10 Destinasi Wisata di Alor dengan Pemandangan Memesona

Destinasi pariwisata di Nusa Tenggara Timur yang lebih banyak dikenal dan dikunjungi adalah Kepulauan Komodo, Sumba, dan Flores. Padahal di sisi paling timur dari Provinsi Nusa Tenggara Timur menyimpan keindahan yang tak kalah dengan daerah lainnya. Alor namanya.

Alor merupakan pulau di ujung timur Nusa Tenggara yang berbatasan langsung dengan Laut Flores, Laut Banda, Selat Ombai, dan Selat Pantar. Pulau ini menjadi salah satu pulau terluar di Indonesia karena berbatasan dengan Timor Leste. Penasaran dengan pulau yang satu ini? Yuk, simak 10 destinasi wisata menarik di Pulau Alor yang bisa kamu kunjungi.

1. Pantai Batu Putih

Pantai Batu Putih

* sumber: dailyvoyagers.com

  • Alamat : Alila Timur, Kabola, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Nusa Tenggara Timur sudah pasti dikenal dengan pesona pantainya. Tak terkecuali di Alor. Pantai Batu Putih merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi ketika liburan ke Pulau Alor. Sesuai dengan namanya, Pantai Batu Putih memiliki hamparan tebing berwarna putih yang sangat memesona.

Pesona Pantai Batu Putih bisa kamu nikmati dari tepi pantai, bawah tebing putih, dan bukit yang mengelilingi pantai. Kamu juga bisa menjelajah menggunakan perahu nelayan yang disewa dengan harga Rp50.000 saja. Buat kamu pecinta aktivitas bawah laut, bisa memanfaatkan momen untuk melakukan diving di Pantai Batu Putih yang cantik.

2. Pantai Mali

Pantai Mali

* sumber: dailyvoyagers.com

  • Alamat : Kabola, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Wisata ke Alor menggunakan pesawat, kamu bisa mampir ke pantai yang satu ini. Pantai Mali merupakan salah satu surga di Alor yang jarang dikunjungi oleh wisatawan, padahal lokasinya tidak jauh dari Bandara Alor. Meski tampak kurang terawat, Pantai Mali tetap direkomendasikan untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata di pulau ini.

Ada hal unik dan menarik yang bisa kamu temukan ketika berwisata ke Pantai Mali. Di pantai ini, kamu bisa berinteraksi langsung dengan dugong yang jarang kamu temukan di pantai lain. Caranya dengan berlayar menggunakan perahu nelayan, di tengah laut kamu dapat melihat duyung yang berenang dengan bebasnya.

3. Bukit Hulnani

Bukit Hulnani

* sumber: dailyvoyagers.com

  • Alamat : Hulnani, Alor Barat Laut, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Alor memiliki banyak spot sunset yang memesona. Salah satunya, di Bukit Hulnani. Bukit setinggi 1500 meter di atas permukaan laut ini dapat ditempuh selama 40 menit dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jalur menuju ke Bukit Hulnani masih rusak dan cukup terjal.

Setibanya di puncak Bukit Hulnani, langsung disuguhkan oleh pesona laut lepas, Pulau Ternate, Pulau Buaya, Pulau Pura, Pulau Tereweng, Pulau Pantar, dan Pulau Kepa dari kejauhan. Tak heran jika bukit yang satu ini menjadi spot favorit bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Alor.

4. Pulau Kepa

Pulau Kepa

* sumber: www.vibizmedia.com

  • Alamat : Pulau Kepa, Alor Kecil, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Alor terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil nan memesona. Salah satunya Pulau Kepa. Pulau kecil ini dihuni oleh jumlah penduduk yang sangat sedikit dan masih hidup dengan cara tradisional. Pulau Kepa dikenal sebagai salah satu pulau yang memiliki pesona bawah laut yang sangat indah, dan masih terjaga keasliannya.

Pulau Kepa dapat diakses dari Kota Kalabahi menggunakan perahu nelayan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Kapal nelayan tersebut tidak hanya mengantar pengunjung pergi dan pulang ke Pulau Kepa saja, tetapi bisa mengantarmu menjelajah pulau pulau di sekitarnya.

5. Kolam Bidadari

Kolam Bidadari

* sumber: www.tripzilla.id

  • Alamat : Alila, Alor Barat Laut, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Tak hanya pantai, Alor juga memiliki sebuah kolam yang unik terletak di tengah hutan bakau. Airnya yang jernih sangat menarik untuk dikunjungi. Kola mini diberi nama Kolam Bidadari atau dalam bahasa Alor dinamakan Ame Sei.

Kolam Bidadari terbilang cukup luas, dengan air sebening Kristal yang bersih dan asyik untuk sekedar refreshing. Terletak sekitar 30 km dari pusat kota Kalabahi, kolam alami ini bisa kamu tempuh dalam waktu 1.5 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

6. Pantai Pigewa

Pantai Pigewa

  • Alamat : Elok, Alor Timur, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Pantai Pigewa merupakan salah satu destinasi unik di Alor yang sayang jika dilewatkan. Pantai ini masih belum banyak diketahui wisatawan. Pantai ini memiliki keunikan adanya batu karang besar yang membentuk seperti terowongan di tepi pantai, dan posisinya menjorok ke laut.

Pantai Pigewa saat ini masih belum dikelola dengan baik sebagai destinasi wisata. Meski begitu, keindahan dan keunikan dari pantai yang satu ini sangat menarik dan sayang jika dilewatkan. Pantai Pigewa pun masih bersih dan jarang dikunjungi. Cocok untuk wisatawan yang membutuhkan tempat tenang.

7. Pantai Lingal

Pantai Lingal

* sumber: nationalgeographic.grid.id

  • Alamat : Halerman, Alor Barat Daya, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tikat Masuk : Gratis

Bukan Alor namanya kalau tidak dikelilingi dengan pantai cantik nan memesona. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika liburan ke Alor adalah Pantai Lingal. Berjarak sekitar 150 km dari pusat kota Kalabahi, Pantai Lingal memiliki pesona yang sangat indah.

Pantai berpasir putih dengan garis pantai yang panjang, air laut biru yang jernih, serta dikelilingi bukit hijau yang menambah keindahan Pantai Lingal. Pantai ini cukup landai dan memiliki arus laut yang tenang. Cocok dijadikan sebagai tempat untuk rekreasi keluarga.

8. Kampung Adat Takpala

Kampung Adat Takpala

* sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

  • Alamat : Fungafeng, Alor Tengah Utara, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Jika di Flores ada Kampung Adat Wae Rebo, dan di Sumba ada Kampung Adat Ratenggaro, maka di Alor ada Kampung Adat Takpala yang menjadi tempat tinggal bagi masyarakat suku Abui. Awal mulanya, kampung adat ini berada di Gunung Alor, kemudian akhirnya dipindahkan ke bagian bawah agar mudah dijangkau.

Kampung Adat Takpala dibangun rumah yang unik dan tradisional. Segala hal yang dilakukan di tempat ini masih mengikuti tradisi yang ada sejak zaman dulu. Setiap pengunjung, bisa berinteraksi langsung dengan warga lokal dan mengenal budaya dari suku Abui. Selain itu, pengunjung bisa menggunakan pakaian adat suku Abui yang unik.

9. Taman Laut Selat Pantar

Taman Laut Selat Pantar

* sumber: www.piknikdong.com

  • Alamat : Pantar, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Alor dikenal memiliki kekayaan alam bawah laut yang masih sangat terjaga. Seperti di Taman Laut Selat Pantar. Uniknya, tempat ini merupakan perpaduan perairan Indonesia yang hangat dengan perairan Australia yang dingin, membuat taman laut ini kaya akan terumbu karang yang sangat indah.

Taman Laut Selat Pantar menjadi salah satu spot diving terbaik yang ada di Indonesia, khususnya Nusa Tenggara Timur. terdapat beberapa titik diving dengan keunikan yang berbeda-beda. Salah satunya, kamu bisa berenang bebas dengan hiu yang bersahabat serta lumba-lumba.

10. Gunung Sirung

Gunung Sirung

* sumber: travel.okezone.com

  • Alamat : Mauta, Pantar Tengah, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Indahnya kekayaan alam bawah laut di Alor sudah tak perlu diragukan lagi. Selain itu, destinasi menarik selanjutnya yang bisa dikunjungi di Alor adalah Gunung Sirung. Gunung berapi aktif yang terletak di Pulau Pantar ini terakhir meletus pada tahun 2012, dan terakhir memperlihatkan aktivitasnya pada tahun 2015.

Gunung Sirung memiliki beberapa puncak, di antaranya Puncak Delaaki berketinggian 938 meter di atas permukaan laut, Puncak Mauta 1023 mdpl, Puncak Boyali 1080 mdpl, dan yang tertinggi adalah Puncak Taupekki dengan ketinggian 1344 mdpl. Di gunung ini, kamu bisa melihat indahnya kawah putih yang aktif mengeluarkan belerang.

Itulah 10 destinasi wisata di Pulau Alor yang bisa kamu kunjungi. Alor memiliki pesona wisata budaya dan alam bawah laut yang sangat kaya. Jika kamu suka wisata alam dan budaya, jangan lupa jadikan Alor sebagai salah satu destinasi impianmu selanjutnya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram