10 Rekomendasi Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Seru

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 11 April 2020

Malioboro bisa dikatakan sebagai atraksi wisata utama di Yogyakarta. Di sana merupakan tempat berkumpulnya turis dari berbagai daerah dan negara. Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Yogyakarta tanpa menyempatkan datang ke Malioboro.

Di sepanjang Jalan Malioboro berjejer ratusan toko pakaian (umumnya batik), makanan, hingga aksesoris yang menarik perhatian. Sebelum pulang, para turis biasanya berbelanja oleh-oleh di Malioboro.

Malioboro tidak hanya tentang pakaian dan makanan saja. Di dekat kawasan ini terdapat banyak atraksi wisata lainnya yang tak kalah menarik. Sebut saja salah satunya Tugu Yogyakarta yang legendaris.

Nah, berikut ini Keluyuran akan membahas 10 rekomendasi tempat wisata dekat Malioboro yang menarik untuk dikunjungi, bahkan bisa digapai hanya dengan berjalan kaki.

1. Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta

* sumber: upload.wikimedia.org

  • Alamat: Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Ini adalah salah satu ikon utama kota Yogyakarta. Tugu yang dibangun pada pertengahan abad ke-18 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I ini sangat populer di kalangan turis domestik. Mereka biasa akan menyempatkan berfoto dengan latar Tugu Yogyakarta sebagai bukti kalau mereka telah ke Yogyakarta.

Tugu Yogyakarta bukanlah sembarang tugu. Atraksi wisata yang satu ini disebutkan memiliki mitos dan sejarah panjang yang membuatnya menjadi ikon kota yang istimewa. Dari Jalan Malioboro, kamu dapat berjalan kaki ke arah utara sejauh kurang lebih 1 km untuk mencapai Tugu Yogyakarta.

2. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

* sumber: upload.wikimedia.org

  • Alamat: Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
  • Jam buka: Selasa-Kamis, Sabtu-Minggu (07:30-16:00), Jumat (07:30-16:30)

Benteng bersejarah peninggalan kolonial Belanda ini terletak di selatan Malioboro dan berjarak kurang dari 1 km. Jika kamu memperluas wawasanmu akan sejarah Yogyakarta dan Indonesia pada umumnya, maka kamu wajib berkunjung ke Benteng Vredeburg yang telah difungsikan sebagai museum yang megah.

Di dalam museum ini kamu bisa mempelajari sejarah panjang Yogyakarta pada masa kolonial. Kamu akan dibuat takjub dengan isi museum karena apa yang ditampilkan di sana sangat keren. Di dalamnya terdapat berbagai karya seni, patung, diorama, hingga berbagai macam senjata peninggalan masa kolonial.

3. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

* sumber: upload.wikimedia.org

  • Alamat: Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
  • Jam buka: Setiap hari, 08:30-21:00

Bisa dikatakan kalau Pasar Beringharjo merupakan salah satu pasar tradisional yang paling populer di Indonesia. Pasar wisata yang tepat bersebelahan dengan Benteng Vredeburg ini merupakan bagian dari Malioboro yang sayang untuk dilewatkan. Jika kamu ingin berburu batik, Pasar Beringharjo bisa menjadi tempat terbaik untuk mendapatkannya.

Pasar Beringharjo bukan hanya sekedar pasar. Ini adalah salah satu pusat perekonomian masyarakat Yogyakarta yang telah berdiri selama ratusan tahun. Jangan samakan Pasar Beringharjo dengan pasar tradisional lain yang sering kamu kunjungi. Selain barang-barang, kamu mungkin akan belajar sesuatu saat mengunjungi Pasar Beringharjo.

4. Titik Nol Kilometer Jogja

Titik Nol Kilometer Jogja

* sumber: upload.wikimedia.org

  • Alamat: Perempatan Jalan KH. Ahmad Dahlan, Jalan Pangurakan, Jalan Panembahan Senopati, dan Jalan Jend. Ahmad Yani
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Setelah puas jalan-jalan di Benteng Vredeburg atau Pasar Beringharjo, kamu bisa melanjutkan petualanganmu ke tempat wisata dekat Malioboro lainnya, yakni Titik Nol Kilometer Jogja yang terletak hanya beberapa langkah dari Benteng Vredeburg ke arah selatan. Karena cukup ramai oleh kendaraan, maka kamu harus ekstra hati-hati saat menjelajahi area tersebut.

Tempat wisata yang berbentuk ruang publik ini menyuguhkan pemandangan kota Yogyakarta dari sisi yang berbeda. Di sana terdapat sejumlah gedung bergaya kolonial yang indah. Karena jalur pedestriannya tergolong lebar, maka Titik Nol Kilometer Jogja sering dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda sembari menikmati keindahan kota maupun pertunjukan seni yang sesekali digelar.

5. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

* sumber: upload.wikimedia.org

  • Alamat: Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
  • Jam buka: Setiap hari, 08:00-16:15

Taman Pintar Yogyakarta juga tetanggaan dengan Titik Nol Kilometer Jogja dan Benteng Vredeburg. Tempat wisata yang satu ini biasanya dikunjungi oleh pelajar yang sedang melakukan study tour. Jika kamu suka belajar, tidak ada salahnya untuk menjelajahi setiap sudut Taman Pintar Yogyakarta yang keren.

Sebagai wisata edukasi, Taman Pintar Yogyakarta menyuguhkan berbagai macam wahana edukasi maupun permainan yang tak kalah menarik dari Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta. Jika kamu berwisata di Yogyakarta bersama keluarga dan anak-anak, sempatkan berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta untuk menambah wawasan dan keilmuan.

6. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo

* sumber: upload.wikimedia.org

  • Alamat: Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
  • Jam buka: Selasa-Kamis, Sabtu-Minggu (08:00-16:00), Jumat (08:00-14:30)

Ini adalah museum seni yang terletak di antara Titik Nol Kilometer Jogja dan Alun-alun Utara Yogyakarta. Museum ini menyajikan beragam peninggalan bersejarah dari masa kolonial Belanda, khususnya yang berkaitan dengan seni dan budaya yang berkembang pada saat itu.

Sebelum berkunjung ke Keraton Yogyakarta, sebaiknya sempatkan waktumu untuk menjelajahi museum yang keren ini. Dengan harga tiket yang murah, kamu bisa memperkaya wawasanmu dengan banyak informasi baru yang ditawarkan Museum Sonobudoyo.

7. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman

* sumber: upload.wikimedia.org

  • Alamat: Alun-Alun Keraton, Jl. Kauman, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132
  • Jam buka: Setiap hari (mengikuti waktu shalat)

Setelah puas menikmati Museum Sonobudoyo, bagi yang Muslim bisa istirahat sejenak sembari menunggu waktu shalat Dzuhur atau Ashar di Masjid Gedhe Kauman yang sarat dengan nilai dan sejarah.

Masjid Gedhe Kauman adalah masjid raya Kesultanan Yogyakarta, atau Masjid Besar Yogyakarta, yang terletak di sebelah barat kompleks Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Masjid ini hanya berjarak beberapa langkah dari Museum Sonobudoyo.

Di tengah panasnya udara Yogyakarta, kamu bisa menikmati sejuknya area masjid karena memiliki pelataran yang cukup luas. Selain itu, masjid ini juga menawarkan keindahannya tersendiri, sehingga tidak boleh dilewatkan wisatawan Muslim saat berkunjung ke Yogyakarta.

8. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

* sumber: id.wikipedia.org

  • Alamat: Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam buka: Senin-Kamis, Sabtu-Minggu (08:0o-14:00), Jumat (08:00-12:00)

Nah, setelah selesai beribadah di Masjid Gedhe Kauman (bagi Muslim), kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Keraton Yogyakarta yang hanya berjarak beberapa langkah dari area masjid.

Keraton Yogyakarta adalah salah satu atraksi wisata utama di pusat kota. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Keraton Yogyakarta tidak hanya menyuguhkan kekayaan seni dan budaya Yogyakarta yang bisa membuat orang berdecak kagum, tetapi juga sebagai lambang kejayaan Kesultanan Yogyakarta yang sangat istimewa.

9. Taman Sari

Taman Sari

* sumber: upload.wikimedia.org

  • Alamat: Wisata Taman Sari Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133
  • Jam buka: Setiap hari, 09:00-15:00

Taman Sari dan Alun-Alun Kidul Yogyakarta sebagai rekomendasi terakhir memang tidak bisa dibilang dekat dengan kawasan Malioboro. Namun kedua tempat ini masih bisa digapai dengan berjalan kaki, khusus bagi mereka yang senang melakukannya. Jaraknya sendiri sekitar 2,5 km dari kawasan Malioboro.

Taman Sari Yogyakarta atau Taman Sari Keraton Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Setelah menjelajahi Keraton Yogyakarta, para turis biasanya akan langsung pergi ke Taman Sari untuk menikmati keindahannya, baik dengan berjalan kaki atau menggunakan moda angkutan tradisional.

10. Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Alun-Alun Kidul Yogyakarta

* sumber: id.wikipedia.org

  • Alamat: Jl. Alun Alun Kidul, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Nah, Alun-Alun Kidul Yogyakarta ini hanya berjarak sekitar 600 meter dari Taman Sari. Seperti kebanyakan alun-alun kota di Indonesia, Alun-Alun Kidul Yogyakarta juga menawarkan wisata malam yang keren. Di sana kamu bisa berwisata kuliner dan menikmati pemandangan malam yang indah dengan mengelilingi kawasan alun-alun dengan sepeda gembira.

Nah, itulah 10 rekomendasi tempat wisata dekat Malioboro yang bisa kamu jelajahi dalam waktu satu hari, dari pagi hingga malam (khusus jika kamu menginap di kawasan Malioboro). Dengan radius kurang dari 3 km, kamu bisa mengunjungi seluruh tempat di atas hanya dengan berjalan kaki.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram