Keluyuran / Wisata Bali / 10 Tempat Wisata di Badung Bali, Pusat Wisata Kelas Dunia!

10 Tempat Wisata di Badung Bali, Pusat Wisata Kelas Dunia!

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Januari 2020

Mendengar nama Badung mungkin masih sedikit asing bagi sebagian orang. Badung adalah salah satu kabupaten di pulau Bali yang terkenal dengan beberapa tempat wisata kelas dunianya. Lokasinya yang strategis dan memiliki beberapa tempat yang menakjubkan, membuat Badung menjadi salah satu tujuan wisata para turis.

Wilayah Badung juga memiliki budaya yang masih kental sehingga sangat menarik untuk dikunjungi jika kamu berlibur ke Bali. Badung memiliki beberapa jenis tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, mulai dari wisata pantai, air terjun, budaya dan sejarah, hingga beberapa tempat eksotis yang menarik.

Mau tahu apa saja tempat wisata di Badung, Bali? Berikut beberapa rekomendasinya dari kami.

1. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park

* sumber: www.pegipegi.com

Garuda Wisnu Kencana adalah salah satu tempat terpopuler di Bali. Nama Garuda Wisnu Kencana merupakan nama patung raksasa yang berbentuk Dewa Wisnu yang mengendarai burung garuda. Tempat wisata yang satu ini berdiri di lahan seluas 240 hektar.

Selain patung raksasa tersebut, hal yang menarik di tempat ini adalah kamu bisa menyaksikan pertunjukan di amphitheater. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas seru lainnya mulai dari berfoto di venue dengan hamparan rumput hijau dan tebing yang luas, menikmati sajian di restoran, hingga wisata belanja.

  • Alamat: Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali
  • Telepon: 0361 700 808
  • Jam buka: 08:00 – 21:00 WITA
  • Harga: Rp125.000 (Dewasa), Rp100.000 (Anak-anak)

2. Sangeh Monkey Forest

Sangeh Monkey Forest

Tempat wisata yang berdiri di lahan seluar 10 hektar ini merupakan kawasan hutan homogen yang sudah berumur ratusan tahun. Suasana di Sangeh Monkey Forest ini sangat sejuk. Selain bisa berinteraksi dengan monyet secara langsung, kamu juga diizinkan memberi makan buah-buahan seperti pisang, jeruk, umbi-umbian, dan ketela.

Tidak hanya monyet yang berada di tempat wisata ini, Sangeh Monkey Forest juga memiliki 22 jenis hewan lainnya. Selain ramai dengan wisatawan lokal, tempat wisata ini juga ramai dikunjungi dengan turis asing.

Di tempat wisata ini, kamu juga bisa melakukan forest bathing yaitu metode penyembuhan penyakit dengan menikmati dan menghirup udara segar di hutan. Karena kandungan oksigen hutan sangat baik untuk kesehatan.

  • Alamat: Jl. Brahmana, Sangeh, Kec. Abiansemal, Kab. Badung, Bali
  • Telepon: 0812 3635 655
  • Jam buka: 08:00 – 17:00 WITA
  • Harga: Rp10.000 (Dewasa), Rp5.000 (Anak-anak)

3. Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun

* sumber: www.baligetaway.co.id

Walaupun  nama belakang pura ini ada kata “Ayun” tapi bukan berarti pura ini memiliki ayunan. Kata “Ayun” sendiri berarti kebun yang indah, sehingga yang menjadi daya tarik dari pura ini adalah kebunnya yang tertata rapi dan indah.

Selain itu, arsitektur pura ini juga menjadi daya tarik para pengunjung. Kawasan pura ini juga dikelilingi dengan kolam bunga teratai. Dahulu kolam tersebut digunakan untuk berwisata oleh kerajaan. Namun kini kolam tersebut ditutup. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi wisata bersejarah, kamu wajib ke Pura Taman Ayun ini.

  • Alamat: Jl. Ayodya No. 10, Mengwi, Kec. Mengwi, Kab. Badung, Bali
  • Telepon: 0361 9009270
  • Jam buka: 08:00 – 18:15 WITA
  • Harga: Rp10.000 per orang

4. Waterbomb Bali

Waterbomb Bali

* sumber: www.waterbom-bali.com

Mau berenang sekaligus menikmati banyak wahana air yang sangat lengkap? Kamu harus mengunjungi Waterbomb Bali. Waterbomb kelas dunia ini berdiri di lahan seluas 3,8 hektar yang dirancang untuk membuat para pengunjung merasakan sensasi bermain air yang berbeda. Waterbomb Bali ini memiliki seluncuran hijau yang sangat tinggi dan panjang.

Waterbomb Bali memiliki fasilitas yang sangat lengkap lho! Terdapat private gazebo, loker yang bisa kamu sewa untuk meletakkan barang-barangmu dengan aman, handuk baru, fotografer, hingga ruang medis.

Selain fasilitasnya, tempat ini juga menyediakan berbagai layanan yang bisa memanjakanmu. Mulai dari spa massage, reflexology, nail spa, hingga hair braiding.

  • Alamat: Jl. Kartika Plaza, Tuban, Kuta, Kab. Badung, Bali
  • Telepon: 0361 755676
  • Jam buka: 09:00 – 18:00 WITA
  • Harga: Rp327.000 per orang

5. Splash Waterpark Bali

Splash Waterpark Bali

* sumber: www.splashbali.com

Selain Waterbomb Bali, kamu juga bisa mengunjungi Splash Waterpark Bali. Tempat wisata keluarga ini memiliki fasilitas yang tidak kalah lengkap dan juga keamanan yang top karena Splash Waterpark Bali memberikan garansi keamanan.

Di tempat ini juga memiliki wahana permainan yang lengkap mulai dari giant race yang memiliki ketinggian 90 meter; super bowl yang merupakan seluncuran berbentuk lingkaran yang besar; speed racer yang mengutamakan kecepatan dalam berseluncur; crazy reek yang memiliki aliran air yang tenang. Lalu ada splash playground yang cocok untuk bermain bersama anak-anak.

  • Alamat: Jl. Pantai Berawa, Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali
  • Telepon: 0361 8483939
  • Harga: Rp400.000 (Dewasa), Rp270.000 (Anak-anak)

6. Pantai Batu Bolong

Pantai Batu Bolong

Karena Bali memiliki segudang pantai yang indah, ada salah satu pantai yang populer di daerah Badung yaitu pantai Batu Bolong. Tempat wisata yang trend di kalangan wisatawan mancanegara ini sangat cocok untuk lokasi surfing.

Hal menarik dari pantai ini adalah terdapat tebing karang yang berlubang, sehingga disebut sebagai pantai Batu Bolong. Sekilas pantai ini mirip pantai Tanah Lot. Selain itu pemandangan sunset di pantai ini tidak boleh kamu lewatkan, karena sangat menakjubkan! Pantai ini juga menyediakan sunbed buat kamu yang ingin berjemur diri.

  • Alamat: Jl. Pantai Batu Bolong, Canggu, Kuta Utara, Kab. Badung, Bali
  • Harga: Gratis

7. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa

Jika kamu ingin menginjak pasir putih pantai yang bersih dan lembut, kamu harus mengunjungi pantai Pandawa. Sebelum masuk ke kawasan pantai Pandawa, kamu akan disambut dengan pemandangan Samudra Hindia yang sangat indah. Di sekitar jalan pantai ini pun dikellilingi oleh tebing tinggi yang cantik dan ciamik.

Di dalam tebing-tebing tersebut terdapat patung-patung Dewa Bali diantaranya adalah patung Panca Pandawa, Bima, Arjuna, Nakula, Sadewa, dan Yudistira. Di tempat ini juga terdapat beberapa wahana air dan ayunan untuk spot foto Instagramable.

  • Alamat: Jl. Pantai Pandawa, Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga: Rp8.000 per orang

8. Pantai Blue Point

Pantai Blue Point

* sumber: punapibali.com

Pantai populer lainnya yang berada di kawasan Badung adalah Pantai Blue Point. Pantai Blue Point atau disebut juga pantai Suluban ini adalah pantai yang berada di bawah tebing. Jadi jika kamu ingin berkunjung ke pantai ini, kamu harus melewati tebing terlebih dahulu.

Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga akan terlihat indah, jadi sangat cocok dijadikan tempat surfing. Pantai yang terbilang eksotis ini juga memiliki pasir putih yang lembut.

  • Alamat: Pantai Blue Point, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali
  • Jam buka: Rp5.000 per kendaraan
  • Harga: 24 jam

9. Air Terjun Nungnung

Air Terjun Nungnung

Jika kamu bosan dengan wisata pantai, kamu bisa mengunjungi wisata alam lainnya yang ada di Badung yaitu air terjun Nungnung. Air terjun ini memiliki panorama alam yang indah dan letaknya yang jauh dari perkotaan, sehingga membuat udara di sekitarnya sangat sejuk dan asri.

Perjalanan menuju lokasi pun sangat seru dan menantang karena pengunjung harus melewati bebatuan dan sungai. Tofografi air terjun ini adalah bertebing. Buat kamu yang senang hiking atau tracking pasti akan tertarik untuk mengunjungi surga tersembunyi ini.

  • Alamat: Banjar Nungnung, Desa Pelaga, Kec. Petang, Kab. Badung, Bali
  • Jam buka: 08:00 – 18:00 WITA
  • Harga: Rp3.000 (Motor), Rp5.000 (Mobil)

10. Devdan Show

Devdan Show

Selain mengunjungi wisata alam dan sejarahnya, kamu juga bisa mengunjungi Devdan Show. Devdan Show adalah pertunjukan yang menarik dan populer di Bali. Pertunjukan ini menampilkan budaya Bali yang dipadukan dengan seni moderen.

Pertunjukan Devdan Show pun memiliki alur cerita yang menarik dan tidak boleh kamu lewatkan. Dalam satu minggu, Devdan Show bisa tampil sebanyak empat kali, dan teater ini bisa disaksikan oleh semua umur lho!

  • Alamat: Komplek ITDC Nusa Dua, Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali
  • Telepon: 0361 770197
  • Jam buka: 19:30 – 21:00 WITA
  • Harga: Harga berbeda tergantung kategori, mulai dari Rp160.000

Itulah beberapa tempat wisata di Badung Bali yang menarik untuk dikunjungi. Jika kamu berencana pergi ke Bali, jangan lupa untuk datang ke salah satu tempat wisata tersebut ya! Bagi kamu yang pernah mengunjungi salah satu tempat wisata di atas, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *