuh Edukasi

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 27 September 2020

Lembang bisa dikatakan sebagai wilayah yang menjadi tujuan wisata paling populer di Bandung. Suasananya yang masih asri, udaranya yang sejuk, dan pemandangannya yang indah merupakan senjata Lembang menjadi pusatnya orang-orang untuk liburan.

Makanya, tidak heran kalau di Lembang ada banyak restoran, kafe, resort, hingga tempat wisata anak yang populer. Berikut telah Keluyuran kumpulkan sepuluh tempat wisata anak di Lembang yang wajib Anda datangi bersama buah hati.

1. Farm House Susu Lembang

Farm House

Anda pasti pernah lihat orang-orang Indonesia yang berfoto dengan latar Rumah Hobbit? Tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri, karena rumah tersebut ada di Farm House Susu Lembang. Walapun belum lama dibangun, popularitas Farm House langsung melejit karena keantusiasan para pengunjung.

Bandungan tempat wisata ini memiliki atmosfer ala Eropa dengan banyaknya spot keren buat foto-foto. Anda bisa melakukan banyak hal di sini, seperti bermain di kandang hewan (biri-biri, landak, kelinci, sapi, burung, dan masih banyak lagi).

Anda dan buah hati bisa juga menyewa kostum ala Eropa yang dikenakan biaya 75.000/jam. Sedangkan untuk bisa masuk ke Farm House Anda perlu membayar 25.000 saja per orang. Farm House Susu Lembang berada di Jalan Raya Lembang No. 108, Gudangkahuripan, Lembang.

  • Alamat: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Nomor Telepon: (022) 4262815
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-20.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 25.000 per orang

2. Floating Market Lembang

FLOATING MARKET LEMBANG

Sejak beberapa tahun silam, sebuah tempat wisata berkonsep pasar apung didirikan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Floating Market namanya. Bukan, pasar apung ini bukanlah benar-benar pasar apung dengan perahu-perahu yang menjual sayuran, buah-buahan atau ikan, melainkan camilan-camilan lezat.

Ada jagung bakar, colenak, cakue, sate, kwetiaw dan masih banyak lagi. Di sini, bukan hanya ada perahu yang menjual makanan saja. Ada restoran masakan Sunda, penyewaan kostum, wahana bermain anak, wahana air sampai outbound.

Harga tiket masuk ke Floating Market terbilang murah, yakni hanya Rp 20 ribu saja. Tiket tersebut bisa ditukar dengan welcome drink. For your info, untuk bisa memasuki setiap wahana di sini, Anda perlu membayar biaya lagi, yakni dimulai dari Rp 10 ribu sampai dengan Rp 80 ribu per orang.

  • Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Nomor Telepon: (022) 2787766
  • Jam Operasional: Senin-Kamis, 09.00-19.00 WIB, Jumat-Minggu 08.00-20.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 20.000 per orang

3. Dusun Bambu

dusun bambu tempat wisata anak di lembang

Dusun Bambu bisa jadi tujuan wisata seru untuk anak-anak juga, lho. Tidak hanya glamping, Dusun Bambu juga punya fasilitas lain seperti taman kelinci, taman bunga, wahana perahu dayung dan masih banyak lagi.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata dengan suasana yang nyaman dan punya pemandangan indah ini, Anda hanya perlu membayar Rp 30 ribu saja. Anda perlu membayar biaya tiket masuk tambahan untuk memasuki beberapa wahana tertentu.

Tiket masuknya dapat ditukar dengan satu pot bibit tanaman, lho. Jadi, Anda bisa mengajarkan anak-anak untuk bercocok tanam di rumah. Saat berkunjung kemari, Anda tidak hanya akan disuguhi pemandangan indah dan wahana yang seru, melainkan juga sajian makanan yang lezat yang ditawarkan di restorannya. Tertarik untuk berkunjung kemari?

  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.KM, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat
  • Nomor Telepon: (022) 82782020
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-21.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 30.000 per orang

4. Orchid Forest Cikole

orchid forest

Selain Floating Market Lembang dan Dusun Bambu, Anda juga dapat mengunjungi Orchid Forest Cikole. Objek wisata ini kerap dijadikan tempat konser kelas dunia, lho. Di sini, Anda dan si kecil bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Anda dan keluarga pun dapat memanfaatkan beberapa spot foto yang keren.

Salah satunya adalah area jembatan gantung. Nah, untuk bisa berfoto di area jembatan yang cantik ini, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 20 ribu saja. Sementara untuk bisa memasuki area Orchid Forest Cikole, cukup siapkan biaya sebesar Rp 35 ribu. Harga tiket belum termasuk tarif parkir, ya.

  • Alamat: Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Nomor Telepon: 0812-2000-3438
  • Jam Operasional: Senin-Jumat 09.00-18.00 WIB, Sabtu-Minggu 08.00-19.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 35.000 per orang

5. Dago Dream Park

Dago Dream Park (Copy)

Dago Dream Park juga merupakan tempat wisata yang terkenal ramah untuk dikunjungi bersama anak-anak. Mengapa? Karena di tempat ini tidak hanya ada wahana untuk orang dewasa seperti foto di atas, melainkan juga tersedia wahana untuk anak.

Di antaranya ad Uncle’s Barn yang memungkinkan anak untuk berinteraksi dengan beragam hewan ternak, Geared Up yang merupakan wahana permainan sepeda, kemudian ada wahana Pine House yang memuat beberapa wahana seperti slider atau seluncuran hingga Mini ATV.

Anda hanya perlu membayar biaya lagi sekitar Rp 30 ribu sampai dengan Rp 35 ribu agar anak-anak dapat mencoba wahana-wahana tadi.

Harga tiket masuk ke area Dago Dream Park-nya sendiri adalah Rp 25 ribu saat hari biasa dan Rp 35 ribu saat akhir pekan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi nomor kontak yang tersedia.

  • Alamat: Jalan Dago Giri Km 2,2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Nomor Telepon: 0812-2230-068
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 09.00-17.00 WIB, Sabtu-Minggu 08.00-20.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 25.000 s/d Rp 35.000 per orang

6. De'Ranch

De'Ranch

* sumber: www.youtube.com

Masih di dekat kawasan wisata Lembang lainnya, De Ranch menawarkan sensasi wisata unik layaknya koboi. Anda dan anak-anak bisa naik kuda, bermain panahan dan trampolin, dan melakukan kegiatan lainnya. De Ranch juga dilengkapi dengan padang rumput yang super luas, sejuk banget deh main di sini. De Ranch terletak di Jalan Maribaya No. 17, Lembang.

  • Alamat: Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 2785865
  • Jam Operasional: Selasa-Jumat 09.00-17.00, Sabtu-Minggu, 08.00-18.00, Senin tutup
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Rp 10.000 per orang

7. Fairy Garden

FAIRY GARDEN TEMPAT WISATA ANAK DI LEMBANG

Fairy Garden adalah tempat wisata anak di Lembang yang berada di kompleks objek wisata The Lodge Maribaya. Di sini, si kecil bisa bermain di kebun bunga yang cantik, memberi makan kelinci juga sapi, hingga menyewa sayap-sayap ala peri yang lucu.

Anda, para orang dewasa pun dapat bersantai sambil berjalan-jalan hingga berfoto ria di sini. Tertarik untuk mengunjungi Fairy Garden? Langsung datang saja ke The Lodge Maribaya, ya. Tiket masuknya hanya Rp 60 ribu saja. Tiketnya sudah termasuk akses ke Fairy Garden.

  • Alamat: Jl. Raya Maribaya, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari 08.00-17.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 60.000 per orang

8. Terminal Wisata Grafika Cikole

Grafika Cikole tempat honeymoon di bandung

Terminal Wisata Cikole bukan hanya punya fasilitas penginapan atau tempat camping yang nyaman. Ada juga tempat outbound yang terdiri dari wahana ATV, flying fox dan masih banyak lagi.

Objek wisata yang terkenal dengan pemandangan hutan pinusnya yang indah ini juga punya fasilitas umum yang lengkap seperti cafe hingga tempat karaoke. Kunjungi Terminal Wisata Grafika Cikole di Jalan Tangkuban Perahu, KM 8, Cikole, Lembang.

  • Alamat: Jl. Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Nomor Telepon: (022) 82782441

9. Rainbow Garden

Rainbow Garden

Rainbow Garden adalah kebun bunga indah yang berada di kawasan wisata Floating Market Lembang. Di sini, ada beragam jenis bunga yang bisa Anda temui. Salah satunya lavender. Rainbow Garden ini punya koleksi bunga yang banyak banget, lho.

Di sini, Anda dan si kecil bisa melihat bunga-bunga yang cantik, berfoto, hingga bersantai di cottage. Untuk bisa masuk kemari, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu per orang. Tapi sebelumnya, Anda tentu harus membayar biaya masuk ke Floating Market sebesar Rp 20 ribu per orangnya.

  • Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Nomor Telepon: (022) 2787766
  • Jam Operasional: Senin-Kamis, 09.00-19.00 WIB, Jumat-Minggu 08.00-20.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 10.000 per orang

10. Kota Mini

Kota Mini

Layaknya Rainbow Garden, Kota Mini juga merupakan bagian dari Floating Market Lembang. Di sini, si kecil bisa berperan menjadi polisi, pemadam kebakaran, pembuat kue, scientist dan masih banyak lagi.

Di Kota Mini juga ada mini carnival dengan banyak sekali wahana hingga Rumah Kucing yang menjadi tempat tinggal para kucing yang lucu. Biaya masuk ke Kota Mini adalah sekitar Rp 80 ribu per orangnya. Mau mencoba berkunjung kemari?

  • Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Nomor Telepon: (022) 2787766
  • Jam Operasional: Senin-Kamis, 09.00-19.00 WIB, Jumat-Minggu 08.00-20.00 WIB
  • Kisaran Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 80.000 per orang

Bermain sambil belajar bisa meningkatkan minat belajar buah hati. Apalagi jika orang tua ikut andil dalam kegiatan tersebut, maka hubungan anak dan orang tua dapat menjadi lebih dekat. Yuk, segera ajak anak-anak Anda ke sepuluh tempat wisata anak di Lembang yang telah Keluyuran rekomendasikan di atas.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram