10 Tempat Wisata di Bogor yang Mudah untuk Dijangkau

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 2 Juni 2021

Bogor adalah kota yang terletak di wilayah Provinsi Jawa Barat. Bogor sangat dikenal dengan julukan sebagai Kota Hujan, namun Bogor juga terkenal dengan tempat wisatanya yang beragam. Mulai dari wisata alam hingga modern. Dengan luas wilayah mencapai 118,50 kilometer, membuat tempat wisata Bogor terpencar hingga ke berbagai daerah.

Melihat dari letak geografisnya, Bogor berada di 59 kilometer sebelah selatan Jakarta. Hal ini ternyata sangat berpengaruh untuk tempat wisata di Bogor. Maka tak heran jika tempat wisata di Bogor jadi incaran masyarakat untuk berlibur, khususnya yang di daerah Jabodetabek.

Nah, bicara tentang tempat wisata Bogor ternyata bisa banget lho dijangkau dengan transportasi umum, terutama yang dilalui kereta commuterline. Jadi, untuk kamu yang tidak mempunyai kendaraan pribadi jangan risau, karena kamu tetap bisa mengunjungi tempat wisata di Bogor ini.

Kira-kira wisata Bogor apa saja kah yang mudah dijangkau dengan transportasi umum dan nggak jauh dari tengah kota? Yuk, simak dulu ulasannya berikut ini.

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

* sumber: amazingindonesia.id

Ingin menikmati liburan dengan pemandangan yang asri dan dipenuhi dengan tanaman-tanaman hijau? Nampaknya kamu cocok mengunjungi tempat wisata yang tidak asing ini, apalagi kalau bukan Kebun Raya Bogor. Kamu bisa menikmati piknik dengan nyaman dan juga belajar banyak tentang flora yang ada di Kebun Raya Bogor.

Apakah tempatnya jauh dan susah dijangkau? Sama sekali tidak! Untuk mengunjungi Kebun Raya Bogor kamu hanya perlu menempuh perjalanan dengan transportasi umum, KRL commuterline.

Ya, lokasi objek wisata ini sangat dekat dari Stasiun Bogor, tepatnya 3,3 kilometer. Sehingga kamu bisa berjalan kaki atau naik angkot atau ojek dari Stasiun Bogor.  Mudah dijangkau sekali kan?

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp15.000

2. Istana Bogor

Istana Bogor

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=ln7RgV7qBOM

Salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia ini berada di Bogor. Mempunyai sejarah dan kebudayaan yang kental membuat Istana Bogor juga menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi masyarakat. Selain itu, adanya rusa-rusa yang jadi ikonik dari Istana Bogor. Hal ini semakin membuat Istana Bogor semakin menarik untuk dikunjungi.

Mempunyai lokasi yang tidak jauh dari Kebun Raya Bogor, kamu hanya perlu menggunakan angkutan umum, ojek, atau jalan kaki dari Stasiun Bogor untuk menuju ke Istana Bogor.

  • Alamat : Jalan Ir. Haji Juanda, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor

3. Lapangan Sempur

Lapangan Sempur

Dulu Lapangan Sempur hanya sekadar lahan kosong yang biasa digunakan untuk upacara memperingati HUT Republik Indonesia. Namun, sekarang lapangan ini beralih fungsi sebagai tempat olahraga dengan dilengkapi fasilitas wall-climb, lapangan basket, lapangan voli beralaskan pasir, area senam, hingga lapangan utama untuk bermain bola.

Selain sebagai tempat olahraga, Lapangan Sempur juga kerap digunakan sebagai tempat rekreasi dan wisata kuliner. Nah, untuk mengunjungi Lapangan Sempur kamu hanya perlu menggunakan transportasi umum atau jalan kaki dari Stasiun Bogor sejauh 1,7 kilometer menuju Jalan Jalak Harupat.

  • Alamat : Jl. Sempur Kaler No. 19-53, RT03/01, Sempur, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor

4. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

* sumber: www.kepogaul.com

Salah satu objek wisata alam yang ada di Bogor,  yaitu Taman Bunga Nusantara. Sudah pasti di taman ini memiliki banyak bunga-bunga yang cantik. Selain itu, ada labirin yang tidak boleh kamu lewatkan ketika mengunjungi Taman Bunga Nusantara.

Untuk mengunjungi Taman Bunga Nusantara kamu cukup menggunakan angkutan umum dari Stasiun Bogor. Tepatnya naik angkot 03 turun di Terminal Barangsiang, terus lanjut naik elf Bogor turun di Pasar Cipanas, dan naik angkot kuning turun di Taman Bunga Nusantara.

  • Alamat: Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp40.000

5. Devoyage

Devoyage

* sumber: wisata28.blogspot.com

Ingin mengunjungi kota-kota di Eropa tapi terbatas biaya? Tenang saja, kamu bisa mengunjungi Devoyage Bogor, karena tempat wisata ini mempunyai tema kota-kota yang ada di Eropa, seperti ada Menara Eiffel di Paris hingga Gondola di Venesia.

Jarak yang ditempuh pun tidak terlalu jauh, Devoyage terletak 9 kilometer dari Stasiun Bogor. Sehingga kamu bisa menggunakan taxi online atau angkutan umum.

  • Alamat: Bogor Nirwana Residence Jl. Raya Bogor Boulevard No.240
  • Jam buka: 09.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp30.000 – Rp40.000

6. Museum Sejarah Alam Indonesia

Museum Sejarah Alam Indonesia

Tidak hanya selalu wisata alam, tapi Bogor juga mempunyai objek wisata bertema sejarah. Salah satunya adalah Museum Sejarah Alam Indonesia. Museum ini menjadi satu-satunya museum tentang sejarah alam Indonesia, mulai dari manusia purba, flora dan fauna, hingga sejarah rempah-rempah.

Lokasi ini bisa ditempuh jalan kaki atau menggunakan angkutan umum dari Stasiun Bogor, karena lokasi Museum Sejarah Alam Indonesia berasa di sebrang Kebun Raya Bogor.

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda 22-24, Pusat Penelitian Bogor – LIPI, Padelang, Bogor Tengah
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp5000

7. The Illusion Bogor

The Illusion Bogor

* sumber: www.gogonesia.com

Bogor juga tidak lupa menyuguhkan tempat wisata kekinian. Salah satunya adalah The Illusion Bogor. Di tempat wisata ini kamu akan menemukan spot-spot unik dengan sentuhan ilusi 3 dimensi.

Jarak yang akan ditempuh ke The Illusion juga tidak jauh. Kamu cukup menempuh 8,3 kilometer dari Stasiun Bogor. Waktu yang ditempuh pun sekitar 20 – 45 menit saja.

  • Alamat: The Jungle Mall, Jl. Tirta Nirwana Raya No.119, RT05/12, Mulyaharja, Bogor Selatan
  • Jam buka: 09.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp35.000 – Rp70.000

8. Prasasti Batutulis

Prasasti Batutulis

* sumber: 5tempatwisatabagus.wordpress.com

Kota Bogor juga mempunyai tempat wisata dari peninggalan bersejarah Kerajaan Padjadjaran, yaitu Prasasti Batutulis. Prasasti ini mengisahkan tentang kebesaran Prabu Siliwangi. Selain itu, ada artefak-artefak lain yang bisa bikin kamu takjub. Prasasti Batutulis ini cukup lumayan dekat dari Stasiun Bogor hanya berjarak sekitar 6,2 kilometer saja.

  • Alamat: Jl. Batutulis No.54, Kec. Bogor Selatan
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB kecuali minggu tutup

9. Kuntum Farmfield

Kuntum Farmfield

Di Kuntum Farmfield kamu bisa menikmati keindahan alam di bogor dan juga adanya sarana edukasi yang baik untuk anak-anak. Seperti ilmu-ilmu tentang pertanian, perkebunan, pertekanan, bisa dipelajari di Kuntum Farmfield. Lokasinya pun tidak jauh dari Stasiun Bogor, hanya sekitar 9,9 kilometer saja.

  • Alamat: Jl. Teras Hijau Residence, Raya Tajur No.291, SindangRasa, Bogor
  • Jam buka: 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp50.000

10. Bogor Mountain Biking

Bogor Mountain Biking

* sumber: www.mainsepeda.com

Ingin mengunjungi tempat wisata sambil olahraga bersepeda? Kamu bisa mengunjungi Bogor Mountain Biking! Jaraknya sangat dekat dari Stasiun Bogor, yaitu hanya 2,2 kilometer saja.  Dengan keindahan alam yang asri akan memberikan pengalaman yang menyenangkan saat bersepeda.

  • Alamat: Jl. Tangkuban Prahu No.3, Babakan, Bogor Tengah
  • Jam buka: 08.00 – 20.00 WIB

Nah, itulah tadi wisata di Bogor yang mudah dan terjangkau untuk dikunjungi. Kamu paling ingin mengunjungi nomor berapa? Tulis di kolom komentar ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram