Keluyuran / Semarang / Yuk, Liburan ke 10 Tempat Wisata di Ambarawa Ini!

Yuk, Liburan ke 10 Tempat Wisata di Ambarawa Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 November 2019

Ambarawa merupakan kecamatan di Kabupaten Semarang yang pernah dijadikan sebagai Ibukota Kabupaten Semarang, dan menyimpan banyak destinasi wisata unik. Menjadi pembatas antara Semarang dan Salatiga, kamu akan melewati kecamatan ini ketika hendak menuju Solo dari Semarang.

Ambarawa memang dikenal dengan Museum Kereta Api, namun tahukah kamu jika masih banyak lagi tempat wisata menarik di Ambarawa? Seperti kebun bunga, candi, hingga benteng bersejarah. Daripada penasaran, kali ini Keluyuran akan memberikan informasi 10 tempat wisata di Ambarawa yang bisa kamu kunjungi untuk liburan akhir tahun nanti. Simak artikel ini, ya!

1. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa (Copy)

* sumber: cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Bagi pegiat wisata, tentu sudah tidak asing dengan yang satu ini. Ambarawa dikenal dengan Museum Kereta Api yang menyimpan sejarah. Di sini terdapat lokomotif uap yang sudah tidak digunakan, lalu menjadi barang antik yang memiliki nilai sejarah. Hingga akhirnya dibuat museum yang berisi lokomotif antik tersebut.

Museum Kereta Api Ambarawa menyimpan koleksi 22 lokomotif uap yang dibuat antara tahun 1891 hingga 1928. Lokomotif tersebut diproduksi dari beberapa negara, seperti Swiss, Jerman, dan Belanda. Salah satu lokomotif buatan Jerman kini dijadikan sebagai kereta wisata untuk berkeliling Ambarawa.

  • Alamat : Jl. Panjang Kidul No. 1, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Semarang
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

2. Rawa Pening

Rawa Pening (Copy)

* sumber: portalambarawa.wordpress.com

Siapa yang tidak tahu Rawa Pening? Danau di Ambarawa yang airnya sungguh jernih dan ditumbuhi tanaman eceng gondok. Pesatnya pertumbuhan tanaman eceng gondok akhirnya dijadikan sebagai ladang penghasilan masyarakat sekitar untuk dibuat kerajinan dan pakan ternak.

Pemandangan dari Rawa Pening, kamu bisa melihat landscape Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo. Di sini kamu bisa menyewa perahu milik nelayan untuk berkeliling danau dan berfoto di tengah danau. Jika ingin lebih menikmati pemandangan, kamu bisa datang saat pagi ataupun sore hari.

  • Alamat : Dusun Sumurup, Desa Asinan, Bawen, Tuntang, Kabupaten Semarang
  • Operasional :  08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp3.000/orang

3. Fort Willem I

Fort Willem I (Copy)

* sumber: jatengtoday.com

Fort Willem I atau biasa disebut Benteng Pendem merupakan benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1834 dan digunakan sebagai tempat penyimpanan logistik serta menjadi barak militer Belanda. Disebut Benteng Pendem karena tempat ini terdapat penjara yang terpendam di bawah tanah.

Fort Willem I kini difungsikan sebagai Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Ambarawa. Meski belum difokuskan sebagai tempat wisata, kamu tetap bisa mengunjungi benteng ini, karena ada bagian yang dibuka untuk umum. Bangunan kuno peninggalan Belanda ini bisa kamu jadikan sebagai spot untuk berfoto juga, lho.

  • Alamat : Bugisari, Lodoyong, Ambarawa, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

4. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo (Copy)

* sumber: camerawisata.com

Sesuai dengan namanya, Candi Gedong Songo merupakan candi yang terdiri dari sembilan kompleks dalam satu kawasan. Candi ini ditemukan oleh warga negara Inggris pada tahun 1740. Awal mulanya, candi yang ditemukan hanya sebanyak 7 candi, kemudian pada tahun 1908, dilakukan penelitian lebih lanjut hingga ditemukan kembali 2 candi.

Candi Gedong Songo dibangun dengan tujuan menjadi tempat pemujaan para Dewa. Selain itu, di kawasan Candi Gedong Songo terdapat bio energy terbesar dan terbaik di Asia. Berada di lereng Gunung Ungaran, Candi Gedong Songo memiliki bumi perkemahan yang bisa kamu gunakan untuk menikmati keindahan alam Gunung Ungaran.

  • Alamat : Candi, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 06.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp6.000/orang

5. Dusun Semilir

Dusun Semilir (Copy)

* sumber: camerawisata.com

Jalan-jalan di Ambarawa bersama keluarga, kamu bisa mengunjungi salah satu destinasi wisata yang satu ini. Dusun Semilir, namanya. Di sini, terdapat fasilitas wisata yang lengkap dan seru untuk mengisi hari libur. Bahkan karena memiliki tempat yang luas, Dusun Semilir sering digunakan untuk pertunjukkan musik dan festival.

Di Dusun Semilir, kamu bisa melihat kerajinan asli Indonesia di Warisan Indonesia, makan dengan suasana berbeda di Gunungan Resto, menikmati pemandangan di Teras Gunung, mengajak anak bermain di Play Park, hingga menikmati segarnya danau bohemian yang dilengkapi dengan air mancur menari di Banyu Biru.

  • Alamat : Jl. Soekarno Hatta No. 49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang
  • Operasional : Senin – Jumat 10.00 – 19.00 WIB, Sabtu 08.00 – 21.00 WIB, dan Minggu 07.00 – 21.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

6. Museum Palagan Ambarawa

Museum Palagan Ambarawa (Copy)

* sumber: jatenglive.com

Museum Palagan Ambarawa dibangun dengan tujuan untuk mengenang pertempuran Palagan Ambarawa pada 12 – 15 Desember 1945. Tempat ini menjadi saksi peristiwa bersejarah dalam mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Museum Palagan Ambarawa dibangun pada tahun 1973 dan diresmikan setahun kemudian, pada 15 Desember 1974.

Buat kamu yang suka dengan wisata sejarah, cocok datang ke sini. Selain monumen, kamu bisa melihat kendaraan yang digunakan untuk peperangan pada zaman dahulu. Seperti pesawat, mobil, hingga kereta api.

  • Alamat : Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang Lor, Panjang, Ambarawa, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

7. Kampung Kopi Banaran

Kampung Kopi Banaran (Copy)

* sumber: www.suaramerdeka.com

Tak hanya wisata sejarah, Ambarawa juga memiliki tempat ngopi legendaris yang menyediakan Kopi Banaran sebagai hidangan khasnya. Kampung Kopi Banaran, namanya. Di sini, kamu bisa menikmati sajian kopi, mengenal tanaman kopi dan berkeliling kebun kopi menggunakan kereta wisata.

Udara yang sejuk dan tempat yang luas, akan membuatmu betah berlama-lama di sini. Jika kamu ingin lebih lama di Kampung Kopi Banaran, kamu bisa menuju camping ground yang sudah disediakan dengan fasilitas lengkap. Liburan keluarga akan semakin menyenangkan!

  • Alamat : Jl. Raya Bawen – Solo KM 1.5, Bawen, Gentong, Asinan, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 07.00 – 21.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp15.000/orang

8. Gua Maria Kerep

Gua Maria Kerep (Copy)

* sumber: blog.jadipergi.com

Kalau kamu suka dengan wisata religi, datang saja ke Gua Maria Kerep. Di sini, kamu bisa belajar sejarah agama Katholik, dan melihat patung-patung replika sejarah yang ada dalam Alkitab. Bagi kamu yang beragama Katholik, Gua Maria Kerep ini bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk beribadah, meditasi, dan ziarah.

Di sini, terdapat patung Bunda Maria setinggi 42 meter, patung Yesus yang cukup besar, serta air sungai yang mengalir di sekitar gua menjadi daya tarik. Dalam Gua Maria Kerep, ada dua ruangan yang bisa dikunjungi, yaitu Taman Doa tempat dimana kamu bisa mengetahui perjuangan umat Katholik, dan Stasi Jalan Salib dimana kamu bisa bermeditasi.

  • Alamat : Jl. Tentara Pelajar No. 88, Kerep, Panjang, Ambarawa, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Kampung Rawa

Kampung Rawa (Copy)

* sumber: www.kerajinanambarawa.com

Kampung Rawa sebenarnya merupakan restoran. Namun, karena konsepnya yang unik, tempat ini sering dijadikan sebagai destinasi wisata atau sebagai tempat rehat setelah puas jalan-jalan. Restoran apung di Ambarawa ini kamu bisa menikmati makanan dengan nuansa dan pemandangan yang berbeda.

Di Kampung Rawa, kamu tidak hanya bisa makan di resto apung saja, namun bisa juga menikmati wahana seru seperti perahu motor, jetski, ATV, becak air, perahu kayu, dan perahu karet. Kamu bisa berkeliling danau menggunakan fasilitas yang sudah disediakan.

  • Alamat : Jl. Sarbini KM. 03, Ambarawa, Waduk Rawapening, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp2.000/orang

10. Eling Bening

Eling Bening (Copy)

* sumber: hellosemarang.com

Satu lagi restoran yang dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Eling Bening yang terletak di dataran tinggi memberikan udara sejuk dan pemandangan yang indah. Letaknya tak jauh dengan Danau Rawa Pening. Dari sini, kamu bisa melihat Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Eling Bening dilengkapi dengan beragam fasilitas wisata. Seperti kolam renang, outbound, Taman Bunga, Garden Resto, playground, hingga spot foto dengan latar gunung. Di sini, kamu juga bisa menikmati pesona matahari terbenam dari atas anjungan perahu.

  • Alamat : Jl. Kartini Tambakboyo, Ambarawa, Bawen, Mustika, Kabupaten Semarang
  • Operasional : Senin – Jumat 08.00 – 18.30 Wib, Sabtu – Minggu 07.00 – 18.30 WIB
  • Tiket Masuk : Rp18.000/orang

Demikian informasi tentang tempat wisata di Ambarawa. Kecamatan di Kabupaten Semarang ini menyimpan tempat wisata yang lengkap kan? Mulai dari wisata sejarah, alam, serta religi bisa kamu dapatkan di sini. Yuk, jalan-jalan ke Ambarawa!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *