Kunjungi 10 Destinasi Wisata di Anyer yang Memesona Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Anyer merupakan salah satu kecamatan di Kota Serang, Banten. Anyer terletak di pesisir barat Pulau Jawa dan berseberangan dengan Gunung Krakatau dan Provinsi Lampung, di Pulau Sumatera. Di Anyer, terdapat Pantai Anyer yang berjarak 38 km dari pusat Kota Serang. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan anak Gunung Krakatau.

Sejak dulu, Anyer sudah dikenal dengan pariwisatanya yang menarik. Tak hanya pantai, Anyer memiliki destinasi wisata lain yang kalah menarik seperti air terjun, danau, bukit, hingga pulau kecil tak berpenghuni yang dikenal dengan wisata baharinya.

Nah, kali ini Keluyuran akan mengulas 10 destinasi wisata menarik di Anyer. Simak artikel berikut ini ya!

1. Pantai Marina

Pantai Marina

* sumber: www.agoda.com

Terletak di pesisir barat Pulau Jawa, Anyer dikenal dengan wisata pantai. Salah satu pantai yang bisa dikunjungi di Anyer adalah Pantai Marina. Pantai ini dapat ditempuh selama 3 jam dari DKI Jakarta. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Anyer.

Pantai Marina menyediakan berbagai jenis wahan permainan yang seru. Mulai dari banana boat, thundercats boat, hingga parasailing. Buat kamu yang suka menguji adrenalin bisa mencoba parasailing yang ditarik oleh speed boat. Di sekitar Pantai Marina juga sudah disediakan penginapan untuk kamu yang ingin bermalam di Anyer.

  • Alamat : Karang Suraga, Cinangka, Kabupaten Serang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

2. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

* sumber: www.mantai.id

Di Anyer terdapat pantai yang cukup unik. Pantai Karang Bolong menjadi primadona bagi pariwisata di Kota Serang karena keunikannya. Sesuai dengan namanya, di pantai ini terdapat  dinding karang besar yang memiliki lubang dengan diameter sekitar 50 meter. Maka dari itu disebut dengan Pantai Karang Bolong.

Pemandangan dari Pantai Karang Bolong kamu dapat melihat Anak Gunung Krakatau di tengah laut lepas dari kejauhan. Di pantai ini terdapat banyak pepohonan yang rimbun dan memberikan kesan teduh saat mengunjunginya. Pantai Karang Bolong memiliki goa, gardu pandang, serta spot memancing, dan dikenal dengan pesona matahari terbenam.

  • Alamat : Karang Suraga, Cinangka, Kabupaten Serang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

3. Pantai Pasir Putih Florida

Pantai Pasir Putih Florida

* sumber: anyerpedia.com

Salah satu pantai cantik di Anyer adalah Pantai Pasir Putih Florida. Pantai ini memiliki area yang paling luas dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Anyer. Garis pantai yang panjang, landai, dan tidak ada karang, aman untuk berenang di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki pemandangan matahari terbenam yang sangat memesona.

Pantai Pasir Putih Florida dilengkapi dengan wahana wisata yang menyenangkan, seperti halnya di Pantai Marina. Di sini kamu bisa bermain banana boat, jelajah laut menggunakan perahu kayu, dan mencoba water sport lainnya yang menyenangkan. Di sekitar pantai ini juga terdapat penginapan dimana jika kamu menginap di sini maka akan mendapat free access ke Pantai Florida.

  • Alamat : Jl. Raya Karang Bolong, Sindanglaya, Cinangka, Kabupaten Serang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000
  • Kontak : 0819-0603-8727

4. Pantai Sambolo

Pantai Sambolo

Satu lagi pantai yang terkenal di Anyer. Pantai Sambolo memiliki pasir putih yang cukup luas membentang. Pantai Sambolo dijadikan sebagai penangkaran penyu dimana kamu bisa melihat penyu bertelur, hingga melepaskan tukik atau anak penyu ke lautan.

Pantai Sambolo terdiri dari dua pantai di lokasi yang berbeda, yaitu Pantai Sambolo Satu dan Pantai Sambolo Dua. Kedua pantai ini memiliki fasilitas yang berbeda. Di Pantai Sambolo Satu terdapat dermaga yang cukup panjang dengan posisi menjorok ke laut. Sedangkan Pantai Sambolo Dua dikenal dengan adanya villa yang menyerupai Pura di Bali.

  • Alamat : Jl. Anyer-Sirih, Bandulu, Kabupaten Serang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

5. Rawa Dano

Rawa Dano

Destinasi wisata di Anyer, tidak melulu soal pantai. Di sini juga terdapat kawasan cagar alam yang terdiri dari rawa-rawa dan danau. Namanya Rawa Dano. Rawa Dano merupakan satu-satunya rawa pegunungan yang ada di Pulau Jawa. Luas kawasan Rawa Dano adalah 3.500 hektar dan hampir seluruh kawasannya merupakan cagar alam.

Rawa Dano merupakan sebuah kaldera yang berasal dari gunung api purba yang aktif sekitar 1 hingga 2 juta tahun yang lalu. Gunung api purba tersebut secara garis besar terdapat dua periode letusan besar yang kemudian menghasilkan gunung pi Danau Tua dan batuan gunung api Danau Muda. Saat ini Rawa Dano bisa dikunjungi sebagai tempat wisata dan edukasi.

  • Alamat : Batukuwung, Padarincang, Kabupaten Serang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

6. Curug Betung

Curug Betung

Selain Rawa Dano, Anyer juga memiliki air terjun yang letaknya di perbukitan dekat Rawa Dano. Curug Betung namanya. Air terjun ini belum banyak diketahui wisatawan karena biasanya wisatawan datang ke Anyer hanya untuk menikmati pantainya saja. Padahal di Anyer juga ada air terjun yang masih alami.

Curug Betung dapat dibilang letaknya cukup tersembunyi. Kamu perlu menitipkan kendaraan di rumah penduduk sekitar, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1 km. Meski masih terbatas, fasilitas seperti toilet dan mushola sudah tersedia di sini, namun untuk makanan disarankan dipersiapkan sebelumnya.

  • Alamat : Kubang Baros, Cinangka, Kabupaten Serang

7. Puncak Sidapang

Puncak Sidapang

* sumber: digdayamedia.id

Anyer memiliki dataran tinggi dimana kamu bisa melihat pemandangan Anyer dari ketinggian. Salah satu lokasinya adalah Puncak Sidapang. Puncak Sidapang merupakan salah satu rangkaian perbukitan dari Pegunungan Cibaja. Letaknya tidak terlalu jauh dari kawasan wisata Pantai Anyer, hanya sekitar 12 km saja.

Uniknya, Puncak Sidapang tidak dikelola oleh Dinas Pariwisata ataupun Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) daerah setempat. Melainkan, bukit ini dikelola oleh perseorangan jadi jika kamu datang ke sini, bisa sekaligus membantu perekonomian pengelola wisata ini karena Puncak Sidapang sudah dibuka untuk umum.

  • Alamat : Sindangkarya, Anyar, Kabupaten Serang
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp20.000

8. Gunung Cibaja

Gunung Cibaja

* sumber: www.serangbanten.com

Suka menikmati keindahan alam dari ketinggian? Selain Puncak Sidapang, ada juga Gunung Cibaja yang terletak di Desa Cikolelet. Gunung Sidapang sudah dijadikan sebagai objek wisata yang terbuka untuk umum dan bisa menjadi tujuan untuk camping di ketinggian.

Meski dinamakan gunung, objek wisata Gunung Cibaja ini cukup mudah dijangkau. Bagi kamu yang membawa mobil, bisa dititipkan di rumah warga kemudian menggunakan jasa ojek wisata untuk bisa sampai ke puncak Gunung Cibaja, atau jalan kaki sejauh 1,5 km. Sedangkan bagi yang menggunakan motor, bisa langsung sampai di puncak Gunung Cibaja.

  • Alamat : Kondang Amis, Cikolelet, Cinangka, Kabupaten Serang
  • Operasional : 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000

9. Tugu Nol Kilometer Anyer

Tugu Nol Kilometer Anyer

* sumber: phinemo.com

Tak hanya Jogja yang memiliki Titik Nol Kilometer. Di Serang, tepatnya di Anyer, terdapat Titik Nol Kilometer yang merupakan titik awal jalur Anyer – Panarukan yang membentang sejauh 1.000 km dan berakhir di Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.

Titik Nol Kilometer Anyer  dibangun oleh Herman Willem Danedels, tokoh dari Belanda yang menjadi Gubernur Jendela Hindia Belanda ke-36.

Selama kepemimpinannya, Daendels banyak melakukan pembangunan. Di Titik Nol Kilometer Anyer dibangun mercusuar pada tahun 1806 dan sempat hancur akibat letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Akhirnya dibangun kembali Mercusuar Cikoneng yang berdiri kokoh hingga saat ini.

  • Alamat : Bandulu, Anyar, Kabupaten Serang
  • Operasional : 07.00 – 19.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

10. Pulau Sangiang

Pulau Sangiang

Anyer bukan hanya memiliki pantai yang berada di sisi barat Pulau Jawa. Anyer juga memiliki pulau kecil yang terletak di Selat Sunda, berada di antara Pulau Jawa dan Sumatera. Namanya Pulau Sangiang. Pulau kecil ini dapat ditempuh selama kurang lebih 45 menit dari Anyer menggunakan kapal motor.

Pulau Sangiang masuk ke dalam kawasan cagar alam yang kemudian dijadikan sebagai Taman Wisata Alam Laut dengan luas 720 hektar. Pulau Sangiang merupakan pulau berpenghuni dimana masyarakatnya menggunakan tiga bahasa, yakni Jawa, Sunda, dan Lampung. Seperti pulau lainnya di Indonesia, Pulau Sangiang juga memiliki pesona alam bawah laut yang bisa dieksplor.

  • Alamat : Pulau Sangiang, Anyer, Kabupaten Serang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Demikian ulasan tentang destinasi wisata di Anyer yang menarik untuk mengisi hari libur. Tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari Jakarta ini cocok menjadi alternatif untuk melepas penat dari kesibukan di Ibu kota. Yuk, keluyuran ke Anyer!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *